About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

SIUP Online Manfaat dan Cara Mudah Untuk Mengurusnya

Office Now – Tidak semua perusahaan berniat mengurus SIUP Online untuk menjalankan bisnisnya. Hal tersebut disebabkan banyak yang mengira proses pengajuannya rumit serta biaya yang dikeluarkan besar.

Padahal anggapan tersebut salah besar. Pasalnya pemerintah kini telah meringkas sistem permohonan menjadi lebih simpel dan tidak terlalu memakan banyak anggaran. Pasca diluncurkannya sistem online, pengurusan dapat di lakukan melalui situs terkait, pebisnis pun memiliki keleluasaan baik waktu mau pun tempat.

Mengenal SIUP Online

Mengenal SIUP Online

Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP Online ialah surat resmi yang menunjukan legalitas berdirinya suatu usaha dagang. Usaha yang dimagsud ialah baik barang mau pun jasa. Jadi apabila sebuah perusahaan sudah memiliki SIUP, otomatis keberadaannya di Indonesia sudah terjamin legal dan aman.

Sebenarnya dalam arti yang lebih luas, SIUP tidak hanya untuk menjalankan bisnis jual beli. Namun dokumen ini juga diperuntukan bagi jasa sewa-menyewa hingga transaksi lain yang mengandung unsur bisnis di dalamnya.

Keuntungan Memiliki SIUP Online Bagi Para Pelaku Usaha

Keuntungan Memiliki SIUP Bagi Para Pelaku Usaha

Apabila pelaku usaha telah mengurus perizinannya yang kemudian disebut IUMK, maka perusahaan akan mendapatkan benefit sebagai berikut:

Kelengkapan legalitas

SIUP sendiri merupakan kelengkapan legalitas yang harus dipenuhi oleh pengusaha. Dengan begitu keberadaan perusahaan-perusahaan tersebut diakui di mata negara. Hal ini tentunya membuat mereka berhak menikmati berbagai fasilitas layanan sesuai UU yang berlaku.

Perlindungan hukum yang didapat melalui pengurusan SIUP Online dapat dimanfaatkan untuk memperoleh kebebasan dari kegiatan-kegiatan penertiban yang negara lakukan. Maka seandainya dikemudian hari muncul sengketa, maka SIUP adalah pedoman dalam penyelesaian masalah tersebut.

Dokumen wajib untuk ekspor impor

Seorang pengusaha tentu ingin bisa meningkatkan ekspansinya untuk bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi. Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan mengadakan eksport produk ke luar negeri. Proses ekspor impor diwajibkan untuk menjalankan sejumlah regulasi salah satunya kelengkapan data berupa SIUP.

Jadi apabila sebuah usaha ingin berkembang dengan cepat hingga menjangkau pasar luar negeri, SIUP adalah dokumen wajib yang harus dimiliki. Selain untuk urusan eksport, kadang kala pabrik juga perlu membeli sejumlah bahan baku dari luar. Maka untuk proses impor produk tersebut, SIUP juga diperlukan sebagai syarat wajib.

Mempermudah segala urusan administrasi

Memiliki SIUP akan mempermudah pengusaha untuk memproses segala urusan administrasi yang berkaitan dengan bisnisnya. Pemilik dapat dengan mudah mendapatkan pinjaman kredit untuk kebutuhan pengembangan usaha yang dimiliki, baik dari bank maupun koperasi. Selain itu SIUP juga merupakan dokumen penting kala pengusaha mengikuti pelelangan atau tender.

Jadi memiliki SIUP berarti pengusaha memiliki kekuasaan untuk bisa melakukan lebih banyak hal ketimbang mereka yang belum mengurus perizinan tersebut. Dengan begitu pergerakan bisnis menjadi lebih fleksibel dan mudah untuk mengurus berbagai hal.

Meningkatkan kepercayaan publik

Publik akan lebih peduli dengan perusahaan yang telah memenuhi legalitasnya. Dengan begitu mereka akan merasa semakin yakin dan aman ketika menggunakan produk tersebut. Adanya SIUP menandakan bisnis tersebut telah memiliki kredibelitas tinggi sehingga patut dipercaya.

Hal tersebut dikarenakan SIUP merupakan acuan bahwa perusahaan sudah terpercaya di mata pemerintah dan negara. Sehingga untuk lebih mendapat kepercayaan publik, segeralah mengurus SIUP sesuai ketentuan yang berlaku.

Klasifikasi Pengurusan SIUP Online Wajib dan Tidak

Klasifikasi Pengurusan SIUP Online Wajib dan Tidak

Ada berbagai kategori perusahaan yang tersebar di Indonesia. Dari sekian klasifikasi jenis tersebut, ada kelompok usaha yang wajib memiliki SIUP namun ada juga yang tidak. Berikut adalah perbedaannya.

Perusahaan yang diharuskan mengurus SIUP

Mengacu pada Permendagri Nomer 46 tahun 2009, perusahaan dengan kekayaan bersih melebihi 50juta rupiah wajib mengurus SIUP. Kekayaan yang dimagsud tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Tetapi apabila perusahaan tersebut telah berbadan hukum, meski kekayaan kurang dari 50juta rupiah, maka juga diminta untuk membuat SIUP.

Perusahaan yang tidak harus memiliki SIUP

Pemerintah juga membuat aturan pengecualian perusahaan-perusahaan yang tidak wajib mengurus SIUP. Aturan ini dikukuhkan dalam Pasal 4 Ayat (1)C Permendagri Nomer 46 tahun 2009. Di bawah ini adalah perusahaan yang tidak diwajibkan mengurus SIUP yakni:

  • Bisnis yang tidak bergerak dalam sektor dagang.
  • Kantor cabang yang merupakan perwakilan kantor utama yang mana kantor utama tersebut tentunya sudah memiliki SIUP sendiri.
  • Pengusaha kecil mikro dengan ketentuan: usaha perorangan atau kelompok, kegiatan usaha keluarga dikelola turun temurun, kekayaan bersih maksimal 50juta rupiah.

Tata Cara Pengurusan SIUP Online Mudah dan Cepat

Untuk proses mengurus pembuatan SIUP online maka pemohon harus melakukan langkah-langkah berikut ini:

Melengkapi syarat wajib yang diperlukan

Pemohon harus melampirkan persyaratan dalam bentuk bukti-bukti dokumen berupa:

  • Fotokopi identitas diri berupa KTP dari pemilik usaha, penanggung jawab perusahaan yang dilengkapi juga dengan fotokopi salinan KK.
  • NPWP para pemilik dan penanggung jawab perusahaan.
  • Akta pendirian usaha yang dikeluarkan secara resmi oleh notaris yang disertakan pula SK pengesahan sesuai badan hukumnya.
  • Surat izin prinsip serta neraca atau laporan keuangan perusahaan selama setahun belakangan. Jadi pastikan perusahaan selalu mengurus laporan keuanggannya dengan benar dan jujur.
  • Pas foto berukuran 4×6 dari pemilik dan pengurus usaha serta materai.

Mengisi formulir pengajuan permohonan SIUP Online

Selanjutnya pemohon harus mengisi secara lengkap formulir pengajuan pembuatan izin. Apabila pemilik hendak mengurus SIUP online melalui situs, maka form ini bisa langsung diisi di website Oss.go.id. Apabila pemilik usaha ingin menyerahkan pengurusan SIUP pada orang lain, maka wajib melampirkan surat kuasa.

Selayaknya formulir pendaftaran yang sudah-sudah, maka pengisi wajib melengkapinya dengan memberikan data asli sebenar-benarnya. Dikarenakan isi dari form tersebut nantinya diperiksa dan dipertanggung jawabkan kebenarannya. Apabila proses pengurusan SIUP dilakukan secara offline maka pemohon wajib membuatnya dalam rangkap dua.

Nantinya petugas akan mencocokkan keabsahan formulir dengan data-data yang dilampirkan pada saat pendaftaran. Proses ini disebut validasi. Apabila seluruh dokumen dinyatakan asli, maka pemohon bisa langsung menuju tahap selanjutnya.

Melakukan pembayaran administrasi

Tentunya pemohon harus membayar sejumlah biaya administrasi untuk membuat SIUP. Besaran biaya tersebut berbeda-beda sesuai dengan berbagai faktor. Perbedaan seperti jenis bidang usaha, bentuk badan hukum yang menaungi, hingga domisili perusahaan merupakan sebagian kecil penentu anggaran pengurusan SIUP.

Proses mengambil SIUP yang telah jadi

Apabila formulir sudah diisi, dokumen persyaratan sudah diunggah, dan pemohon sudah melakukan pembayaran sesuai ketentuan, maka selanjutnya adalah pengambilan SIUP. Proses ini membutuhkan waktu beberapa hari kerja. Untuk pengurusan secara online maka pemohon akan diberitahukan melalui email atau whatsapp apabila SIUP sudah siap diambil.

Dengan dikeluarkannya fasilitas untuk membuat SIUP Online, menandakan sebenarnya pemerintah sudah mempermudah pemilik usaha untuk memenuhi tuntutan legalitasnya. Namun apabila pengusaha benar-benar tidak memiliki waktu untuk menjalankan kewajiban tersebut, tidak ada salahnya meminta jasa pembuatan perizinan. Proses akan lebih cepat tanpa ribet.