Berapa Lama Pembuatan PT? Inilah Syarat dan Prosedurnya

Lama Pembuatan PT

Office Now – Perseroan Terbatas atau biasa kita sebut dengan PT merupakan perusahaan kecil yang berdiri dengan perjanjian. Dalam Pasal 1 yang terdapat di Undang-Undang No. 40/2007 PT merupakan badan hukum yang terdiri dari persekutuan modal serta di dirikan berdasarkan sebuah perjanjian. Lalu berapa lama pembuatan PT jika Anda saat ini sudah membuat rencana dalam waktu dekat untuk membuatnya?

Kali ini akan membahas lengkap mengenai syarat dan prosedur hingga PT yang akan Anda daftarkan sudah bisa berjalan sesuai dengan harapan.

Ketahui Syarat Pembuatan PT

Perseroan Terbatas atau PT merupakan sebuah usaha yang terjalankan dengan perhitungan modal dasar seluruhnya terbagi atas saham-saham yang ada di dalamnya. Saat mendirikan sebuah PT maka persyaratan yang harus terpenuhi juga harus sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang sudah tertulis.

Karena membutuhkan subjek hukum yang jelas, maka PT yang di daftarkan memang harus memiliki badan hukum. Sehingga PT tersebut memiliki hak yang jelas sesuai dengan hak manusia dalam semua aktifitasnya. Badan hukum juga akan membantu PT berjalan mandiri dalam segi pembiayaan dan hak kekayaannya.

Syarat Lengkap Pembuatan PT

Supaya lama pembuatan PT tidak memakan waktu yang panjang, maka lebih dulu Anda harus mempersiapkan syaratnya secara lengkap. Inilah syarat pembuatan PT yang wajib Anda persiapkan.

  1. Pendirian PT harus di jalankan minimal 2 orang atau lebih. Menyetorkan foto copy KTP keduanya. Dengan melengkapi akta notaris yang sudah tersepakati dan Akta Notaris yang tertulis harus berbahasa Indonesia khusus bagi PT yang akan di jalankan di kawasan Indonesia.
  2. Menyetorkan foto copy NPWP, surat keterangan domisili, dan pas foto penaggung jawab ukuran 3×4 berwarna 2 lembar.
  3. Dalam struktur kepengurusan, harus tersedia seseorang yang menjabat menjadi Direktur dan Komisaris sebagai penaggung jawab sepenuhnya atas berjalannya sebuah PT.
  4. Bagi yang ingin membuat PT Lokal, maka pemilihan nama PT juga harus perhatikan. Syarat pembuatan PT Lokal harus terdiri dari 3 suku kata yang sama sekali tidak mengandung kata asing dalam nama yang akan terdaftarkan.
  5. Susunan pengurus yang memegang saham, setidaknya juga harus mengambil saham di dalam bagian PT tersebut.
  6. PT harus memiliki bdan hukum jelas yang sudah di tandatangani sah dari Kemenkumham serta menerima bukti pendaftaran PT berdasarkan namanya secara jelas.
  7. Jika PT di dirikan oleh sepasang suami istri, maka harus memiliki Perjanjian Nikah. Sehingga salah satu pihak bbisa memasukkan namanya sebagai salah satu pemegang saham utama.
  8. PT harus memenuhi persyaratan kepemilikan modal dasar yang sudah di tetapkan dalam Kesepakatan Pendiri Perseroan. Nilai modal dasar minimal adalah 10 miliar rupiah.
  9. Setoran modal minimal harus senilai 25% dari total modal dasar dari Perusahaan.

Jika semua persyaratan di atas sudah terpenuhi maka lama pembuatan PT akan disesuaikan dengan prosesnya. Apagila Anda ingin mengurusnya dengan cepat maka PT yang hendak Anda bangun akan segera bisa mendapatkan izin resmi. Semua tergantung bagaimana calon pemilih saham di dalam menjalankan dan mengelola proses pendiriannya.

Jenis-jenis PT berdasarkan modalnya terbagi menjadi 3 klasifikasi. PT yang masuk klasifikasi kecil yakni PT yang memiliki modal usaha di antara 50 jt hingga 500 jt. Sedangkan PT kelas menengah memiliki modal di antara 500 jt hingga 5 miliar. Sedangkan PT klasifikasi besar haru setor modal minimal 10 miliar.

Mempersiapkan Data Dokumen Penting

Sedangkan ada beberapa dokumen penting yang juga harus dipersiapkan dalam mendirikan sebuah PT. Beberapa dokumen kelengkapan yang harus dipersiapkan antara lain:

  1. Foto Copy KTP (pemegang saham dan pengurus perusahaan) bagi yang mendirikan PT PMDN. Bisa juga memakai foto copy Passport/KITAS bagi pemegang saham dan pengurus perusahaan bagi PT PMA.
  2. Foto copy NPWP bagi pengurus perusahaan yang melampirkan nama.
  3. Surat pernyataan domisili bermaterai.
  4. Jika dikuasakan maka wajib disetai surat kuasa bermaterai.
  5. Surat pernyataan setor modal yang sudah terbubui materai.
  6. Surat pernyataan KBLI yang bermeterai.

Prosedur Pembuatan PT

Proses atau lama pembuatan PT juga tergantung dari prosedur yang akan Anda kerjakan. Jika sudah memahaminya maka Anda bisa memperkirakan kapan PT tersebut mendapatkan izin resmi beroperasi. Nah untuk pendirian sebuah PT, silahkan Anda ikuti beberapa prosedur penting ini.

Mengecek Nama PT

Tahapan pertama yang menentukan lama pembuatan PT adalah mengecek nama PT. Hal ini untuk memastikan apakah nama PT Anda nanti sama atau sudah dipakai oleh perusahaan lain. Hal ini memang penting sekali, apalagi perusahaan yang memiliki nama hampir mirip akan beresiko ke depannya.

Sesuai dengan peraturan, pemakaian nama PT memang tidak boleh sama atau mirip dari beberapa nama PT lain yang sudah terdaftar sebelumnya. Anda harus memilih nama dengan memakai 3 suku kata. Jangan lebih karena 3 suku kata paling efektif selama ini.

Membuat Draf Akta Pendirian PT

Untuk mempersingkat lama pembuatan PT maka Anda harus menyiapkan Draf Akta Pendirian PT. Data yang perlu di siapkan antara lain nama PT, tujuan PT, domisili PT, struktur kepengurusan, permodalan PT dll. Semua hal ini memang dibutuhkan dalam pembuatan draf pendirian PT. Silahkan mempersiapkannya secara lengkap.

Mendaftar ke Kemenkumham

Pendaftaran ke Menkumham menjadi prosedur selanjutnya. Tujuannya adalah mendapatkan bukti pendaftaran. Sehingga hal ini akan menjelaskan jika PT Anda nanti memang sudah memiliki Badan Hukum yang jelas. Dengan begitu maka PT akan memiliki hak yang sama dengan perusahaan lainnya.

Mengurus NPWP

Proses berikutnya adalah membuat NPWP perusahaan. Setiap PT memang harus memiliki Nomor Poko Wajib Pajak atau NPWP dengan nama Perusahaan.

Mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB)

Lama pembuatan PT akan semakin lebih cepat jika Anda sudah mengurus Nomor Induk Berusaha. Mengurus NIB saat ini bisa melalui jalur online dengan memanfaatkan jasa Online Single Submission (OSS). Sejauh ini NIB bisa di gunakan sebagai TDP (Tanda Daftar Perusahaan), jalur akses Kepabeanan dan API (Angka Pengenal Impor).

Pengajuan Permohonan Izin Usaha

Prosedur selanjutnya adalah pengajuan permohonan izin usaha. Surat ini lebih terkenal dengan sebutan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan). Surat ini memang di keluarkan hanya oleh pihak terkait saja. Untuk syarat pengeluaran SIUP bagi perusahaan baru, membutuhkan lampiran surat keterangan domisili usaha.

Jika terlihat dari prosedurnya, memang tergantung dari kesiapan pemilik dalam melakuan pendaftaran akta perusahaan. Dengan memiliki NPWP untuk urusan perpajakan, maka pengurusan legalitas usaha akan semakin cepat dalam proses. Jadi Anda harus mempersiapkan semua dokumen yang di butuhkan untuk segera memulai prosesnya.

Bagi Anda yang ingin mendirikan sebuah PT, lama pembuatan PT memang membutuhkan waktu kurang lebih sebulan dari proses persiapan hingga prosesnya. Namun dengan memakai jasa pendirian PT yang ternama, proses ini tidak akan memakan waktu yang lama. Silahkan kunjungi atau gunakan jasa terbaik untuk membuat perusahaan. Dengan memakai jasa mereka, bisa saja proses pembuatannya hanya memakan waktu satu atau dua minggu saja.

Posted in Business License

Senin Agu 22 3:03 am

Tidak ada Komentar