Biaya SIUJK Terbaru! Ternyata Tidak Semahal yang Dibayangkan!

biaya siujk
,
biaya siujk

Officenow – Bila berbicara menjalankan bisnis konstruksi di Indonesia, tentunya tidak akan jauh dari yang namanya perizinan. Dan untuk perizinan dalam bisnis bidang konstruksi, ada namanya SIUJK dengan biaya SIUJK nya yang beragam.

Apa itu SIUJK?

SIUJK merupakan singkatan dari kata Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi. Dari namanya saja sudah jelas bahwa surat perizinan usaha ini, sangat diharuskan untuk dimiliki oleh perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi.

Dengan adanya SIUJK ini, tentunya sebuah perusahaan sudah dianggap layak dan kompeten untuk menangani sebuah proyek berbau konstruksi. Hal ini juga menjadi salah satu kelebihan memiliki SIUJK bagi perusahaan, karena bisa lebih mudah dalam memenangkan sebuah tender. 

Lalu bagaimana jadinya bila sebuah perusahaan konstruksi ini tidak dilengkapi dengan SIUJK? Akibat dari tidak dimilikinya SIUJK ini, maka perusahaan konstruksi tersebut akan dikenakan sanksi bertahap.

Yang mana pada awalnya akan diberikan sanksi yang bersifat adminstratif, seperti misalnya pemberian surat peringatan.  Dan kalau pada sanksi awal tidak ada efek apapun, maka perusahaan bisa saja menerima sanksi yang cukup berat, yaitu pembekuan atas izin usahanya.

Dan walaupun setelah SIUJK nya dilengkapi setelah mendapatkan sanksi 1 dan 2, pembekuan atas izin usahanya tidak semata-mata bisa langsung didapatkan Kembali. Melainkan setidaknya membutuhkan waktu selama 30 hari, sejak perizinan usahanya resmi dicabut oleh pihak yang berwenang.

Manfaat memiliki dan sudah membayar biaya SIUJK

biaya siujk

Jika berbicara mengenai keuntungan memiliki dan sudah membayar biaya SIUJK Jakarta ini, maka berikut ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

Perusahaan bisa mengikuti tender

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh pengusaha konstruksi dari kepemilikan SIUJK ini adalah, bisa dengan mudahnya mengikuti sebuah tender.  Dan tidak sembarang tender, karena akan berurusan pula dengan berbagai instansi, termasuk campur tangan dari pemerintah.

Karena biasanya kalau ada proyek pembangunan wilayah, biasanya para instansi pemerintahan selalu membuka peluang tender bagi para pengusaha konstruksi umum. Namun tentunya hanya pengusaha yang sudah memiliki SIUJK lah, yang akan lolos dalam proses seleksi administrasi mengikuti sebuah tender.

Penurunan bayar biaya pajak

Manfaat selanjutnya dari kepemilikan SIUJK ini adalah bisa menghemat pengeluaran biaya pajak. Karena seperti yang kita ketahui untuk urusan biaya pajak di Indonesia, terhitung sangat besar apalagi jika perusahaan yang kita miliki skalanya cukup besar.

Namun tidak demikian bila Anda sudah mengantongi SIUJK ini, karena beban biaya pajak yang harus dibayarkan akan otomatis cukup berkurang dari semestinya. Karena jika Anda sudah memiliki SIUJK, otomatis akan memiliki juga yang namanya SBU (Sertifikat Badan Usaha).

Korelasinya disini, menurut aturan pemerintah no. 51 tahun 2008, yang menyatakan bahwa para pengusaha yang memiliki SBU ini, bisa mendapatkan kebijakan mengenai pengurangan bayar biaya pajaknya.

Kita ambil sedikit contoh, untuk usaha konstruksi jenis pengawas dan perencana biasanya beban bayar biaya pajak yang dikenakan bisa mencapai angka 6%. Namun lain cerita jika Anda memiliki SBU, maka jumlah bayar pajaknya bisa berkurang hingga menyentuh angka 4 % saja.

Contoh lain lagi, untuk para pelaksana konstruksi beban bayar pajaknya biasanya berkisar sampai 4%. Namun jika sudah memiliki SBU, maka nominatif pajak yang dibayarkan hanya sebatas 2% untuk usaha kecil, dan 3% untuk usaha besar.

Memiliki perlindungan hukum yang kuat

Perusahaan yang sudah memiliki dan sudah membayar biaya perpanjangan SIUJK, maka sudah bisa dipastikan akan memiliki jaminan perlindungan dari suatu badan hukum di Indonesia.

Hal ini tentunya menjadi sebuah angin segar bagi perusahaan, karena bisa menjadi salah satu antisipasi terhindar dari hal-hal yang bisa merugikan perusahaan.

Kita ambil contoh kecil saja, ketika ada tuntutan sengketa dari pihak lain terhadap perusahaan Anda, maka perusahaan dengan kelengkapan SIUJK ini bisa mempertahankan apa yang menjadi haknya, bahkan bisa sampai menuntut balik.

Membantu Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Manfaat selanjutnya dari kepemilikan SIUJK bagi perusahaan ini adalah, bisa dengan mudahnya mendapatkan kepercayaan dari para konsumen serta mitra bisnis usaha Anda. Yang otomatis kalau sudah banyak orang yang percaya terhadap perusahaan Anda, itu tandanya perusahaan Anda sudah teruji akan kredibilitasnya.

Hal menarik lain jika suatu saat perusahaan membutuhkan suntikan dana untuk modal pengembangan usaha, maka bisa dengan mudahnya untuk mengajukan pinjaman ke Bank. Karena dengan kelengkapan SIUJK dari perusahaan ini, otomatis pihak Bank juga akan menilai lebih terhadap perusahaan Anda, dalam kelayakan pemberian pinjaman.  

Persyaratan dan Persiapan Bayar Biaya SIUJK

Membuat SIUJK kini bisa dilakukan secara online melalui website resmi Online Single Submission (OSS). Kalaupun Anda ingin membuat dan ingin segera membayar biaya SIUJK nya, maka setidaknya persiapkan dulu berbagai persyaratannya sebagai berikut:

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lain dari pihak direktur perusahaan
  • Melampirkan fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari pihak direktur perusahaan
  • Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) milik perusahaan
  • KTA atau Kartu Tanda Anggota dari Asosiasi Perusahaan Konstruksi
  • SBU atau kepanjangan dari Sertifikat Badan Usaha
  • Mencantumkan bukti kepemilikan tanah, bisa melampirkan Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Akta Hibah, Akta Waris dan Akta Jual Beli (AJB), jika tanah perusahaan milik pribadi. Kalaupun tanah perusahaannya sewa, maka tinggal menambahkan saja dokumen terkait perjanjian sewa menyewanya.
  • Fotocopy SIUP atau kepanjangan dari Surat Izin Usaha Perdangangan
  • Sertifikat Keahlian atau SKA yang asli
  • Fotocopy TDP atau kepanjangan dari Tanda Daftar Perusahaan
  • Foto kantor perusahaan tampak depan, dalam, dan lain sebagainya.  
  • Fotocopy dokumen Akta Pendirian Notaris yang sah
  • SKDP atau kepanjangan dari Surat Keterangan Domisili Perusahaan yang masa berlakunya masih aktif

Biaya Urus SIUJK

biaya siujk

Bila berbicara harga urus SIUJK dan biaya pengurusan SIUJK Surabaya, tentunya sangatlah beragam berdasarkan dengan kualifikasi jasa konstruksi yang dimiliki. Adapun rinciannya, bisa Anda lihat dibawah ini.

Perusahaan dengan modal dasar dibawah 1 M

Jika dalam perusahan memiliki modal dasar di bawah 1 miliar, dan masuk kedalam golongan usaha kecil, maka biaya pengurusan SIUJK nya, kurang lebih sebagai berikut:

  1. Untuk jasa konstruksi 1 bidang, dikenakan biaya sampai sebesar Rp 19.000.000
  2. Biaya sebesar Rp 22.000.000 diperuntukan bagi usaha jasa konstruksi 2 bidang,
  3. Dan untuk jasa konstruksi 3 bidang, dikenakan biaya SIUJK nya sebesar Rp 25.000.000

Perusahaan dengan modal dasar diatas 1 M

Bagi perusahaan dengan modal dasar yang dicantumkan dalam aktanya diatas 1 miliar, dan masuk kedalam kategori usaha menengah dan besar, maka biaya SIUJK nya sebagai berikut:

  1. Biaya yang sebesar Rp 35.000.000, untuk usaha jasa konstruksi 1 bidang dengan kelengkapan 2 SKA.
  2. Untuk jasa konstruksi 2 bidang dengan kelengkapan 3 SKA, dikenakan biaya sampai sebesar Rp 40.000.0000
  3. Dan untuk usaha jasa konstruksi 3 bidang dengan kelengkapan 4 SKA, maka jumlah dana yang harus dikeluarkan bisa menyentuh angka Rp 45.000.000.

Posted in Blog

Kamis Apr 28 6:27 am

Tidak ada Komentar