Sewa Ruang Kantor Kekinian: 3 Jenis, Rekomendasi dan Tips Memilihnya

, ,

Office Now – Sewa ruang kantor merupakan pilihan yang kerap diambil oleh para pengusaha guna memenuhi kebutuhan akan adanya tempat untuk operasional bisnis. Opsi ini memang relatif lebih ekonomis ketimbang membeli atau membangun kantor sendiri.

Agar langkah Anda memilih sewa ruang kantor ini benar-benar berdampak positif bagi kelancaran aktivitas perusahaan, Anda tentunya perlu mempertimbangkannya masak-masak. Anda juga perlu jeli dalam memilih kantor yang akan Anda gunakan sebagai basis usaha itu.

Alternatif Jenis Kantor Terbaru yang Bisa Anda Sewa

Bagi Anda yang baru memulai suatu kegiatan usaha, barangkali tengah mempertimbangkan untuk sewa ruang kantor kecil saja demi menghemat anggaran. Selain kantor konvensional, kini telah hadir pula beberapa konsep tempat usaha baru yang bisa Anda pertimbangkan.

Tempat-tempat usaha tersebut memiliki konsep yang lebih modern dan cocok untuk jenis usaha rintisan. Tarifnya pun umumnya relatif lebih terjangkau ketimbang kantor konvesional. Meski begitu, tempat usaha itu umumnya sudah berfasilitas lengkap, terutama akses internet.

Berikut adalah beberapa alternatif konsep ruang kerja kekinian yang bisa Anda pilih sebagai tempat menjalankan aktivitas profesional:     

Virtual Office

Meski memiliki pengertian sebagai kantor virtual, tidak berarti bahwa bangunan tempat usaha ini lantas tidak berwujud fisik. Beberapa bahkan sebetulnya bertempat di daerah perkantoran resmi, hanya saja para penyewa biasanya tidak menempatinya secara rutin setiap hari.

Kebanyakan penyewa virtual office memang adalah pengusaha yang bisa mengerjakan tugas-tugas pekerjaannya secara remote, bahkan dari rumah kediaman pribadi. Namun, demi azas profesionalisme, mereka memilih untuk tetap memiliki kantor sebagai rujukan tempat usaha.

Biaya sewa virtual office umumnya relatif lebih ekonomis ketimbang sewa ruang kantor Bintaro atau daerah lain. Nantinya, Anda dapat mencantumkan alamat dan nomor telepon virtual office tersebut sebagai bagian dari identitas perusahaan Anda.

Pihak pengelola biasanya juga telah menyediakan layanan operator guna menerima panggilan telepon dan kiriman surat untuk perusahaan. Anda juga bisa memanfaatkan gedung kantor virtual office itu untuk mengadakan rapat atau pertemuan bisnis dengan kolega.

Coworking Space

Secara sederhana, coworking space bisa Anda terjemahkan sebagai ruang kerja bersama. Konsep ruang kerja modern ini memang memfasilitasi sejumlah orang dari perusahaan yang berbeda-beda untuk bekerja di satu tempat yang sama.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir ketenangan dan privasi kerja Anda terganggu. Area coworking space biasanya cukup luas dan terdiri dari sejumlah spot yang cukupterpisah satu sama lain. Ruang kerja bersama ini umumnya juga sudah dilengkapi dengan fasilitas internet.

Jenis tempat usaha ini cocok untuk perusahan yang tidak membutuhkan ruang terlalu besar untuk menjalankan aktivitasnya. Selain tahunan, beberapa pihak pengelola kerap kali juga menawarkan paket sewa ruang kantor bulanan atau harian, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kebanyakan penyewa coworking space ini adalah para pekerja lepas atau perusahaan yang jumlah karyawannya tidak terlalu banyak. Selain itu, sejumlah mahasiswa dan pelajar pun bisa juga memanfaatkannya untuk aktivitas belajar online.   

Serviced Office

Konsep serviced office ini bisa dibilang hampir mirip seperti perpaduan antara kantor konvensional dengan coworking space. Bangunan tempat kerja ini umumnya memiliki desain yang modern, lengkap dengan furniture kerja yang standar serta fasilitas internet.

Anda bisa menyewa salah satu ruang serviced office untuk dimanfaatkan sebagai kantor pribadi perusahaan. Anda bebas memanfaatkan ruangan tersebut untuk beraktivitas secara rutin setiap hari atau sesuai jadwal kerja perusahaan Anda.

Pihak pengelola serviced office biasanya juga menyediakan beberapa fasilitas lain, seperti ruang rapat atau lainnya, untuk digunakan bersama. Untuk dapat memanfaatkan fasilitas ini, biasanya Anda perlu mengatur jadwal giliran dengan sesama penyewa lainnya.

Rekomendasi Kantor Modern di Luar Jakarta

Tak hanya di ibukota, konsep ruang kerja kekinian di atas bisa juga Anda temukan di sejumlah kota besar di Indonesia.  Beberapa di antaranya yaitu:

Bandung

Untuk Anda yang ingin sewa ruang kantor Bandung berkonsep coworking space, Bandung Digital Valley barangkali bisa menjadi pilihan. Berbeda dengan coworking space lain, Anda bisa mendaftar untuk mengakses ruang kerja bersama milik Telkom ini secara gratis.  

Semarang

Alih-alih sewa ruang kantor Semarang, Anda bisa mencoba mengembangkan proyek dari gedung PIP (Pusat Informasi Publik). Bangunan yang terletak di samping kantor walikota ini memiliki fasilitas internet berkecepatan tinggi, ruang rapat, ruang komunitas, studio, dsb.

Jogja

Mendapat sebutan “Kota Pelajar”, tentunya tidak sulit bagi Anda untuk sewa ruang kantor Jogja berkonsep coworking space. Selain Jogja Digital Valley, Anda bisa juga membidik Diskominfo Coworking Space, Sinergi, KantorJogja.com, atau yang lainnya.

Tips Sewa Ruang Kantor yang Efektif

Sebelum memilih kantor yang akan Anda gunakan sebagai tempat menjalankan usaha, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan dulu masak-masak. Beberapa poin penting yang perlu Anda cermati tersebut antara lain meliputi:

Lokasi bangunan

Aspek lokasi memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap berbagai hal, termasuk kegiatan usaha. Dampak tersebut antara lain meliputi dukungan terhadap kemudahan akses, kelancaran aktivitas operasional, bahkan juga menyangkut citra perusahaan.

Perusahaan yang beroperasi di daerah perkantoran strategis tentunya akan lebih mudah mengakses berbagai fasilitas maupun sarana prasarana yang dibutuhkan. Hal ini juga akan dapat meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas perusahaan di mata masyarakat.

Kecuali ada alasan khusus, Anda yang berdomisili di Jakarta Utara barangkali perlu berpikir ulang untuk sewa ruang kantor Jakarta Selatan. Hal ini akan membuat Anda harus mengalokasikan lebih banyak waktu dan biaya akomodasi untuk bisa mencapai tempat kerja.

Kondisi fisik dan kelengkapan fasilitas

Berdasarkan prinsip ekonomi, Anda barangkali berharap bisa mendapatkan sewa ruang kantor murah. Hal ini tentu sah-sah saja, tetapi sebaiknya Anda juga tidak mengabaikan faktor keamanan dan hal-hal lain yang tidak kalah penting.

Bangunan ruang kerja yang kokoh, bersih, dan rapi tentunya akan membuat Anda nyaman beraktivitas di dalamnya. Sebagian besar pengelola biasanya juga sudah mengisi ruang kantor yang mereka sewakan dengan perabot berupa kursi dan meja kerja.

Kelengkapan fasilitas lain seperti listrik, air, koneksi internet, dan keamanan tentunya juga penting untuk Anda perhatikan. Fasilitas ini akan sangat berpengaruh terhadap lancarnya kegiatan profesional Anda.

Budget perusahaan

Menyewa tempat di kawasan perkantoran elit seringkali membutuhkan anggaran yang relatif tidak sedikit. Jika Anda masih harus menyisihkan sejumlah dana untuk berbagai keperluan penting lainnya, maka sebaiknya Anda tak perlu memaksakan diri.

Pilihlah salah satu lokasi dan bangunan kantor terbaik yang sesuai dengan budget serta kebutuhan usaha Anda.

Sewa ruang kantor berkonsep virtual office, coworking space, maupun serviced office dapat membantu Anda untuk lebih menghemat anggaran. Selain itu, Anda juga akan lebih leluasa menjalin komunikasi bahkan mungkin bekerja sama dengan sesama pengusaha penyewa lain.

Posted in Business License

Sabtu Jul 23 2:37 pm

Tidak ada Komentar