Sebelum Buka Virtual Office Tangerang, Pemula Wajib Tahu 4 Kelebihan dan 3 Kekurangannya

Office Now – Virtual office Tangerang merupakan salah satu opsi atau pilihan yang kini banyak dilakukan oleh pelaku usaha. Bukan tanpa alasan mengapa banyak pengusaha menerapkan virtual office belakangan ini.

Hal tersebut disebabkan oleh bencana pandemi yang melanda dunia beberapa belakangan ini dirasakan secara langsung maupun tidak langsung sudah merubah aspek kehidupan pada masyarakatnya, termasuk dengan cara mereka bekerja. Membuat para pemilik perusahaan harus memutar otak agar bisnis mereka tetap berjalan.

Ditambah lagi dengan adanya aturan dari pemerintah mengenai WFH (work from home) atau bekerja dari rumah, secara tidak langsung bisa mempengaruhi kinerja karyawan. Sebab penerapan social distancing harus dijalankan guna mengurangi penyebaran virus Covid19 dan yang pasti sebagai masyarakat yang baik, kita sudah membantu program pemerintah.

Melihat hal tersebut dan meningkatnya teknologi komunikasi yang semakin berkembang, akhirnya mendorong tren bekerja di luar kantor. Menariknya lagi, Anda tidak perlu memiliki kantor sama sekali. Sebab saat ini sudah hadir konsep co-working dan tren lainnya yang juga tidak kalah menariknya yakni virtual office daerah Tangerang yang kini juga dicari.

Konsep kantor virtual ini banyak dicari tentunya bukan tanpa sebab, dengan adanya virtual office yang kini sudah ada di berbagai daerah dianggap mampu untuk mengakomodasi perusahaan yang memang tidak membutuhkan kantor fisik. Baik itu dari segi operasional maupun kegiatan usaha yang harus mengeluarkan banyak biaya.

Adapun biaya yang dikeluarkan mulai dari biaya listrik, sewa kantor fisik, biaya yang harus dikeluarkan setiap harinya. Dengan adanya kantor virtual ini bisa sangat membantu pelaku bisnis untuk mengeluarkan biaya lebih dan menjadikan virtual office menjadi solusi.

Pengertian Virtual Office Tangerang

virtual office tangerang

Jangan sampai salah informasi, kantor virtual ini merupakan suatu layanan yang mana menawarkan alamat kantor sebagai alamat untuk Anda menjalankan usaha atau bisnis. Intinya, meskipun Anda tidak memiliki kantor secara fisik, namun fasilitas yang didapat virtual office tidak jauh beda dengan pelayanan kantor pada umumnya.

Contohnya seperti menjawab telepon atau voice mail dan mengatur/menyediakan meeting room apabila diperlukan, hanya saja pada kantor virtual tidak ada penyewaan ruangan fisik.

Secara ringkasnya, virtual office yang ada di mana saja seperti virtual office daerah Tangerang dan sekitarnya hanya menyewakan alamat kantornya saja. Sebagai penyewa Anda diwajibkan untuk membayar uang sewa untuk memiliki alamat kantor yang pastinya sudah terdaftar pada perusahaan tempat dimana Anda bekerja, hanya saja Anda tidak bisa memiliki ruangan kantor di gedung tersebut.

Adapun layanan yang diberikan pada kantor virtual misalnya seperti adanya pelayanan penanganan dokumen, surat, sampai dengan paket yang datang ke alamat perusahaan, berikut juga dengan penanganan telepon masuk dan lainnya.

Bila Anda tertarik dan berminat untuk memiliki virtual office Tangerang, Curug Sangereng, Kabupaten Tangerang, Banten. Anda harus paham dengan kelebihan dan kekurangan dari memiliki kantor virtual. 

Apabila Anda sudah memahami dengan baik apa saja kelebihan dan kekurangan dari virtual office, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan berbagai macam kemungkinan yang bisa terjadi kapan saja. Dibawah ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari kantor virtual yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Kelebihan Virtual Office 

Dalam membangun sebuah usaha atau bisnis, tentunya Anda harus mempertimbangkan banyak hal, utamanya dengan alamat kantor yang akan dijadikan sebagai alamat virtual office Anda. 

Oleh karena itu di bawah ini ada beberapa kelebihan dari kantor virtual yang bisa Anda jadikan pertimbangan apabila ingin tetap membuka kantor non fisik. 

Adapun kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan dari bentuk virtual office Tangerang di antaranya adalah:

Operasional Kantor Menjadi Lebih Hemat

Tahukah Anda dengan adanya virtual office ini bisa membantu Anda untuk menghemat banyak biaya. Selain Anda tidak memerlukan kantor secara fisik, Anda juga tidak diwajibkan untuk mengeluarkan biaya-biaya operasional dan biaya tidak terduga lainnya.

Kenapa bisa begitu? Hal tersebut disebabkan oleh biaya operasional yang harus Anda keluarkan sudah masuk dalam biaya sewa gedung yang sudah Anda jadikan sebagai alamat kantor virtual Anda. 

Membangun Citra Perusahaan

Satu hal yang harus ketahui mengenai virtual office ini adalah Anda akan mendapatkan pelayanan yang bisa menguntungkan Anda, yakni alamat kantor yang bersamaan dengan gedung dari perusahaan besar lainnya.

Meskipun kantor Anda hanya dalam bentuk virtual dan terdiri dari satu ruangan yang bisa dibilang sederhana, tapi Anda bisa menggunakan alamat tersebut sebagai alamat kantor Anda. Kalau nanti ada keperluan surat menyurat, Anda tidak perlu bingung untuk mengaturnya, sebab sudah ada pihak pengelola yang akan mengaturnya untuk Anda.

Intinya, walau kantor Anda hanya bersifat virtual tapi untuk sudah memiliki alamat yang jelas dan sudah dilindungi secara hukum.

Bisa Gonta-Ganti Kantor  

Harus Anda ketahui bahwa beberapa pengelola dari kantor virtual biasanya akan memberikan paket sewa yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan, mulai dari harga yang bisa diambil secara bulanan sampai dengan harga tahunan. 

Dengan menggunakan virtual office ini Anda juga dapat menentukan sendiri alasan mengapa Anda memilih untuk menggunakan kantor virtual, diantaranya seperti ingin dekat dengan kantor klien atau berada di lokasi yang strategis, sehingga Anda dapat dengan mudah untuk berpindah layanan kantor virtual.

Bayangkan bila Anda memiliki kantor secara fisik, Anda tidak hanya tidak bisa berpindah kantor kerja sesuka hati. Tapi Anda juga harus siap untuk mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa kantor fisik lainnya dan biaya untuk membangun kantor yang baru.

Intinya, dengan memanfaatkan layanan dari virtual office Tangerang ini Anda bisa pindah kantor kapanpun dan dimanapun tanpa harus takut dan khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Menghemat Waktu

Bila Anda memiliki kantor virtual, Anda tidak harus memaksa pekerja atau karyawan Anda untuk pergi ke kantor setiap hari. Sebab mereka bisa melakukan pekerjaan mereka dimana saja dan kapan saja.

Karyawan Anda juga tidak harus mengeluarkan banyak waktu di jalanan selama berjam-jam hanya untuk bisa datang tepat waktu ke kantor. Dengan begitu, karyawan Anda tentunya dapat memanfaatkan waktu untuk bekerja di tempat yang mereka inginkan, daripada menghabiskan waktunya hanya untuk datang ke kantor di jalan.

Kekurangan Virtual Office 

Selain kelebihan dari kantor virtual yang harus dipertimbangkan, Anda juga harus mempertimbangkan kekurangan dari kantor virtual yang akan pilih nantinya. 

Dibawah ini ada 3 kekurangan dari kantor virtual yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, antara lain:

Koneksi dengan Karyawan Menjadi Kurang 

Berbeda dengan perusahaan yang memiliki kantor secara fisik, sebagai atasan Anda tidak memiliki kesempatan untuk bisa membangun bonding dan koneksi dengan karyawan. Komunikasi yang Anda lakukan hanya sebatas virtual, sehingga tidak ada kesempatan untuk bisa mengetahui fisik mereka secara pasti, karena terhalang waktu saat mengadakan rapat online.

Bahkan bila keadaan terus terjadi, ikatan antara Anda dan pekerja akan sangat berkurang. Tidak jarang juga perselisihan terjadi hanya karena komunikasi yang tidak jelas diakibatkan oleh jaringan internet yang kurang mendukung.

Fokus Karyawan Menurun

Karena pekerjaannya dilakukan secara remote dan tidak adanya interaksi dengan pemimpin perusahaan, karyawan Anda menjadi tidak fokus dengan pekerjaan yang harus mereka kerjakan.

Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan evaluasi secara rutin. Selain bisa mengendalikan kinerja dari pekerja Anda, dengan adanya evaluasi rutin ini juga dapat membuat pekerja lebih waspada dan termotivasi agar bisa fokus pada jobdesk mereka masing-masing.

Waktu Kerja Kerap Disepelekan

Kekurangan yang terakhir adalah karyawan kerap menyepelekan waktu kerja yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Karena merasa tidak diperhatikan oleh Anda selaku atasan, mereka kerap kali bekerja sesuka hati mulai dari siang bahkan tengah malam.

Demikianlah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari virtual office. Bila Anda memang tertarik untuk membuka virtual office Tangerang, Anda bisa mencobanya di layanan virtual office Alam Sutera Tangerang yang bisa dijadikan sebagai alamat kantor virtual Anda. Semoga bermanfaat!

Posted in Business License

Selasa Jan 11 9:13 am

Tidak ada Komentar