About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Cara Bikin Perusahaan? Cermati Langkah-Langkah di bawah Ini!

Cara Bikin Perusahaan

Office Now – Salah satu langkah yang penting dalam membangun usaha adalah melakukan cara bikin perusahaan, apa pun itu bentuknya. Karena hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menentukan apakah penyelenggaraan kegiatan jasa dan produk tersebut sesuai dengan ketentuan atau tidak.

Di Indonesia, legalitas usaha merupakan salah satu penentu, apakah kegiatan tersebut sudah sesuai dengan koridor peraturan yang ada atau tidak. Sebab, jika tidak memilikinya tentu akan berdampak ditutupnya usaha serta menandakan bahwa kegiatan tersebut melanggar hukum.

Oleh karenanya, langkah pertama sebagai cara bikin perusahaan sendiri adalah membuat badan hukumnya. Banyak pilihan badan usaha yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelaku.

Mengenal Cara Bikin Perusahaan 

Mengenal Cara Bikin Perusahaan

Sebelum pelaku usaha mencari tahu tentang cara membuat perusahaan kecil, sebaiknya memutuskan terlebih dahulu legalitas badan usaha apa yang hendak didirikannya.  Karena ada perbedaan sedikit tentang persyaratan dan ketentuan setiap bentuk badan usaha.

Terdapat 6 badan usaha yang dapat dipilih, yaitu perusahaan perseorangan atau biasa disebut dengan perusahaan terbatas. Kemudian ada persekutuan perdata, firma, persekutuan komanditer (CV), yayasan, dan koperasi. Masih ada satu lagi, tetapi tidak dapat didirikan oleh pihak  perseorangan, yaitu perusahaan negara.

Syarat umum cara bikin perusahaan adalah menyiapkan terlebih dahulu semua dokumen yang akan digunakan untuk memenuhi persyaratannya. Tentu ini tidak sulit, terutama jika pelaku usaha sudah menyiapkan dari awal.

Dokumen yang Harus Disiapkan

Dokumen yang Harus Disiapkan

Anda harus menyiapkan dokumen antara lain adalah fotokopi kartu pengenal diri. Jika WNI biasanya menggunakan E-KTP, jika WNA bisa memanfaatkan paspor atau tanda pengenal yang lainnya.

Lalu yang lainnya adalah NPWP dan Kartu Keluarga pendiri atau pemegang saham. Semuanya dalam bentuk fotokopian. Tambahannya adalah bukti bayar PBB satu tahun terakhir yang sesuai dengan domisili perusahaan yang terdaftar.

Surat keterangan domisili kantor, atau jika menyewa sertakan fotokopi keterangan perjanjian sewa menyewa ruangan kerja. Tambahkan bukti kepemilikan usaha. Sertakan pula foto kantor tampak dalam ruangan serta bagian luar gedung.

Langkah-langkah Bikin Perusahaan

Ikutilah cara bikin perusahaan PT agar setiap tahapannya berjalan dengan baik. Pastikan data tersebut lengkap serta tertulis menggunakan bahasa Indonesia. Simak penjelasan di bawah ini untuk langkah-langkahnya.

Dokumen Data Pendiri PT

Langkah pertama sebagai cara bikin perusahaan jasa yang berbentuk PT adalah memilih nama yang sesuai dengan peraturan. Ketentuannya adalah menggunakan bahasa Indonesia dan tidak boleh menggunakan kata yang dari serapan asing. Juga tidak dapat menggunakan nama yang telah terdaftar pada sistem serta minimal terdiri dari tiga kata.

Dokumen tersebut harus berisikan tempat dan kedudukan PT , maksud dan tujuan pendiriannya, struktur permodalan yang ada, serta identitas pengurus PT. Semuanya tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Membuat Akta Pendirian pada Notaris Setempat

Memiliki akta pendirian yang disahkan oleh notaris merupakan salah satu cara bikin perusahaan CV. Pelaku usaha dapat menggunakan notaris mana saja dengan syarat telah memiliki SK pengangkatan sebagai notaris, telah tersumpah secara hukum, serta terdaftar pada Kemenkumham.

Pengesahan SK Kemenkumham Tentang Pendirian Perusahaan

Setelah Akta Pendirian PT jadi sebagai salah satu cara bikin perusahaan dagang, langkah selanjutnya adalah mengajukan pengesahan. Hal terkait badan hukum ke Kemenkumham. Jika surat keterangan tersebut sudah keluar, maka negara telah resmi mengakui perusahaan Anda serta siap untuk melakukan kegiatannya.

Membuat Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Langkah selanjutnya adalah membuat surat keterangan domisili perusahaan. Terdapat penjelasan tentang domisili, jenis usaha, serta banyaknya tenaga kerja. Surat keterangan ini biasanya berlaku untuk satu tahun. Namun, Anda dapat memperpanjangnya kembali.

Membuat NPWP sebagai Nomor Pajak

Perusahaan yang akan Anda kelola memiliki kewajiban untuk membayar pajak setiap tahunnya. Oleh karena itu, memiliki wajib memiliki NPWP sebagai bukti kewajiban perpajakan usaha. Pendiri akan mendapatkan dua dokumen yang berhubungan dengan kewajiban inni, yaitu NPWP serta Surat Keterangan Terdaftar ( SKT Pajak).

Menyelesaikan Perizinan Usaha 

Memiliki izin usaha adalah cara bikin perusahaan rintisan yang perlu Anda siapkan. Dengan memiliki SIUP, maka konsumen akan mengetahui perusahaan tersebut bergerak dalam bidang apa. Anda pun dapat mengikuti berbagai tender proyek yang pemerintah selenggarakan.

Menyelesaikan Tanda Daftar Perusahaan ( TDP)

Untuk proses yang satu ini agak berbeda dengan yang lainnya. Perusahaan yang wajib melakukan pendaftaran tidak hanya yang yang berkedudukan sebagai kantor pusat, tetapi juga yang berfungsi sebagai kantor pembantu atau cabang.

Syarat lain sebagai xara bikin perusahaan yang harus terpenuhi dalam proses TDP ini khusus perusahaan yang berkedudukan sebagai cabang adalah wajib memiliki Akta Cabang yang di dalamnya tertera nama pimpinan cabang, serta adanya keterangan tentang pemberian kuasa dari direksi perusahaan tersebut. Kini, sebagai syarat mengurus TDP, perusahaan wajib melampirkan sertifikat BPJS Ketenagakerjaan.

Syarat Membuat Perusahaan Keuangan atau Bank

Sementara untuk mendirikan sebuah perusahaan keuangan atau bank memiliki tambahan persyaratan dari otoritas keuangan negara, yaitu harus memiliki izin Dewan Gubernur Bank Indonesia.

Bank harus menyetor dana sebanyak 3 triliun rupiah yang merupakan modal awalnya. Syarat lainnya adalah hanya warga negara Indonesia yang dapat mendirikan bank umum secara pribadi atau badan usaha.  Kendati demikian, pendiri bisa untuk bekerja sama dengan pihak asing dalam bentuk perseorangan atau badan usaha.

Membuat Perusahaan di Linkedin

Membuat Perusahaan di Linkedin

Perkembangan teknologi membuat apa pun menjadi mungkin, terutama jika berhubungan dengan dunia maya. Oleh karenanya, banyak perusahaan yang kemudian berlomba-lomba membuat halaman Linkedin yang bermanfaat sebagai komunikasi bagi siapa pun yang membutuhkannya.

Cara membuat perusahaan di linkedin sangat mudah. Anda tinggal membuatnya pada halaman utama platform ini. SImak langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik gambar pekerjaan yang ada di pojok kanan atas
  2. Pilihlah membuat Halaman Perusahaan. 
  3. Tekan jenis halaman yang Anda inginkan. Lengkapilah dengan berbagai informasi agar publik mengenal usaha Anda publik sedetail mungkin sehingga terlihat profesional.
  4. Beri tanda centang pada kolom verifikasi yang menginformasikan bahwa Anda berhak untuk membuat halaman perusahaan di Linkedin.
  5. Tekan bagian  “Buat Halaman: Mohon perhatikan jika ternyata Anda menerima sebuah pesan berwarna merah. Ini artinya Anda tidak dapat memenuhi ketentuan untuk membuat halaman perusahaan.
  6. Jika tidak ada pesan merah, maka Anda lanjutkan dengan meng klik “Mulai Kembangkan Halaman Anda”.

Pembuatan halaman perusahaan pada Linkedin merupakan suatu upaya untuk menarik pengguna potensial agar mengikuti semua informasi tentang perusahaan ini. Oleh karenanya, selalu berikan informasi yang menarik, agar pelanggan potensial mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Berbagai tahapan cara bikin perusahaan tersebut dapat Anda lakukan untuk memperoleh legalitas sebagai badan usaha sebagai bentuk perlindungan oleh Undang-Undang. Terlebih jika perusahaan Anda bergerak dalam bidang makanan dan minuman. Dengan mematuhi ketentuan tersebut juga merupakan jaminan bahwa produk tersebut sesuai dengan ketentuan..