Ini Dia Cara Membuat CV Perusahaan Paling Lengkap dan Mudah

Office Now – Perusahaan kecil dengan skala rumahan, atau sejenisnya bisa masuk kategori CV. Perusahaan ini umumnya tidak membutuhkan pengurusan yang rumit layaknya PT. Lantas, bagaimana cara pembuatan CV ini ya? Anda juga tengah bertanya-tanya soal ini?

Mengintip Detail dan Cara Pembuatan CV Perusahaan 

Mengintip Detail dan Cara Pembuatan CV Perusahaan

Memiliki usaha atau industri rumahan memang banyak dilakukan publik. Salah satu alasannya ialah untuk mendapatkan pekerjaan. Termasuk membuka lowongan pekerjaan. Bagi Anda yang ingin membuat CV atau perusahaan skala kecil miliki Anda, simak dulu syaratnya berikut ini. 

Siapkan Data Pendirian CV

Sesuai pasal 19 KUHD, untuk membuat akta pendirian ini bisa mencantumkan beberapa dokumen seperti berikut;

  • Nama yang akan Anda pakai untuk CV
  • Tempat beserta kedudukan CV
  • Nama Sekutu yang berkuasa atau sebagai pihak yang akan menandatangani kontrak atas nama guild
  • Bukti identitas berupa elektronik KTP, yang harus dilampirkan dalam pembuatan CV ini. Baik sebagai orang yang aktif maupun pasif. Termasuk nama, nama keluarga, jenis pekerjaan hingga tempat kelahiran
  • Melengkapi tujuan serta sasaran Anda dengan cara menentukan resume yang Anda berikan

cara pembuatan CV pertama ini boleh Anda catat agar tidak terlupa sehingga prosesnya bisa lancar tanpa kendala. Anda juga bisa langsung menuju lembaga yang bersangkutan untuk melakukan konsultasi.

Tentukan Dua Pendiri CV

Syarat kedua ini ialah minimal memiliki dua orang pendiri. Keistimewaan cv ini ialah dibuat minimal oleh dua pihak. Dimana salah satunya memiliki gelar direktur dan satu lainnya ialah investor. Sebelum memutuskan untuk membuat CV ini Anda harus menyepakati pembagian properti. 

Dimana tidak akan ada pemisahan aset. Baik aset pribadi maupun dari CV, sehingga Anda juga perlu memutuskan pihak mana yang secara terbatas aktif atas CV yang Anda buat.

Buatlah Akta Pendirian Notaris 

Langkah ketiga ini ialah membuat akta pendirian notaris. Dalam hal ini silakan menghubungi notaris terdekat. Biasanya budget yang dibutuhkan antara Rp 7 juta hingga Rp 8 jutaan. Selanjutnya, akta pendirian. Ini bisa dipergunakan oleh notaris. 

Dengan catatan. Selama mendapatkan keputusan pengangkatan, termasuk telah disumpah ataupun didaftarkan di kementerian hukum serta Hak asasi manusia. Cara buat cv perusahaan step ketiga ini bisa juga Anda konsultasikan dengan partner atau rekan yang ingin membuka CV ini dengan Anda.

Proses Penandatanganan oleh Para Pendiri CV

Cara pembuatan CV keempat ini sampai pada tahap tandatangan oleh para pendiri CV. Semua pendiri baik sebagai pemilik maupun pengelola harus menandatangani akta pendirian tersebut. 

Apabila salah satu dari kedua pendiri ini berhalangan hadir di depan notaris, maka mereka bisa diberi wewenang. Pihak notaris akan mengetahui sisi akta pendirian termasuk menjelaskan pasal apa saja yang ada dalam akta tersebut.

Mengurus SKDP

Sudah tahu bukan? Apa itu SKDP? Ya, Surat Keterangan Domisili Perusahaan. Dimana surta tersebut berisi detail alamat dimana perusahaan tersebut berlokasi. Surat ini berperan penting karena sebagai syarat penyampaian dokumen legal lainnya. 

Misalnya, NPWP, TDP, Izin Usaha juga yang lainnya. SKDP ini diterbitkan oleh pihak kelurahan, yang tunduk atas peraturan Perda masing-masing. Jika Anda ingin mengurus SKDP ini bisa langsung datang ke kelurahan yang bersangkutan.

Meski terkesan rumit, namun salah satu syarat pada cara membuat cv perusahaan sendiri ini harus dipenuhi. Apalagi SKDP juga memiliki kekuatan hukum yang kuat.

Mengurus NPWP

Langkah kelima ini Anda bisa segera mendatangi kantor pelayanan pajak. Anda bisa mengajukan permohonan pembuatan NPWP ini disana. Dokumen yang harus Anda bawa antara lain; akta pendirian, SKDP, Fotokopi identitas, KK direksi perusahaan, peraturan menteri hukum serta HAM. Selain memperoleh NPWP, Anda juga akan mendapatkan surat keterangan wajib pajak badan.

Mendaftar ke Pengadilan Negeri

Setelah langkah sebelumnya Anda lakukan, selanjutnya daftarkan akta pendirian di pengadilan negeri. Yakni, kepada pihak sekretaris pada PN yang berwenang. Merunut pada pasak 23 KUHD, pengadilan yang ditunjuk ialah PN di daerah lokasi CV anda berada.

Yang perlu Anda siapkan ialah, SKDP, NPWP lengkap dengan nama CV. Setelah proses registrasi berhasil, Anda bisa menunggu persetujuan dari PN tersebut. Ihwalnya waktu tunggu ini sekitar dua bulan. Jika Anda mengalami kesulitan, bisa lho googling bagaimana terkait cara membuat CV perusahaan online. 

Apalagi kondisi masih pandemi, sehingga pelayanan umumnya akan dialihkan menjadi dalam jaringan. Jika berminat bisa langsung ke Website resmi lembaga yang berwenang. 

Mengurus Izin Usaha

Setelah akta pendirian Anda terdaftar pada pengadilan negeri. Maka izin usaha juga harus Anda selesaikan. Izin usaha untuk CV ini wajib sesuai dengan industri yang bernaung pada CV. Anda bisa menghubungi kantor PTSP maupun kantor perwakilan pelayanan terkait. 

Sampai di tahap ketujuh ini tentunya Anda berpikir jika cara pembuatan CV tergolong kompleks. Memang betul, namun setidaknya Anda juga lingkungan sekitar akan ikut terlindungi secara otomatis melalui syarat-syarat yang Anda penuhi.

Saatnya Mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Di tahap kedelapan, Anda harus memiliki TDP alias Tanda Daftar Perusahaan. Dimana Anda bisa mendaftarkan diri kepada sales Office di kota maupun kabupaten tempa CV Anda berada. Prosedur ini sebetulnya tak jauh berbeda dari pengurusan SIUP.

SIUP atau surat izin usaha perdagangan bisa dibuat sesuai dengan CV yang Anda miliki. Berdasarkan instruksi Mendag, Siup ini wajib dimiliki para pelaku usaha. Salah satu fungsinya ialah perlindungan hukum. Cara membuat cv perusahaan 2020 ini bisa kembali Anda tinjau dengan menggali informasi melalui lembaga legal yang bersangkutan.

Pengumuman Ikhtisar Resmi

Apabila akta pendirian telah disetujui oleh pihak PN (Pengadilan Negeri), maka Anda selalu pendiri CV bisa mempublikasikannya rangkuman resmi tersebut, dari konstitusi CV-nya. Hal ini dilakukan sebagai pelengkap lembaran Negara Republik Indonesia. 

Mengurus NIB OSS

Untuk mengurus pembuatan CV, Anda bisa memanfaatkan OSS. Sebagaimana yang Anda tahu, Online Single Submission sistem ini akan memudahkan Anda dalam pengurusan CV ini. Untuk mengisi kolom-kolom didalamnya pastikan cara penulisan CV perusahaan Anda betul. Sehingga, tak akan ada kesalahan nantinya. Berikut link oss.go.id yang bisa Anda kunjungi.

Kiranya kesepuluh tahap ini bisa Anda pelajari terlebih dahulu. Pastikan juga Anda akan menjalani usaha tersebut dengan serius. Ya, proses yang rumit harus sebanding dengan kerja keras untuk melakoni usaha itu bukan?

Cara Membuat Cv Perusahaan Kontraktor

Proses ini sebetulnya tak jauh berbeda dengan pendirian CV lainnya. Dimana syarat-syarat umumnya ialah;

  • Fotocopy identitas elektronik
  • KK
  • Fotocopy PBB serta bukti pembayarannya
  •  NPWP
  • Fotocopy bukti kepemilikan usaha atau tempat usaha, bentuknya ialah seperti surat kontrak atau surat keterangan tinggal, surat sewa dari pemilik kantor maupun ruko.
  • Foto kantor tampak depan, interior juga dalam ruangan

Dan lain sebagainya, Anda bisa pula mendatangi notaris untuk mengetahui syarat lengkapnya.

Bagaimana Dengan Cara Membuat CV Perusahaan Jasa

Sebetulnya hampir sama ya, cara pembuatan CV perusahaan ini biasanya bisa dipakai untuk beragam jenis usaha. Mau usaha kontraktor, jasa atau sejenisnya. Berbeda dengan Siup karena izin ini berkenaan langsung dengan usaha perdagangan. Sehingga pengerjaannya harus berhubungan langsung dengan bidang perdagangan.

Anda bisa langsung menuju lembaga yang bersangkutan agar dokumen yang dibutuhkan lebih detail dan jelas. Termasuk meminta contoh pembuatan CV perusahaan yang Anda butuhkan. Jangan lupa, catat secara rinci apa-apa saja yang diperlukan. Sehingga Anda bisa mengurusnya dalam sekali jalan. 

Permohonan Izin Usaha Catering

Untuk poin ini Anda bisa mendatangi Kepala Dinas Kesehatan tingkat kota atau kabupaten. Dimana selanjutnya petugas akan melakukan survey terkait higienitas juga sanitasi. Hal ini dibutuhkan karena catering berhubungan dengan konsumsi. Sehingga harus dipastikan aman. 

Cara membuat cv perusahaan catering ini bisa pula Anda pelajari terlebih dahulu sebelum ke dinas terkait. Sebab ada banyak hal yang harus dipersiapkan seperti kelayakan makanan, higienitas, standar kebersihan, pengenaan juga yang lainnya. Agar permohonan Anda lekas disetujui. Yang terpenting, kualitas catering Anda harus bagus dan aman.

Akhir kata, Cara pembuatan CV ini semoga bisa membantu Anda ya. Setidaknya akan memberikan Anda gambaran apa saja yang harus disiapkan.

Penulis: Lyla Iswara

Posted in Blog

Kamis Okt 21 1:22 pm

Tidak ada Komentar