Office Now-Seorang pengusaha yang menjalankan usahanya sendiri tentu harus mendirikan perusahaan yang berbadan hukum serta diakui legalitasnya. Oleh karena itu, anda harus memenuhi prosedur pendirian PT yang sah. Hal ini tentu saja akan menghindari Anda dari konsekuensi hukum seandainya jika pertikaian terhadap legalitas usaha Anda.
Untuk itu, pembahasan kali ini akan seputar prosedur pendirian PT menurut UU no. 40 tahun 2007 yang menjadi dasar hukum pendirian perusahaan. Undang-undang inilah yang menjadi payung hukum bagi perusahaan Anda.
Prosedur Pendirian PT yang Perlu Dilakukan
Berdasarkan Undang-undang yang berlaku, inilah yang harus Anda ikuti prosedur pendirian PT dan modal dengan dikeluarkannya UU Cipta Kerja. Terdapat beberapa perubahan aturan yang terkait dengan prosedur pendirian pt.
Pendiri
Pada awalnya , syarat pendirian PT adalah dengan dua orang pendiri. Aturan baru ini memberikan Anda kesempatan sebagai pemilik tunggal. Artinya, Anda dapat mendirikan PT hanya dengan seorang pendiri saja, tanpa harus mempunyai rekan kerja. Aturan ini berlaku hanya untuk usaha mikro dan kecil.
Badan Hukum
Perubahan yang dimaksud adalah perubahan status badan hukum, auran awal menyatakan bahwa badan hukum PT akan terbit setelah putusan Kemenkumham. Perbedaannya adalah PT akan mendapatkan status badan hukum setelah mempunyai bukti pendaftaran di Kemenkumham
Modal Dasar Minimal
UU Cipta Kerja telah menghapus kewajiban jumlah modal dasar pembuatan PT yang sebelumnya berjumlah 50 juta rupiah. Dengan demikian prosedur pendirian PT dan modal menurut UU Cipta Kerja akan lebih mudah dan fleksibel bagi setiap orang yang hendak menjadi pengusaha. Dengan Kemudahan seperti ini,maka diharapkan roda ekonomi akan semakin menggeliat.
Aturan TDP
Fungsi TDP pada peraturan baru dialihkan ke NIB sejak diberlakukannya sistem OSS.
Perizinan Berbasis Risiko
Dengan berlakunya UU Cipta kerja ini,maka terjadi perubahan dalam menentukan izin usaha, UU Cipta Kerja menetapkan 4 kategori risiko lapangan usaha, yaitu berisiko rendah, menengah rendah, menengah tinggi dan berisiko tinggi.
Lingkungan Hidup
Usaha yang tergolong mikro dan kecil tidak diwajibkan memiliki Amdal atau analisis dampak lingkungan. Sebagai penggantinya, usaha mikro dan kecil ini wajib memiliki Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup ( SPPL).
Dasar Hukum Prosedur Pendirian PT
Dalam hukum negara Indonesia, prosedur pendirian PT dan dasar hukumnya tertuang dalam beberapa peraturan, yaitu :
- Terdapat pada Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
- UU No 40 / 2007 tentang Pendirian dan pelaksanaan Perseroan Terbatas ( PT)
- UU No 20 / 2008 tentang kegiatan Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM)
- PP No 29 / 2016 tentang PMD PT
- Peraturan Menkumham no 3/2017 tentang biaya jasa hukum bagi notaris. Biaya ini terkait dengan pendirian Perseroan terbatas bagi usaha mikro, kecil dan menengah.
Persyaratan Prosedur Pendirian PT
Jika Anda hendak memulai mengurus pendirian PT , terdapat beberapa syarat administratif yang perlu Anda penuhi. Persyaratan ini wajib Anda penuhi sebagai kelengkapan prosedur pendirian PT UU No 40 tahun 2007.
Syarat Dokumen
- Harus menyertakan fotokopi KTP elektronik pemegang saham Perseroan Terbatas
- Fotokopi kartu keluarga personal yang akan menjadi penanggung jawab Perusahaan terbatas
- Wajib menyertakan fotokopi NPWP penanggung jawab Perseroan Terbatas
- Fotokopi bukti bayar PBB selama satu tahun terakhir
- Surat keterangan domisili yang Anda bisa dapatkan dari RT atau RW setempat di mana PT itu berlokasi.
- Foto kantor dan gedung tempat PT Anda akan beroperasi sebagai bukti fisik keberadaan PT
Syarat Lainnya
- Minimal terdiri dari satu orang sehingga memiliki kepemilikan saham tunggal.
- Melengkapi rincian identitas perusahaan yang disahkan oleh akta notaris. Rincian ini berupa nama perusahaan terbatas, jumlah modal awal yang dimiliki, jumlah saham. Dilengkapi juga dengan keterangan jenis industri usaha, alamat perseroan terbatas, tujuan pendirian PT. Akta notaris ini dibuat menggunakan bahasa Indonesia.
Prosedur Pendirian PT dan Tahapannya
Pada tahun 2021 ini Anda dapat mengikuti prosedur pendirian PT hukum online, yaitu sebagian pendaftarannya dilakukan secara online. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Pengajuan Nama
Langkah pertama adalah mengajukan nama PT yang berdasarkan aturan terdiri dari 3 kata pada sistem pelayanan AHU Anda juga akan melakukan pembayaran melalui online.
Akta Perusahaan
Anda akan mendapatkan kata perusahaan yang didalamnya termuat identitas perusahaan terbatas yang Anda dirikan secara jelas. Tertulis Juga besarnya jumlah modal awal perusahaan Anda. Bahasa yang digunakan pada akat perusahaan adalah bahasa Indonesia yang formal dan baku. Kata ini kemudian disahkan oleh KEMENKUMHAM.
Pengajuan Izin Prosedur Pendirian PT
Anda wajib mengajukan izin pendirian badan hukum dan menyetor Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).
Pengajuan SIUP dan NIB
Kedua jenis izin ini dikeluarkan oleh sistem Online Single submission (OSS) yang dapat Anda akses secara online. TDP telah berubah menjauh NIB yang berfungsi sebagai nomor pengenal.
Pendaftaran PT
Selanjutnya Anda dapat mengajukan pendaftaran PT pada Kemenakertrans atau pada Dinas Ketenagakerjaan.
Pengajuan BPJS Ketenagakerjaan
Langkah selanjutnya adalah mengajukan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan secara online untuk perlindungan bagi karyawan Anda. Anda dapat melakukan pendaftaran melalui BPJS Kesehatan.
Pengajuan NPWP
Anda mengajukan no NPWP perusahaan dan VAt collector Number NPPKP ( Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak) melalui kantor pajak.
Prosedur Pendirian PT PMA
Jika Anda berniat untuk mendirikan Perseroan Terbatas dengan skema penanaman modal asing( PMA), maka Anda wajib memahami prosedur pendirian PT PMA yang sedikit berbeda daripada pendirian PT non PMA.
Terdapat beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mendirikan PT PMA di Indonesia. Berikut adalah persyaratan yang harus dipersiapkan.
- Fotokopi KTP atau paspor pendiri perusahaan baik WNI maupun WNA
- Fotokopi NPWP yang dimiliki oleh pemilik perusahaan
- Format Laporan Anggaran Dasar bagi pemohon yang berupa badan hukum.
- Email, alamat, dan Nomor telepon. perusahaan dan pemilik.
- Pas foto pemilik dengan latar belakang merah, ukuran 3×4 dan 4×6, 4 lembar.
- Surat Keterangan struktur organisasi kepengurusan dan kepemilikan saham atau modal
- Fotokopi IMB atau izin mendirikan bangunan yang dimiliki oleh PT PMA
- Fotokopi surat keterangan sebagai bukti pemakaian tempat usaha.
- Stempel perusahaan asku
- Asli Surat kuasa dari pemilik PT PMA
- Untuk sektor industri melampirkan diagram alur produksi lengkap dengan rincian serta proses produksi dari bahan baku hingga produk jadi, Untuk usaha jasa lampirkan deskripsi lengkap kegiatan dan jasa yang menjadi produknya.
- Surat pernyataan permodalan. sebagai bukti modal
- Anda perlu mengajukan Izin prinsip. Pengajuannya membutuhkan identitas pemilik saham PT yang akan didirikan, surat keterangan rencana kegiatan usaha. Sertakan pula surat kuasa mengurus pendirian PT PMA apabila pengurusan diserahkan kepada pihak yang mewakili perusahaan.
Dengan kemudahan mengajukan pendirian PT secara online. maka Anda wajib mempersiapkan dokumen bentuk digital untuk melengkapi prosedur pendirian PT pdf. Hal ini disebabkan, ketika Anda melakukan pengajuan tersebut, Anda akan diminta untuk mengunggah sejumlah dokumen pada website tersebut. Anda dapat mempersiapkan dokumen tersebut dengan cara menscan, mengubah dokumen awal menjadi pdf atau format dokumen yang lainnya.
Bagi Anda yang ingin mendirikan perusahaan sendiri, tentu saja harus menguasai prosedur pendirian PT 2021 agar usaha yang Anda jalankan berbadan hukum. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mempersiapkan semua syarat dan dokumen yang diperlukan. Selamat berkarya.