About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Jasa Pengurusan NIB, Apa Saja Syarat dan yang Akan Anda Dapatkan?

Jasa Pengurusan NIB

Office Now-Bagi para pelaku usaha, pasti membutuhkan dokumen legalitas untuk mengurus izin pendiriannya. Jasa pengurusan NIB dapat membantu Anda mempermudah mendapatkan sebuah izin. Namun, tetap sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tata cara yang berlaku. 

Pengertian NIB dan Jasa Pengurusan NIB

Pengertian NIB dan Jasa Pengurusan NIB

Pada awalnya Nomor Induk Berusaha bernama Tanda Daftar Perusahaan. TDP merupakan salah satu daftar untuk pencatatan resmi sebuah perusahaan berdasarkan ketentuan perundangan maupun aturan lainnya. 

Tanda Daftar Perusahaan berisi informasi berkaitan dengan beberapa hal, yaitu:

  • Jenis perusahaan.
  • Alamat perusahaan.
  • Bidang usaha yang akan dijalankan sebuah perusahaan. 
  • Kontak yang bisa dihubungi.
  • Masa berlaku izin TDP.

Seiring berjalannya waktu, jasa pengurusan NIB Surabaya sebagai pengganti dari TDP. Nomor Induk Berusaha merupakan dokumen yang penerbitannya dilakukan oleh OSS. 

Fungsinya sebagai identitas dari pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan usahanya sesuai bidang masing-masing. Dasar hukumnya adalah Peraturan Presiden RI nomor 91 tahun 2017 yang mengatur mengenai percepatan berusaha.

Nomor Induk Berusaha ini sebagai salah satu syarat wajib yang harus ada pada setiap pelaku usaha. Memiliki dokumen legal ini berarti pengusaha bisa menjalankan kegiatan usahanya, juga untuk investasi serta perizinan lainnya. 

Jasa Pengurusan NIB bisa memberikan kemudahan untuk mendapatkan dokumen legal yang fungsinya sama dengan KTP dari perusahaan. Jika sudah memiliki dokumen ini, maka bisa mengakses perizinan serta kegiatan lain sesuai kebutuhan. 

Sedangkan jasa pengurusan merupakan pihak ketiga yang membantu Anda mendapatkan Nomor Induk Berusaha. Menggunakan penyedia jasa akan membantu Anda menghemat waktu sehingga bisa fokus untuk memajukan perusahaan. 

Masa berlaku sebuah Nomor Induk Berusaha adalah selama pelaku usaha masih menjalankan usahanya tersebut. Namun, penting untuk menjadi perhatian bahwa pemerintah maupun instansi yang berwenang bisa mencabut NIB. Bisa juga menyatakan bahwa jasa pengurusan NIB tersebut tidak berlaku lagi.

Hal tersebut sebagai akibat dari pemilik usaha telah melakukan penyimpangan. Misalnya saja melakukan aktivitas berusaha yang tidak sesuai dengan data yang ada. Nomor Induk Berusaha tidak lagi sah, apabila petugas menemukan adanya penyelewengan dari kegiatan usaha.

Alasan Pentingnya Jasa Pengurusan NIB

Alasan Pentingnya Jasa Pengurusan NIB

Tidak hanya untuk mempermudah sebuah badan usaha mendapatkan izin resmi, jasa pengurusan NIB memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa alasan mengapa para pelaku usaha perlu memiliki Nomor Induk Berusaha.

Jasa Pengurusan NIB Untuk Memangkas Proses

Fungsi lain dari Nomor Induk Berusaha juga sebagai Tanda Daftar Perusahaan. Selain itu juga berfungsi sebagai Angka Pengenal Impor serta akses kepabeanan. Hal ini berlaku jika pelaku usaha melakukan kegiatan ekspor maupun impor.

Memiliki Nomor Induk Berusaha, maka tidak perlu lagi mengurus 3 persyaratan izin. Tidak hanya itu, melainkan pelaku usaha juga akan mendapatkan dokumen pendaftaran lainnya. Misalnya saja, NPWP, RPTKA, dan SIUP.

Pengajuan Izin Lebih Cepat

Jasa pengurusan NIB Jakarta sebelum menggunakan OSS dan Nomor Induk Berusaha, akan memerlukan waktu yang lama untuk pengajuan sebuah izin. Faktor yang membuat pengurusan izin menjadi rumit adalah adanya perbedaan antar instansi pada masing-masing daerah. 

Adanya sistem OSS ini, pelaku usaha bisa memperoleh izin dalam waktu lebih singkat karena kemudahan yang ditawarkan. Hal yang menjadikannya sangat mudah karena adanya keseragaman peraturan dan persyaratan untuk mendapatkan izin.

Menyederhanakan Persyaratan

Pemilik usaha akan mendapatkan fasilitas dari jasa pengurusan NIB untuk menyimpan data dalam satu identitas saja. Jika dulu harus membawa berbagai macam berkas ketika harus mengurus izin, hal ini tidak perlu lagi. 

Melainkan hanya perlu menggunakan Nomor Induk Berusaha dan berkas pendukung yang lebih sedikit. Sehingga akan lebih praktis menggunakan sistem ini. Anda bisa langsung mendapatkan akses untuk membuat izin lainnya.

Tahapan dan Syarat Pada Jasa Pengurusan NIB

Tahapan dan Syarat Pada Jasa Pengurusan NIB

Untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha harus mempersiapkan beberapa syarat serta melalui beberapa tahapan. 

Tahapan Memperoleh NIB

Pelaku usaha wajib mengikuti tahapan untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha. Simak tahapannya berikut ini.

Tahap Awal Jasa Pengurusan NIB

Langkah awal pada jasa pengurusan NIB yang harus Anda jalani dengan membuat akta pendirian. Notaris bisa membantu pelaku usaha untuk memiliki akta pendirian perusahaan. Baik itu untuk perusahaan yang berbentuk PT, CV, Firma, Yayasan dan Koperasi.

Registrasi

Pelaku usaha bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya dengan melakukan registrasi melalui sistem OSS. Gunakan NIK atau paspor untuk mendapatkan user.id. Selanjutnya, pelaku usaha bisa login dan memilih nomor akta. 

Lengkapi data yang berkaitan dengan usaha yang sedang berjalan untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha. Pelaku usaha juga harus menyertakan perizinan dasar.

Syarat Untuk Mendapatkan NIB

Sebelum mengajukan permohonan Nomor Induk Berusaha secara online melalui sistem OSS, lengkapi persyaratan berikut ini:

  • Melampirkan scan atau fotokopi dari akta pendirian perusahaan. Serta tidak lupa untuk menyesuaikan maksud dan tujuan perusahaan sesuai dengan KBLI tahun 2017.
  • Untuk jasa pengurusan Nomor Induk Berusaha selanjutnya harus menyiapkan surat keputusan dari Menkumham untuk CV dan PT. Sedangkan untuk yayasan wajib menyertakan surat keputusan pengesahan.
  • NPWP perusahaan.
  • KTP para pendiri atau penanggung jawab perusahaan.
  • Data dari perusahaan.

Menggunakan Jasa Pengurusan NIB, Apa yang Anda Dapatkan?

Jika pelaku usaha memilih menggunakan penyedia jasa untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha, maka ada hal yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Menyediakan layanan untuk menghapus KBLI Nomor Induk Berusaha OSS.
  • Menambah KBLI di dalam Nomor Induk Berusaha dalam sistem OSS.
  • Melakukan perubahan alamat yang ada pada email login OSS.
  • Mengganti penanggung jawab perusahaan. Sehingga jasa pengurusan NIB bisa merubah penanggung jawab ke user lain.
  • Menyediakan jasa untuk mengefektifkan izin usaha NIB OSS.
  • Jika pelaku usaha lupa akun OSS, penyedia jasa bisa melakukan reset username serta password.
  • Memilih menggunakan penyedia jasa untuk mengurus NIB membantu pelaku usaha untuk pemenuhan komitmen izin usaha. 

Selain hal-hal tersebut, pelaku usaha juga bisa mendapatkan layanan berupa:

  • Pelaku usaha tidak perlu repot lagi mengurus izin berkaitan dengan usaha yang beragam dan tidak jarang membuat rumit.
  • Tidak ada masalah dengan biaya jasa pengurusan NIB yang akan disesuaikan dengan layanan ini apa yang dipilih pelaku usaha.
  • Pelaku usaha juga akan mendapatkan BPJS kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Izin Usaha, Izin lokasi. 
  • Selain itu, memilih menggunakan penyedia jasa untuk mengurus Nomor Induk Berusaha akan membantu pelaku usaha mendapatkan izin lokasi. Sehingga nantinya tidak perlu repot mengurus ke instansi terkait. Setiap daerah juga memberlakukan peraturan berbeda mengenai izin lokasi terlebih yang menjadi zona industri.
  • Pelaku usaha kaan mendapatkan NIK, API dan notifikasi perizinan dan fasilitas.

Jangka waktu untuk mengurus permohonan Nomor Induk Berusaha memerlukan waktu 1 hari. Lamanya waktu tersebut terhitung sejak pelaku usaha memasukkan berkas. 

Pelaku usaha yang menggunakan jasa pengurusan NIB wakin memenuhi komitmen yang ada pada persyaratan. PTSP daerah akan memberikan notifikasi berisi izin ke pusat untuk membantu keefektifannya.