Biaya Perizinan Usaha Untuk PT Perorangan, Cukup Bayar Rp50 Ribu!

, ,

Office Now-OSS merupakan sistem yang menjadi pintu gerbang untuk proses pengajuan izin. Sedangkan untuk biaya perizinan usaha akan berbeda di masing-masing kegiatan berusaha. Online single submission berada di bawah naungan lembaga pemerintah yang membantu penyederhanaan alur pembuatan izin.

Mengenal PT Perorangan

Mengenal PT Perorangan

PT perorangan bisa berdiri untuk kriteria usaha mikro dan kecil. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 70 tahun 2021. Mengatur mengenai kemudahan, perlindungan serta pemberdayaan koperasi dan UMKM. Sedangkan untuk biaya perizinan usaha makanan juga termasuk di dalamnya.

Kriteria lain untuk usaha mikro yaitu ditentukan berdasarkan modal usaha. Besar modalnya maksimal Rp1 miliar, namun tidak termasuk kekayaan berupa tanah dan bangunan. Selain itu, juga bisa berdasarkan hasil penjualan tahunan jumlahnya maksimal Rp2 miliar.

Untuk PT perorangan sendiri memiliki pengertian sebagai badan hukum perorangan yang memenuhi kriteria pada usaha mikro dan kecil. Hal tersebut sebagaimana ada dalam peraturan perundang-undangan.

Biaya Perizinan Usaha: Unsur Penting PT Perorangan

Biaya Perizinan Usaha: Unsur Penting PT Perorangan

Di dalam pengertian UU Cipta Kerja ada beberapa kriteria, namun tidak membahas mengenai biaya perizinan usaha. Simak beberapa unsur berikut ini:

Unsur Perseorangan

Badan usaha hanya berlaku untuk Warga Negara Indonesia dan tidak boleh ada orang asing yang mendirikan PT Perseorangan. Hanya ada satu orang dan ada pemisahan antara kekayaan pribadi dengan kekayaan perusahaan.

Sehingga memiliki karakteristik dengan tidak ada ketentuan modal dasar minimal di dalamnya. Namun, ada biaya perizinan usaha yang harus dikeluarkan oleh pemilik usaha. Untuk itu, pemilik usaha hanya perlu membuat atau mengisi pernyataan pendirian.

Anda tidak memerlukan akta notaris karena hanya ada satu orang pendiri serta memiliki satu pemegang saham saja. Sehingga tidak memerlukan lagi ada keberadaan komisaris dalam perusahaan.

Unsur UMK Dalam Biaya Perizinan Usaha

Usaha mikro memiliki modal di bawah Rp1 miliar. Sedangkan untuk usaha yang memiliki modal di atas Rp1 miliar sampai Rp5 miliar. Namun, untuk biaya perizinan usaha CV akan memiliki perbedaan.

Kelebihan Layanan Biaya Perizinan Usaha

Kelebihan Layanan Biaya Perizinan Usaha

Setelah merebaknya pandemi Covid-19 telah memberikan pukulan telah kepada pelaku UMKM. Sehingga pemerintah memberikan gebrakan baru untuk menahan dampak tersebut. Layanan untuk PT Perorangan ini pertama kali hadir bahkan di dunia.

Ada beberapa kelebihan dari layanan badan usaha yang berbentuk PT Perorangan termasuk besaran biaya perizinan usaha, yaitu:

Mudah

Mendirikan PT Perorangan ini sangat mudah, yaitu hanya perlu mengisi form pernyataan. Isinya menerangkan pernyataan pendirian secara elektronik, sehingga tidak memerlukan lagi akta pendirian dari notaris. Selain itu, pemilik usaha tidak perlu menentukan besaran modal usaha.

Biaya Perizinan Usaha

Untuk biaya perizinan usaha PT Perorangan sangat terjangkau. Hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp50 ribu. Sehingga hal ini akan sangat membantu pemilik usaha kecil dan mikro yang ingin memajukan usahanya.

Kebebasan Lain

Memiliki kegiatan usaha dengan badan hukum PT Perorangan tidak memiliki kewajiban untuk mengumumkan dalam tambahan berita negara. Hal ini sebagai bentuk penyederhanaan dari birokrasi dalam mengurus izin legal termasuk biaya izin usaha.

Sifatnya one tier, sehingga pemilik akan menjalankan dua fungsi sekaligus. baik menjalankan operasional maupun untuk melakukan pengawasan. 

Tarif Pajak Rendah

Memiliki tarif pajak yang rendah dan sama dengan tarif pajak yang ada pada UMKM.

Aplikasi Mudah

Mengurus perizinan PT Perorangan melalui aplikasi OSS ini sangat mudah. Sehingga pelaku usaha dari segala lapisan bisa melakukannya dan tidak memerlukan bantuan dari orang lain. 

Terkoneksi

Selain biaya izin usaha kecil yang terjangkau juga layanan akan terkoneksi dalam sistem OSS. Sehingga bisa melanjutkan ke proses selanjutnya sampai memperoleh nomor induk berusaha.

Biaya Perizinan Usaha: Prosedur Pendirian PT Perorangan

Untuk mendirikan PT Perorangan, pemilik usaha terlebih dahulu harus menyiapkan beberapa syarat dan juga mengikuti prosedurnya. 

Syarat Pendirian PT Perorangan

Berikut ini adalah syarat yang harus Anda miliki, antara lain:

  • Persero merupakan badan hukum yang pembentukannya sesuai dengan kriteria baik dari usaha mikro maupun kecil.
  • Berkewajiban membuat surat pernyataan pendirian di luar biaya perizinan usaha OSS. Dalam pernyataan tersebut harus sesuai dengan format yang ada pada lampiran Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2021.
  • Untuk membentuk sebuah PT Perorangan hanya didirikan oleh 1 orang saja. Hal tersebut tidak termasuk syarat biaya perizinan usaha.
  • Dalam hal modal yang wajib setor pada bank sama halnya dengan ketentuan modal lainnya yaitu minimal 25 persen. 

Tahapan Pendirian PT Perorangan

Setelah syarat semua sudah Anda siapkan, maka bisa melanjutkan kepada tahapan pendirian PT Perorangan.

  • Tahapan utama yaitu pendirian oleh satu orang dalam hal ini berfungsi sebagai pemegang saham dan direktur. Namun, tidak ada komisaris di dalam perusahaannya. Selain itu, untuk biaya izin usaha dagang sama jumlahnya karena masih di ranah usaha mikro dan kecil.
  • Memiliki kegiatan usaha yang tergolong mikro dan kecil.
  • Pemilik usaha membuat surat pernyataan pendirian.
  • Melakukan pendaftaran secara online ke Kemenkumham.
  • Mengurus NPWP PT Perorangan.
  • Selain itu juga harus mengurus NIB serta biaya izin usaha cafe. 

Adapun untuk syarat dokumen yang harus Anda siapkan adalah

  • KTP pendiri PT Perorangan
  • Memiliki NPWP perusahaan
  • Alamat dari PT Perorangan

Dampak Perubahan Biaya Perizinan Usaha

Antusiasme masyarakat sangat tinggi setelah adanya aturan baru mengenai PT Perorangan. Jumlah pemohon yang mendapatkan sertifikat di Oktober 2021 saja sudah mencapai 1093. Termasuk untuk biaya izin usaha apotek.

Proses yang sederhana dalam mendapatkan izin menjadi salah satu alasan. Adanya aplikasi OSS yang membantu percepatan mendapatkan izin karena bisa mengakses kapan saja. 

Sekaligus menjadi rangkaian solusi untuk meningkatkan kembali perekonomian masyarakat. Sehingga memangkas birokrasi termasuk di dalamnya dan sudah memberikan hasil.

Biaya Perizinan Usaha Menggunakan Biro Jasa

Anda juga bisa menggunakan penyedia jasa yang bisa membantu Anda mengurus izin. Sekarang sangat banyak penyedia jasa karena tidak semua orang memiliki waktu lebih untuk mengurus perizinan walaupun bisa secara online. 

Terkadang jika ada banyak dokumen yang harus disiapkan menjadi alasan lain. Berikut beberapa biaya perizinan berusaha yang dipatok beberapa penyedia jasa.

  • Untuk mengurus NIB bisa kisaran biaya yang harus Anda siapkan yaitu Rp3,5 juta.
  • Jika mengurus NIB dan sertifikat standar biayanya Rp5 juta. 
  • Selain itu untuk PAD penyesuaian KBLI yaitu sekitar Rp7 juta.
  • Sedangkan untuk peralihan hak akses OSS Anda bisa membayar biayanya sebesar Rp1,5 juta.

Namun, jika hanya untuk mendaftarkan izin untuk PT Perorangan saja memang sangat murah. Kemudahan cara dan prosedur pendirian serta biaya untuk mengajukan izin menjadi lebih mudah dengan sistem OSS

Sedangkan untuk biaya perizinan usaha ada beberapa perbedaan jika memang menggunakan jasa pengurusan dokumen legal. Sehingga pemilik usaha bisa memilih untuk mengurusnya sendiri maupun melalui jasa.

Penulis: Lyla Iswara

Posted in Blog

Jumat Jan 21 4:55 am

Tidak ada Komentar