About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Jasa Pengurusan PT, CV, dan UD: Apa Bedanya 3 Jenis Perusahaan Ini?

Office Now – Jasa pengurusan PT, CV, dan UD saat ini relatif bisa cukup banyak Anda temui, terutama di kota-kota besar. Keberadaan vendor penyedia jasa tersebut tentunya akan dapat memudahkan Anda dalam membantu mengurus proses pendirian suatu badan usaha.

Jenis perusahaan yang berbeda sudah barang tentu akan harus menjalani prosedur pendirian yang berbeda pula. Oleh karena itu, sebelum memutuskan memakai jasa pengurusan PT, CV, dan UD, sebaiknya pelajarilah dahulu tentang ketiga jenis perusahaan ini.  

Mengenal UD

Istilah UD merupakan singkatan dari Usaha Dagang. Jenis badan usaha ini umumnya merupakan milik pribadi perorangan yang bergerak di bidang jual beli atau perdagangan barang maupun jasa.  

Pendiri sekaligus pemilik UD biasanya akan berperan aktif dalam mengelola sendiri jalannya perusahaan dengan bantuan sejumlah orang kepercayaannya. Segala keuntungan maupun kerugian yang terjadi pada UD pun sepenuhnya merupakan hak dan tanggung jawab pemilik.

Syarat Mendirikan UD

Bisa dibilang UD adalah badan usaha yang bentuknya paling sederhana ketimbang yang lain. Syarat untuk mendirikannya pun merupakan yang paling sederhana karena cukup hanya melibatkan satu orang dan tidak ada ketentuan modal minimal.

Salah satu poin yang perlu Anda perhatikan dalam mendirikan UD adalah soal kepemilikan Nomor Induk Berusaha atau NIB. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 24 tahun 2018, semua jenis badan usaha wajib mempunyai NIB sebagai nomor identitas usahanya.  

Anda bisa melakukan pembuatan NIB serta surat izin berusaha lainnya secara online melalui situs Online Single Submission (OSS). Jika tak ingin repot mengurusnya sendiri, Anda bisa menggunakan  jasa pengurusan PT CV UD Yogyakarta atau sesuai tempat domisili Anda.

Mengenal Apa Itu CV

Kepanjangan dari CV adalah Commanditaire Venootschap yang dalam bahasa Belanda berarti persekutuan komanditer. Istilah ini mencerminkan konsep CV sebagai perusahaan yang berdiri atas dasar kerja sama antara pihak sekutu aktif dengan sekutu komanditer.  

Sekutu aktif nantinya akan berperan sebagai pengelola CV, sedangkan sekutu komanditer bertanggung jawab untuk urusan dana.  

Prosedur Pendirian CV

Langkah-langkah yang perlu Anda jalani dalam rangka mendirikan sebuah perusahaan berbentuk CV relatif sedikit lebih kompleks ketimbang UD, yaitu:

Melakukan pengajuan bakal nama CV

Berbeda dengan UD, pemilihan nama CV tidak bisa Anda lakukan begitu saja. Ada beberapa ketentuan yang wajib Anda penuhi, antara lain tidak boleh sama dengan CV lain. Oleh karena itu, Anda perlu mendaftarkan lebih dulu bakal nama CV yang akan Anda gunakan.

Mengurus penerbitan akta notaris

Untuk dapat mendirikan sebuah CV, Anda wajib mempunyai akta pendirian yang sudah bertanda tangan notaris. Ada kalanya pihak notaris pun bisa sekaligus membantu Anda untuk mengurus prosedur pengesahan pendirian CV tersebut sampai selesai.   

Anda pun kini bisa memilih untuk mengurus prosedur pendirian CV secara online melalui situs Administrasi Hukum Umum (AHU). Opsi lainnya adalah dengan memanfaatkan jasa pengurusan PT CV UD Malang kota Malang Jawa Timur atau lainnya sesuai domisili.  

Mengenal Lebih Jauh Tentang PT

Perseroan Terbatas atau PT adalah suatu jenis perusahaan persekutuan dengan sistem permodalan yang berbentuk saham. Di Indonesia, khusus untuk PT dengan skala usaha mikro dan kecil, pendiriannya cukup dilakukan oleh satu orang saja (PT Perorangan).  

Pada umumnya, pengelolaan PT berada di bawah pengawasan dewan direksi. Prosedur penetapan kebijakan dan pengambilan keputusannya pun idealnya harus melalui gelaran rapat umum pemegang saham (RUPS).

PT memiliki status badan hukum yang membuatnya mempunyai jaminan legalitas yang lebih kuat secara hukum ketimbang jenis badan usaha lain. Hal ini selaras dengan prosedur pendiriannya yang juga relatif paling kompleks jika dibandingkan dengan yang lain.

Prosedur Mendirikan PT

Penyedia jasa pengurusan PT Surabaya atau kota-kota lainnya di Indonesia akan dapat membantu Anda mengurus prosedur pendirian PT sebagai berikut:

Mengajukan pendaftaran bakal nama PT

Sama seperti CV, pemilihan nama PT pun harus memenuhi sejumlah kriteria dan persyaratan tertentu. Itulah sebabnya Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan nama yang hendak Anda gunakan untuk memastikannya sudah sesuai syarat.

Mengurus akta notaris

PT juga termasuk salah satu jenis badan usaha yang memerlukan adanya akta notaris sebagai dasar hukum pendiriannya. Notaris pun terkadang bisa membantu Anda menyelesaikan prosedur pengesahan pendirian PT tersebut.

Memenuhi persyaratan Anggaran Dasar PT

Struktur Anggaran Dasar PT memuat ketentuan terkait tiga jenis modal, yakni modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor.

Modal dasar adalah total dana yang perlu Anda sediakan untuk modal awal pendirian PT dan nantinya menentukan jumlah saham perusahaan. Selain untuk jenis PT Perorangan, jumlah modal dasar ini ditentukan minimal sebesar Rp50juta.

Jumlah alokasi saham yang akan menjadi bagian pemilik PT tercatat sebagai modal ditempatkan. Untuk mengesahkan pendirian PT tersebut, Anda harus sudah melunasi 25persen dari nilai modal ditempatkannya. Pelunasan ini disebut sebagai modal disetor.

Prosedur pendirian PT ini bisa Anda lakukan secara online melalui situs AHU. Selain itu, Anda bisa juga memanfaatkan jasa pengurusan PT CV UD kota SBY Jawa Timur atau lainnya, sesuai lokasi kediaman.  

Keuntungan Mendirikan Perusahaan dengan Bantuan Jasa Pengurusan PT, CV, dan UD Profesional

Menggunakan jasa pengurusan pendirian PT, CV, atau UD profesional kerap kali menjadi pilihan sejumlah calon atau pelaku usaha. Banyak yang merasa bahwa langkah ini mampu memberikan banyak keuntungan, antara lain:  

Mengurangi kerepotan

Bagi sebagian orang, mengurus berbagai langkah prosedur pendirian perusahaan sekaligus perizinannya bisa jadi terasa cukup merepotkan. Itulah sebabnya memanfaatkan vendor jasa profesional kerap kali menjadi solusi pilihan.

Cukup dengan membuat satu kesepakatan kerja sama dengan vendor, Anda akan bisa mendapatkan bukti pendirian usaha secara sah dan lengkap. Anda pun tak perlu lagi pusing dan kesulitan karena harus membereskan semua persyaratan itu sendiri.

Meminimalisir resiko kekeliruan atau ketidaklengkapan

Pihak penyedia jasa profesional tentu sudah lebih berpengalaman dalam mengurus prosedur pendirian berbagai jenis perusahaan berikut perizinannya. Mereka pun biasanya menawarkan jasanya dalam bentuk paket lengkap yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Hal ini dapat meminimalkan resiko adanya prosedur atau persyaratan mendirikan usaha yang terlewati dan berpotensi menimbulkan persoalan di kemudian hari.

Berkesempatan memperoleh bonus layanan

Rata-rata vendor biasanya juga menawarkan berbagai bonus untuk melengkapi paket jasa layanannya. Bonus tersebut bisa berbentuk aneka software (akuntansi, payroll, dll), pelatihan, atau seminar-seminar bisnis.

Besar kemungkinan bonus-bonus yang disediakan oleh vendor ini tidak akan bisa dengan mudah Anda peroleh sendiri. Oleh karena itu, pemberian bonus ini tentu cukup menarik dan  sangat bermanfaat untuk mendukung peningkatan kualitas pengelolaan perusahaan Anda.