Harga Sewa Virtual Office Berapa dan Keuntungannya Apa Saja?

jasa urus siup
, ,

Office Now – Semenjak merebaknya virus Covid-19, pemilik usaha banyak yang mengatur ulang strategi. Untuk menerapkan WFH, pemilik usaha perlu tahu berapa harga sewa virtual office sehingga bisa mempersiapkan anggarannya dengan baik. Saat ini, bentuk kantor virtual ini semakin berkembang dan menjadi populer.

Keunggulan biaya yang murah menjadi salah satu andalan dan bisa pemilik bisnis pilih untuk menjalankan usahanya. Anda pun bisa menghilangkan biaya kantor pada pos pengeluaran.

Harga Sewa Virtual Office: Pengertian Konsep Virtual Office 

Pengertian Konsep Virtual Office

Kantor virtual atau orang biasa menyebutnya virtual office merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan efisiensi untuk menjalankan bisnis. Virtual office memiliki pengertian sebagai ruang kerja yang berlokasi pada internet. Sehingga seseorang maupun sekelompok orang bisa melakukan pekerjaan.

Pemilik kantor virtual ini tetap bisa memiliki lokasi, namun tidak harus tampak bangunan fisiknya. Harga sewa virtual office sangat bervariasi tergantung dengan layanan dari penyedia jasa masing-masing.

Sehingga, Anda tidak perlu menyewa kantor sesungguhnya. Pemilik usaha cukup menggunakan bangunan fisik untuk keperluan berkirim surat atau mencantumkan nomor telepon perusahaan. Untuk menggunakan bentuk kantor virtual ini, Anda harus memiliki badan hukum, baik berbentuk CV maupun PT. 

Keuntungan Harga Sewa Virtual Office Jakarta

Keuntungan Harga Sewa Virtual Office Jakarta

Selain mencari informasi harga sewa virtual office Jakarta Selatan, pemilik bisnis juga perlu mengetahui keuntungan memilihnya, antara lain:

Harga Sewa Virtual Office Jakarta Murah

Alasan pertama memilih kantor virtual yaitu harga sewa virtual office lebih murah dibandingkan bentuk kantor lainnya. Anda masih tetap memiliki satu ruangan yang bisa Anda gunakan untuk menerima klien dan memanfaatkan layanan kantor yang tersedia.

Memiliki harga yang murah karena pemilik bisnis hanya memerlukan satu ruangan kecil. Anda bisa tetap mendapatkan layanan selayaknya kantor pada umumnya.

Menghilangkan Biaya Bulanan 

Jika Anda memilih kantor virtual, maka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya sewa virtual office Jakarta untuk biaya bulanan. Sebab, biaya bulanan untuk listrik, air, internet dan biaya perawatan gedung. 

Harga sewa virtual office mulai dari Rp6.000.000 atau Rp15 juta setiap tahun. Harga bisa berbeda di setiap daerah. 

Menghilangkan Biaya Pengadaan ATK

Pekerjaan yang bisa Anda terapkan pada kantor virtual adalah pekerjaan remote. Sehingga pemilik bisnis tidak perlu mengeluarkan biaya pengadaan khusus seperti alat tulis kantor serta beberapa peralatan, misalnya:

  • Meja
  • Kursi
  • Laptop
  • Komputer
  • Pantry
  • Katering
  • dan lainnya

Produktivitas Karyawan Meningkat

Pekerjaan remote yang karyawan lakukan lebih menguntungkan karena lebih fleksibel dan produktif. Pekerja bisa melakukan pekerjaannya sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. Sehingga karyawan tidak perlu takut terlambat untuk berangkat ke kantor.

Biaya Sewa Virtual Office di Beberapa Kawasan

Biaya Sewa Virtual Office di Beberapa Kawasan

Beberapa tahun terakhir banyak pemilik usaha yang menggunakan tren bekerja di luar kantor. Ditunjang dengan kemudahan teknologi komunikasi, sehingga bisa menerapkan efisiensi dalam bekerja.

Ekosistem pekerjaan tersebut mendorong timbul dan tumbuhnya virtual office. Dari segi biaya akan lebih murah dari kantor konvensional. 

Kawasan Sudirman-Thamrin

Harga sewa virtual office di kawasan CBD, rata-rata mulai dari Rp10 juta per tahun. 

TB Simatupang

Kawasan selanjutnya yang sering dipilih untuk kantor virtual adalah TB Simatupang. Harga sewa mencapai Rp7 juta per tahun. Sementara jika menyewa kantor konvensional, Anda perlu membayar Rp80 juta.

Perbedaan lain jika menggunakan kantor konvensional masih harus mengisi furniture, sehingga memerlukan biaya Rp120 juta.

Kawasan Bekasi

Sedangkan harga sewa virtual office Bekasi bervariasi mulai dari Rp3 juta.

Peminat pengguna kantor virtual semakin meningkat dan masih memiliki potensi sampai 15 tahun mendatang. Penggunanya bisa mencapai 2 juta pengguna. Bisnis-bisnis yang membutuhkan virtual office, meliputi:

  • Startup
  • Programmer
  • Developer
  • Aplikasi
  • Jasa fotografer
  • Industri kreatif lainnya

Penyedia kantor virtual telah menyediakan beberapa fasilitas, meliputi:

  • Resepsionis
  • Penerima telepon
  • Office boy
  • Ruang meeting
  • Alamat kantor
  • Nomor telepon
  • Pantry
  • Lahan parkir
  • Keamanan
  • Layanan internet

Harga Sewa Virtual Office: Menjalankan Virtual Office Untuk Bisnis

Lalu bagaimana memulai bisnis menggunakan kantor virtual? Berikut beberapa tahapan jika Anda ingin menjalankan bisnis menggunakan kantor virtual, yaitu:

Memilih Layanan Virtual Office

Ada banyak kantor virtual yang menyediakan layanan lengkap serta alamat kantor yang jelas. Anda juga bisa menikmati layanan resepsionis untuk menerima surat dan telepon. 

Anda tidak perlu takut jika nantinya harus bertemu klien. Gunakan fasilitas ruang meeting, namun Anda harus booking terlebih dahulu. Sebab, kantor yang digunakan adalah kantor bersama dan fasilitasnya digunakan bersama-sama. 

Sebelum memilih kantor virtual, Anda perlu tahu harga sewa virtual office Jakarta Timur dan pastikan apa saja fasilitas yang tersedia.

Cara Pembayaran

Setelah itu, Anda harus mencari tahu bagaimana sistem pembayarannya. Beberapa penyedia layanan menerapkan skema pembayaran yang fleksibel. Hal tersebut tergantung dengan paket layanan yang Anda pilih.

Menentukan Lokasi Perusahaan

Selanjutnya, untuk menjalankan bisnis dengan mengadopsi virtual office harus menentukan lokasi perusahaan. Hal ini berkaitan dengan bentuk badan usaha yang nantinya akan Anda gunakan. 

Setelah menetapkan harga sewa VO Jakarta Utara, Anda bisa mulai mengurus perizinan. Sebab, lokasi kantor menjadi syarat utama untuk mendapatkan SIUP dan perizinan kelegalan lainnya terkait perusahaan. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab beberapa penyedia virtual office telah menyediakan layanan mengurus perizinan.

Harga Sewa Virtual Office: Kelemahan Virtual Office

Setelah memahami apa itu VO, kelebihan, harga sewa VO di Jakarta Timur, maka perlu memperhatikan kelemahannya.

Hubungan Karyawan Kurang Erat

Kurangnya waktu berkumpul antar karyawan karena banyak melakukan pekerjaan remote akan mengurangi hubungan yang erat. Sebab, interaksi juga kurang karena tidak bekerja dalam satu tempat yang sama. Masalah ini memang terasa sepele, namun jika tidak bisa Anda atasi dengan baik bisa menimbulkan perselisihan.

Karyawan Kurang Fokus

Menggunakan sistem remote memiliki kecenderungan untuk kurang fokus. Kurangnya interaksi dengan pimpinan perusahaan juga memiliki masalah tersendiri. Hal ini akan membuat karyawan kurang fokus. Lakukan evaluasi secara rutin untuk memantau dan mengendalikan kinerja karyawan.

Waktu Kerja Kurang Dihargai

Masalah biaya sewa virtual office mungkin bukan menjadi masalah serius. Jam kerja yang fleksibel untuk karyawan memang menjadi keuntungan tersendiri. Namun, hal ini justru bisa menjadi boomerang jika Anda tidak bisa mengendalikannya.

Tetap lakukan video conference untuk koordinasi sehingga tidak ada miskomunikasi antara karyawan. Selain itu, Anda harus mengontrol perkembangan pekerjaan para karyawan. Terkadang karena waktu yang fleksibel justru disepelekan dan dianggap waktu santai.

Memerlukan Ruang Penyimpanan yang Besar

Pemilik usaha juga harus memikirkan penyimpanan ruang besar untuk data. Sebab, pekerjaan yang dilakukan remote dan harus berbagi dokumen antar karyawan. Persiapkan ruang penyimpanan yang mampu mengakomodir semua pekerjaan. 

Jangan hanya memperhatikan harga sewa virtual office saja. Anda juga harus memperhatikan lokasi yang memang peruntukannya kawasan bisnis. Selain itu, perhatikan layanan apa saja yang akan akan Anda dapatkan sehingga bisa menyelenggarakan kantor dengan baik.

Posted in Business License

Minggu Jul 03 11:13 am

Tidak ada Komentar