Persyaratan Membuat Perusahaan Berbentuk PT Apa Saja?

, ,

Office Now – Ketika anda ingin memulai usaha tidak hanya memikirkan permodalan namun harus memikirkan matang-matang masalah perizinan. Penuhi persyaratan membuat perusahaan sesuai dengan bentuk badan usaha yang cocok. Sehingga nantinya akan mempengaruhi kredibilitas perusahaan.

Cara Mendirikan Perusahaan

Cara Mendirikan Perusahaan

Sebelum membahas lebih jauh cara mendirikan perusahaan, maka sebaiknya mengetahui apa itu perusahaan. 

Pengertian Perusahaan

Pada dasarnya perusahaan merupakan tempat di mana terjadinya kegiatan produksi baik itu barang maupun jasa 

Dalam perusahaan ini, semua faktor produksi berkumpul mulai dari: 

  • Tenaga kerja 
  • Modal 
  • Sumber daya alam 
  • Kewirausahaan 

Definisi lainnya menyatakan bahwa perusahaan merupakan lembaga atau organisasi yang menyediakan barang maupun jasa bertujuan meraih laba. Dasar hukum dari sebuah perusahaan terdapat dalam undang-undang nomor 3 tahun 1982. 

Dalam peraturan tersebut mengartikan perusahaan sebagai badan usaha di wilayah Indonesia yang berdiri dan berjalan dengan tujuan menghasilkan laba.

Unsur Pokok Perusahaan

Untuk mendirikan sebuah perusahaan, maka harus terdapat dua unsur pokok di dalamnya. Unsur pokok ini sebagai pondasi sebuah perusahaan yaitu:

Bentuk Usaha

Perusahaan harus menentukan terlebih dahulu bentuk usaha yang akan dijalankan . Bentuk usaha sendiri ada berbagai macam, yaitu CV PT, Firma dan masih banyak lagi. Nantinya bentuk usaha akan berubah seiring dengan perkembangan perusahaan tersebut.

Jenis Usaha

Sedangkan untuk jenis usaha sifatnya lebih variatif. Perusahaan bisa bebas menentukan jenis usaha yang akan berjalan, misalnya di bidang konveksi, otomotif atau kuliner. Setelah itu, Anda baru bisa mempersiapkan persyaratan membuat perusahaan.

Persyaratan Membuat Perusahaan PT 2022

Syarat Pendirian PT 2022

Ada beberapa persyaratan serta prosedur membuat PT sendiri yang harus Anda siapkan. 

Persyaratan Membuat Perusahaan 

Berikut ini beberapa persyaratan dokumen yang harus Anda siapkan untuk mendirikan sebuah perseroan terbatas:

  • Siapkan fotokopi data diri berupa KTP serta NPWP dari pemegang saham dan pengurus. Minimal untuk 2 orang.
  • Anda juga harus menyiapkan fotokopi perjanjian sewa atau bukti kepemilikan tanah.
  • Selain itu, harus menyertakan surat keterangan domisili dari pengelola gedung. 
  • Siapkan juga surat keterangan RT atau RW.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dalam Persyaratan Membuat Perusahaan

Setelah mempersiapkan beberapa dokumen Anda juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengurus pendirian Perseroan Terbatas.

  • Sebaiknya memastikan terlebih dahulu alamat yang anda jadikan domisili perseroan terbatas terletak pada zona komersial atau zona campuran. Aturan mengenai zonasi ini cukup ketat sehingga peruntukan zona perumahan tidak bisa Anda jadikan sebagai domisili PT.
  • Selanjutnya, Nomor Pokok Wajib Pajak direktur sebagai penanggung jawab PT sudah dalam format baru. NPWP dalam format baru sudah mencantumkan nomor induk kependudukan. Selain itu, pastikan juga direktur tidak memiliki tunggakan pajak.
  • Perhatikan juga jumlah minimum pemegang saham untuk perseroan terbatas adalah 2 orang. Jika para pemegang saham merupakan suami istri sebaiknya periksa terlebih dahulu Apakah memiliki perjanjian nikah yang memisahkan harta bersama. Jika tidak, maka dianggap sebagai satu orang.

Persyaratan tersebut memiliki perbedaan dengan syarat mendirikan CV.

Persyaratan Membuat Perusahaan: Tahapan Mendirikan PT

Persyaratan Membuat Perusahaan: Tahapan Mendirikan PT

Setelah mengetahui persyaratan membuat perusahaan, maka selanjutnya ikuti tahapan mendirikan sebuah perseroan terbatas, meliputi:

Mencetuskan Nama Sebagai Persyaratan Membuat Perusahaan

Langkah awal yang harus anda laksanakan yaitu menentukan nama perusahaan titik untuk nama perusahaan sendiri tidak boleh asal menggunakan, sebab harus memenuhi peraturan. 

Misalnya saja, Anda tidak boleh menggunakan serapan bahasa asing. Nama terdiri dari tiga suku kata. Selain itu, nama perusahaan belum pernah dipakai sebelumnya oleh perusahaan lain. 

Aturan pembuatan nama ini memiliki dasar hukum yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2011. Aturan ini mengatur bagaimana cara pengajuan dan pemakaian nama PT.

Sebaiknya menghindari kata yang sudah umum dipakai perusahaan. Nama perusahaan juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai branding perusahaan.

Lokasi Perusahaan

Syarat mendirikan PT perorangan selanjutnya yaitu menentukan lokasi perusahaan. Lokasi perusahaan merupakan alamat dan bangunan yang Anda gunakan sebagai kantor. 

Anda harus memiliki surat izin lokasi di atas lahan pribadi dan surat hak guna bangunan jika kantor merupakan gedung sewa. Lokasi perusahaan harus detail sehingga orang akan percaya bahwa Anda menjalankan perusahaan secara profesional. 

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menentukan lokasi usaha seperti: 

  • Akses jalan 
  • Kondisi lingkungan 
  • Keamanan 
  • Faktor penting lainnya

Maksud dan Tujuan perusahaan

Mendirikan sebuah perusahaan harus memiliki tujuan. Selama tujuan pendirian tidak menyalahi peraturan perundangan yang ada, maka Anda boleh mendirikan perusahaan tersebut.

Namun, pastikan bidang usaha yang Anda jalankan ada dalam akta pendirian perusahaan. Selain itu, Anda juga harus memiliki izin usaha akan mendapatkan perlindungan sekaligus menjalankan persyaratan pendirian perusahaan.

Struktur Permodalan

Dalam menentukan badan usaha maka yang menjadi dasar adalah permodalan, tidak terkecuali bentuk badan usaha PT.Sehingga setelah itu Anda bisa menentukan biaya pendirian PT.

Syarat pendirian PT menurut UU Nomor 40 Tahun 2007 juga mengatur mengenai permodalan. Untuk badan usaha perseroan terbatas, Anda harus memiliki modal dasar sebesar Rp50 juta.

Selain itu, Anda harus menyetorkan modal sebesar 12,5%. Namun, untuk peraturan baru tidak harus menyetorkan sebanyak modal dasar, melainkan berdasarkan kesepakatan para pemilik dan pendiri perusahaan.

Struktur Organisasi

Tahapan selanjutnya yaitu memiliki struktur organisasi yang jelas. Pada dasarnya sebuah perusahaan akan dipimpin oleh seorang direktur dan komisaris berada di bawah pemilik usaha. 

Jika ada lebih dari satu calon direktur atau komisaris, maka organisasi wajib mengangkat salah satunya menjadi Dirut dan komisaris utama. Hal tersebut sebagai syarat membuat perusahaan. Direktur dan komisaris harus melampirkan identitas diri mulai dari KK dan NPWP.

Akta Pendirian Perusahaan

Persyaratan membuat perusahaan selanjutnya yaitu memiliki akta pendirian perusahaan. Pemilik usaha bisa mengajukan pembuatan akta pendirian melalui kantor notaris yang sama dengan lokasi perusahaan. 

Untuk selanjutnya, notaris akan meminta dokumen-dokumen guna membuat akta ini meliputi: 

  • Nama dan lokasi perusahaan 
  • Identitas diri 
  • KK 
  • NPWP pemilik perusahaan

Pengesahan dari Menteri

Setelah proses pembuatan akta perusahaan selesai selanjutnya notaris akan membawa ke Kemenkumham untuk meminta pengesahan. Setelah itu, pihak Kemenkumham akan mengeluarkan surat keputusan yang menyatakan perusahaan sah di mata hukum. 

Sehingga Anda bisa memulai aktivitas operasional agar prosesnya berjalan lancar, maka perlu mempersiapkan berkas-berkas pendukung.

Mengurus NPWP dan Izin Usaha

Perizinan PT apa saja yang Anda perlukan, yaitu SIUP. Untuk mendapatkan izin usaha ini Anda harus mengajukan NPWP terlebih dahulu. Selanjutnya Anda harus mengajukan permohonan pembuatan SIUP.

Pada dasarnya ada 4 kelompok berdasarkan usaha yang dijalankan. Selain izin usaha, pemilik usaha harus mengurus BPJS Ketenagakerjaan sebagai syarat utama untuk mendapatkan izin usaha dan tanda daftar perusahaan.

Izin yang dibutuhkan masing-masing PT memiliki perbedaan, hal ini tergantung dengan kegiatan usaha yang Anda jalankan.

Semua persyaratan membuat perusahaan jika dipersiapkan dengan baik akan menghemat waktu untuk perizinan usaha. Sehingga Anda juga bisa cepat menjalankan kegiatan operasional perusahaan.

Posted in Blog

Kamis Jul 28 9:12 am

Tidak ada Komentar