About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Syarat Membuat CV Usaha Secara Online

Office Now – Berbagai bentuk badan usaha yang dapat Anda jadikan dalam bentuk CV. Syarat membuat CV harus dipenuhi agar mempermudah proses pendiriannya. Usaha yang sudah mempunyai badan hukum akan lebih mudah ke depannya.

Jasa konsultan di bidang konstruksi saat ini marak berdiri dan semakin menjamur di beberapa kota besar. Adanya konsultan dapat membantu Anda memperoleh penanganan dari para ahli.

Selain jasa konsultan, banyak kita jumpai rental mobil seiring perkembangan bidang transportasi. Apakah mereka memerlukan syarat membuat CV atau badan hukum lainnya? Simak uraiannya pada penjelasan selanjutnya.

Syarat Membuat CV Konsultan Jasa Konstruksi

Syarat Membuat CV Konsultan Jasa Konstruksi

Ruang lingkup konstruksi diantaranya bisa berupa jasa konsultan dan jasa kontraktor. Bagaimana cara membuat CV konsultan jasa konstruksi?

Syarat

Sebelum membahas cara membuat CV konsultan, Anda simak dulu syarat-syarat apa yang dibutuhkan untuk membuatnya. Siapkan beberapa dokumen di bawah ini:

  • Akta notaris
  • Sertifikasi Badan Usaha
  • Surat Izin Jasa Konstruksi

Bagaimana Prosesnya

Langkah-langkah yang harus dijalani untuk membuat CV Konsultan diantaranya:

Membuat Akta Notaris 

Sebelum membuat akta pendirian CV konsultan, ada beberapa hal yang harus Anda konsultasikan kepada notaris. Notaris akan meminta Anda menyiapkan beberapa berkas, diantaranya:

  • 2 orang yang bertindak sebagai direktur dan komisaris.
  • KTP yang masih berlaku.
  • Nama badan usaha yang ingin didaftarkan

NPWP

NPWP harus mendapat pengesahan dari PN setempat. Anda juga harus mengurus NPWP perusahaan.

Izin HO dan TDP

Penduduk sekitar tidak berkeberatan dengan usaha yang akan Anda dirikan. Termasuk RT dan RW setempat dan juga kelurahan dengan mengurus izin HO. Syarat membuat CV usaha Anda juga membutuhkan TDP setelah Izin HO keluar.

Surat Pengesahan

Setelah kedua surat tersebut selesai, langkah selanjutnya adalah mengurus surat permohonan yang ditujukan untuk KEMENKUMHAM. Hal ini untuk mendapatkan pengesahan Anggaran Dasar perseroan atau Akta Pendirian.

Membutuhkan waktu 25 hari setelah pengajuan. Syarat yang dibutuhkan untuk surat pengesahan ini diantaranya:

  • Bukti PNBP.
  • Bukti setor bank senilai modal sesuai akta pendirian perusahaan.

Dokumen Lainnya

Dokumen lain yang harus Anda siapkan, diantaranya:

  • SIUP perusahaan.
  • Surat Keterangan Domisili. 
  • Surat Keterangan Tenaga Teknis.
  • Kartu Tanda Anggota dalam sebuah organisasi.
  • Surat badan usaha.
  • Surat izin jasa konstruksi.

Syarat Membuat CV Online Menggunakan OSS

Apa saja syarat membuat CV Online menggunakan OSS, terlebih dahulu harus melengkapi syarat-syaratnya. Seperti syarat membuat CV online berikut ini:

  • Akta notaris 
  • Stempel
  • NPWP CV
  • Rekening bank atas nama CV. 

Langkah-langkah mendaftar pada OSS

Langkah-langkah mendaftar pada OSS

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat CV pada sistem OSS adalah sebagai berikut:

Masukkan Data CV

Langkah awal untuk mengurus pendirian CV secara online adalah memasukkan data. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk google ketik OSS.
  2. Kemudian daftar membuat akun. 
  3. Caranya membuat akun OSS menggunakan email CV, 
  4. Masukan data CV mulai dari 
  • Nama CV
  • Alamat CV
  • No telepon CV
  • Pengurus aktif CV
  • pengurus pasif CV
  1. Pilihlah KBLI sesuai Akta Notaris.

NIB

NIB menggantikan Tanda Daftar Perusahaan. Pada tahap ini Anda akan memperoleh beberapa dokumen, diantaranya:

  • Izin lokasi
  • SIUP
  • Izin Lingkungan
  • Keanggotaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

SBU

Sertifikat Badan Usaha akan dikeluarkan oleh Asosiasi Badan Usaha, seperti:

  • P3N atau Perhimpunan Perusahaan Perencana Nasional
  • INKINDO atau Ikatan Nasional Konsultan Indonesia
  • PERKINDO atau Persatuan Konsultan Indonesia
  • ASAKINDO atau Ahli Konsultasi Indonesia
  • ASPEKONI atau Asosiasi Konsultan dan Pengawasan Konstruksi
  • AKOINDO atau Asosiasi Konsultan Indonesia

Syarat yang dibutuhkan untuk membuat SBU, antara lain:

  • Akta notaris
  • Nomor Induk Berusaha
  • SIUP
  • Izin lokasi
  • Izin lingkungan 
  • SKDU
  • NPWP CV
  • KTP direktur
  • Email
  • SKA

Untuk syarat membuat CV Konsultan ada penambahan syarat seperti dijelaskan di atas.

Syarat Membuat CV dan Biayanya

Rincian syarat membuat CV dan biayanya dapat Anda lihat pada penjelasan di bawah ini:

  • Akta notaris dipatok dengan kisaran harga kurang lebih 3 juta rupiah.
  • Pembuatan SKA dengan kisaran harga kurang lebih 2,5 juta rupiah.
  • Untuk membuat cap stempel Anda akan dikenai biaya sekitar 100 ribu rupiah.
  • Membuat SBU dan KTA klasifikasi A dihargai sekitar 15 juta rupiah.

Total pengeluaran yang harus Anda untuk syarat membuat CV dan biayanya mencapai 20 juta rupiah.

Syarat Membuat CV Rental Mobil

Syarat Membuat CV Rental Mobil

Untuk membuat CV rental mobil diperlukan beberapa dokumen diantaranya:

Mengurus HO 

Untuk mengurus HO, Anda harus memenuhi persyaratan seperti di bawah ini:

  • Fotokopi pemohon yang masih berlaku.
  • Dokumen untuk mengelola lingkungan hidup. Hal ini dikecualikan untuk usaha yang menimbulkan gangguan kecil.
  • Fotokopi IMB sesuai peruntukan. Bangunan yang belum memiliki IMB harus melampirkan surat pernyataan kesanggupan mengurus IMB bermaterai.
  • Fotokopi bukti kepemilikan sertifikat tanah atau surat lain yang sah.
  • Fotokopi akta pendirian atau surat cabang perusahaan bagi usaha yang berbadan hukum.
  • Atau bisa menyertakan surat pernyataan tidak keberatan dari pemilik tempat usaha. Jika tempat yang dijadikan usaha bukan milik sendiri.
  • Denah letak tempat usaha yang jelas.
  • Izin gangguan lama bagi pemohon yang melakukan perpanjangan izin. 
  • Surat kuasa diperlukan untuk pemohon yang diwakilkan karena tidak bisa mengurus sendiri.
  • Persetujuan dari tetangga sekitar, RT, RW serta Kelurahan atau Kecamatan.
  • Penyediaan ruang terbuka hijau, Anda harus menyertakan:
  • foto pergola tampak depan.
  • Surat pernyataan kesanggupan.
  • Foto bangunan tampak depan
  • Pot berdiameter 50 cm
  • Tanaman dengan tinggi minimal 50 cm

Mengurus SIUP

Tidak berbeda jauh dengan syarat membuat CV Kontraktor, mengurus pendirian CV rental mobil juga membutuhkan SIUP.  Syarat-syaratnya dapat dirinci sebagai berikut:

  • Fotokopi izin HO
  • Fotokopi KTP/SIM pemilik
  • Fotokopi Akta pendirian perusahan dari notaris
  • Fotokopi NPWP
  • Mengisi formulir permohonan
  • Pas foto pemilik
  • Peta lokasi perusahaan

Mengurus TDP

Syarat membuat CV di notaris untuk rental mobil harus mengurus menyiapkan beberapa syarat diantaranya:

  • Akta pendirian yang disahkan oleh instansi yang berwenang di daerah masing-masing 
  • KTP atau paspor pemilik perusahaan.
  • Legalitas usaha dari instansi teknis.
  • NPWP.

Asosiasi Pengusaha Rental Mobil

Ada beberapa hal yang menjadi keuntungan saat Anda sebagai pengusaha bergabung dengan Asosiasi pengusaha rental mobil.

Networking yang kuat

Sejalan dengan kemampuan untuk menjalin relasi yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha harus mempunyai networking yang kuat. Hubungan yang terjalin, tidak jarang akan mendapatkan lemparan orderan dari relasi sesama pengusaha.

Mempertahankan harga

Perang harga yang sering dilakukan para pengusaha, tidak jarang menjadi godaan tersendiri. Asosiasi dapat menjembatani agar perang harga bisa dihindari. 

Promosi Bersama

Organisasi rental mobil bisa mengadakan kegiatan bersama untuk menunjang promosi usaha. Pameran yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata tidak jarang menjadi ajang promosi bersama pemilik usaha rental mobil. 

Syarat membuat CV rental mobil tidak serumit yang dibayangkan. Usaha rental mobil yang memiliki badan hukum tidak akan terkena masalah untuk kedepannya. 

Penulis: Lyla Iswara