Perseroan Terbatas: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Perseroan Terbatas
, ,

Office Now – Di Indonesia ada beberapa jenis bentuk badan usaha yang bisa Anda pilih untuk menjalankan bisnis. Namun, bentuk badan usaha perseroan terbatas paling banyak peminatnya. Pembentukan PT berdasarkan Undang-Undang nomor 40 tahun 2007.

Pengertian Perseroan Terbatas

Pengertian Perseroan Terbatas

Perseroan adalah suatu unit badan usaha berbadan hukum yang memiliki kriteria modal terkumpul dari berbagai saham. Dalam sebuah PT, setiap pemilik saham berasal dari investor yang akan mendapatkan bagian sesuai dengan banyaknya saham yang dimiliki.

Sedangkan untuk kekayaan pribadi milik perusahaan berbeda dengan kekayaan perusahaan itu sendiri. Sehingga kepemilikan perusahaan bisa berganti tanpa harus membubarkan atau mengganti nama perusahaan. 

Pada dasarnya pembentukan PT minimal oleh dua orang atau lebih. Pembentukan ini harus melalui kesepakatan di hadapan notaris untuk dibuatkan akta perusahaan. Sedangkan untuk pendiri perusahaan bisa Warga Negara Indonesia atau WNA di mana masing-masing memiliki bagian saham.

Namun, ada pengecualian pemegang saham perseroan terbatas harus ditunjuk dalam RUPS sebagai anggota direksi. Dalam sebuah PT direktur akan merangkap sebagai pemilik perusahaan. Hal ini dapat anda temui untuk perusahaan keluarga.

Contoh Perseroan Terbatas di Indonesia

Contoh Perseroan Terbatas di Indonesia

Berikut ini beberapa jenis dan contoh perseroan terbatas, meliputi:

Perseroan Terbatas Terbuka

Perseroan jenis ini merupakan PT yang sudah go public atau sudah masuk IPO. Jika PT sudah IPO, maka masyarakat umum bisa membeli saham di pasar modal. Contoh dari PT terbuka yaitu Bank Central Asia, Tbk. PT Telekomunikasi Indonesia dan banyak lagi.

PT tertutup

Sedangkan untuk PT tertutup memiliki perbandingan terbalik dengan PT yang sifatnya terbuka. Jenis PT tertutup ini tidak melakukan aktivitas jual beli saham di masyarakat luas. Sehingga untuk modal dari PT tertutup ini berasal dari kalangan tertentu saja.

PT Kosong

Jenis selanjutnya yaitu PT yang mengantongi izin usaha namun belum memiliki kegiatan usaha untuk kelangsungan perusahaan. Disebut juga dengan PT kosong, contohnya, PT Sarana Rekatama Dinamika, PT Asian Biscuit dan masih banyak lagi.

PT Domestik

Selain itu, masih ada perseroan terbatas domestik merupakan jenis PT yang berdiri dan menjalankan operasional di dalam negeri. Sehingga harus mengikuti seluruh aturan dan perundang-undangan yang ada di dalam negeri.

PT Perseorangan

Selanjutnya ada jenis PT yang seluruh sahamnya dipegang oleh satu orang saja. Sehingga orang ini juga akan berperan sebagai Direktur perusahaan. 

Jadi pada jenis PT ini terdapat kekuasaan tunggal. Sehingga akan menguasai seluruh wewenang direktur dan rapat umum pemegang saham.

PT Asing

Jenis pt asing merupakan PT yang telah berdiri di luar negeri dengan mengikuti semua aturan yang berlaku di negara tersebut. Ketika ada orang asing membangun perusahaan di dalam negeri, maka harus mengikuti peraturan yang berlaku di dalam negeri.

Ciri Perseroan Terbatas

Melihat dasar hukum perseroan terbatas maka anda bisa menyimpulkan pengertian serta beberapa hal yang melekat pada PT. Hal utama yang harus Anda pahami adalah ciri perseroan terbatas, meliputi:

  • Pada Manajemen Perusahaan dipimpin oleh direksi. Ini ciri utama yang melekat pada PT.
  • Selanjutnya, pemegang saham akan mendapatkan dividen dari keuntungan perusahaan.
  • Dalam hal melaksanakan rapat umum pemegang saham hanya untuk menentukan keputusan besar.
  • PT tidak akan mendapatkan bantuan dalam bentuk apapun dari pemerintah.
  • Tujuan umum mendirikan PT adalah untuk mencari keuntungan.
  • Selanjutnya PT memiliki fungsi komersial serta ekonomi.
  • Untuk modal, PT akan mendapatkan dari lembaran saham dan obligasi.

Menurut Beberapa Ahli

Menurut beberapa ahli, PT memiliki beberapa ciri, antara lain:

Soedjono Dirjosiswono

Dalam hal ini PT merupakan badan hukum yang berdiri berdasarkan perjanjian untuk melakukan kegiatan usaha. Selain itu PT harus memenuhi persyaratan sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun 2007. 

H.M.N Purwosutjipto

Ciri utama yang melekat pada Perseroan Terbatas yaitu bentuk badan hukum. Tidak disebut sebagai persekutuan, melainkan perseroan. 

Zaeni Asyhadie

Selanjutnya, menurut Zaeni Asyhadie menunjukkan bahwa istilah terbatas ini berhubungan dengan tanggung jawab pemegang saham. Pertanggungjawaban sesuai dengan nominal yang dimiliki saja.

Kelebihan dan Kekurangan PT

Kelebihan dan Kekurangan PT

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Perseroan Terbatas yang harus Anda pahami. Sehingga bisa lebih mengembangkan lagi bisnis menggunakan badan hukum PT.

Kelebihan PT

Simak beberapa kelebihan Perseroan Terbatas berikut ini:

Aset Pribadi Lebih Aman

Kelebihan pertama yang bisa anda dapatkan adalah aset harta yang anda miliki lebih aman dan terlindungi. PT merupakan badan hukum sebagai entitas tersendiri. 

Sehingga ketika perusahaan memiliki utang dengan pihak ketiga, maka kerugian akan menjadi tanggungan pemilik perusahaan.

Sedangkan jumlah yang menjadi kewajiban harus sesuai dengan modal yang Anda setorkan. Sehingga uang pribadi tidak akan Anda gunakan untuk membayar atau melunasi utang dari perusahaan.

Kepemilikan Saham Mudah Dialihkan

Kelebihan kedua yang bisa Anda dapatkan adalah mudahnya mengalihkan saham. Saham merupakan aset yang tidak berwujud sehingga bisa dialihkan kepada pihak lain. Hal ini sesuai dengan pasal 31 ayat 1 UU perseroan terbatas.

Dalam hal pengalihan saham bisa dilakukan dengan penjualan. Namun, ketika ingin menjualnya, Anda harus memperhatikan anggaran dasar perusahaan. Dalam AD ART tersebut akan mengatur tata cara pengalihan saham.

Jangka Waktu Tidak Terbatas

Selanjutnya, Anda tidak perlu lagi memikirkan jangka waktu berlakunya PT. Pada pasal 6 UU PT sudah dijelaskan bahwa pendirian tidak memiliki jangka waktu terbatas.

Landasan yang mendukung jangka waktu tidak terbatas terdapat pada anggaran dasar. Pendiri PT bisa menentukan kebijakan apakah PT berdiri untuk jangka waktu tertentu atau tidak terbatas. Sehingga bisa Anda simpulkan bahwa PT terus beroperasi sampai ada pembubaran.

Mudah Mendapatkan Pendanaan

Dalam menjalankan bisnis tentunya Anda membutuhkan modal tambahan. Untuk badan usaha PT, Anda akan lebih mudah mendapatkan modal usaha dari bank. Sebab, bank L

lebih banyak mempercayai badan usaha berbentuk PT dibandingkan lainnya.

Hal ini disebabkan oleh badan hukum PT dianggap sebagai entitas tersendiri yang terpisah dengan pendiri PT. Selain itu, Anda bisa mendapatkan tambahan modal melalui penerbitan saham baru ketika investor ingin memberikan modal. Tentunya hal ini menjadi kesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Membuka Kesempatan Lebih Luas

Kesempatan untuk mengembangkan bisnis akan semakin besar jika badan hukum berbentuk PT. Anda bisa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam tender-tender besar. Selain itu, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan membuka beberapa kantor cabang.

Kekurangan PT

Meskipun mendirikan Perseroan Terbatas lebih banyak menguntungkan, ada beberapa kekurangan yang ada. Salah satunya adalah prosedur mendirikan PT yang lebih sulit karena banyaknya izin yang harus anda penuhi dan miliki. 

Namun, kini masih saat ini Anda bisa mengurus perizinan melalui sistem OSS untuk mempermudahnya.

Agar bisa memperoleh keuntungan menjalankan perusahaan dalam bentuk perseroan terbatas, maka Anda perlu memahaminya. Mulai dari pengertian, ciri serta kelebihan dan kekurangan yang melekat pada PT. Sehingga nantinya Anda akan memaksimalkan bentuk perusahaan untuk mencapai keuntungan.

Posted in Blog

Minggu Jul 24 8:59 am

Tidak ada Komentar