Notaris Pembuatan PT: Apakah Penting Bagi Perusahaan?

notaris pembuatan pt
notaris pembuatan pt

Officenow – Salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan PT adalah, akta notaris pendirian perusahaan. Yang mana notaris pembuatan pt dan badan usaha lainnya ini, merupakan dokumen penting untuk bisa mendirikan sebuah perusahaan di Indonesia.

Dokumen yang satu ini juga bisa menjadi sebagai penanda legalitas suatu perusahan dalam negeri. Dan sekaligus bisa juga sebagai bukti kepemilikan suatu usaha. Namun untuk membuatnya, tentu harus dilakukan di hadapan notaris, dan bisa mengandalkan jasa notaris pembuatan PT officenow.

Manfaat Akta Notaris Pembuatan PT

Jika Anda sudah memiliki akta notaris pembuatan PT ini, maka berikut ada beberapa manfaat yang bisa dinikmati bila sudah membayar biaya notaris untuk pembuatan PT.  

  1. Kredibilitas perusahaan akan meningkat

Dengan mengantongi notaris pembuatan PT ini, tentu perusahaan akan dipandang lebih profesional. Alhasil kredibilitas perusahaan akan meningkat, dan bisa menarik minat para mitra bisnis perusahaan.  

  1. Kesempatan menarik investor potensial semakin besar

Dengan dikenalnya perusahaan Anda yang sudah teruji kredibiltasnya, tentu menarik investor potensial bukanlah hal yang sulit. Dengan demikian, hal ini akan berimbas kepada kelangsungan bisnis Anda agar semakin berkembang.  

  1. Perusahaan taat akan hukum

Karena kita hidup di negara yang dasar hukumnya kuat, tentunya dengan mengantongi notaris pembuatan PT ini bisa sangat menguntungkan. Aktivitas usaha jadi lebih tenang dan juga aman, tanpa khawatir akan dibekukan secara tiba-tiba oleh pemerintah.

Fungsi Akta Notaris Pembuatan PT

notaris pembuatan pt

Beberapa fungsi akta notaris pembuatan PT yang ditawarkan Jasa Notaris Pendirian PT dan CV, Jalan Candrawulan III, Turangga, Kota Bandung, Jawa Barat, dll, diantaranya sebagai berikut:

  1. Melegalkan suatu perusahaan

Akta pendirian perusahaan di hadapan notaris ini, tentunya akan disahkan juga oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhukam). Dengan artian perusahaan Anda sudah tercatat legal dan tidak melanggar aturan yang berlaku di dalam negeri ini.

Jadi bilamana ada pihak eksternal yang mencoba mengganggu jalannya perusahaan, Anda bisa meminta untuk mendapatkan perlindungan hukum ke instansi yang bersangkutan.

  1. Diperlukan untuk pengurusan TDP dan SIUP

Akta notaris pembuatan PT ini juga bisa dibutuhkan ketika perusahaan ingin mengurus dokumen TDP dan SIUP. Yang mana dokumen-dokumen tersebut sangat diperlukan untuk menjalankan kegiatan usaha di Indonesia.

  1. Membantu memperjelas kepemilikan perusahaan

Dengan adanya akta pendirian perusahaan ini juga bisa membantu memperjelas akan kepemilikan perusahaan. Jadi bilamana tejadi kesimpang siuran terhadap informasi kepemilikan perusahaan, bisa dibantu dengan adanya akta pendirian perusahaan ini.  

Yang Tercantum dalam Akta Notaris Pembuatan PT

notaris pembuatan pt
notaris pembuatan pt

Selain sistem kepengurusan perusahaan, ada apa lagi yang tercantum dalam akta pendirian perusahaan? Berikut diantaranya

Nama serta tempat kedudukan notaris pembuatan PT

Didalam akta pendirian perusahaan yang dibuat dihadapan notaris, sejatinya terlampir nama dan juga tempat kedudukan dalam perusahaan. Yang mana data tersebut adalah valid dan juga sah di mata hukum.

Maksud serta tujuan kegiatan usaha

Bidang usaha yang akan dijalankan juga harus tercantum dalam akta pendirian perusahaan. Karena setelah itu, barulah perusahaan bisa melakukan pengurusan perizinan usaha.

Laporan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

RUPS merupakan sebuah forum khusus yang dimana para pemegang saham memiliki kewenangan untuk memperoleh keterangan terkait perusahaan. Dan dari keterangan tersebut, pemegang saham akan mencoba mengambil keputusan terbaik untuk kebaikan perusahaan kedepannya.

Jenis Badan Usaha yang memerlukan akta pendirian perusahaan

Berbagai jenis badan usaha yang memerlukan akta pendirian perusahaan adalah sebagai berikut:

Perseroan Terbatas (PT)

Perseroan terbatas atau PT ini merupakan salah satu badan usaha yang didirikan atas persekutuan modal, serta diakui secara hukum. Banyaknya para pebisnis local ataupun asing tertarik untuk mendirikan PT ini, karena menawarkan banyak keuntungannya.

Bila merujuk kepada UU nomor 40 tahun 2007, modal untuk mendirikan PT ini harus terbagi kedalam bentuk saham yang sudah sesuai dengan Undang-Undang. Dengan kata lain, para pendiri PT akan memiliki lembar saham masing-masing.

Dan kalaupun ada salah satu pendiri perusahaan ingin menjual sahamnya, maka bisa saja dilakukan tanpa merubah operasional perusahaan. Terlebih untuk pembubaran perusahaaan, sangat tidak mungkin untuk terjadi.

Untuk mendirikan PT ini tentunya membutuhkan notaris pembuatan PT sebagai kelengkapan administrasinya. Adapun persyaratan pembuatan akta pendirian notaris pembuatan PT, bisa Anda simak sebagai berikut:

  1. Fotokopy identitas atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) pengurus dan pemilik perusahaan, minimal harus terdiri dari 2 orang.  
  2. Pas foto berwarna dari penanggung jawab perusahaan
  3. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dari penanggung jawab perushaan
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari para penanggung jawab perusahaan
  5. Fotocopy Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  6. Melampirkan foto kantor dari segala sisi
  7. Jika perusahaan berada di wilayah perkampungan, maka wajib menyertakan surat keterangan RT dan RW setempat.  

Perusahaan Perseorangan

Seiring dengan berjalannya waktu, kini membuat perusahaan bisa didirikan oleh satu orang saja. Ya, dengan membuat perusahaan perseorangan tentu menjadi salah satu opsi yang tepat bagi para pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya.

Namun, untuk bisa mendirikan perusahaan perseorangan ini, juga diperlukan yang namanya akta pendirian perusahaan dari notaris seperti halnya notaris pembuatan pt.

Untuk persyaratan pendirian perseroan perseorangannya sendiri, bisa Anda simak sebagai berikut:

  1. Kartu identitas dari pendiri perusahaan
  2. Nama serta kedudukan perseroan perorangan
  3. Menyertakan maksud serta tujuan bidang usaha didirikan
  4. Mencantumkan jangka waktu berdirinya perusahaan
  5. Informasi mengenai jumlah modal yang sudah dikeluarkan
  6. Alamat perusahaan harus disertakan dengan detail
  7. Informasi mengenai nilai nominal serta jumlah saham

Perusahaan Commanditaire Vennootschap (CV)

Commanditaire Vennootschap atau sering dikenal dengan sebutan CV ini, merupakan suatu badan usaha yang didirikan atas dasar kesepakatan sekutu aktif dan sekutu pasif.

Yang dimana sekutu aktif memiliki kewenangan yang lebih besar dalam menjalankan perusahaan. Sedangkan bagi pihak sekutu pasif, hanya berperan sebagai investor saja alias pemberi modal untuk perusahaan.

Adapun persyaratan untuk membuat akta pendirian perusahaan CV ini, bisa Anda simak sebagai berikut:

  1. Kartu identitas atau KTP dari pihak sekutu aktif dan juga sekutu pasif
  2. Menyertakan nama serta lokasi CV didirikan
  3. Informasi mengenai CV, yang didalamnya terlampir maksud serta tujuan badan usaha dibentuk.
  4. Melampirkan nama pihak sekutu yang memiliki kuasa penuh
  5. Laporan kas pengeluaran milik beberapa sekutu yang beratas namakan CV
  6. Melakukan pendaftaran tanggal akta ke Pengadilan Negeri melalui pihak notaris
  7. Pendaftaran akta pendirian perusahaan ke Pengadilan Negeri Kota sesuai dengan domisil CV berada.

Firma

Firma merupakan suatu bentuk usaha yang didasarkan atas persekutuan antara dua orang bahkan lebih, di bawah naungan nama yang sama. Dan masing-masing anggota firma memiliki tanggung jawab yang sama, mengenai badan usaha berstatus sebagai firma ini.

Untuk persyaratan pembuatan akta notaris pendirian perusahaan firma, bisa Anda simak sebagai berikut:

  • KTP atau kartu identitas dari pendiri perusahaan
  • Nama firma yang digunakan
  • Alamat firma yang sesuai dengan domisili perusahaan
  • Melampirkan maksud serta tujuan firma didirikan, yang dimana harus sesuai dengan format KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia
  • Struktur kepengurusan dalam Firma

Posted in Business License

Rabu Apr 27 3:36 am

Tidak ada Komentar