Biaya Pernikahan di Jakarta, Apa Saja Pertimbangannya?

Biaya Pernikahan di Jakarta

OfficeNow – Pernikahan di Indonesia bukan hanya menggabungkan 2 orang orang dalam ikatan rumah tangga, tetapi juga melibatkan seluruh keluarga besarnya. Oleh karena itu biasanya biaya  pernikahan di Jakarta tergolong besar. Namun tentu saja hal tersebut tidak dapat disamaratakan pada semua orang.

Banyak faktor yang menyebabkan biaya pernikahan di Jakarta Barat sangat besar. Selain karena lokasinya premium juga tergantung pada banyaknya undangan serta biaya upacara pernikahan itu sendiri.

Mengenal Biaya Pernikahan di Jakarta

Mengenal Biaya Pernikahan di Jakarta

Biaya pernikahan di Jakarta merupakan total keseluruhan dana yang diperlukan dari awal upacara pernikahan hingga selesai. Pasalnya semuanya harus mengcover kebutuhan dana yang diperlukan misal dari acara syukuran atau pengajian sampai hari resepsi tiba.

Oleh karena itu sebaiknya pengantin dari kedua belah pihak memperhitungkan dengan cermat berapa besaran dana yang untuk mendanai seluruh prosesi pernikahan.  Tidak hanya pada saat hari H saja tetapi juga biaya yang untuk acara penunjang sebelum perhelatan itu. 

Oleh karena itu tidak heran jika biaya pernikahan di Jakarta terkenal mahal. Terutama jika Anda menggunakan beberapa venue yang tergolong premium serta memiliki jumlah undangan yang banyak.

Komponen Biaya Pernikahan

Pada saat suatu acara perkawinan tentu biaya pernikahan resepsi di Jakarta termasuk yang harus dipertimbangkan oleh kedua pasangan. Sebab tidak hanya berupa acaranya saja tetapi juga melibatkan berbagai macam misalnya menu makanan, banyaknya undangan, serta jumlah panitia yang membantu.

Namun, anomali terjadi pada biaya pernikahan di Jakarta 2021. Pasalnya karena pandemi pemerintah membatasi jumlah orang yang berkumpul dalam suatu gedung atau acara pernikahan. Dengan demikian biaya yang perlu keluar dapat ditekan tanpa mengurangi kesakralan upacara tersebut.

Kendati demikian anda tetap dapat memperkirakan berapa jumlah pastinya jika menetapkan acara resepsi pada gedung atau hotel tertentu menggunakan paket pernikahan. Misalnya, biaya pernikahan di Intercontinental Jakarta. Jika menggunakan jasa layanan wedding di Hotel tersebut maka sudah jelas berapa yang harus dianggarkan.

Menggunakan Fasilitas Hotel

Dengan alasan kepraktisan maka banyak pasangan pengantin yang kemudian memutuskan untuk menggunakan fasilitas hotel pada saat upacara pernikahan serta resepsinya. Hal ini tentu akan mudah untuk memperkirakan biaya pernikahan di Hotel Jakarta. Pasalnya pihak hotel biasanya memiliki beberapa paket pernikahan yang dapat sesuaikan dengan anggaran pengantin.

Keuntungannya adalah calon pengantin tidak perlu lagi membuat budgeting tersendiri untuk memperkirakan berapa biaya yang perlu bagi keseluruhan upacara. Dengan demikian pelaksanaannya akan lebih mudah.

Benefit lainnya adalah calon pengantin tidak perlu lagi memikirkan bagaimana tentang biaya parkir,  keamanan,  kualitas pelayanan, serta rasa dari jamuannya. , pihak hotel pasti telah memiliki pengalaman menyajikan masakan dalam jumlah yang banyak sehingga rasa dari masakannya terjamin enak.

Selain itu pula. fasilitas sarana dan prasarana hotel lebih memadai dan  nyaman  dari segi interior dan eksterior. Dengan demikian dapat memberikan perbedaan serta nuansa yang terlihat lebih sesuai bagi acara tersebut.

Memanfaatkan Restoran Terbuka 

Memanfaatkan Restoran Terbuka

Banyak pasangan muda yang pada saat ini memilih konsep pernikahan outdoor dengan memanfaatkan fasilitas restoran terbuka. Biasanya calon pengantin ini memilih  tempat makan yang juga memiliki yang halaman atau taman outdoor yang luas sehingga dapat bermanfaat untuk menampung tamu yang akan mereka undang.

Dengan demikian konsep mereka adalah pernikahan di luar ruangan atau outdoor. Pada umumnya pihak restoran pun memiliki berbagai penawaran paket yang dapat pengantin manfaatkan untuk menentukan biaya pernikahan outdoor di Jakarta. 

Hanya pilihan paketnya adalah berdasarkan jumlah tamu yang sesuai dengan harga per porsinya. Untuk biaya yang lain mungkin berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sebab setiap restoran memiliki konsep yang berbeda. Dengan demikian ruangan terbuka yang dapat pengantin gunakan sebagai pengganti gedung pasti memiliki keunikan tersendiri.

Benefit yang dapat calon pengantin peroleh adalah keunikan konsepnya yang bisa jadi berbeda dengan yang lainnya antara lain adanya taman yang terdiri dari berbagai macam tanaman yang unik serta keindahan alam yang natural. Setiap orang dapat memiliki kenangan atau spot foto yang menarik.

Calon pengantin pun dapat mengkonsepkan pernikahannya dengan tema yang unik. misalkan bertemakan floral, homey,  garden atau yang lainnya. Tamu-tamu pun dapat berpakaian sesuai dengan konsep pesta atau Calon pengantin dapat menyajikan hidangan yang unik misalkan barbecue atau Jelaskan dengan konsep pesta outdoor.

Memanfaatkan Gedung Perhelatan

Kendati demikian pada umumnya kebanyakan dari pengantin memanfaatkan gedung pernikahan yang lebih banyak tersedia di berbagai kota, termasuk Jakarta. Sebab, biasanya gedung tersebut telah memiliki konsep tersendiri serta memang mempunyai miliki peruntukan sebagai tempat entah pernikahan atau acara besar lainnya.

Anda dapat mengetahui berapa biaya gedung pernikahan di Jakarta dengan berkomunikasi langsung kepada pengurusnya. Besaran dana nya pun berbeda-beda bergantung pada luasan lantai,  domisili, serta tingkat prestise gedung tersebut. Biasanya semakin terkenal maka akan semakin mahal. Anda tinggal menentukan apakah sesuai dengan anggaran atau tidak .

Anda pun dapat  menggunakan Fasilitas gedung perhelatan tersebut untuk upacara pernikahan yang berlanjut dengan acara ada.  Termasuk di dalamnya upacara khusus suku Batak. Dengan demikian Anda dapat menentukan berapa besaran biaya pernikahan Batak di Jakarta jika seluruhnya terlaksana pada gedung yang sama.

Berhubungan dengan upacara adat tentu cara pengantin harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada para tetua adat.  Sehingga seluruh acara sesuai dengan adat dan kebudayaan suku tersebut. Tidak perlu adanya pakem yang tidak sengaja terlanggar. 

Memanfaatkan Fasilitas Rumah Ibadah

Memanfaatkan Fasilitas Rumah Ibadah

Kendati demikian banyak juga jangan pengantin yang kemudian memutuskan untuk menggunakan fasilitas rumah ibadah seperti aula Masjid atau gedung pertemuan Gereja.  Salah satu alasannya adalah kepraktisan yaitu setelah akad atau pemberkatan calon pengantin tidak perlu repot untuk berpergian ke tempat lain.. Dengan demikian dapat menghemat waktu dan biaya.

Calon pengantin juga sering memanfaatkan gedung pertemuan Gereja Katedral Jakarta. Tempatnya luas rumah ibadah ini pun memiliki sarana dan prasarana  yang memadai. Calon pengantin dapat bertanya pada sekretariat gereja Katedral untuk mengetahui biaya pernikahan di Katedral Jakarta.

Sebab biasanya biaya pernikahan di Gereja Katedral memiliki beberapa apa pengeluaran yang bisa jadi berbeda jika calon pengantin memanfaatkan fasilitas gedung atau hotel. Dengan bertanya langsung pada sekretaris gereja tentu Anda akan memperoleh informasi yang sahih.

Selanjutnya adalah pengantin dapat mengkonfirmasikan fasilitas apa saja yang yang termasuk dalam pembiayaan pernikahan tersebut. Dengan demikian Anda sudah mengetahui mana yang perlu ada dan tidak. Termasuk dengan bagaimana layanan catering untuk para tamu undangan. 

Menetapkan biaya pernikahan di Jakarta memang memerlukan perhitungan yang sangat rinci sebab tidak hanya mempertimbangkan upacara akad atau pemberkatan nya saja tetapi juga harus melihat kebutuhan pada saat acara sebelum pernikahan antara lain pengajian atau midodareni. Selanjutnya perhitungan sampai dengan acara resepsi .

Posted in Blog

Selasa Apr 26 9:56 am

Tidak ada Komentar