Bikin PT Murah? 5 Hal Ini Dapat Memungkinkan Hal Itu Terjadi

Office Now – Bikin PT murah dan cepat tentunya merupakan dambaan bagi para pelaku usaha yang hendak meningkatkan level bisnisnya menjadi Perseroan Terbatas. Meski begitu, Anda pun tak boleh sembarangan dalam mengurus pendirian PT tersebut hanya demi menghemat biaya.

Sejumlah sumber mencatat bahwa kisaran harga untuk mendirikan PT dalam dua tahun terakhir ini tidak sampai Rp 10 juta. Apalagi pemerintah pun sudah menetapkan undang-undang terbaru yang semakin memudahkan para pelaku usaha untuk bisa bikin PT murah.

Pengertian PT

(Sumber gambar: Pixabay)

Seperti mungkin sudah Anda ketahui, istilah PT merupakan singkatan dari Perseroan Terbatas. Perusahaan ini merupakan suatu bentuk usaha persekutuan dengan sistem kepemilikan modal berupa saham dan memiliki status berbadan hukum.  

Bentuk badan usaha ini memiliki sejumlah manfaat sehingga membuat para pelaku usaha tertarik untuk mendirikannya.

Beberapa Manfaat Pendirian PT

Status dan kelangsungan perusahaan memiliki jaminan perlindungan hukum

PT memiliki status badan hukum yang menjamin adanya perlindungan secara hukum atas status dan kelangsungan perusahaan tersebut. Hal ini juga berarti PT tidak dapat bubar begitu saja jika terjadi konflik dan hal-hal tak terduga dalam penyelenggaraan operasionalnya.  

Sistem pengelolaan perusahaan bersifat lebih profesional

Setiap PT memiliki struktur organisasi dengan pembagian kerja (job desc) yang jelas. Setiap personil dalam struktur perusahaan tersebut umumnya juga sudah teruji memiliki kapasitas dan kemampuan yang sesuai untuk mengisi posisinya.  

Meningkatkan peluang ekspansi perusahaan

Sistem pengelolaan PT yang profesional umumnya juga akan meningkatkan kredibilitas perusahaan tersebut. Hal ini membuat PT lebih mudah mendapat kepercayaan dari pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya untuk membangun hubungan kerja sama.

Terdapat pemisahan antara harta pribadi pemilik dengan perusahaan

Dengan adanya pemisahan ini berarti harta kekayaan pribadi kepunyaan pemilik PT akan lebih terlindungi. Harta pemilik tersebut tidak akan ikut mengalami penyitaan seandainya perusahaan merugi atau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Syarat-Syarat Pendirian PT

(Sumber gambar: Pixabay)

Untuk dapat mendirikan sebuah PT, Anda perlu memenuhi sejumlah persyaratan sebagai berikut:  

Mengajukan nama PT untuk mendapat persetujuan dari Kemenkumham

Peraturan menyebutkan bahwa tidak boleh ada dua nama PT yang sama di suatu negara. Oleh karena itu, Anda perlu mengajukan nama yang hendak dipakai untuk PT tersebut lebih dulu ke Kemenkumham. Jika sudah mendapat persetujuan, barulah Anda bisa menggunakannya.

Mengurus akta pendirian PT melalui notaris

Akta pendirian merupakan dokumen legal yang wajib Anda miliki untuk dapat mendirikan sebuah PT. Anda dapat mengurus pembuatannya sendiri ke kantor notaris atau melimpahkan tugas tersebut pada orang lain melalui pemberian surat kuasa.    

Pastikan untuk memilih notaris yang handal dan terpercaya untuk membantu Anda mengurus pembuatan akta ini.

Menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB)

Nomor Induk Berusaha (NIB) berfungsi sebagai pengganti TDP (Tanda Daftar Perusahaan) yang bisa dibilang merupakan nomor identitas perusahaan. Anda dapat mengurus penerbitan NIB ini secara online melalui situs resmi OSS (Online Single Submission).

Mengajukan pembuatan izin usaha atau SIUP

Agar dapat menjalankan operasional usahanya dengan lancar dan aman, PT perlu lebih dahulu memiliki surat izin usaha. Salah satu surat izin menjalankan usaha yang paling umum adalah SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan.

Mengajukan pembuatan NPWP

Setiap pelaku usaha memiliki kewajiban untuk membayar pajak atas penghasilan yang diperolehnya. Oleh karena itu, Anda wajib melengkapi PT dengan NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Anda dapat mendapatkannya melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setempat.

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Biaya Bikin PT Murah atau Mahal

(Sumber gambar: Pixabay)

Setidaknya ada lima faktor yang dapat mempengaruhi besarnya biaya pendirian PT, yaitu:

Lokasi Pendirian PT

Untuk dapat menjalankan aktivitas operasional PT, umumnya Anda memerlukan adanya sebuah kantor atau bangunan tempat usaha lainnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi dana yang Anda perlukan untuk menyiapkan tempat usaha itu adalah lokasinya.  

Biaya untuk memiliki tempat usaha di kota besar umumnya akan mengharuskan Anda merogoh kantong lebih dalam dibandingkan di kota kecil. Selain itu, tarif untuk mengurus perizinan di kota besar umumnya juga lebih tinggi.

Perlu Anda ketahui bahwa pemerintah memang tidak pernah menetapkan peraturan khusus mengenai standar biaya untuk mengurus izin usaha secara nasional. Itulah sebabnya, biaya untuk mengurus perizinan tersebut bisa jadi berbeda-beda di setiap wilayah

Selain itu, masing-masing notaris umumnya juga mematok tarif yang cukup bervariasi. Besarnya nominal komponen-komponen biaya ini tentunya akan berpengaruh terhadap budget pendirian PT Anda.

Jenis dan Sektor Usaha PT

Ada enam jenis PT yang cukup dikenal di dunia usaha yaitu:

  • Terbuka (telah melakukan IPO atau Initial Public Offering dan menjual sahamnya pada masyarakat umum)
  • Tertutup (hanya melakukan penjualan saham kepada kalangan tertentu)
  • Kosong (belum benar-benar beraktivitas meski perizinannya sudah lengkap)
  • Perseorangan (merupakan milik satu orang yang menjabat sebagai direktur)
  • Domestik (menjalankan aktivitas operasional di dalam negeri)
  • Asing (menyelenggarakan operasional usaha di luar negeri)

Tentunya tidaklah sulit untuk memahami bahwa masing-masing jenis PT ini membutuhkan sejumlah dana yang berbeda untuk proses pendiriannya.

Selain itu, masing-masing sektor usaha (konstruksi, perdagangan, manufaktur, dll) umumnya juga membutuhkan beberapa surat izin yang berbeda satu sama lain. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap biaya pembuatan PT.

Jumlah Modal Pendirian PT

UU Nomor 11 tahun 2020 telah menghapus keharusan adanya setoran modal awal sebesar Rp 50 juta sebagai syarat pendirian PT. Hal ini sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha dengan modal terbatas untuk dapat meningkatkan level perusahaanya.

Meskipun begitu, pendirian PT tetap memerlukan sejumlah dana sebagai modal awal. Jumlah modal yang Anda perlukan untuk membangun PT Asing tentunya relatif lebih besar dibandingkan PT Domestik.

Jangka Waktu Proses Pendirian PT

Ungkapan time is money tentunya sudah sangat tidak asing bagi Anda. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berkas-berkas pendirian PT, biasanya akan berpotensi menimbulkan cost tambahan yang kerap tak terduga.    

PIC Pengurus Kelengkapan Pendirian PT

Selain pemilik, mengurus berbagai kelengkapan untuk mendirikan PT juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan penyedia jasa khusus. Masing-masing penyedia jasa umumnya menawarkan layanan dengan tarif yang berbeda-beda.  

Tips Untuk Bikin PT Murah

Ada beberapa hal yang mungkin dapat membantu Anda untuk lebih menghemat anggaran pendirian PT yaitu:

Pertimbangkan untuk mengurus pendirian PT secara mandiri

Prosedur pendirian PT ini sebetulnya relatif mudah. Jika Anda kebetulan memiliki waktu luang, tidak ada salahnya untuk mengurusnya sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya jasa vendor.

Manfaatkan situs OSS (Online Single Submission) untuk mengurus perizinan

Situs ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan izin usaha dengan lebih cepat, mudah dan murah.

Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi besar biayanya, niscaya Anda akan bisa memikirkan cara untuk menyiasati agar bisa bikin PT murah. Pastikan pula cara-cara yang Anda tempuh itu tetap selaras dengan konsep PT yang hendak Anda dirikan.

Posted in Blog

Rabu Nov 10 8:59 am

Tidak ada Komentar