Jasa Perizinan Surat Usaha: Ketahui 5 Tips Memilih Notaris Terpercaya

Jasa Perizinan
, ,

Officenow – Membangun sebuah usaha tentunya membutuhkan ketekunan dan kedisiplinan. Namun, saat usaha telah berjalan. Maka fokusnya adalah tentang mengurus perizinan usaha. Dengan ataupun tanpa menggunakan pihak ketiga, yakni penyedia jasa perizinan surat usaha.

Pasalnya, dengan menggunakan pihak ketiga ini. Tentu saja ada biaya yang harus owner usaha keluarkan. Besarannya pun relatif, selain itu pastinya ada beberapa hal yang perlu fokus dan perhatian. Seperti, saat meng hire pihak penyedia jasa itu sendiri.

Proses Pengurusan Jasa Perizinan Surat Usaha

Proses Pengurusan Jasa Perizinan Usaha

Seperti yang telah disinggung, bahwa ketika seorang pemilik usaha memutuskan untuk menggunakan pihak penyedia jasa perizinan surat usaha. Maka pastinya akan ada proses pemilihan yang pastinya menyita banyak waktu dan fokus.

Secara umum, terdapat dua metode proses pengurusan izin usaha, yakni mandiri dengan proses secara online, dan menggunakan penyedia jasa. Berikut adalah pembahasannya secara lengkap.

Pengurusan Perizinan Surat Usaha Secara Mandiri

Saat ini pemerintah telah menyediakan akses pengurusan jasa perizinan berbagai macam surat izin usaha secara mandiri. Pemilik usaha hanya perlu mengaksesnya dengan menggunakan internet saja.

Hal ini tentunya membuat jalur pengurusan menjadi lebih cepat dan efisien. Selain itu, juga mampu membuat para pemilik usaha bisa menekan pengeluaran untuk proses pengurusannya.

Pasalnya, pemilik usaha hanya perlu menyediakan kuota internet saja untuk mengakses website OSS, dan mengupload berbagai berkas persyaratan yang harus terlampir.

Pengurusan Jasa Perizinan Surat Usaha Dengan Pihak Penyedia Jasa

Untuk para pemilik usaha yang memang tidak memiliki waktu luang yang cukup. Biasanya mewakilkan proses pengurusannya dengan menggunakan pihak ketiga. Entah oleh pihak notaris, ataupun pihak penyedia jasa pengurusan surat usaha lainnya.

Pasalnya mencari notaris yang terpercaya juga tidak bisa sembarangan. Ada banyak hal yang perlu menjadi highlight dalam pencariannya. Minimal ada empat hal yang harus menjadi perhatian, yakni :

Kunjungi Kantor Notaris Secara Langsung

Untuk menemukan seorang notaris yang handal dan terpercaya, Anda bisa memulainya dengan berkunjung secara langsung ke kantornya. Pasalnya, dengan berkunjung ke kantor, Anda bisa melihat dan melakukan penilaian secara langsung.

Tentang bagaimana kinerjanya, SOP penanganan klien, serta bertanya lebih mendalam mengenai perusahaan rekanan yang telah menggunakan jasanya. Selain itu, dengan berkunjung secara langsung, Anda bisa mengetahui bagaimana kegiatan di kantor tersebut.

Cara Komunikasi Sang Notaris

Saat berkunjung ke kantor notaris, usahakan Anda bisa berbincang dengan sang Notarisnya secara langsung. Ini termasuk hal yang penting. Pasalnya, gaya bicara sang notaris sedikit banyak memberikan gambaran tentang bagaimana proses penanganan kasus Anda.

Carilah seorang notaris dengan gaya komunikasi yang bersahabat. Sebab, hubungan kerja seorang notaris bagi seorang pemilik perusahaan idealnya seperti hubungan seorang sahabat karib.

Bagi seorang pemilik usaha, notaris adalah pihak yang seharusnya bisa memberikan opsi, saran, dan mampu memberikan pertimbangan yang terbaik. Termasuknya mampu memberikan gambaran berbagai resiko yang harus pihak perusahaan hadapi ketika mengalami permasalahan yang kompleks.

Cari Tahu Perusahaan Yang Menjadi Kliennya

Ketika berkunjung ke kantor notaris secara langsung, cari tahu dan catat perusahaan mana saja yang menggunakan jasanya. Pasalnya referensi ini bisa Anda jadikan dasar pengambilan keputusan dalam mengadakan hubungan kerjasama kemitraan.

Terlebih apabila klien tersebut merupakan salah satu perusahaan yang terbilang bonafide. Itu merupakan salah satu poin plus bagi notaris tersebut.

Jangan Menjadikan Senioritas Sebagai Tolak Ukur Keprofesionalan

Penting bagi Anda untuk mengetahui jam terbang dari seorang notaris. Namun demikian, jangan sampai menjadikannya sebagai satu-satunya tolak ukur tentang keprofesionalitasan.

Tetap pantau dan nilai kinerjanya. Jangan sungkan untuk mengatakan tidak pada seorang notaris. Bila memang ditemukan kinerjanya yang tidak profesional dalam memproses jasa perizinan surat usaha.

Cari Notaris Yang Jujur

Terakhir, carilah seorang notaris yang jujur. Sebab kejujuran merupakan pondasi dasar dalam menjalin hubungan. Sebab seorang notaris, nantinya akan memegang seluruh berkas data perusahaan. Sehingga rentan terjadi kebocoran data kepada pihak competitor bila Anda salah memilih notaris.

Itulah lima hal yang harus menjadi fokus utama Anda. Saat sedang mencari jasa notaris untuk membantu proses pengurusan surat izin usaha.

Daftar Surat Izin Yang Perlu Dimiliki Oleh Perusahaan dan Bisa Diurus Oleh Jasa Perizinan

Daftar Surat Izin Usaha Yang Bisa DIurus Oleh Pihak Jasa Perizinan Usaha

Selanjutnya, yang perlu Anda ketahui adalah, ragam jenis surat izin usaha yang harus perusahaan miliki. Berikut ini akan dibahas dan disajikan secara lengkap.

Jasa Perizinan SITU

Merupakan singkatan dari Surat Izin Tempat Usaha. Hanya pihak terkait yang bisa mengeluarkannya, dan proses mengeluarkannya harus sesuai dengan tata aturannya perundang-undangan pemerintah daerah setempat.

Jasa Perizinan SIUP

Adalah singkatan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Surat izin ini merupakan surat khusus untuk perusahaan yang bergerak pada sektor perdagangan. pihak yang bisa mengeluarkannya adalah pihak pemerintah daerah.

Pasalnya sesuai namanya, ini merupakan surat izin khusus bagi para pengusaha yang kegiatan usahanya berfokus pada sektor jual-beli. Sehingga bila Anda memiliki usaha dibidang jual beli dan tidak melengkapinya dengan SIUP. Maka usaha Anda terancam ditutup paksa oleh pihak berwenang.  

NPWP

Merupakan Nomor Pokok Wajib Pajak, adalah salah satu berkas yang harus dimiliki oleh seluruh warga negara yang baik. Terlebih bagi seorang pengusaha.

Pasalnya sebagai sebagai seorang pengusaha. Anda wajib taat pada hukum dan aturan yang berlaku, salah satunya adalah tentang aturan perpajakan yang mengikat.

NRP

Merupakan Nomor Register Perusahaan, dahulu NRP disebut sebagai TDP (Tanda Daftar Perusahaan). Perusahaan yang telah memiliki NRP, wajib hukumnya untuk memasang NRP di depan gedung perusahaan. Sebagai bukti bahwa perusahaan telah terdaftar secara resmi.

NIB

Memiliki kepanjangan sebagai Nomor Induk Berusaha. Merupakan surat izin yang paling dasar, dan seluruh pengusaha wajib memilikinya. Untuk itu, pemerintah bahkan memberikan jaminan garansi pengurusannya yang cepat dan mudah.

Untuk mendapatkan NIB, para pengusaha bisa mengurusnya secara mandiri dengan mengakses website OSS. Dalam proses pengurusannya, Anda harus membuat akun terlebih dahulu melalui email.

AMDAL

Merupakan surat izin yang menyatakan tentang analisis dampak lingkungan di sekitar tempat berdirinya perusahaan. Umumnya, perusahaan yang memang beroperasi dan berpotensi memberikan dampak atau pengaruh tertentu terhadap lingkungannya, wajib mengurus amdal.

Tapi, berkas Amdal tidak bisa menjadi penghalang bagi instansi terkait soal pemberian izin usaha bagi perusahaan tersebut.

SKDP

Singkatan dari surat keterangan domisili perusahaan. Surat ini menjadi kewenangan bagi instansi kelurahan dalam hal penerbitannya. Pasalnya, SKDP merupakan surat pernyataan tentang kejelasan beroperasinya sebuah perusahaan pada daerah tertentu.

IMB

Merupakan singkatan dari izin mendirikan bangunan. Merupakan surat yang memberikan kejelasan bahwa bangunan yang sedang dan akan dibangun telah resmi terdaftar dalam pihak instansi terkait.

Surat Pengesahan Badan Hukum

Perusahaan yang telah memiliki surat pengesahan badan hukum, telah sah pendirian badan hukumnya, dan terdaftar secara resmi di Kementerian Hukum dan HAM. Sehingga, perusahaan ini telah memiliki pondasi yang kuat dalam hukum negara baik perdata maupun pidana.

Akta Pendirian Usaha

Merupakan sebuah berkas penting yang harus ada dan Anda miliki. Akta pendirian usaha sama pentingnya dengan surat pengesahan badan hukum. Apabila Anda seorang pengusaha telah memiliki kedua berkas tersebut. Maka kecil kemungkinannya bagi perusahaan terkena permasalahan dikemudian hari.

Surat Izin Gangguan

Terakhir adalah surat izin gangguan. Secara spesifik surat ini wajib dimiliki oleh para pelaku bisnis yang bergerak dalam dunia hiburan malam. Pasalnya sektor bisnis tersebut memiliki potensi menimbulkan bahaya, gangguan ketertiban umum, serta kerugian yang bisa saja terjadi kapan pun.

Demikianlah pembahasan mengenai empat tips yang harus Anda ketahui tentang proses pengurusan jasa perizinan usaha. Terlampir juga pembahasan mengenai berbagai jenis surat izin yang harus perusahaan miliki. Sekian.

Posted in Blog

Kamis Nov 11 6:59 am

Tidak ada Komentar