Pembuatan PT Online Melalui 3 Tahap Sederhana, Praktis dan Cepat

Office Now – Pembuatan PT online merupakan sebuah inovasi yang tentunya akan dapat memudahkan Anda untuk mendirikan perusahaan berbadan hukum tersebut. Selain prosedur dan syaratnya relatif lebih sederhana, proses pendiriannya pun bisa dibilang jauh lebih cepat.

Sejumlah sumber menyebutkan bahwa Anda bisa merampungkan proses pembuatan PT online hanya dalam waktu beberapa menit, tak sampai satu jam. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengakses situs resmi pemerintah yang terkait melalui fasilitas internet.

Definisi PT

(Sumber gambar: Pexels)

Anda tentunya sudah tidak terlalu asing lagi dengan istilah PT yang merupakan singkatan dari Perseroan Terbatas ini. PT adalah suatu bentuk perusahaan berbadan hukum yang sistem permodalan serta kepemilikannya berbentuk saham.

Dahulu, Anda mungkin mengenal PT sebagai jenis perusahaan persekutuan yang proses pendiriannya melibatkan minimal dua orang. Namun, sejak terbitnya UU Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020, PT bisa didirikan oleh satu orang saja.  

Perubahan ketentuan ini tentunya membuka peluang bagi banyak pelaku usaha untuk mendirikan PT tanpa harus bersusah payah mencari rekanan. Terlebih karena persyaratan mengenai jumlah modal minimal pendirian PT pun mengalami beberapa penyesuaian.

Kini bukan hanya pengusaha bermodal besar serta jaringan relasi luas saja yang dapat mendirikan PT, melainkan juga pengusaha kecil (UMKM).  

Jenis-jenis PT

Dengan terbitnya UU Cipta Kerja di atas, saat ini terdapat enam jenis PT yang ada di Indonesia, yaitu:

PT Perorangan

Merupakan jenis PT terbaru yang pendiriannya hanya melibatkan satu orang, yang nantinya akan berperan sebagai direktur sekaligus pemegang saham utama. Jenis PT ini terutama banyak menarik minat para pelaku UMKM yang ingin meningkatkan level bisnisnya.

PT Terbuka

Ciri PT ini adalah terdapat huruf singkatan TBK pada bagian akhir namanya. Perusahaan mendapat sebutan PT Terbuka apabila telah melakukan penawaran saham secara terbuka pada masyarakat umum atau Initial Public Offering (IPO).

PT Tertutup

Penawaran saham PT ini umumnya hanya untuk kalangan terbatas seperti kerabat serta teman dekat pemiliknya saja. Hal itulah yang mendasari jenis PT ini mendapat sebutan PT Tertutup.  

Meski begitu, ada pula beberapa PT Tertutup yang menawarkan sebagian sahamnya kepada masyarakat umum. Jenis PT yang demikian ini lantas dikenal sebagai PT Sebagian Tertutup Sebagian Terbuka.

PT Domestik

Sesuai dengan namanya, PT ini berdiri dengan modal bersumber dari warga negara tempatnya berdomisili, dalam konteks ini berarti Indonesia.   

PT PMA  

PMA merupakan singkatan dari Penanaman Modal Asing. Dengan demikian, jelas bahwa proses pendirian PT ini melibatkan modal dari investor asing. Meski begitu, PT ini tetap wajib mentaati segala peraturan dan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Keuntungan Mendirikan Badan Usaha Berbentuk PT

(Sumber gambar: Pixabay)

Perusahaan berbentuk PT memiliki sejumlah keunggulan yang membuat banyak pelaku usaha tertarik untuk menerapkannya. Beberapa keunggulan PT tersebut antara lain:

Memiliki jaminan perlindungan hukum yang sah terkait status dan kelangsungannya

Poin pembahasan sebelumnya telah menyebutkan bahwa PT memiliki status berbadan hukum. Hal ini berarti terdapat sejumlah regulasi yang kuat dan sah yang mengatur dan melindungi keberadaan serta kelangsungan aktivitas PT tesebut.   

Memiliki sistem pengelolaan yang lebih profesional

Pengelolaan PT berada di bawah pengawasan serta pimpinan dewan direksi. Sistem pengambilan keputusannya dilakukan melalui rapat umum pemegang saham. Selain itu, struktur organisasi dan pembagian kerja (job desc) dalam PT juga tersusun dengan lebih jelas.

Memberi peluang lebih besar bagi perusahaan untuk berekspansi

Dengan status yang terjamin secara hukum dan sistem pengelolaan yang profesional, PT lebih mudah mendapat kepercayaan dari berbagai pihak terkait. Hal ini membuat peluangnya untuk mendapat akses permodalan dan kerja sama proyek jauh lebih terbuka.  

Harta pribadi pemilik tidak lagi tercampur dengan harta PT

PT mengharuskan adanya pemisahan antara harta pribadi pemilik dengan harta PT. Dengan demikian, harta pemilik akan lebih terlindungi dan tidak otomatis ikut tersangkut masalah seandainya PT mengalami hal-hal yang kurang menguntungkan.

Prosedur Pembuatan PT Online

(Sumber gambar: Pixabay)

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini telah mencakup hampir segala aspek hidup masyarakat, termasuk dalam sektor perizinan dan pendirian usaha. Kini Anda tak perlu repot lagi datang ke kantor dinas terkait sambil membawa berkas syarat untuk mendirikan PT.    

Anda bisa mengurus prosedur pendirian PT ini secara online dengan memanfaatkan fasilitas dan perangkat internet dari rumah. Cara pembuatan PT online tersebut terdiri dari 3 langkah sebagai berikut:

Melakukan Pemesanan Nama Untuk PT

Peraturan menyebut bahwa tidak boleh ada dua PT dengan nama yang sama di Indonesia. Oleh karena itu, Anda perlu mendapat persetujuan dari pihak Kemenkumham terlebih dulu sebelum bisa menetapkan nama untuk PT Anda.  

Ketentuan selengkapnya mengenai penamaan PT tercantum dalam PP No. 43 Tahun 2011 mengenai Tata Cara Pengajuan dan Penggunaan Nama PT.  Pemesanannya dapat Anda lakukan sendiri melalui situs resmi AHU (Administrasi Hukum Umum).

Untuk melakukan pemesanan, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu serta membayarkan sejumlah biaya tertentu. Pembayaran biaya pemesanan nama ini juga bisa Anda lakukan secara online dengan menggunakan voucher dari bank yang telah resmi ditunjuk.  

Sebagai tambahan informasi, biaya pembuatan PT online ini tergolong sebagai PNBP atau Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Sistem AHU akan menerbitkan persetujuan apabila mendapati nama yang Anda ajukan belum pernah didaftarkan oleh pihak lain. Selanjutnya, Anda bisa mencetak nama PT, lengkap dengan barcode khusus yang menandakan bahwa nama itu sah untuk Anda gunakan.

Perlu Anda ketahui bahwa proses ini harus segera Anda tindak lanjuti dalam waktu maksimal 60 hari. Jika lewat dari masa itu, sistem AHU akan otomatis membatalkan persetujuan untuk nama yang telah Anda daftarkan.

Membuat Akta Pendirian dan Pengesahan PT

Untuk membuat akta pendirian, Anda memerlukan bantuan notaris. Pastikan Anda memilih notaris yang profesional dan terpercaya untuk membantu mengurus masalah pengesahan PT Anda sampai tuntas.

Mengurus Izin Usaha PT

Setelah proses pendiriannya tuntas dan sah, Anda perlu melengkapi PT dengan perizinan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Peraturan terbaru mengenai izin usaha ini tercantum dalam PP No. 5 Tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Salah satu izin usaha yang wajib Anda miliki adalah NIB (Nomor Induk Berusaha). NIB ini berfungsi sebagai nomor identitas usaha. Anda juga dapat mengurus penerbitan NIB secara online melalui situs OSS-RBA (Online Single Submission Risk-Based Approach).

Selain perizinan berbasis resiko, Anda juga perlu melengkapi PT dengan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Anda juga bisa melakukan pembuatan NPWP PT online ini melalui OSS-RBA sekaligus saat mengurus NIB.

Jika tak ingin repot mengurus masalah pendirian PT seorang diri, Anda bisa juga memilih memanfaatkan layanan jasa pembuatan PT online.

Berkat adanya metode pembuatan PT online, proses pendirian badan usaha ini sekarang jauh lebih praktis dan cepat. Dengan begitu diharapkan para pelaku usaha lebih bersemangat untuk memiliki bentuk perusahaan berbadan hukum tersebut.

Posted in Blog

Sabtu Nov 27 6:24 am

Tidak ada Komentar