Cara Membuat TDP, Benarkah Tidak Berlaku Lagi Saat Ini?

Cara Membuat TDP
,

Office Now-Adanya syarat untuk setiap badan usaha mengharuskan pemilik usaha memahami cara membuat TDP. Sehingga kewajiban tersebut bisa terlaksana dengan baik. Secara tidak langsung usaha yang Anda jalankan telah sah dihadapan hukum.

Pengertian Tanda Daftar Perusahaan

Pengertian TDP

Dasar hukum yang mengatur mengenai tanda daftar perusahaan ada pada ketentuan Undang-Undang nomor 32 tahun 1982. Pada pasal 5 menyebutkan bahwa setiap perusahaan wajib memiliki tanda daftar perusahaan. 

Tanda daftar perusahaan merupakan daftar pencatatan secara resmi sesuai ketentuan perundang-undangan. Badan usaha yang wajib memahami cara membuat TDP, antara lain:

  • Persekutuan Komanditer
  • Perseroan Terbatas
  • Koperasi
  • Yayasan
  • Perusahaan Perseorangan

Selain itu, beberapa kantor di bawah ini juga wajib memiliki tanda daftar perusahaan, yaitu: 

  • Kantor cabang
  • Anak perusahaan
  • Kantor pembantu
  • Agen di bawah nama perusahaan
  • Kantor wilayah

Adapun aturan lain yang mewajibkan setiap badan usaha memiliki Tanda Daftar Perusahaan, yaitu Peraturan Menteri Perdagangan nomor 37 tahun 2007. Di dalamnya mengatur penyelenggaraan perusahaan termasuk cara membuat TDP.

Syarat Cara Membuat TDP

Syarat Cara Membuat TDP

Setelah memahami apa itu tanda daftar perusahaan, hal selanjutnya adalah menyiapkan semua persyaratannya.

  • Melakukan pengisian formulir tanda daftar perusahaan yang baru. 
  • Menyertakan scan KTP asli dari para pemilik maupun direktur perusahaan.
  • Anda wajib menyertakan scan asli NPWP.
  • Selain itu, Anda harus menyertakan scan asli dari akta pendirian dari notaris. Sesuaikan untuk masing-masing bentuk usaha.
  • Cara membuat TDP di OSS juga membutuhkan scan asli dari izin teknis.
  • Scan bukti pelunasan dari PBB di tahun terakhir. 
  • Sertakan scan dari bukti lunas retribusi pemeriksaan alat pemadam kebakaran.
  • Sedangkan untuk pengesahan AD dari Perseroan Terbatas harus berupa scan asli dari Kemenkumham.
  • Selain itu, Anda juga harus menyertakan surat pernyataan yang berisi kebenaran dari dokumen. 

Tahapan Cara Membuat TDP

Tahapan Cara Membuat TDP

Untuk mengajukan permohonan tanda daftar perusahaan, terdapat 2 tahapan. Sehingga membebaskan para pemohon memilih cara yang termudah.

Cara Membuat TDP Datang Langsung

Untuk cara membuat TDP yang pertama, Anda bisa mendatangi langsung tempat pelayanan. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pemohon bisa langsung mendatangi tempat pelayanan untuk mendaftarkan permohonan izin.
  2. Langkah kedua, Anda akan dipandu petugas loket untuk melakukan permohonan secara online.

Meskipun cara selanjutnya adalah online, namun Anda akan mendapat panduan dari petugas secara langsung. Sehingga akan meminimalisir terjadinya kesalahan. Cara ini juga akan menghemat waktu Anda dan menjadikan proses lebih praktis.

Secara Online

Adapun tahapan yang harus Anda ikuti untuk cara membuat TDP online, sebagai berikut:

Membuat Akun

Langkah awal, Anda bisa membuat akun terlebih dahulu. Kunjungi website Dinas PMPTSP. Sesuaikan dengan tempat usaha Anda akan dijalankan. 

Kelengkapan Berkas

Ajukan permohonan dengan mengisi kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Upload semua data untuk cara membuat TDP yang menjadi kewajiban Anda. 

Cetak Resi

Jika semua sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah mencetak resi. Serta Anda akan mendapatkan SMS nomor resinya.

Verifikasi

Langkah selanjutnya adalah melakukan proses verifikasi. Pada tahapan ini berkas akan dilakukan pengecekan. Baik itu berupa teks, data lampiran dengan format JPG, PNG, maupun PDF. 

Sehingga nantinya setelah menerima hasil verifikasi secara administrasi, Anda akan mendapatkan cara membuat TDP perusahaan lengkap atau tidak lengkap.

Survei

Ketika data sudah lengkap dan sudah melalui tahapan validasi berkas, maka selanjutnya adalah petugas akan melakukan survey. Kegiatan survei ini akan menghasilkan rekomendasi secara teknis apakah nantinya akan lolos atau tidak.

Jika sudah mendapatkan persetujuan maka Anda akan mendapatkan SMS berisi kode pembayaran. Sedangkan apabila tidak diterima oleh tim teknik, maka Anda harus melengkapi berkas.

Pembayaran

Untuk metode pembayaran cara membuat TDP, Anda bisa menyesuaikan dengan bank yang ditunjuk. Namun, hal ini hanya khusus untuk yang berbayar saja. 

Pencetakan Izin

Setelah sebelumnya mengisi survey untuk kepuasan masyarakat, tahapan selanjutnya adalah pencetakan izin. Anda hanya perlu menunggu petugas POS mengantarkan ke alamat yang sesuai dengan data kelengkapan Anda saat mengajukan permohonan.

Catatan Penting Mengurus TDP

Ada catatan yang perlu Anda perhatikan dalam cara membuat TDP dan SIUP. Mengenai masa berlaku dari tanda daftar perusahaan adalah 5 tahun. Untuk kategori bidang usaha yang ada pada akta pendirian, izin operasional dan TDP harus sejenis.

Jika pada saat mengurus cara membuat TDP perorangan ada tambahan jasa yang tidak sesuai, maka permohonan bisa mengalami penolakan. Oleh karena itu, sebaiknya pemohon mempelajari dengan benar kelompok-kelompok bidang usaha. 

Untuk memudahkan cara membuat TDP, Anda bisa melihat melalui buku klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia. Sehingga ada baiknya untuk menentukan KBLI berdasarkan potensi peluang dari kebutuhan pelanggan. Tentunya tidak hanya memperhatikan kompetensi inti. 

Perubahan Peraturan TDP

Sejak berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja telah merubah beberapa ketentuan mengenai legalitas untuk pembuatan CV, PT dan badan usaha lainnya. 

Tidak Berlakunya TDP

Pasal 116 Undang-Undang Cipta Kerja telah mencabut berlakunya Undang-Undang nomor 3 Tahun 1982. Sehingga tanda daftar perusahaan telah dicabut dan tidak berlaku lagi. 

Legalitas Pengganti

Namun, bukan berarti dengan tidak adanya cara membuat TDP dan SIUP online sehingga tidak ada aturan pengganti. Anda harus memiliki Nomor Induk Berusaha. Fungsinya sebagai nomor identitas dari pelaku usaha sehingga bisa menjalankan kegiatan berusaha sesuai bidang.

Dasar hukum dari NIB ada pada Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2018. Selain pengganti dari tanda daftar perusahaan, NIB juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai angka pengenal impor. 

Selain itu, cara membuat TDP CV yang berganti menjadi NIB berfungsi sebagai akses kepabeanan. Lalu bagaimana jika sebelum perubahan sudah memiliki TDP namun belum memiliki NIB?

Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2018 menjadi dasar aturannya. Jika pelaku usaha memiliki izin usaha yang masih berlaku, maka tidak perlu mendaftarkan ke OSS untuk mendapatkan NIB. 

Akan tetapi, jika usaha melakukan pengembangan untuk ekspor dan impor, maka cara membuat TDP dan NIB harus melakukan perubahan. Anda bisa mengubah data ke OSS untuk mendapatkan nomor induk berusaha.

Akibat Hukum

Sebenarnya untuk akibat hukum cara membuat SIUP TDP online yang mengalami perubahan, tidak ada jeratan hukum. Hanya saja Anda tidak akan mendapatkan keuntungan, antara lain:

  • Anda tidak bisa mendapatkan akses untuk sertifikasi halal.
  • Untuk mengurus permohonan PIRT atau BPOM.
  • Anda tidak bisa mendapatkan pembiayaan dari pemerintah.

Oleh karena itu cara membuat TDP yang sudah berganti dengan memiliki NIB harus Anda pikirkan untuk memilikinya. Jika tidak, Anda bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan tiga poin tersebut.

Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2018 juga mengatur pelaku usaha yang berhak membuat NIB, yaitu:

  • Badan layanan hukum
  • Lembaga penyiaran
  • Koperasi
  • PT
  • Perusahaan umum
  • Badan Usaha yang pendiriannya oleh yayasan
  • CV

Pentingnya memahami aturan baru mengenai cara membuat TDP akan menguntungkan untuk perkembangan bisnis Anda. Oleh karena itu, selalu perbarui ketentuan untuk mengurus dokumen legalnya.

Posted in Blog

Jumat Jan 07 8:00 am

Tidak ada Komentar