Tempat Pembuatan SIUP Serta Prosedur Pembuatannya Sampai Selesai

membuat akta pendirian perusahaan
, ,

Office Now – Meski banyak rintangan yang akan dihadapi oleh seorang pebisnis, nyatanya masih banyak orang yang tertarik untuk mendirikan perusahaannya sendiri. Belum lagi para untuk mendirikan sebuah usaha ini, nyatanya harus melalui tahapan di tempat pembuatan SIUP.    

Meskipun banyak pihak yang menawarkan jasa pembuatan siup, ternyata mengurus siup ini tidaklah serumit yang dikira. Kalaupun Anda berencana untuk mengurus SIUP ini sendiri tanpa menggunakan jasa pembuatan siup perorangan, maka penting untuk mengikuti artikel berikut sampai selesai. 

Sebelum lebih jauh membahas mengenai jasa pembuatan siup mb ataupun jasa pembuatan siupa, Ada baiknya Anda mengenal definisi dari SIUP ini. Dan tidak hanya sekedar definisi semata, Anda juga tidak ada ruginya untuk mengetahui berbagai manfaat serta fungsi yang ditawarkan oleh SIUP ini. 

Definisi SIUP dan Tempat Pembuatan SIUP

Definisi SIUP dan Tempat Pembuatan SIUP

SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan ini memiliki artian sebagai sebuah perizinan operasional, bagi perusahaan untuk bisa menjalankan usahanya. Jadi dengan kepemilikan SIUP ini, para pebisnis baru boleh untuk melakukan aktivitas usaha seperti menjual barang atau jasa kepada konsumennya. 

Surat perizinan yang dikeluarkan oleh jasa pembuatan siup Jakarta ataupun jasa pembuatan siup Bandung dan kota lainnya ini, bisa sekaligus jadi penanda legalitas sebuah usaha. Namun untuk prosedurnya sendiri, baik dari jasa pembuatan siup bekasi ataupun jasa pembuatan siup Tangerang tidak berbeda jauh. 

Yang mana surat perizinan ini bisa didapatkan dari Dinas perindustrian dan perdagangan, yang sesuai dengan domisili perusahaan itu berada. Seperti misalnya jika perusahaan berada di Bekasi, maka bisa diuruskan oleh jasa pembuatan siup murah bekasi, melalui Disperindag setempat.

Memiliki SIUP ini memang wajib untuk dimiliki oleh setiap pelaku usaha, namun masih terdapat pengecualian bagi beberapa badan usaha. Hal ini diatur dalam Pasal 4 ayat 1 huruf c, Peraturan Menteri Perdagangan No. 46/M-DAG/PER/9/2009, beberapa perusahaan ini tidak wajib memiliki SIUP. 

  1. Bagi kantor perwakilan dan juga kantor cabang.
  2. Bagi perusahaan yang memiliki aktivitas usaha di luar perdagangan
  3. Perusahaan mikro yang memiliki nilai kekayaan maksimal sebesar Rp50.000.000, atau diurus oleh anggota keluarga, serta usaha perseorangan. 

Manfaat SIUP yang dibuat di tempat pembuatan SIUP

Manfaat SIUP yang dibuat di tempat pembuatan SIUP

Untuk manfaat yang bisa didapatkan dari kepemilikan SIUP ini adalah sebagai berikut: 

  1. Menjadi bukti legalitas sebuah perusahaan di mata hukum yang berlaku.
  2. Bisa menjadi salah satu kelengkapan persyaratan dalam mengikuti lelang yang diselenggarakan oleh pemerintah.
  3. Mudah dalam mendapatkan pinjaman dana dari Bank.
  4. Sebagai kelengkapan untuk bisa melakukan kegiatan ekspor impor.
  5. Persyaratan untuk mengurus beberapa administratif perusahaan yang penting.
  6. Menjadi lebih mudah dalam mendapatkan kesempatan ekspansi bisnis.
  7. Dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan.

Jenis SIUP yang berlaku di Indonesia

Sebelum Anda mau mengurus SIUP, maka pastikan sudah sesuai dengan jenis perusahaan yang dimiliki. Sebab beda kriteria perusahaan, akan berbeda pula pembuatan SIUP nya. Adapun, jenis-jenis SIUP yang berlaku hingga saat ini, diantaranya sebagai berikut: 

SIUP Besar

Surat Izin Usaha Perdagangan besar ini, diperuntukan bagi perusahaan dengan modal serta kekayaan bersih dengan nominal Rp10 miliar. 

SIUP Menengah

Jenis SIUP yang satu ini diperuntukan bagi pelaku usaha, yang memiliki total kekayaan bersih sekitar Rp500 juta sampai Rp10 miliar. 

Jenis SIUP Kecil

Surat Izin Usaha Perdagangan ini merupakan sebuah perizinan yang ditujukan kepada para pengusaha, yang memiliki kekayaan bersih di range nominal Rp50juta hingga Rp500 juta. 

SIUP Mikro yang bisa dibuat di tempat pembuatan SIUP

Jenis SIUP ini harus dimiliki oleh para pebisnis usaha mikro, dengan kekayaan bersih yang kurang dari Rp50 jutaan. 

Persyaratan Mengurus SIUP

Untuk mengurus SIUP ini, setidaknya diperlukan beberapa persyaratan administratif sebagai berikut: 

  1. Foto copy E-KTP asli dari pemegang modal atau pemilik saham.
  2. Surat keterangan Domisili.
  3. Materai senilai Rp6.000.
  4. Neraca atau laporan keuangan dari perusahaan.
  5. Pas foto dari pemegang saham atau direktur utama perusahaan, dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.
  6. Foto copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari pemilik saham atau pemegang modal.

Beberapa persyaratan diatas merupakan persyaratan umum yang harus dilengkapi oleh sebuah pengusaha dengan jenis perusahaan perorangan. Karena untuk perusahaan dengan bentuk PT, Koperasi, serta Perusahaan Perseroan Terbuka (Tbk), akan ada beberapa persyaratan tambahan lainnya. 

Adapun persyaratan tambahannya meliputi Surat Izin Gangguan (HO), Izin prinsip, Akta pendirian perusahaan, Daftar susunan dewan pengurus, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Cara Mengurus SIUP di Tempat Pembuatan SIUP

Cara Mengurus SIUP di Tempat Pembuatan SIUP

Setelah mempersiapkan beberapa persyaratan administrasi yang diperlukan, maka Anda baru bisa mengurus siup dengan 2 metode. Yakni yang pertama bisa dilakukan di kantor Dinas Perdagangan setempat, atau bisa dilakukan secara online melalui Online Single Submission (OSS). 

Untuk mengurus SIUP di dinas perdagangan caranya cukup simpel, yakni sebagai berikut: 

Mengisi form pendaftaran

Kunjungi Dinas Perdagangan setempat sembari membawa beberapa persyaratan yang diperlukan berdasarkan jenis usaha Anda. Setelahnya lakukan pengisian form pendaftaran yang sudah disediakan oleh Kantor Dinas tersebut.  

Melakukan Pembayaran 

Lakukan pembayaran SIUP tergantung kriteria dari usaha Anda. 

Pengambilan SIUP di tempat Pembuatan SIUP

SIUP biasanya bisa diambil setelah menunggu proses penerbitan yang bisa mencapai 2 minggu lamanya. 

Kalaupun untuk mengurus SIUP melalui OSS caranya sedikit berbeda, dan bisa Anda simak sebagai berikut: 

Melakukan pendaftaran

Mengunjungi situs OSS untuk melakukan pendaftaran, dengan mengisi data pribadi, serta melakukan verifikasi e-mail yang sudah dimiliki. 

Login akun

Setelah mendapatkan verifikasi e-mail dari OSS, maka Anda bisa melakukan login kembali serta melakukan pengisian terkait data usaha yang dijalankan. Yang mana isi data usahanya biasanya mencakup info tentang nilai investasi, jumlah kepemilikan modal, para pemegang saham, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Mendapatkan NIB

Bila data-data yang diisi sudah benar dan valid, maka sistem dari OSS akan langsung memproses dalam penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku usaha. 

Biaya Pembuatan SIUP di Tempat Pembuatan SIUP

Bila menyinggung soal besaran biaya pembuatan SIUP ini, sebenarnya Pemerintah tidak menetapkan nominal biaya pembuatan SIUP nya sendiri. Dengan demikian besaran biaya pembuatan SIUP ini, akan berbeda-beda tergantung wilayah masing-masing dan domisili tempat usaha. 

Sementara untuk masa berlaku dari SIUP ini, sejatinya akan berlaku seumur hidup alias tidak diperlukan lagi sebuah perpanjangan. Dengan artian, selama perusahaan masih bisa berjalan cukup baik dalam menjalankan aktivitas usahanya, maka masa berlaku SIUP adalah tidak ada batasan waktunya. 

Kalaupun Anda menginginkan sebuah solusi cepat untuk mengurus SIUP dan perizinan lainnya, maka bisa dengan mengandalkan jasa dari Office Now. Dengan sumber daya manusia nya yang sudah sangat professional serta koneksi yang baik, pengurusan perizinan usaha akan menjadi jauh lebih mudah dan praktis. 

Tinggal berdiam diri saja di rumah, dan surat perizinan usaha Anda akan segera jadi. So, hubungi layanan customer service dari Officenow ini, sekarang juga!

Semoga bermanfaat!

Posted in Blog

Sabtu Jun 04 4:49 pm

Tidak ada Komentar