Harga Membuat CV, Begini Tips mencari Jasa Pembuatan CV Murah dan Tepat

,

Office Now – Bagi pelaku usaha, mendirikan sebuah CV atau PT merupakan cara agar bisa mengembangkan usahanya. Meski harga membuat CV dan PT lumayan tinggi, namun tidak menyurutkan semangat membuat badan usaha. 

Sebenarnya ada perubahan biaya pembuatan CV online dan offline setiap tahunnya. Tapi, sebelum membahas tentang biaya pembuatan CV. Lebih baik mengetahui lebih dalam tentang CV dan apa perbedaannya dengan badan usaha lainnya. 

Tentang CV

tentang cv

Sebagian besar pelaku bisnis lebih memilih untuk membuat badan usaha CV atau PT. CV atau Commanditaire Vennootschap dan sering disebut dengan Persekutuan Komanditer merupakan badan usaha yang terbentuk oleh satu orang atau lebih. Kemudian orang-orang tersebut mengeluarkan dana atau asetnya agar orang lain yang mengelolanya dalam perusahaan untuk mencapai tujuan bersama. 

Ada dua macam persekutuan pada CV, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif. Peran dari sekutu aktif adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan bisnis perusahaan. Semua kebijakan dalam perusahaan akan dikelola oleh sekutu aktif, juga terkait dengan perjanjian pihak ketiga. 

Sedangkan sekutu pasif hanya berperan sebagai orang yang menginvestasikan modalnya pada perusahaan tersebut. Sebenarnya sebagai sekutu pasif tidak memiliki keuntungan dan kerugian sama sekali. Jika perusahaan mengalami kerugian, pihak sekutu pasif hanya bertanggung jawab sebesar modal yang disetorkan. Adapun perusahaan mengalami keuntungan, maka sekutu pasif hanya menerima sebesar modal yang sudah ditransfer. 

Kisaran Harga Membuat CV

Tidak ada standar tentang harga membuat CV. Bahkan setiap tahunnya selalu ada perbedaan. Seperti biaya pembuatan CV 2020 tidak akan sama dengan biaya pembuatan CV 2021. 

Bahkan setiap daerah juga berbeda. Bagi yang tinggal di Jakarta akan berbeda jika membuat CV di Surabaya. Namun, yang pasti biaya pendirian CV tidak sampai 10 juta. Harga tersebut akan berbeda sesuai dengan bertambahnya layanan lainnya. 

Bagi yang tinggal di Surabaya, biaya pembuatan CV Surabaya sekitar 2 juta sampai 5 juta. Silakan mengumpulkan semua data yang diperlukan untuk membuat CV. 

Lalu bagaimana biaya pembuatan CV Sidoarjo? Karena wilayahnya dekat dengan Surabaya, maka besaran biayanya tidak akan jauh berbeda. Biasanya perbedaan biaya pembuatan CV tergantung dari beberapa faktor. 

Faktor tersebut biasanya tergantung pada lokasi CV, lama pengurusan pembuatan CV dimana semakin lama akan semakin besar biayanya, serta modal awal juga bentuk usahanya. Modal awal ini juga menjadi penentu besarnya biaya yang akan keluar. 

Sebagai contoh adalah mendirikan sebuah CV dalam negeri akan berbeda modalnya dengan CV dari penanaman modal asing. Keduanya memiliki harga membuat CV yang berbeda. Bahkan biaya pembuatan CV kontraktor juga akan berbeda dengan CV perdagangan. Jadi, pada dasarnya untuk mendirikan CV tergantung pada jenis perusahaanya. Akan lebih cepat dan mudah jika menyerahkan pembuatan CV pada jasa yang memiliki layanan mendirikan CV. 

Cara Memilih Jasa dengan Harga Membuat CV yang Tepat

cara memilih jasa pembuatan cv yang tepat

Sebenarnya cara mencari jasa pembuatan CV perusahaan tidak jauh berbeda dengan memilih jasa pembuatan PT. Lebih jelasnya tentang cara memilih jasa yang tepat, bisa simak berikut ini. 

Mempunyai status hukum yang jelas 

Sebuah perusahaan jasa pembuatan CV yang baik akan memiliki status hukum yang jelas, misalnya saja status legalitasnya. Jangan sampai salah memilih perusahaan jasa yang belum jelas legalitasnya, padahal akan mendirikan sebuah CV yang legal

Apalagi ada banyak perusahaan yang menawarkan jasanya dengan imbalan harga membuat CV lumayan tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari agar tidak terjadi penipuan. Cek segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan jasa pembuatan CV tersebut. 

Salah satu cara cek perusahaan tersebut adalah dengan langsung mendatangi kantornya. Meskipun perusahaan tersebut merupakan  rekomendasi dari teman atau kerabat. akan lebih baik menyelidiki secara langsung sepak terjangnya. 

Memperhatikan layanan yang ditawarkan 

Setiap jasa perusahaan pembuatan CV akan memberikan layanan yang berbeda. Agar bisa menekan budget untuk membuat CV. Ada baiknya membuat kesepakatan dengan pihak jasa tersebut tentang layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Pertimbangan harga membuat CV

Ada banyak sekali perusahaan jasa pembuatan CV yang memberikan layanan dengan harga murah. Tapi, apakah harga tersebut sudah logis untuk mengurus pembuatan CV? Harga murah belum tentu layanannya terbaik. Jadi, jangan tergoda terlebih dahulu dengan harga murah.

Selidiki terlebih dahulu, apa saja layanannya sehingga harganya murah. Sebab, harga murah takutnya akan memberikan masalah di kemudian hari. Bisa saja akan mengeluarkan biaya lebih mahal dan mempengaruhi jalannya bisnis yang sedang dikembangkan.

Memberikan jaminan validasi meski harga membuat CV standar

Kesepakatan awal atau validasi sangat penting ketika membuat sebuah CV menggunakan jasa pembuatan badan usaha. Sebaiknya dari awal meminta jaminan validasi agar jika nanti di tengah proses pembuatan CV terjadi masalah.

Tujuannya agar prosesnya tidak berhenti di tengah jalan, dan pemilik CV yang melanjutkan proses tersebut karena lepas tangan. Adanya jaminan validasi tersebut membuktikan kalau jasa pembuatan CV akan menyelesaikan proses pembuatannya sampai akhir meskipun di tengah terjadi masalah atau hambatan.

Perhatikan budget yang dimiliki

Harga membuat CV berbeda-beda pada tiap jasa perusahaan pendirian CV. Bahkan ada beberapa perusahan jasa memberikan pilihan layanan paket. Biasanya tiap paket mempunyai harga berbeda dengan layanan yang berbeda pula.

Pilih dan sesuaikan dengan budget yang akan keluar untuk mendirikan CV. Pahami layanan setiap paketnya, apakah ada layanan yang bisa dihandle sendiri. Jika bisa mengurus sendiri beberapa hal, maka pilih paket yang memiliki layanan yang hanya bisa jasa tersebut lakukan. Jadi, biasanya harganya lebih murah dan juga bisa menghemat budget.

Mengurus segala hal yang berkaitan dengan berdirinya sebuah CV memang tergolong gampang-gampang sudah. Bukan hanya harga membuat CV dan memilih jasa pembuatan CV, tapi juga beberapa syarat yang harus terpenuhi.

Keuntungan Membuat CV

keuntungan membuat cv

CV merupakan salah satu badan usaha yang mendirikannya terdiri atas lebih dari satu orang. Bukan hanya itu saja, CV juga badan usaha yang tidak memiliki badan hukum. Tidak sedikit pebisnis lebih menyukai membuat CV karena memiliki beberapa keuntungan.

Tidak memerlukan modal minimal untuk disetorkan

Modal awal pendirian sebuah CV tergolong ringan. Tidak ada patokan terhadap besarnya modal tersebut. Biasanya modal dari CV berasal dari sekutu aktif atau pasif. Tidak adanya patokan modal minimal membuat beberapa orang lebih menyukai membuat CV, terutama pengusaha dengan skala kecil.

Mempunyai sistem pengambilan keputusan yang cepat

Birokrasi dalam sebuah CV tidak begitu rumit. Biasanya dalam mengambil kebijakan akan mengambil dari pendiri CV atau pengurus CV. Kalaupun ada rapat, biasanya waktunya juga jarang. Sekutu pasif hanya menanamkan modalnya tanpa perlu mengurus segala hal yang berkaitan dengan CV.

Pajak lebih mudah

Pajak untuk Persekutuan Komanditer tergolong tidak ribet, penyebabnya perusahaan CV tersebut tidak mempunyai badan hukum. sedangkan besarnya pajak yang dibayarkan hanya sebesar laba dari CV. Bahkan tidak tergolong PPh, oleh sebab itu mengurus pajak CV juga lebih mudah.

Itulah penjelasan tentang harga membuat CV dan tips mencari pembuatan CV. Ada banyak pengusaha yang memilih membuat PT, namun sebagian orang juga akan lebih merasa nyaman membuat CV. Semua itu tergantung keuntungan ketika mendirikan sebuah CV atau PT.

Penulis: Lyla Iswara

Posted in Blog

Kamis Mar 03 3:40 am

Tidak ada Komentar