Biaya CV Lebih Murah daripada Biaya Pembuatan PT

Biaya CV Lebih Murah daripada Biaya Pembuatan PT
, ,

Office Now- Jika Anda berniat memiliki usaha kecil-kecilan dengan modal terbatas, maka mendirikan CV adalah pilihan tepat. Biaya CV yang diperlukan juga tidak sampai lebih dari 10 juta dan bervariasi sesuai layanan yang diinginkan.

Badan usaha satu ini tidak memiliki batas modal minimal dan belum memiliki badan hukum. Persyaratan pendirian terbilang mudah dan cepat daripada pendirian PT. Proses ini akan berjalan lancar apabila Anda memahami persyaratan serta prosedurnya dengan baik.

Mendirikan CV pun tidak sulit. Yuk, kita cari tahu apa saja persyaratan, prosedur serta rincian biaya-biaya pendiriannya secara lengkap.

Bentuk dan Jenis CV Tahun 2021

Bentuk dan Jenis CV Tahun 2021
Bentuk dan Jenis CV Tahun 2021

CV kepanjangan dari Commanditaire Vennootschap biasa disebut Persekutuan Komanditer. CV merupakan persekutuan atau kerja sama dari seseorang yang mempercayakan uangnya atau barangnya kepada pihak lain untuk menjalankan usaha tersebut. Orang yang menerima kepercayaan ini akan berfungsi sebagai pemimpin CV nantinya.

Jenis-jenis Sekutu CV

Jenis-jenis Sekutu CV
Jenis-jenis Sekutu CV

Sebelum membahas biaya CV, secara umum ada dua jenis sekutu dalam CV yang perlu Anda ketahui.

Sekutu Aktif   

Orang yang bertugas menjalankan usaha disebut sekutu aktif. Sekutu aktif berhak melakukan segala hal terkait kebijakan perusahaan termasuk perjanjian dengan pihak ketiga. Pihak ini lebih dikenal dengan sebutan persero pengurus atau persero kuasa.

Sekutu Pasif 

Pihak atau sekutu yang menanamkan modalnya dalam kerja sama disebut sekutu pasif. Jika terjadi kerugian maka pihak ini hanya bertanggung jawab dengan modal yang telah disertakan. Namun, apabila perusahaan berhasil mendapat keuntungan, sekutu pasif hanya memperoleh modal yang sudah diberikan. Sekutu pasif juga tidak berhak untuk ikut campur dalam hal kepengurusan atau kegiatan usaha apa pun di dalam perusahaan. 

Biaya CV- Jenis-jenis CV

Ada tiga jenis bentuk CV di Indonesia yang wajib Anda ketahui, yaitu :

  • Murni, bentuk CV terdiri dari seorang sekutu komplementer, dan yang lain bertindak sebagai sekutu komanditer.
  • Campuran, bentuk CV ini berasal dari Firma. Para pengurus yang terlibat dalam Firma akan berperan sebagai sekutu komplementer sementara pihak satunya lagi akan menjadi sekutu komanditer.
  • Saham, tidak ada aturan khusus yang harus diikuti terkait dengan bentuk CV saham. Perbedaan yang paling mencolok adalah modal yang terdapat dalam perusahaan berupa bentuk saham.

Biaya CV Menurut Tahun 2021

Biaya CV Menurut Tahun 2021
Biaya CV Menurut Tahun 2021

Faktor yang menjadi penentu biaya pembuatan CV 2021 adalah lokasi domisili usaha, lama pengurusan dan jumlah modal dasar perusahaan yang akan dibuat. Modal dasar memiliki pengaruh besar karena akan menjadi penentu biaya CV yang harus dibayarkan. CV dalam negeri dibandingkan dengan CV penanaman modal asing harganya akan berbeda signifikan.

Sementara untuk biaya pembuatan CV kontraktor tidak terlalu jauh berbeda dengan CV biasa. Tidak ada batasan standar mengenai biaya CV. Semua biaya pembuatan CV 2020 juga bervariasi tergantung dengan layanan yang Anda inginkan dan juga faktor penentu lainya.

Untuk biaya pembuatan CV 2022 mungkin berkisar antara empat hingga delapan juta.

Persyaratan Pendirian CV Tahun 2021

Sesuai dengan syarat pembuatan CV 2021, ada dua macam persyaratan yang harus Anda siapkan.

Persyaratan Dasar

Persiapan dasar kelengkapan pendirian CV:

  • Nama CV
  • Tempat kedudukan atau domisili CV
  • Pengurus CV
  • Maksud dan tujuan pendirian
  • Sektor Usaha yang dijalankan

Persyaratan administratif

Persiapan administratif menyangkut: 

  • Fotokopi KTP pengurus
  • Fotokopi KK pengurus
  • Memfotokopi  NPWP pengurus
  • Fotokopi Penggunaan tempat usaha
  • Bukti Pelunasan PBB terakhir
  • Surat Perjanjian sewa
  • Keterangan Domisili Perusahaan dan foto bangunan tampak depan dan dalam
  • Surat Keterangan Terdaftar (SKT)
  • Nomor Izin Berusaha (NIB)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Nomor Identitas Kepabeanan (NIK)
  • Angka Pengenal Importir (API).
  • Mengajukan Izin Usaha dan Izin Operasional atau Izin Komersial untuk menggantikan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Tips Menggunakan Jasa Buat CV

Anda dapat menggunakan jasa pembuatan CV perusahaan untuk membantu pengurusan pendirian CV. Pilihlah penyedia jasa yang kompeten dan berpengalaman. Mari simak tips berikut:

  • Observasi riwayat perusahaan penyedia jasa
  • Bandingkan harga
  • Pilih notaris yang beretika dan profesional serta tidak memihak

Prosedur Pembuatan CV

Setelah memenuhi persyaratan dasar dan semua dokumen administratif yang Anda perlukan, baru bisa mengajukan pendirian CV.

Untuk prosedurnya, Anda dapat mengikuti cara buat CV perusahaan berikut:

  • Mengajukan nama CV ke Kemenkumham. Nama CV harus berbeda dengan nama CV lain yang telah terdaftar. Nama tersebut juga tidak bisa terdiri dari angka.
  • Membuat akta pendirian di hadapan notaris dengan membawa kelengkapan data perusahaan yang Anda miliki.
  • Pendaftaran Surat Keterangan Terdaftar melalui halaman SABU. Proses pengajuan paling lama 60 hari setelah penandatanganan akta pendirian. Siapkan dokumen tambahan berupa pernyataan elektronik yang menyatakan dokumen persyaratan telah lengkap. 
  • Pengajuan permohonan NPWP harus menyesuaikan dengan domisili untuk mendapatkan NPWP perusahaan dan Surat Keterangan Terdaftar Pajak
  • Pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) dapat Anda lakukan melalui laman Online Single Submission (OSS). 
  • Mengurus izin usaha dan izin operasional, izin usaha juga d oleh para pelaku usaha sebagai pengganti surat izin operasional.

Biaya CV Sesuai Layanan

Jenis Paket Pendirian CVBiaya
CV Full StandardRp4.000.000
CV Full + Virtual Office LiteRp6.000.000
CV Full + Virtual Office PremiumRp10.000.000

Biaya CV di atas terangkum dari berbagai sumber dan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. 

Sementara itu biaya CV saat ini tidak terlalu jauh berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya. Biaya pembuatan CV di Jogja juga sebenarnya hampir serupa dengan wilayah Jakarta. Pada tahun yang lalu biaya CV untuk skala kecil berkisar Rp1 juta hingga Rp1,5 juta. Biaya antara Rp1,5 juta hingga Rp2 jutaan pada skala menengah. 

Biaya CV- Kenapa Harus CV?

Banyak pengusaha lebih memilih badan usaha CV. Hal ini karena berkaitan dengan alasan perpajakan serta anggapan bahwa proses pengajuannya lebih mudah daripada membuat PT. Banyak yang menilai CV lebih sesuai bagi pelaku bisnis yang pangsa pasarnya lokal dan tidak berniat menggalang dana dari luar negeri. 

Pembuatan CV sendiri sesuai dengan yang tertulis dalam Art. 16-35 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang Indonesia (KUHD), siapa pun yang ingin mendirikan CV hanya perlu membuat akta notaris lalu kemudian mendaftarkannya ke Pengadilan Negeri.

Agustus 2018, Pemerintah mengeluarkan Permenkumham 17/2018 yang menerapkan metode baru untuk mendirikan CV. Metode ini mengikuti pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018. Isinya memperkenalkan tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik yang berguna untuk memfasilitasi pendirian usaha oleh pengusaha. Tahapan pengurusan dan persyaratan di tahun 2022 ini pun tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. 

Demikianlah  persyaratan serta prosedur dan biaya CV yang telah kami rangkum. Anda dapat mengikutinya dan memulai usaha dengan serius. Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan saat mendirikan CV yaitu carilah rekan yang benar-benar sepemahaman. Sehingga kemungkinan berselisih paham akan semakin berkurang. Selamat berbisnis.

Posted in Blog

Sabtu Mar 05 5:10 am

Tidak ada Komentar