Pemula Wajib Tahu Cara Bikin SIUP Online, Berikut Jenis dan Syarat yang Harus Disiapkan

Office Now – Bila Anda adalah seorang pelaku usaha atau bisnis yang legal di Indonesia, maka Anda sangat disarankan untuk bikin SIUP. Dengan adanya SIUP dapat membuktikan secara hukum kalau bisnis yang sedang Anda jalani sudah sesuai dengan aturan dan hukum yang ada di Indonesia.

Tidak terkecuali, baik Anda adalah pelaku usaha yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis atau masih pemula. Anda tetap harus bikin SIUP agar usaha yang Anda geluti sudah terdaftar secara hukum dan legal.

Kalau dulu untuk membuat SIUP lumayan menguras waktu dan biaya, kini pembuatan SIUP bisa dilakukan secara online. Salah satu program pemerintah yang dilakukan untuk masyarakat yang ingin memiliki SIUP secara legal.

Pengertian, Dasar Hukum SIUP, Jenis, dan Syarat Bikin SIUP Online

Bila Anda tertarik dan berminat untuk membuat SIUP secara online, sebaiknya Anda pahami dulu pengertian dari SIUP online. Dengan memahami pengertian dari SIUP online ini, setidaknya Anda bisa lebih paham dan mengerti dengan hal-hal penting yang harus dilakukan.

Lalu, SIUP itu apa sih? SIUP adalah kepanjangan dari Surat Izin Usaha Perdaganan yang merupakan dokumen resmi yang harus dimiliki oleh pelaku usaha sebagai bukti legalitas atas badan usaha atau perusahaan yang sedang digeluti meliputi jual-beli, sewa-menyewa, serta sewa-beli.

Pembuatan SIUP ini sudah tertuang pada Peraturan Menteri Perdagangan RI yakni No. 36/M-DAG/PER/9/2007 yang isinya mengenai Penerbitan Surat Izin Usaha Dagang.

Intinya bikin SIUP online ternyata juga memiliki hukum yang wajib untuk dimiliki oleh semua pelaku usaha tanpa terkeculai, mulai dari perorangan, CV, PT, sampai dengan BUMN.

Lalu, kalau ada yang bertanya bikin SIUP dimana? Sebaiknya Anda pahami dulu kalau penerbitan dari SIUP online ini ternyata hanya bisa dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan, yang tentunya sudah ada di daerah tempat Anda ingin mendirikan tempat usaha.

Menurut informasi yang didapat, sebelumnya SIUP mempunyai masa berlaku 5 tahun sejak dikeluarkan dan harus diperbarui saat sudah jatuh tempo. Tapi, pada tahun 2017 lalu pemerintah sudah menghapus peraturan tersebut.

Dasar Hukum Pelayanan Pembuatan SIUP dan TDP Online

Agar pendirian usaha dan perusahaan di Indonesia dapat dengan mudah dilaksanakan, pemerintah terus melakukan upaya agar peraturan mengenai SIUP dan TDP bisa sempurna.

Aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah mengenai SIUP online dan TDP online sudah tertuang pada Permendag No. 7 Tahun 2017 mengenai pengubahan ketiga pada Permendag No. 36 Tahun 2007, yakni mengenai bikin SIUP TDP online.

Adapun isi dari aturan tersebut tidak lain adalah menyatakan kalau masa berlaku SIUP akan tetap ada selama badan usaha atau perusahaan Anda menjalankan kegiatan usaha.

Beda cerita kalau perusahaan Anda mengubah bidang usaha atau meningkatkan modal sampai melakukan pengubahan lainnya, maka pergantian SIUP tetap harus dilakukan meski masa berlakunya belum habis.

Mengenai hal tersebut sudah tercantum pada Peraturan Nomor 8 Tahun 2017 mengenai Perubahan Kedua atas Permendag Nomor 37 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Perusahaan.

Bila ada yang bertanya bikin SIUP berapa? Maka Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya yang harus disiapkan untuk bikin SIUP Perorangan misalnya, sebab di pembaruan TDP kini pembuatannya tidak lagi dikenakan biaya administrasi. Dengan kata lain, biaya administrasi pembaruan TDP sudah dihapus secara permanen oleh pemerintah alias gratis.

Jenis Jenis SIUP Online

Sudah bukan lagi menjadi rahasia kalau pembuatan SIUP adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha, baik itu perorangan, CV, PT, maupun BUMN. Tapi ada satu hal yang harus Anda ketahui, yakni SIUP online tidak hanya terdiri dari 1 jenis saja. Melainkan ada 4 jenis SIUP online.

4 jenis SIUP online ini tidak hadir begitu saja, tetap didasarkan dari jumlah modal atau kekayaan bersih dari jenis usaha yang Anda setor, di antaranya adalah:

SIUP Kecil

Yakni SIUP yang wajib dimiliki oleh perusahaan perdagangan dengan skala kecil, yang mana memiliki modal dan kekayaan bersih sebanyak 200 juta rupiah. Tidak termasuk dengan tanah berikut bangunan yang dipakai sebagai tempat usaha.

SIUP Menengah

Yakni SIUP yang wajib dimiliki oleh pelaku bisnis yang berskala menengah, yang mana memiliki modal dan kekayaan bersih seluruhnya mencapai 200 juta rupiah sampai 500 juta rupiah. Namun tidak termasuk dengan tanah juga bangunan yang dijadikan sebagai tempat usaha.

SIUP Besar

Yakni SIUP yang wajib dimiliki oleh pelaku bisnis yang berskala besar, dimana mereka memiliki modal dan kekayaan bersih seluruhnya hingga mencapai 500 juta rupiah. Hal tersebut tidak termasuk dengan tanah berikut dengan bangunan tempat usaha.

SIUP Mikro

Berbeda dengan ketiga jenis SIUP online sebelumnya, SIUP Mikro ini hanya wajib dimiliki oleh pelaku usaha yang memiliki modal dan kekayaan bersih mencapai 50 juta rupiah. Tidak termasuk dengan tanah berserta bangunannya yang dipakai sebagai tempat usaha.

Syarat Pendaftaran SIUP Online OSS

Untuk membuat SIUP online sebenarnya bisa dilakukan dimana saja, tergantung tempat dimana Anda mendirikan dan membangun bisnis. Bikin SIUP di Indramayu maupun bikin SIUP online Jakarta tetap bisa Anda lakukan, yang terpenting Anda memenuhi syarat pembuatannya.

bikin SIUP

Saat ini bikin SIUP online dilakukan di satu lembaga milik pemerintah, yakni OSS. Untuk bikin SIUP di OSS Anda harus memenuhi syarat utamanya, yakni Anda harus memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB untuk syarat badan usaha atau SIUP perorangan.

Apabila Anda belum paham dengan apa itu NIB, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengetahuinya!

NIB sendiri merupakan identitas yang dimiliki oleh pelaku usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS yang mana sebelumnya Anda sudah melakukan pendaftaran untuk mendapatkannya.

NIB tidah hanya memiliki peran sebagai identitas saja, tetapi juga memiliki fungsi sebagai:

  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Angka Pengenal Impor (API) jika Anda berminat dengan kegiatan impor
  • Akses Kepabean apabila Anda ingin melakukan kegiatan berupa impor atau ekspor

NIB memiliki peran yang sangat penting, bahkan bisa dibilang menjadi syarat yang wajib dipenuhi bila Anda ingin mendaftar SIUP online. Dengan menggunakan NIB, Anda tidak hanya bisa mendaftar SIUP online, tetapi juga:

  • NPWP
  • Memiliki bukti atau tanda kepesertaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan
  • Surat Pengesahan RPTKA
  • Notifikasi Kelayakan untuk mendapatkan fasilitas fiskal
  • Izin usaha, contohnya SIUP

Setelah Anda mengetahui syarat wajib untuk memiliki SIUP online, Anda juga harus menyediakan syarat lainnya, yang di antaranya adalah:

  • Dibutuhkan NIK untuk pembuatan user ID
  • Untuk BUMN harus memiliki dasar hukum pembuatan usaha
  • Bila Anda bergerak di badan usaha CV, koperasi, persekutuan perdata, yayasan, firma, atau PT. Maka Anda diharuskan memiliki pengesahan badan usaha yang diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Untuk membuatnya Anda dapat langsung mengakses AHU Online.

Meski, begitu masih ada lagi beberapa dokumen yang wajib untuk disertakan saat mendaftarkan SIUP, yang di antaranya adalah:

  • Fotokopi KTP Anda sebagai pemilik usaha, direktur utama, atau pihak yang diberikan kuasa
  • Fotokopi KK (dibutuhkan hanya jika pelaku usahanya adalah seorang wanita)
  • Fotokopi NPWP Badan Usaha
  • Fotokopi NPWP Pemilik usaha
  • Surat Keterangan Domisili
  • Fotokopi Akta Notaris Pendirian Perusahaan berikut dengan Semua Akta Perubahan
  • Pas Foto Pemilik Usaha ukuran 3×4 (berwarna)
  • Surat pernyataan kedudukan usaha
  • Neraca Perusahaan
  • Mengisi formulir permohonan dan materai Rp 6.000
  • Perizinan lainnya

Bagaimana, sudah tidak bingung lagi kan untuk bikin SIUP online ini? Pengertian dan syarat pembuatannya sudah terpampang dengan begitu jelas, sehingga Anda tidak perlu lagi bingung untuk menyediakan dokumen penting untuk membuat SIUP dan TDP online.

Sebagai informasi tambahan, bila Anda penasaran bikin SIUP berapa lama jadinya. Anda tidak perlu khawatir, karena pembuatan SIUP dan TDP online ini terbilang cepat, tidak membutuhkan waktu yang lama.

Posted in Business License

Jumat Jan 14 6:47 am

Tidak ada Komentar