Memilih Bidang Usaha: 5 Hal yang Wajib Dipertimbangkan

Jenis Modal
, ,

Office Now – Agar tidak ada kendala selama mengurus perizinan dan menjalankan perusahaan, maka Anda wajib memilih bidang usaha yang tepat

Untuk mengurus perizinan setiap badan usaha diwajibkan mengisi bidang usaha yang akan dijalankan. Penentuan jenis bidang usaha nantinya berpengaruh terhadap pemilihan KBLI.

Selain itu, ada beberapa pertimbangan dalam menentukan bidang usaha, misalnya modal yang nantinya akan menentukan jenis usaha.

Apa Itu Bidang Usaha

Apa Itu Bidang Usaha

Menurut KBBI, bidang usaha diartikan sebagai bisnis atau usaha dagang. Beberapa bidang usaha di Indonesia yang bisa Anda jalankan sebagai sumber peluang bisnis.

Usaha di bidang agraris

Untuk usaha di bidang agraris meliputi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Pertanian memiliki arti kegiatan bercocok tanam atau budidaya tanaman.

Sedangkan budidaya merupakan usaha yang bermanfaat dan memberikan hasil. Bidang pertanian menjadi jenis usaha yang paling banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia.

Bidang usaha perindustrian

Contoh jenis usaha selanjutnya yaitu perindustrian. Industri merupakan kegiatan memproduksi bahan mentah menjadi barang jadi.

Usaha di bidang industri diartikan mencari nilai tambah agar mendapatkan keuntungan.

Usaha di bidang perdagangan

Sedangkan usaha di bidang perdagangan merupakan usaha jual beli bertujuan untuk mendapatkan untung. Berdasarkan jumlah barang yang diperdagangkan usaha perdagangan memiliki beberapa kelompok yaitu:

  • Pedagang kecil 
  • Jenis pedagang menengah 
  • Pedagang besar

Usaha di bidang jasa

Fokus usaha di bidang jasa adalah dilakukan dalam bentuk pelayanan. Orang yang memberikan pelayanan kepada pihak lain akan mendapatkan sejumlah imbalan sesuai kesepakatan.

Usaha di bidang pertambangan

Selanjutnya, usaha di bidang pertambangan berkaitan dengan kegiatan pengambilan bahan galian berharga yang memiliki nilai ekonomi dari dalam bumi.

Usaha di bidang pariwisata

Jenis usaha terakhir yaitu di bidang pariwisata. Usaha di bidang memanfaatkan daya tarik keindahan alam, budaya, kesenian serta hasil kreativitas.

Jenis Badan Usaha di Indonesia Untuk Memilih Badan Usaha

Jenis Badan Usaha di Indonesia Untuk Memilih Badan Usaha

Untuk pemilih bisnis pemula, Anda akan dihadapkan pada masalah bagaimana menentukan bidang usaha yang tepat.

Ada tiga hal utama yang penting harus anda perhatikan sebelum menentukan memilih bidang usaha antara lain:

  • Nilailah bagaimana risiko bisnis yang akan Anda pilih.
  • Kemudian pikirkan bagaimana Anda mengatur keuangan antara bisnis dan kebutuhan hidup hidup.
  • Selanjutnya, pikirkan bisnis apa yang ingin Anda mulai.

Sebelum menentukan jenis usaha yang akan Anda, jalankan terlebih dahulu ketahui jenis badan usaha apa saja yang berlaku di Indonesia.

Perusahaan perseorangan

Sebelum menentukan 5 strategi memilih jenis usaha, kenali bentuk badan usaha yang bisa anda pilih untuk menjalankan usaha.

Perusahaan perseorangan merupakan usaha yang hanya dimiliki seorang diri dengan demikian segala kegiatan dan tanggung jawab akan ditanggung si pemilik.

Ada beberapa kelebihan Jika Anda memilih bentuk badan usaha perusahaan perseorangan, antara lain:

  • Mudah dalam hal pengawasan 
  • Anda bebas pajak 
  • Biaya pengelolaan lebih rendah 
  • Laba akan menjadi milik perusahaan sepenuhnya.
  • Lebih mudah untuk memperoleh pinjaman kredit.
  • Proses administrasi hukum yang lebih sederhana.
  • Kompensasi kerugian dapat dimasukkan sebagai perhitungan pajak.

Firma

Badan usaha selanjutnya yaitu Firma yang bisa Anda pilih untuk menjalankan usaha. Firma merupakan bentuk kerjasama dua orang atau lebih untuk menjalankan usaha bersama.

Anggota Firma memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas untuk memilih pimpinan Firma. Untuk tugas akan ditentukan berdasarkan keahlian.

Semua anggota Firma bisa berperan aktif mengelola perusahaan. Sedangkan untuk pembagian keuntungan dilakukan berdasarkan modal masing-masing telah dikeluarkan.

Persekutuan komanditer

CV atau persekutuan komanditer merupakan badan usaha berbentuk yang terbentuk atas perjanjian kerjasama untuk mendirikan usaha.

Perjanjian kerjasama tersebut dilakukan antara pihak yang bersedia mengatur dan bertanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadi orang yang memberikan modal.

Tanggung jawab yang dimiliki masing-masing pihak terbatas pada besarnya modal yang ditanamkan. Beberapa orang memilih bidang usaha dalam bentuk persekutuan komanditer karena memiliki keterbatasan modal. 

Perseroan terbatas

Bentuk badan usaha selanjutnya yaitu perseroan terbatas. PT merupakan badan usaha sekaligus badan hukum.

Dalam sebuah perseroan terbatas terdapat shareholder yang terdiri dari pemilik saham. Sedangkan stakeholder adalah pemangku kepentingan perusahaan

Jika Anda memilih bidang usaha dengan bentuk perseroan terbatas, maka memiliki prosedur pendirian yang cukup rumit. 

Tidak ada rahasia dalam perusahaan karena semua informasi bisa diakses oleh publik. Pimpinan perusahaan dipilih oleh para pemegang saham sehingga potensi nepotisme sangat besar.

Beberapa Pertimbangan Untuk Memilih Bidang Usaha

Beberapa Pertimbangan Untuk Memilih Bidang Usaha

Pada dasarnya ada beberapa pertimbangan yang dapat digunakan untuk memilih bidang usaha antara lain:

Wewenang dan tanggung jawab pemilik badan usaha

Berdasarkan jenis usaha Anda tentu sudah memiliki gambaran mengenai batas wewenang dan tanggung jawab untuk menjalankan sebuah bisnis.

Jenis wewenang dan tanggung jawab akan berbeda tergantung bentuk badan usaha. Wewenang dan tanggung jawab nantinya akan berpengaruh terhadap pertanggungjawaban harta perusahaan maupun pribadi

Kemampuan keuangan dan kemudahan pendirian

Jelaskan tentang tahapan menentukan jenis usaha yang akan dikembangkan? Untuk menjawab pertanyaan ini maka anda harus mempertimbangkan kemampuan keuangan badan usaha.

Untuk membuat sebuah usaha baru, Anda harus mempertimbangkan besaran modal serta kerumitan pendirian badan usaha.

Jika saat ini Anda memiliki modal yang kecil, maka disarankan memilih CV sebagai bentuk badan usaha. Biaya dan proses pendirian lebih murah dan sederhana.

Kemudahan memperoleh akses pinjaman modal

Untuk membangun sebuah usaha tentu tidak jauh dari kebutuhan pinjaman permodalan. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu keuntungan perusahaan perseorangan adalah kemudahan memperoleh pinjaman modal.

Pinjaman modal akan menentukan seberapa besar perusahaan bisa berkembang. Tanpa pinjaman modal usaha akan sulit untuk berkembang.

Perkembangan usaha

Optimisme untuk menjalankan sebuah bisnis harus menjadi latar belakang Anda dalam memilih badan usaha. 

Meskipun mungkin usaha tersebut berawal dari ide yang sangat sederhana, akan tetapi Anda tetap membutuhkan gambaran perkembangan. 

Sehingga bisa melakukan perencanaannya di masa yang akan datang dan bisnis tidak akan jalan ditempat.

Kewajiban perundang-undangan

Memilih peluang bisnis dan jenis bidang usaha juga harus memperhatikan kewajiban perundang-undangan. Dalam sebuah bisnis Anda harus memiliki badan hukum yang jelas.

Anda bisa memilih bentuk badan usaha sesuai dengan kemampuan perusahaan mulai dari perseroan terbatas, CV, Firma, dan lainnya.

Status badan hukum akan menentukan batasan tanggung jawab para pemegang saham atau orang-orang yang terlibat perjanjian menjalankan sebuah usaha.

Tips Menentukan KBLI Untuk Bidang Usaha

Dalam rangka memberikan kemudahan mengkategorikan bidang usaha yang akan dijalankan pemerintah melalui BPS telah mengeluarkan KBLI.

Hal tersebut sekaligus menjawab pertanyaan bagaimana memilih peluang bisnis yang harus Anda sesuaikan dengan kbli yang berlaku di Indonesia.

Berikut langkah-langkah menentukan KBLI yang tepat menyesuaikan jenis bidang usaha:

  • Kunjungi laman resmi OSS.
  • Kemudian klik bagian informasi, lalu pilih klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia.
  • Anda akan melihat kategori kbli mulai dari huruf a sampai u.
  • Setelah menentukan golongan usaha yang sesuai.
  • Anda bisa memilih keturunan kbli 2 digit.
  • Selanjutnya bisa memilih turunan 3 digit atau 4 digit yang menunjukkan opsi kegiatan usaha secara lebih detail.

Memilih bidang usaha tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab, akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis yang Anda jalankan.

Posted in Blog

Minggu Des 04 2:13 pm

Tidak ada Komentar