Biaya Pembuatan Perusahaan dan Syarat Mendirikan Usaha Media Online

Biaya Pembuatan Perusahaan
, ,

Office Now – Media online kini berkembang cukup pesat sehubungan dengan berkembangnya teknologi. Untuk Anda yang ingin membuka usaha di bidang ini harus mengetahui biaya pembuatan perusahaan. Serta hal apa saja yang harus Anda siapkan untuk membentuk badan hukumnya juga wajib Anda siapkan.

Belakangan ini dewan pers gencar mensosialisasikan berbagai jenis media yang ada di Indonesia Hal ini untuk mendukung perkembangan media online yang banyak bermunculan beberapa tahun terakhir.

Biaya Pembuatan Perusahaan: Cara Mendirikan Media Online

Biaya Pembuatan Perusahaan: Cara Mendirikan Media Online

Media online baik berupa blog, website maupun portal berita perlu biaya pembuatan PT 2022. Sebab, media online harus memiliki kelegalan dalam menjalankan usahanya. 

Lalu bagaimana cara mendirikan perusahaan media online? Simak cara berikut ini:

Berbentuk PT

Sebuah website ataupun blog yang sudah dikatakan sebagai media online apabila sudah memiliki badan hukum sebagai PT. Hal tersebut ditandai dengan kepemilikan izin dari Kemenkumham. Bentuk badan lain seperti CV, koperasi atau yayasan tidak diperkenankan.

Sehingga Anda tidak bisa menerapkan biaya pendirian CV untuk media online. Pada pendirian media online ini bisa memilih Nomor Induk Berusaha perusahaan pers. Hal tersebut sesuai dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia.

Siapkan beberapa data untuk pembentukan perusahaan media online, meliputi:

  • Fotokopi identitas dan NPWP dari para pendiri perusahaan.
  • Laporan SPT tahunan dari para direksi dan komisaris perusahaan.
  • Persiapkan biaya membuat PT media online sebesar Rp3 juta. Biaya sudah termasuk pengecekan nama, akta pendirian dan SK dari Kemenkumham.

Biaya Pembuatan Perusahaan Media Online 

Pada dasarnya perusahaan pers bisa berupa media online maupun berbentuk cetak. Untuk media online harus melakukan pendaftaran ke dewan pers agar mendapatkan pengakuan kelegalan di komunitas pres.

Persiapkan semua syarat agar media online yang Anda ajukan bisa lolos verifikasi, meliputi:

  • Media online telah memiliki badan hukum berupa PT.
  • Manajemen bisa memberikan gaji kepada wartawan dengan Upah Minimum Provinsi.
  • Selain itu, memenuhi persyaratan untuk menaati etika dari jurnalistik.

Permodalan

Selain itu, untuk biaya pembuatan perusahaan media online juga harus memenuhi persyaratan modal terlebih dahulu. Media online yang berbasis portal berita memang memiliki penghasilan yang berbeda-beda. Perusahaan dengan kategori kecil minimal memiliki modal Rp50 juta sebagai modal dasar.

Saat mendirikan perusahaan media online terdapat beberapa biaya yang harus Anda persiapkan, meliputi:

  • Biaya pembuatan PT untuk media online.
  • Dana yang harus Anda setor pada kas perusahaan.
  • Biaya untuk sewa kantor.
  • Gaji karyawan.
  • Biaya lainnya.

Untuk pendirian awal, biaya BNRI PT dan kelegalan lainnya mulai dari Rp75 juta. Jika perusahaan yang masih awal, Anda bisa menggunakan virtual office karena aktivitas menggunakan media online.

Pajak

Setelah mengurus berdirinya perusahaan media online, maka langkah selanjutnya adalah memperhatikan biaya pajak. Pembayaran pajak bisa terlaksana jika perusahaan telah menjalankan aktivitasnya selama satu tahun.

Anda bisa melakukan konsultasi untuk pembayaran pajak bulanan dan laporan pajak tahunan. Untuk melengkapi laporan pajak ini, Anda harus membuat laporan laba rugi dan neraca aktivitas bisnis perusahaan. 

Untuk laporan SPT akan Anda lakukan secara online melalui website resmi kantor pajak. Sedangkan untuk pelaporan pajak bulanan bisa datang langsung ke kantor pajak setempat.

Standar Biaya Pembuatan Perusahaan Untuk Media Online

Standar Biaya Pembuatan Perusahaan Media Online

Pada dasarnya standar biaya pembuatan perusahan media online sama dengan pembentukan PT pada umumnya. Dasar hukum dari pembentukan media online ada pada Peraturan Dewan Pers nomor 4 tahun 2008. Dalam peraturan tersebut mengatur standar perusahaan pers. 

Perusahaan pers sendiri memiliki pengertian sebagai badan hukum Indonesia yang menyelenggarakan usaha di bidang pers, antara lain:

  • Perusahaan media cetak
  • Media elektronik
  • Kantor berita
  • Perusahaan media lainnya yang menyelenggarakan atau menyalurkan informasi.

Namun ada hal-hal yang jadi syarat pembuatan PT media online harus terpenuhi, meliputi:

  • Perusahaan pers memiliki badan hukum PT.
  • Selain itu, perusahaan harus mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham.
  • Perusahaan juga harus memiliki modal dasar minimal Rp50 juta atau ketentuan lain dari dewan pers.
  • Memiliki kemampuan yang cukup menjalankan perusahaan, minimal dalam waktu 6 bulan.
  • Perusahaan media online memiliki kewajiban untuk memberikan perlindungan hukum untuk wartawan.
  • Selanjutnya, perusahaan akan memberikan pelatihan atau pendidikan kepada wartawan dan karyawan untuk meningkatkan profesionalisme. 
  • Selain itu, perusahaan media online wajib mengumumkan nama, alamat dan siapa saja yang menjadi penanggung jawab. 
  • Terakhir, perusahaan pers telah mendapatkan verifikasi dari organisasi pers dan verifikasi dari KPI.

Hal lain terkait dengan biaya membuat PT Perorangan media sosial bisa untuk beberapa media. Namun demikian, Dewan Pers masih membatasi hal tersebut dalam hal pemegang kartu UKW utama. Pemegang hanya boleh untuk dua media dan pimpinan redaksi sebagai penanggung jawab.

Verifikasi Biaya Pembuatan Perusahaan Sendiri 

Verifikasi Cara Membuat PT Sendiri

Pada dasarnya Anda bisa mengurus sendiri pendirian PT media online. Namun, tentunya memerlukan verifikasi dari Dewan Pers agar mendapatkan perlindungan dan bantuan jika terlibat kasus.

Biaya pembuatan perusahaan menjadi salah satu komponen penting yang harus Anda perhatikan. Namun, berikut ada beberapa hal yang harus Anda verifikasi, meliputi:

Administrasi Perusahaan

Ada standar yang harus Anda penuhi, yaitu administrasi yang terkait dengan akta pendirian perusahaan. Selain harus mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham, perusahaan harus memiliki kode perilaku.

Wartawan

Komponen selanjutnya adalah sumber daya manusia. Dalam hal ini jumlah karyawan tetap, kontrak atau pekerja lepas yang ada di perusahaan media sosial. Hal ini nantinya terkait dengan kompetensi wartawan atau berapa jumlah wartawan yang telah lulus uji kompetensi.

Aturan yang terkait dengan wartawan ini, yaitu terdapat minimal satu wartawan tingkat utama di setiap perusahaan media online.

Kondisi Fisik

Verifikasi selanjutnya dalam hal kondisi fisik perusahaan media online beroperasi. Hal-hal yang harus Anda perhatikan, yaitu alamat redaksi, ruang kerja, ruang rapat, dan sarana prasarana.

Kesejahteraan

Dalam hal cara membuat PT sendiri untuk media sosial juga harus mendapatkan verifikasi dalam hal kesejahteraan. Komponen yang terpenting adalah kesejahteraan karyawan meliputi:

  • Gaji 
  • Tunjangan
  • Asuransi
  • Perlindungan wartawan

Visi dan Misi

Kelangsungan sebuah perusahaan media sosial memiliki kaitan dengan visi dan misi.

Dewan Pers akan menyiapkan formulir khusus untuk verifikasi yang bisa Anda isi dengan informasi perusahaan media online.Formulir selanjutnya bisa Anda serahkan kepada dewan pers untuk mendapatkan pengesahan. 

Jika ada kekurangan persyaratan, maka dewan pers akan mengembalikan formulir agar bisa anda lengkapi. Untuk selanjutnya, verifikasi akan dilakukan dengan berkunjung ke perusahaan oleh verifikator Dewan Pers.

Perusahaan media online yang telah mendapatkan verifikasi akan memperoleh perlindungan hukum. Hal ini sudah dijamin sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun 1999.

Sehingga bisa diambil kesimpulan, untuk biaya pembuatan perusahan media online sama dengan biaya mendirikan PT. Untuk syarat ada penambahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pers. Anda juga harus menegakkan kode etik dalam menjalankan perusahaan media online.

Posted in Blog

Senin Jul 18 11:27 am

Tidak ada Komentar