About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Virtual Office Jakarta, Bagaimana Cara Memaksimalkannya?

cara daftar perusahaan

Office Now – Kebutuhan kantor untuk freelance atau startup harus bisa mengikuti ritme kerja. Pemilihan virtual office Jakarta sangat tepat sebagai alternatif untuk para freelancer dan pemilik start up. Terlebih lagi, untuk menjalankan kantor virtual ini juga harus memenuhi beberapa persyaratan.

Pengertian Virtual Office Jakarta dan Siapa Saja Penggunanya

Pengertian Virtual Office Jakarta dan Siapa Saja Penggunanya

Untuk mengetahui dan memahami bagaimana virtual office Jakarta beroperasi, maka Anda harus tahu pengertiannya. Selain itu, tidak semua bidang usaha bisa menggunakan bentuk kantor virtual ini.

Pengertian Virtual Office Jakarta

Virtual office Jakarta merupakan jenis kantor sewa yang sifatnya non-fisik dan alamatnya digunakan sebagai alamat legal. Meskipun tidak memiliki kantor fisik, namun Anda tetap mendapatkan segala fasilitas layaknya kantor pada umumnya.

Pemilihan kantor maya ini bukan tanpa alasan, keuntungan pertama yakni akan menghemat biaya operasional. Alasan lain, yakni pemilik bisnis mendapatkan alamat domisili yang bisa digunakan untuk mengurus perizinan. 

Bidang Usaha yang Bisa Menggunakannya

Bidang Usaha yang Bisa Menggunakan Virtual Office Jakarta

Dibalik keuntungan yang ada, ternyata tidak semua bisa menggunakan virtual office di Jakarta Selatan. Berikut beberapa bidang usaha yang tidak memungkinkan menggunakan bentuk kantor virtual, antara lain:

Bidang Pariwisata

Pengusaha di bidang pariwisata tidak bisa menggunakan kantor virtual karena bisnis pariwisata membutuhkan izin khusus. Tanda Daftar Usaha Pariwisata memberikan syarat utama untuk mengurusnya. 

Untuk mendapatkan perizinan ini, pemilik bisnis harus memenuhi komitmen beberapa izin, antara lain:

  • Perizinan lokasi
  • Izin gangguan
  • Serta bukti kepemilikan lokasi yang digunakan untuk usaha.

Dalam mengeluarkan izin ini, instansi berwenang melakukan survei lokasi sehingga ini yang menjadi alasan tidak bisa menggunakan kantor virtual. 

Jasa Konstruksi

Bidang usaha selanjutnya yang tidak bisa menerapkan virtual office di Jakarta adalah jasa konstruksi. Perizinan khusus juga berlaku pada bidang usaha jasa konstruksi. 

Pasal 52 angka 7 Undang-Undang Cipta Kerja juga menjadi dasar hukum mengapa jasa konstruksi tidak bisa menggunakan kantor virtual. Peraturan tersebut mengharuskan jasa konstruksi memiliki kemampuan untuk menyediakan peralatan konstruksi.

E-Commerce

Perkembangan bisnis bidang e-commerce memiliki prospek jangka panjang. Pengusaha yang ingin merintis bisnis bidang ini tidak memiliki kesempatan menggunakan virtual office di Jakarta Barat.

Banyaknya pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan e-commerce untuk melakukan penipuan, sehingga pemerintah harus tegas. Buntutnya, lahir peraturan yang melarang e-commerce menggunakan virtual office Jakarta.

Dasar hukum dari kebijakan tersebut ada dalam Peraturan Pemerintah nomor 80 tahun 2019. Pelaku usaha yang menjalankan perdagangan dengan sistem elektronik berkewajiban menyediakan layanan pengaduan konsumen.

Untuk mewujudkan pelayanan terhadap pengaduan konsumen, maka pemilik usaha harus memiliki alamat perusahaan yang nyata bentuknya. Hal ini sebagai bentuk perlindungan pemerintah terhadap konsumen. 

Properti

Bidang usaha selanjutnya yang tidak bisa menggunakan virtual office di Jakarta Pusat adalah properti. Untuk melakukan aktivitas sewa menyewa dan jual beli harus memiliki arus kas yang besar dalam laporan keuangan.

Pada Undang-undang Pajak Penghasilan menyebutkan bahwa perusahaan bidang properti memiliki pemasukan lebih dari Rp4,8 miliar atau di atasnya. Selain itu, perusahaan juga harus melewati proses verifikasi dari Dirjen Pajak. 

Perusahaan properti juga harus memamerkan produk rumah, apartemen maupun ruko yang akan dijual. Tentunya akan membutuhkan tempat yang luas dan tidak mungkin menggunakan virtual office di Jakarta Timur.

Bidang Transportasi

Terakhir, pemilik usaha di bidang transportasi tidak bisa menggunakan virtual office Jakarta. Tidak berbeda dengan usaha di bidang properti, pemilik usaha transportasi juga harus memiliki arus kas yang besar. 

Selain itu, adanya tuntutan untuk memiliki tempat penyimpanan transportasi yang akan dijual akan membutuhkan tempat luas.

Memaksimalkan Bisnis yang Menerapkan Virtual Office Jakarta

Memaksimalkan Bisnis yang Menerapkan Virtual Office Jakarta

Memiliki kantor virtual office Jakarta memberikan rasa nyaman dan tidak harus membayar biaya sewa tinggi. Anda juga bisa mudah mengumpulkan pekerja selama bekerja secara remote. 

Bagaimana cara memaksimalkan bentuk kantor virtual di Jakarta Utara? Simaklah beberapa tips berikut ini agar bisa membantu Anda, yaitu:

Perbanyak Komunikasi Langsung

Jika Anda memilih virtual office Jakarta, maka memiliki konsekuensi tidak bertemu setiap hari dengan para pekerja. Komunikasi akan berlangsung secara online dengan menggunakan beberapa media pendukung seperti email, teleconference dan lainnya.

Masalah komunikasi menjadi isu utama dalam penerapan kantor virtual ini. Jika ada kesempatan untuk berkomunikasi langsung harus berjalan lancar. Sehingga tidak akan terjadi miskomunikasi.

Meeting Rutin

Jadwalkan meeting secara rutin. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ruang rapat yang disediakan penyedia layanan kantor virtual di Jakarta Utara murah. Anda juga bisa menggunakan fasilitas ruang rapat untuk bertemu klien.

Gunakan Komponen Multimedia 

Anda bisa memaksimalkan komponen multimedia, seperti proyektor dan jaringan internet. Semua pegawai yang bekerja secara remote tetap Anda pantau dengan seksama.

Menggunakan Group Chat

Perkembangan bisnis akan terwujud jika Anda bisa berkomunikasi secara langsung walaupun menggunakan kantor virtual murah di Jakarta. Manfaatkan group chat untuk berkomunikasi. 

Anda bisa menghubungkan beberapa pekerja remote secara langsung sehingga bisa membahas pekerjaan lebih leluasa. Lakukan video call jika memang dibutuhkan.

Share Dokumen 

Untuk menerapkan kantor virtual dengan baik untuk kemajuan bisnis, Anda bisa menerapkan share dokumen ke semua pekerja yang berhubungan. Berikan akses dengan cepat meskipun kapasitas dokumen besar. Pembagian dokumen ini tidak lagi membutuhkan flash disk dan sejenisnya dan akan lebih praktis.

Gunakan jaringan komputer yang mumpuni untuk memudahkan pekerjaan para pekerja. Sehingga akan lebih fokus dalam pekerjaan masing-masing.

Domisili Virtual Office Jakarta

Terkadang rasa bosan bisa menjadi alasan penerapan kantor virtual. Anda bisa mencari tahu harga kantor virtual di Jakarta untuk menyesuaikan budget perusahaan serta kebutuhan.

Untuk mengatasi kebosanan dan malas untuk pindah kantor karena tidak praktis, kantor virtual menjadi pilihan. Pilihlah penyedia layanan yang bisa diminta kerjasama untuk memenuhi keperluan perizinan.

Pemilik gedung akan memberikan semua persyaratan yang berkaitan dengan kelegalan. Termasuk masalah alamat untuk surat-menyurat. Lokasi dari alamat domisili juga bisa memberikan dampak untuk pemilik bisnis.

Oleh karena itu, pilihlah daftar virtual office di Jakarta yang berlokasi di kawasan bisnis. Sehingga bisa memberikan citra positif bagi para klien. Secara tidak langsung akan menambah kepercayaan para klien. 

Sharing Ide

Penyedia layanan kantor virtual juga menyediakan coworking space yang bisa Anda gunakan untuk bertukar ide. Ketika ada kesempatan untuk bertemu dengan pekerja, cobalah untuk mendiskusikan dan bertukar ide. 

Melakukan hal ini, Anda akan berkesempatan membentuk keterikatan batin dengan para pekerja. Sebab, pekerjaan remote yang terjadi terkadang mengikis rasa keterikatan. Proses sharing ide ini juga membantu Anda memahami para pekerja sehingga bisa menentukan kebijakan perusahaan lebih baik lagi.

Untuk menerapkan virtual office Jakarta memang tidak sembarangan karena ada beberapa pelaku bisnis tidak bisa menerapkannya. Namun, berbagai kelebihan tidak bisa dipungkiri menjadi alasan mengapa banyak pemilik bisnis memilih bentuk kantor ini. Ketika semua persyaratan terpenuhi maka tidak akan timbul masalah.