About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Jasa Urus SIUP: Yang Harus Anda Ketahui Mengenai Pengurusan SIUP

jasa urus siup

Officenow – Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan sebuah perizinan bagi perusahaan, yang bisa diurus melalui jasa urus SIUP, agar bisa menjalankan operasional usahanya secara sah di mata hukum. Dengan artian bilamana ada perusahaan yang belum memiliki SIUP ini, bisa dikatakan bahwa aktivitas usahanya dianggap belum legal untuk dijalankan.  

Surat perizinan yang bisa diurus oleh jasa urus siup tangerang ataupun jasa urus siup bekasi dan kota lainnya ini, bisa dikatakan juga sebagai penanda legalitas suatu badan usaha. Dan untuk prosedur pengurusann SIUP nya sendiri, baik dari jasa pembuatan siup depok ataupun jasa pengurusan siup surabaya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Untuk bisa mendapatkan surat perizinan ini, maka bisa didapatkan dari Dinas perindustrian dan perdagangan, sesuai dengan domisili perusahaan. Seperti misalkan jika perusahaan berada di Jakarta Utara, maka bisa diuruskan oleh jasa pengurusan siup di jakarta utara, melaui Disperindag setempat.

Begitupun jika perusahaan Anda berada di semarang, maka hanya bisa diuruskan melalui jasa pengurusan siup di semarang, dan tidak bisa dilakukan di jasa pengurusan siup bekasi misalnya.

Namun perlu Anda garis bawahi bahwa kepemilikan SIUP ini memang wajib untuk dimiliki bagi para pelaku usaha. Hanya saja masih terdapat pengecualian terhadap kepemilikan SIUP ini bagi perusahaannya yang seperti berikut:

  1. Perusahaan yang tidak bergerak di industri perdagangan
  2. Merupakan sebuah kantor cabang ataupun kantor perwakilan.
  3. Perusahaan berskala mikro dengan nilai kekayaan maksimal tidak melebihi angka Rp50.000.000, atau perusahaannya diurus oleh anggota keluarga, ataupun perseorangan.

Lebih lengkapnya mengenai hal ini, bisa Anda lihat dalam Pasal 4 ayat 1 huruf c, Peraturan Menteri Perdagangan No. 46/M-DAG/PER/9/2009.

SIUP yang bisa diurus jasa urus siup

jasa urus siup

Sebelum jauh Anda ingin mengurus SIUP untuk perusahaan, setidaknya Anda mesti paham dulu mengenai jenis-jenis siup yang berlaku di Indonesia. Apa sajakah itu? Berikut diantaranya:

SIUP Besar

Yang pertama ada Surat Izin Usaha Perdagangan besar, yang diperuntukan bagi perusahaan dengan kekayaan bersih serta modal dengan nominal mencapai Rp10 miliar.

SIUP Menengah

Yang kedua ada SIUP menengah, yang mana SIUP ini ditujukan bagi pengusaha dengan total kekayaan bersih sekitar Rp500 juta hingga mencapai Rp10 miliar.

SIUP Kecil

Selanutnya ada SIUP kecil yang mana SIUP yang satu ini merupakan sebuah perizinan yang diperuntukan bagi pengusaha, yang memiliki kekayaan bersih sebesar Rp50juta hingga Rp500 juta.

SIUP Mikro yang bisa dibuat di tempat pembuatan SIUP

Terakhir ada SIUP mikro, yang ditujukan kepada pebisnis dengan kekayaan bersih tidak lebih dari nominal Rp50 jutaan.

Persyaratan jasa urus SIUP

Untuk mengurus SIUP ini, Anda harus melengkapi berbagai persyaratan administratif sebagai berikut:

  1. Foto copy E-KTP pemegang modal atau pemilik saham perusahaan.
  2. Surat Keterangan Domisili perusahaan.
  3. Materai senilai Rp10.000.
  4. Laporan keuangan atau neraca dari perusahaan.
  5. Pas foto pemegang saham perusahaan atau direktur utama dari perusahaan, sebanyak 2 lembar dengan ukuran 4×6.
  6. Melampirkan foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari pemegang modal atau pemilik saham perusahaan.

Berbagai persyaratan yang sudah dijelaskan diatas, merupakan persyaratan umum yang diperuntukkan bagi pengusaha yang ingin mendirikan perusahaan perorangan. Kalaupun untuk membuat perusahaan dengan status PT, Koperasi ataupun yang lainnya, sejatinya ada tambahan p persyaratan lainnya lagi.

Yang mana persyaratan tambahan yang dimaksud ini Akta pendirian perusahaan, Surat Izin Gangguan (HO), Daftar susunan dewan pengurus perusahaaan, Izin prinsip, dan lain sebagainya.

Prosedur kepengurusan SIUP terbaru

Setelah Anda mempersiapkan berbagai persyaratan administrasi diatas, maka selanjutnya Anda bisa mengikuti prosedur kepungurusan SIUP terbarunya. Yang mana selain bisa dilakukan kepengurusan SIUP ini di Disperindag setempat, kini juga bisa dilakujan melalui layanan Online Single Submission (OSS).

Kita bahas cara pertama kepengurusan SIUP ini di Disperindag setempat, bisa Anda simak sebagai berikut:

Mengajukan pendaftaran

Untuk mengajukan pendaftaran kepengurusan SIUP ini, maka sejatinya bisa Anda lakukan di Diseperindag yang sesuai dengan domisili perusahaan. Caranya, cukup kunjungi kantor Disperindag setempat, lalu tinggal isi form pendaftaran yang sudah disediakan.

Isi form pendaftaran dengan benar agar bisa meminimalisir kekeliruan dalam kepengurusan SIUP nya nanti. Bila perlu lakukan crosscheck ulang mengenai data yang sudah Anda isi ke form pendaftaran tersebut.   

Melakukan sejumlah pembayaran

Setelah form pendaftaran kepengurusan SIUP sudah dianggap selesai dan sesuai dengan data sebenarnya, maka Anda bisa langsung melakukan pembayaran. Yang mana pembayaran proses penerbitan SIUP ini, biasanya akan disediakan dalam berabagai metode pembayaran. Sehingga Anda tinggal pilih metode pembayaran seperti apa yang bisa cocok untuk Anda lakukan.

Proses pengambilan SIUP

Setelah melakukan sejumlah pembayaran biaya penerbitan SIUP, maka Anda tinggal menunggu untuk penjadwalan pengambilan SIUP ini. Karena biasanya SIUP ini bisa diambil dalam waktu yang tidak lebih dari dua minggu lamanya.

Kalaupun Anda ingin mengurus SIUP melalui metode pelayanan OSS, maka bisa simak caranya di berbagai point berikut:

Melakukan register akun atau pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran pembuatan SIUP melalui layanan OSS ini caranya cukup mudah dan praktis, yakni tinggal menggunakan gadget yang Anda miliki. Untuk isian pendaftaran di OSS ini, Anda mesti persiapkan mengenai data pribadi yang lengkap, alamat e-mail yang masih aktif, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Login akun jasa urus siup

Alamat E-mail yang masih aktif kenapa sangat dibutuhkan perihal penerbitan SIUP ini adalah, karena nantinya Anda akan mendapatkan verifikasi e-mail dari OSS ini. Dan setelah verifikasi via e-mail sudah dilakukan, maka itu tandanya akun Anda di OSS ini sudah bisa dipakai.

Adapun isi dari form pendafataran OSS ini, biasanya meliputi data dari para pemegang saham perusahaan, inforamasi mengenai jumlah kepemilikan modal, para pemegang saham, kegiatan investasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Proses mendapatkan NIB

Bila data yang diisikan dari form pendaftaran OSS ini sudah dianggap valid, maka selanjutnya Anda akan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Manfaat SIUP yang bisa diurus melalui jasa urus SIUP

Adapun berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari kepemilikan SIUP ini, bisa Anda simak sebagai berikut:

  1. Legalitas perusahaan sudah tidak bisa lagi diragukan, karena sudah diakui secara hukum di Indonesia.
  2. Dapat menjadi salah satu persyaratan untuk bisa mengikuti aktivitas tender atau lelang, yang biasanya diadakan oleh pihak pemerintah setempat.
  3. Membantu dalam mendapatkan suntikan dana atau modal tambahan dari Bank atau lembaga keuangan yang lainnya.
  4. Dapat mengikuti kegiatan ekspor impor sebagai salah satu syarat administratifnya, dengan harus memiliki SIUP.
  5. Menjadi jalan untuk mulai mengekspansi sebuah bisnis.
  6. Mampu meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan di mata para customer dan masyarakat luas.

Kesimpulan jasa urus SIUP

jasa urus siup

Jika Anda merasa mengurus SIUP ini ribet, maka bisa serahkan saja semuanya ke jasa pengurusan siup mb dan jasa pengurusan siup terbaik saat ini, yakni Officenow.