Jasa Pengurusan Izin BPOM dan 5 Jenis Perizinan Khusus Lainnya

Jasa Pengurusan Izin
, ,

Office Now – Jasa pengurusan izin untuk menjalankan suatu kegiatan usaha di Indonesia saat ini umumnya terutama akan mencermati skala resiko perusahaan tersebut. Hal ini karena peraturan perizinan terbaru di tanah air sekarang mengacu pada PP nomor 5 tahun 2021.

PP tersebut membahas mengenai Pelayanan Izin Berusaha Berbasis Resiko atau Risk-Based Approach (RBA). Selain perizinan dasar yang diwajibkan dalam PP RBA ini, ada kalanya jasa pengurusan izin perlu memperhatikan kebutuhan izin khusus untuk tiap sektor usaha.

Pentingnya Melengkapi Kebutuhan Izin Menjalankan Usaha

Memiliki izin usaha secara lengkap sesuai ketentuan yang berlaku merupakan kewajiban setiap pengusaha yang tercantum dalam peraturan dan undang-undang negara. Oleh karena itu, Anda tentu tidak boleh sampai mengabaikannya.

Tak hanya sekedar untuk memenuhi kewajiban, kepemilikan izin usaha ini nantinya juga akan dapat memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan Anda. Ada pun beberapa manfaat dari memiliki izin usaha yang lengkap tersebut antara lain:

Menjamin legalitas pendirian dan pelaksanaan aktivitas perusahaan

Dengan memiliki izin usaha yang lengkap, berarti negara telah mengakui pendirian perusahaan secara legal dan mengizinkannya untuk beroperasi sebagaimana mestinya. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan operasional perusahaan dengan lebih tenang.

Membangun citra perusahaan yang bonafid

Perusahaan yang sudah terjamin status legalitasnya tentu akan memiliki citra yang lebih bonafid dan terpercaya. Hal ini akan menciptakan rasa aman dan percaya dalam diri pihak-pihak terkait yang hendak bertransaksi atau bekerja sama.   

Menghadirkan lebih banyak peluang untuk perusahaan berekspansi

Perusahaan yang mampu memperoleh kepercayaan dari masyarakat akan dapat meningkatkan jumlah transaksi atau proyek yang dikerjakannya. Perushaaan itu umumnya juga akan lebih mudah mendapat persetujuan kredit dari bank sebagai tambahan modal memperbesar usaha.  

Jenis Perizinan Dasar Menurut PP Nomor 5 Tahun 2021

Dalam PP nomor 5 tahun 2021 terdapat empat kategori perusahaan, yaitu perusahaan beresiko rendah, menengah-rendah, menengah-tinggi, dan tinggi. Lebih lanjut, PP itu juga menetapkan tiga jenis perizinan dasar yang wajib dimiliki oleh tiap jenis perusahaan, yakni:  

Nomor Induk Berusaha (NIB)

Izin ini berfungsi sebagai nomor identitas usaha sehingga wajib dimiliki oleh semua perusahaan dari keempat kategori resiko tanpa terkecuali. Dengan adanya NIB, fungsi SIUP dan TDP sudah terwakilkan sehingga Anda tidak perlu membuatnya lagi.  

Selain itu, NIB juga bisa sekaligus berlaku sebagai Angka Pengenal Impor (API) serta hak akses untuk kepabean. Dengan begitu, jasa pengurusan izin ekspor impor tidak perlu lagi membuat kedua jenis perizinan khusus ini.

Sertifikat Standar

Kepemilikan Sertifikat Standar ini wajib untuk perusahaan beresiko menengah-rendah serta menengah-tinggi sebagai bukti kesediaan untuk mematuhi standar resiko yang berlaku.   

Izin Operasional atau Izin Komersial

Jasa pengurusan izin usaha ini khusus untuk perusahaan yang termasuk dalam kategori beresiko tinggi. Penerbitan izin tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat atau daerah, yang biasanya didahului dengan peninjauan lebih dulu terkait kondisi perusahaan.  

Selain ketiga jenis perizinan dasar ini, Anda juga harus memperhatikan kewajiban untuk memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) .

Keuntungan Menggunakan Jasa Pengurusan Izin Profesional  

Saat ini Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengurus izin usaha secara online melalui situs OSS atau Online Single Submission. Hal ini mula-mula tercantum dalam PP nomor 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Izin Usaha yang Terintegrasi Secara Elektronik

Selain itu, Anda bisa juga memanfaatkan biro jasa pengurusan izin usaha Surabaya atau daerah lain sesuai domisili. Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengurus kebutuhan perizinan usaha melalui biro jasa khusus ini antara lain:

Lebih praktis dan mudah

Meskipun cara mengurus izin usaha melalui OSS relatif tidak terlalu sulit, bisa jadi Anda terlalu sibuk untuk mencobanya sendiri. Dengan memanfaatkan jasa biro, Anda tak perlu pusing lagi untuk mengurus soal ini.

Mendapat jasa pengurusan izin dalam bentuk paket lengkap

Pihak biro jasa tentunya lebih berpengalaman dan paham mengenai kelengkapan jenis perizinan yang dibutuhkan untuk kegiatan usaha Anda. Mereka pun biasanya akan menawarkan jasa pembuatan izin tersebut dalam bentuk paket.

Dengan begitu, Anda akan dapat dapat memperkecil kemungkinan adanya masalah di kemudian hari akibat ada izin yang terlewatkan pembuatannya. Anda hanya perlu menambah anggaran pendirian usaha untuk membayar tarif pembuatan izin usaha melalui biro ini.     

Jenis Izin Khusus Untuk Beberapa Macam Perusahaan

Selain izin dasar yang tercantum dalam PP RBA, Anda perlu memperhatikan keharusan memiliki izin khusus sesuai jenis perusahaan yang dijalankan. Beberapa jenis perusahaan yang kemungkinan memerlukan beberapa perizinan khusus antara lain:

Makanan dan Obat-obatan

Jasa pengurusan izin BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sangatlah penting bagi para pengusaha di bidang ini. Kedua komoditas tersebut memang relatif cukup krusial karena merupakan produk konsumsi langsung yang dapat berdampak pada kesehatan masyarakat.

Dengan adanya izin dari BPOM, berarti produk makanan atau obat yang Anda pasarkan telah terbukti aman untuk kesehatan. Anda bisa memanfaatkan biro jasa pengurusan izin BPOM Surabaya atau lainnya sesuai domisili untuk mengurus pembuatan izin yang satu ini.

Klinik dan Apotek

Jasa pengurusan izin klinik biasanya terkait juga dengan SIP (Surat Izin Praktek) dokter yang akan berpraktek di sana. Untuk klinik kecantikan atau yang memakai alat terapi radiasi ion, Anda perlu memiliki sertifikat pelatihan dan izin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir.

Sementara itu, pihak biro jasa pengurusan izin apotek umumnya akan meminta Anda untuk melampirkan Surat Izin Praktek Apoteker (SIPA). Selain itu, biasanya juga perlu ada surat perjanjian antara apoteker dengan pemilik modal yang mendirikan apotek tersebut.  

Produk berbahan dasar kimia

Pupuk merupakan salah satu contoh produk yang berbahan baku zat kimia. Untuk dapat memasarkan pupuk produksi perusahaan Anda, Anda bisa meminta bantuan biro untuk jasa pengurusan izin edar pupuk tersebut.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki usaha di bidang ini perlu juga memperhatikan kebutuhan jasa pengurusan izin pengangkutan limbah B3. Seperti yang Anda ketahui, limbah perusahaan kimia terkadang mengandung zat yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.

Informasi dan Ilmu Pengetahuan

Terutama bagi Anda yang memiliki sumber penghasilan dari royalti atas suatu produk hasil kekayaan intelektual, tentunya perlu mencermati tentang HAKI. Istilah ini merupakan singkatan dari Hak Kekayaan Intelektual (oleh beberapa pihak disebut juga HKI).

Jasa pengurusan izin HAKI di Indonesia antara lain meliputi pendaftaran hak paten, merk dagang, hak cipta (copyright), dan desain industri. Mengurus HAKI bisa juga menjadi pertimbangan bagi Anda yang kebetulan tengah atau akan memulai bisnis startup.

Kewajiban pengusaha untuk mempunyai perizinan yang lengkap amatlah penting dan dapat memberikan sejumlah manfaat. Keberadaan biro jasa pengurusan izin untuk kegiatan usaha akan sangat membantu Anda dalam mengurus penyelesaian keperluan tersebut.

Posted in Blog

Jumat Feb 25 3:36 am

Tidak ada Komentar