About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Jasa Urus Izin Usaha: Simak Apa Saja Izin Usaha yang Ada di Indonesia

jasa izin usaha
jasa izin usaha

Officenow – Untuk bisa mulai melakukan aktivitas usaha di Indonesia, sejatinya harus memiliki perizinan usaha dari pemerintah. Baik itu diurus secara mandiri ataupun menyerahkannya kepada jasa urus izin usaha, perizinan ini bisa didapatkan dengan mudah apabila mengikuti tahapannya dengan benar.

Ada banyak sekali manfaat dari kepemilikan surat perizinan usaha ini. Seperti diantaranya bisa menjadi sarana perlindungan hukum, sarana promosi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kalaupun Anda berencana ingin mulai mengurus perizinan usaha ini, maka tepat sekali untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Daftar izin usaha yang bisa dilayani oleh jasa urus izin usaha

jasa urus izin usaha

Setidaknya sampai detik ini, terdapat berbagai macam perizinan usaha yang berlaku di Indonesia. Dan beberapa perizinan usaha ini bisa Anda simak sebagai berikut:

Surat izin tempat usaha

Sebelum memulai kegiatan usaha, biasanya surat izin tempat usaha ini merupakan salah satu perizinan yang harus pertama kali diurus. Yang mana surat izin tempat usaha merupakan salah satu perizinan yang bisa membuktikan bahwa, suatu tempat usaha sudah diperkenankan untuk dijadikan sebagai aktivitas bisnis.

Dengan artian jika perusahaan yang tidak dilengkapi dengan surat perizinan ini, maka akan dianggap illegal dan besar kemungkinan kegiatan usahanya bisa diberhentikan sepihak oleh pemda setempat.

Memiliki surat izin tempat usaha ini juga bisa menjadi sebuah pembuktian bahwa sebuah usaha sudah memenuhi aturan dari Pemda setempat. Yang mana aturan ini meliputi syarat kelestarian lingkungan, syarat tata ruang, dan juga sudah diterima dengan baik oleh masyarakat sekitar.

Dan untuk bisa mengantongi surat izin tempat usaha ini, maka Anda bisa mengurusnya ke pemerintahan daerah sesuai dengan domisili tempat usaha. Akan tetapi berbeda daerahnya, maka akan berbeda pula cara mengurus perizinan yang satu ini.   

Surat Izin Usaha Perdagangan

Tidak kalah pentingnya dengan surat izin tempat usaha, surat izin usaha perdagangan ini juga perlu Anda miliki ketika ingin menjalankan bisnis. Sebab surat izin usaha perdagangan atau SIUP ini bisa menjadi sebuah pertanda bahwa pengusaha bisa mulai untuk melaksanakan aktivitas bisnisnya.

Tanpa kepemilikan SIUP ini, perusahaan juga dianggap lalai terhadap aturan pemerintah daerah setempat, dan bisa beresiko juga untuk bisa diberhentikan secara paksa. Untuk itu pentingnya Anda mengurus SIUP ini, yang bisa dilakukan di pemerintahan daerah sesuai domisili tempat usahanya.  

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

NPWP merupakan salah satu syarat perizinan usaha yang harus dimiliki oleh para pebisnis yang ada di Indonesia. Sebab dengan kepemilikan NPWP ini, menandakan bahwa Anda sudah memenuhi kewajiban sebagai warga negara yang baik, dengan selalu taat perihal pembayaran pajak.  

Untuk mengurus NPWP ini, maka Anda bisa mengunjungi kantor pelayanan pajak (KPP) yang sesuai dengan tempat usahanya yang didirikan.

Nomor Induk Berusaha

Nomor Induk Berusaha atau NIB ini merupakan sebuah bentuk perizinan yang dapat difungsikan sebagai identitas suatu usaha. Selain itu, NIB juga bisa difungsikan sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Akses Kepabeanan, serta Angka Pengenal Impor (API).  

Menariknya, untuk melakukan kepengurusan NIB ini kini bisa dilakukan secara online, yakni dengan layanan dari OSS. Yang mana OSS atau Online Single Submission ini merupakan system perizinan berusaha dengan terintegrasi secara elektronik.

Meski bersifat online, Anda tidak usah meragukan legalitasnya sebab OSS ini juga sudah diakui resmi oleh Pemerintah. Untuk mengurusnya pun, Anda tinggal mengunjungi situs website resmi OSS melalui gawai yang dimiliki.

Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Surat keterangan domisili perusahaan (SKDP) merupakan sebuah perizinan usaha yang bisa menunjukan kejelasan suatu tempat usaha yang digunakan. Isi dari SKDP ini biasanya menerangkan tentang tempat domisili yang sah dari suatu badan usaha yang akan dijalankan.

Dan untuk bisa mengurus SKDP ini, maka Anda bisa mengurusnya di kantor kepala desa setempat sesuai dengan domisili tempat usaha. Namun jika usahanya berada di daerah kelurahan, maka kantor kelurahan lah yang bisa mengeluarkan SKDP ini.  

AMDAL Jasa Izin Usaha

AMDAL ataupun Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ini diperlukan untuk sebuah usaha agar bisa dikaji oleh pihak terkait, untuk tidak menghasilkan dampak apapun terhadap lingkungan. Dengan artian bila perusahaan yang didirkan malah akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan sekitar, maka perizinan ini tidak bisa didapatkan.

Izin Mendirikan Bangunan

Izin Mendirikan Bangunan atau biasa disingkat dengan sebutan IMB ini, merupakan sebuah perizinan yang diperlukan bagi pengusaha yang akan membangun tempat usahanya dari nol. Artinya, dengan mengantongi perizinan IMB ini, sebuah bangunan yang akan didirikan sebagai tempat usaha tersebut, akan resmi tercatat oleh pemerintah.

Izin Gangguan

Usaha Anda berkaitan dengan dunia malam atau sejenjisnya? Maka diperlukanlah surat izin gangguan ini di dinas yang bersangkutan. Sebab izin gangguan ini lebih dikhususkan kepada jenis usaha yang bisa menimbulkan potensi terjadinya gangguan ketertiban, kerugian, dan bahaya lainnya.

Surat Keputusan Pengesahan Badan Hukum

Bagi Anda yang berencana untuk mendirikan badan usaha berbentuk PT, maka wajib mengurus surat keputusan pengesahan badan hukum ini. Sebab dengan adanya surat izin ini bisa menandakan bahwa PT sudah dianggap sah dan juga legal di mata hukum.

Dan untuk surat keputusan pengesahan badan hukum yang satu ini, hanya bisa dikeluarkan oleh Menteri Hukum dan Ham.

Akta Pendirian PT dari Jasa Izin Usaha

Selain harus mengurus surat keputusan pengesahan badan hukum, perusahaan PT juga memerlukan yang namannya akta pendirian. Karena akta pendirian ini sendiri, secara tidak langsung bisa menjamin kelancaran suatu usaha.

Untuk bisa mengurus akta pendirian PT ini, maka Anda bisa mengunjungi kantor Notaris terdekat.

Kesimpulan izin usaha menggunakan jasa urus izin usaha

jasa urus izin usaha

Tentu ada banyak sekali bukan bentuk perizinan yang harus Anda lengkapi jika ingin memulai aktivitas bisnis di negara tercinta kita ini? Kalaupun Anda tidak cukup banyak waktu untuk mengurus semua bentuk perizinan usaha ini, maka Anda bisa menyerahkan semuanya kepada Officenow.

Dengan memiliki SDM yang sudah kompeten dan memiliki jaringan yang luas, tentunya bentuk perizinan usaha Anda akan cepat berada di tangan. Tinggal duduk manis saja dirumah, sehingga Anda bisa focus kepada hal lain yang bisa berkaitan dengan aktivitas yang sedang dijalani.

Lalu bagaimana soal biayanya? Tenang saja, dijamin untuk urusan jasa pengurusan izin usaha melalui Officenow ini cukup terjangkau harganya. Namun untuk besaran jasa perizinan ini akan berbeda-beda nilainya beradasarkan kapasitas suatu usahanya itu sendiri.

Misalkan jasa pengurusan izin usaha industri akan jauh berbeda biayanya dengan perusahaan yang berskala UMKM. Perbedaan harga jasa pengurusan perizinan ini juga bisa disebabkan oleh domisili suatu tempat usaha itu sendiri.

Seperti misalnya jasa pengurusan izin usaha Surabaya, akan jauh berbeda harganya dengan jasa pengurusan izin usaha Jakarta. Sebab masing-masing wilayah pastinya akan memiliki kebijakan serta birokrasi yang berbeda-beda. Sehingga tidak heran jika terjadinya selisih harga untuk kepengurusan izin usaha ini di masing-masing daerah.