About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

3 Seluk Beluk Coworking Space Indonesia Yang Perlu Dicermati Pengusaha

Office NowCoworking space Indonesia merupakan suatu istilah, yang sebenarnya masih relatif baru, yang belakangan ini cukup sering terdengar di tanah air. Keberadaannya pun kini bisa Anda temukan semakin banyak di berbagai daerah di Indonesia, terutama di kota besar.  

Fenomena maraknya kemunculan coworking space Indonesia ini sedikit banyak berkaitan dengan laju pertumbuhan entrepreneurship, terutama di kalangan generasi muda. Merekalah yang tercatat paling banyak memanfaatkan space tersebut untuk memulai kegiatan usahanya.

Pengertian Coworking Space Indonesia

(Sumber gambar: Pixabay)

Istilah coworking space berasal dari gabungan kata co-working yang mempunyai arti kerja sama atau kolaborasi, serta space yang berarti ruang. Dari akar katanya tersebut, secara sederhana coworking space dapat diartikan sebagai ruang kerja bersama.

Definisi coworking space selengkapnya ialah ruang yang memfasilitasi orang-orang dari berbagai perusahaan yang berbeda untuk bekerja di tempat yang sama. Konon, konsep ini pertama kali muncul tahun 2002 di Wina, Austria dengan nama Schraubenfabrik.

Berbeda dengan konsep mengenai tempat kerja terdahulu, ruang kerja bersama ini tidak selalu harus berada di sebuah bangunan khusus perkantoran. Anda bahkan bisa menemukan keberadaan co working space di Plaza Indonesia.

Umumnya, konsep ruang kerja ini paling banyak diminati oleh perusahaan startup atau rintisan awal yang masih belum banyak memiliki karyawan. Selain itu, para freelancer yang memiliki fleksibilitas dalam hal waktu dan ruang kerja pun cukup sering memanfaatkannya.

Manfaat Coworking Space Indonesia

(Sumber gambar: Pixabay)

Tentunya bukanlah tanpa alasan banyak pelaku bisnis, terutama startup, yang tertarik untuk memanfaatkan coworking space sebagai basis usaha. Konsep ruang kerja bersama ini memang mampu menawarkan sejumlah manfaat, antara lain:

Menghemat biaya operasional perusahaan

Biaya sewa coworking space di Indonesia umumnya relatif lebih ekonomis ketimbang menyewa satu kantor utuh. Apalagi biasanya ruang kerja bersama itu juga sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti meja kerja, koneksi internet, bahkan resepsionis.

Hal inilah yang membuat banyak perusahaan startup yang baru berdiri memilih coworking space sebagai basis usahanya.Menyiapkan bangunan tempat usaha berikut fasilitasnya sering kali memang merupakan komponen biaya terbesar dalam anggaran pendirian suatu bisnis.   

Meningkatkan motivasi kerja dan profesionalisme

Rata-rata perusahaan startup atau rintisan biasanya tidak memiliki terlalu banyak pekerja, bahkan bisa jadi dapat dikelola seorang diri oleh pemiliknya. Selain itu, memang ada pula jenis pekerjaan yang bisa Anda lakukan sendiri dengan waktu dan lokasi kerja yang fleksibel.

Namun, jika Anda menjalankan pekerjaan itu dari rumah, bisa jadi kegiatan usaha tersebut nantinya akan terdistraksi oleh urusan domestik lainnya. Hal ini juga akan berdampak terhadap citra perusahaan dan membuat calon konsumen meragukan profesionalisme Anda.  

Dengan menyewa satu spot kecil saja di coworking space Grand Indonesia, misalnya, Anda akan bisa lebih fokus dalam bekerja. Calon konsumen pun akan mendapat kesan bahwa aktivitas usaha Anda tersebut cukup bonafid sehingga lebih mantap untuk bekerja sama.

Menghadirkan suasana kerja yang berbeda

Bekerja di co working space Plaza Indonesia tentunya akan menghadirkan atmosfer yang berbeda ketimbang di bangunan kantor pada umumnya. Dewasa ini, sebagian besar orang memang cenderung lebih suka bekerja di lingkungan yang santai, nyaman dan fun.

Banyak yang beranggapan bahwa suasana kerja semacam itu akan dapat mendukung kreatifitas serta produktifitas para pekerja maupun pelaku usaha sendiri. Hal ini akan membuat perusahaan bisa lebih sigap dalam menyikapi tuntutan zaman yang kian dinamis.

Mendukung terciptanya kolaborasi antar pengusaha pengguna

Salah satu keistimewaan konsep ruang kerja bersama ini adalah memungkinkan para pelaku startup coworking space Indonesia untuk lebih leluasa berinteraksi. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi tiap personil untuk memperluas koneksi dan memperbanyak relasi.

Selain itu, bukan tidak mungkin berkumpulnya sejumlah pengusaha dari berbagai latar belakang usaha ini akan mendorong mereka untuk saling berkolaborasi. Dengan demikian, akan dapat tercipta inovasi-inovasi baru yang lebih solutif.

Mendukung perkembangan usaha

Telah Anda baca pada poin pembahasan sebelumnya bahwa keberadaan tempat usaha yang memadai dapat berdampak positif terhadap peningkatan jumlah konsumen. Keberadaannya juga penting jika Anda nantinya hendak meningkatkan level usaha menjadi CV atau PT.  

Anda bisa memanfaatkan alamat coworking space tersebut sebagai rujukan seandainya perusahaan Anda kebetulan memang tidak membutuhkan bangunan tempat usaha sendiri. Sekali lagi, hal ini akan berpengaruh pada aspek ekonomis.

Tips Memilih Coworking Space Indonesia

(Sumber gambar: Pixabay)

Apabila mungkin, tentunya Anda ingin bisa mendapatkan coworking space terbaik di Indonesia sebagai tempat untuk menjalankan aktivitas usaha. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan sejumlah hal, antara lain sebagai berikut:

Kenali konsep dan kebutuhan usaha Anda

Hal ini penting untuk membantu Anda mengidentifikasi kebutuhan perusahaan terkait keberadaan suatu coworking space. Jangan-jangan Anda justru lebih cocok melakukan franchise coworking space Indonesia ketimbang menyewa salah satu spot-nya.

Pertimbangkan lokasi

Asosiasi Coworking Space Indonesia memang pernah menyebutkan bahwa sebagian besar ruang kerja bersama ini berlokasi di Jakarta dan Jawa. Hal ini tentu tidaklah mengherankan mengingat daerah ini merupakan daerah dengan populasi terpadat di Indonesia.

Namun, sebetulnya ruang kerja bersama ini sudah ada juga di berbagai wilayah di luar Jawa. Contohnya adalah Confie Indonesia Coworking Space di Makasar. Pilihlah lokasi yang paling strategis sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Perhatikan kondisi fisik bangunan dan ruang kerja

Kondisi struktur bangunan, luas ruangan, desain interior serta fasilitas suatu tempat kerja akan mempengaruhi keamanan dan kenyamanan Anda dalam bekerja. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan kondisi bangunan dan ruangan yang akan Anda sewa dalam keadaan baik.

Periksa kelengkapan fasilitasnya

Kelengkapan fasilitas pendukung yang disediakan oleh pihak coworking space akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran jalannya aktivitas usaha Anda di sana. Maka dari itu, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu mengenai hal ini.

Pastikan coworking space itu memiliki fasilitas keamanan yang memadai. Periksa juga ada tidaknya ruang rapat yang mungkin nantinya akan Anda butuhkan. Pertimbangkan pula aspek privasi dan kerahasiaan data perusahaan Anda saat nantinya berbagi ruang kerja bersama.

Jika fasilitas yang tersedia di coworking space sudah cukup lengkap, Anda tidak perlu repot lagi menambahkan ini dan itu.

Sesuaikan dengan budget

Faktor biaya hampir selalu merupakan poin penting yang perlu Anda perhatikan saat hendak mengambil suatu keputusan ekonomi seperti sewa menyewa. Pastikan Anda mengetahui dengan pasti mengenai besarnya biasa sewa coworking space serta prosedur pembayarannya.

Pertimbangkan apakah jumlah nominal sewa itu sepadan dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan. Selain itu, yang terpenting, jangan sampai biaya sewa ruang kerja bersama itu nantinya memberatkan kondisi keuangan Anda.

Selama masa pandemi, beberapa pengelola coworking space Indonesia sempat mengaku bahwa jumlah penyewa ruang kerja bersama ini cukup menurun. Namun, mereka optimis bahwa konsep ruang kerja terbuka ini masih bisa berperan mendukung industri kreatif.