Konsultan Perizinan yang Tepat, Cermati Tips Ini Sebelum Memilihnya

Office Now – Konsultan perizinan merupakan suatu jenis layanan yang menawarkan sejumlah kemudahan bagi para pelaku usaha. Maka tidaklah mengherankan apabila banyak di antara pengusaha tersebut mencari keberadaan konsultan penyedia jasa perizinan ini.

Mencari vendor penyedia jasa konsultan perizinan saat ini bukanlah hal yang sulit. Anda dapat menjumpainya di berbagai kota di Indonesia. Bahkan, ada pula konsultan yang mengkhususkan diri pada sektor usaha tertentu demi menjamin kualitas layanannya.

Definisi Konsultan Perizinan

(Sumber gambar: Pixabay)

Secara sederhana, pengertian konsultan perizinan adalah pihak atau lembaga yang berfokus menyediakan jasa layanan untuk membantu mengurus penerbitan izin usaha. Layanan ini umumnya dapat dinikmati baik oleh perorangan maupun perusahaan berskala besar dan kecil.

Jenis-jenis Izin yang Wajib Dimiliki oleh Para Pelaku Usaha

Secara umum, ada beberapa jenis surat izin yang wajib dimiliki oleh setiap pelaku usaha, antara lain:

Akta Pendirian Perusahaan

Dokumen ini merupakan surat tanda bukti yang menyatakan mengenai berdirinya suatu perusahaan secara sah dan legal di mata hukum. Kepemilikannya terutama diwajibkan bagi Anda yang hendak mendirikan sebuah perusahaan berbentuk CV atau PT.

Untuk membuat akta pendirian, Anda memerlukan keterlibatan jasa notaris. Jika Anda kebetulan adalah perantau yang hendak mendirikan usaha di ibukota, konsultan perizinan Jakarta dapat membantu memberikan referensi notaris terpercaya.

Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

Pemberlakuan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) ini berdasarkan pada Peraturan Presiden No 98 Tahun 2014. Kriteria pengusaha yang wajib memiliki surat izin ini tercantum dalam UU No.20/2008.

Penerbitan surat izin ini dapat Anda lakukan dengan dua cara, yaitu melalui kantor kecamatan atau situs OSS (Online Single Submission).

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan, sesuai dengan namanya, merupakan izin yang melegalkan pemilik usaha untuk melakukan aktivitas jual beli. Penerbitan surat izin usaha ini dapat melalui kantor Dinas Perdagangan atau OSS.

Nomor Induk Berusaha (NIB)

NIB atau Nomor Induk Berusaha merupakan nomor identitas bagi suatu badan usaha. Proses penerbitannya dapat dilakukan melalui situs OSS. PP No 24 Tahun 2018 menyebutkan bahwa NIB juga bisa sekaligus berfungsi sebagai SIUP dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan).  

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Undang-undang menyebutkan bahwa setiap orang yang menjalankan aktivitas usaha wajib untuk membayar pajak. Itulah sebabnya setiap pelaku usaha wajib memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak, baik atas nama pribadi atau perusahan.

NPWP ini dapat Anda peroleh melalui Kantor Dirjen (Direktorat Jendral) Pajak terdekat.

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Perizinan Usaha

(Sumber gambar: Pixabay)

Menggunakan jasa konsultan untuk membantu membereskan masalah izin usaha secara otomatis akan mengharuskan Anda untuk menyediakan sejumlah anggaran tambahan. Namun, hal ini cukup sepadan dengan manfaat yang dapat Anda peroleh yaitu:

Menghemat waktu dan tenaga pribadi

Dewasa ini jenis, syarat dan prosedur pembuatan izin usaha sudah relatif lebih ringkas dan mudah dibandingkan sebelumnya. Meski begitu, Anda tetap perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk mempelajarinya dengan teliti jika hendak mengurus soal itu sendiri.

Dengan adanya konsultan yang membantu membereskan soal perizinan ini, Anda tentunya tak perlu repot lagi. Anda pun bisa lebih fokus untuk menyiapkan keperluan pendirian perusahaan yang lain.

Lebih tepat guna dan efektif

Konsultan yang profesional tentunya sudah lebih memahami tentang berbagai jenis surat izin yang diperlukan untuk melengkapi usaha Anda. Hal ini dapat meminimalkan resiko Anda melupakan salah satu izin yang perlu atau justu membuat dua jenis yang berfungsi sama.

Lebih praktis dan ekonomis

Beberapa konsultan seringkali menawarkan paket layanan perizinan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Dengan adanya penawaran paket ini biasanya dana yang perlu Anda keluarkan pun akan lebih ekonomis dan dapat disesuaikan.

Contoh Spesialisasi Konsultan Pengurus Izin Usaha

Selain perizinan yang telah tersebut di atas, umumnya setiap sektor usaha juga membutuhkan izin khusus yang mengatur aktivitasnya dengan lebih spesifik. Bisa dibilang, hal inilah yang mendasari terbentuknya spesialisasi konsultan pengurus izin usaha berikut:

Konsultan Perizinan Tambang

Kegiatan pertambangan berada di bawah pengawasan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dalam sektor ini terdapat istilah IUP (Izin Usaha Pertambangan) dan WIUP (Wilayah Izin Usaha Pertambangan).  

Tata cara terbaru mengenai pemberian wilayah serta izin usaha pertambangan ini tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM No 7 tahun 2020. Konsultan yang memiliki spesialisasi di bidang ini dapat membantu membuat pengajuan untuk mendapatkan izin tersebut.

Konsultan Perizinan Bangunan

Bagi Anda yang hendak mendirikan bangunan tempat usaha atau menjalankan usaha di bidang konstruksi, tentunya perlu memperhatikan masalah perizinan bangunan. Selain itu ada pula izin lingkungan, ketataruangan serta kelaikan fungsi bangunan.

Konsultan di bidang ini dapat membantu Anda membereskan semua perizinan tersebut dan memungkinkan Anda untuk fokus pada kegiatan pembangunan.

Konsultan Perizinan Notaris

Barangkali Anda tidak pernah membayangkan bahwa notaris yang menerbitkan akta perusahaan Anda pun memakai jasa konsultan untuk mengurus izin praktiknya. Umumnya, hal ini mereka lakukan karena alasan kepraktisan.  

Konsultan Pajak

Sebagian pengusaha seringkali masih menganggap pajak sebagai soal yang rumit. Itulah sebabnya mereka memanfaatkan jasa konsultan untuk membereskannya. Tak main-main, perizinan konsultan pajak ini ditetapkan secara langsung oleh Direktur Jendral Pajak.

Tips Memilih Konsultan Perizinan

(Sumber gambar: Pixabay)

Ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda untuk memilih konsultan yang tepat guna membantu mengurus penerbitan surat izin usaha.  Tips tersebut antara lain:

Pastikan Konsultan Memiliki Reputasi yang Baik

Hal ini tentunya merupakan syarat utama yang wajib bagi calon konsultan Anda. Tak seorang pun ingin bekerja sama dengan pihak yang kurang bertanggung jawab dalam mengemban kepercayaan, bukan?

Di era informasi saat ini, bukanlah hal sulit untuk memeriksa rekam jejak suatu pihak. Anda dapat mencari tahu melalui internet, testimoni klien, bahkan komunikasi langsung. Cara konsultan itu berkomunikasi umumnya mencerminkan profesionalismenya.  

Pilih Konsultan yang Memiliki Spesialisasi di Bidang Usaha Anda

Sebelumnya Anda telah mengetahui bahwa sejumlah sektor usaha biasanya memiliki sejumlah perizinan khusus yang relatif berbeda satu sama lainnya. Konsultan yang memang khusus menangani perizinan di bidang usaha Anda tentu akan lebih ahli dalam membereskan soal ini.

Pilihlah Konsultan yang Berdomisili Tidak Terlalu Jauh dari Anda

Jika Anda kebetulan berdomisili di Jawa Barat, ada baiknya memilih jasa konsultan perizinan Bandung atau sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan konsultan itu selama proses pengurusan izin usaha.  

Jika Anda berkeras memilih konsultan perizinan Surabaya, tentunya Anda akan sedikit kerepotan jika terpaksa harus bertemu langsung dengan konsultan tersebut, bukan?

Pilih Jasa Konsultan dengan Tarif yang Masuk Akal

Tarif yang terlalu rendah atau tinggi kerap kali mengaburkan penilaian seseorang dalam memilih. Perlu Anda ingat bahwa harga tidak selalu berkorelasi langsung dengan kualitas. Pelajarilah kisaran tarif jasa konsultan di pasaran dan  pilihlah yang menurut Anda sepadan.

Dengan memilih konsultan perizinan yang tepat, niscaya Anda akan sangat terbantu dalam menyelesaikan urusan izin usaha. Keberadaan izin yang benar dan lengkap akan sangat berpengaruh terhadap keamanan dan kelancaran aktivitas usaha Anda.

Posted in Blog

Jumat Nov 12 9:51 am

Tidak ada Komentar