Berapa Biaya Izin Usaha, Ini Jawabannya

Office Now – Biaya izin usaha harus diketahui secara pasti oleh pelaku usaha yang ingin membangun usaha, baik itu Perseroan Terbatas (PT) atau CV. Dengan mengetahui berapa jumlah biaya yang dibutuhkan, pemilik usaha dapat merinci pengeluaran dengan pasti.

Namun sebelum mengetahui berapa jumlah biaya yang diperlukan untuk membangun usaha, tidak ada salahnya bila Anda ketahui dulu syarat penting bangun usaha. Syarat bangun usaha yang paling utama adalah setiap perusahaan harus memiliki SIUP dan TDP.

Pentingnya SIUP dan TDP Sebelum Urus Biaya Izin Usaha

Dalam menjalankan usaha apapun, surat izin usaha perdagangan sangat diperlukan sekali. Dengan adanya surat tersebut, pemilik usaha bisa membuat berbagai macam surat atau dokumen penting lainnya.

Sebelum membahas mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus izin usaha, ada baiknya bila Anda ketahui dulu pengertian dari SIUP dan TDP seperti yang ada di bawah.

Pengertian Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

biaya izin usaha

SIUP merupakan surat izin yang diberikan kepada pelaku usaha yang ingin melakukan kegiatan usaha perdagangan. Usaha perdagangan yang dilaksanakan ada berbagai macam seperti transaksi jual-beli jasa atau barang, sewa berkelanjutan yang menghasilkan keuntungan, dan lainnya.

SIUP yang sudah dimiliki harus didaftarkan ulang setiap 5 tahun sekali, oleh karena itu pemilik usaha sangat disarankan untuk menyimpan berkas penting seperti SIUP di tempat yang aman.

SIUP dibagi menjadi beberapa kategori, yakni:

  • Kecil: Pelaku usaha memiliki kekayaan bersih mulai dari 50 juta sampai 500 juta rupiah, tidak termasuk dengan tanah dan bangunan usaha.
  • Menengah: Pelaku usaha memiliki kekayaan bersih mulai dari 500 juta sampai 10 miliar rupiah, tidak termasuk dengan tanah dan bangunan usaha.
  • Besar: Pelaku usaha memiliki kekayaan bersih lebih dari 10 miliar tidak terhitung tanah dan bangunan usaha.
  • Mikro: Umumnya modal usaha tidak lebih dari 50 juta rupiah, tidak terhitung dengan tanah dan bangunan usaha.

Pengertian Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

biaya izin usaha

Bila SIUP sudah berada di tangan, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan perusahaannya sesuai dengan Permendag Nomor 37/M-DAG/PER/9/2007.

Setiap perusahaan yang berdiri di tanah Indonesia seperti PT (lokal atau PMA), CV, Firma, Usaha Perorangan, dan BUL (bentuk usaha lain) wajib untuk memiliki TDP.

Masa berlaku TDP adalah 5 tahun, namun harus diperbaharui atau diperpanjang 3 bulan sebelum masa berlaku TDP habis.

Besaran Biaya Izin Usaha Dagang

Setelah mengetahui pengertian dari SIUP atau TDP, pembahasan selanjutnya adalah mengenai kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus surat izin usaha.

Penting dan harus Anda garis bawahi, kalau untuk membuat izin usaha biaya yang dikeluarkan berbeda-beda. Bila Anda menggunakan Biro Jasa Perizinan, maka biaya yang harus dikeluarkan akan disesuaikan dengan kebijakan dari biro jasa yang Anda gunakan.

Berikut ini kami akan mengulas tentang biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) di setiap jenis usaha perdagangan. 

Jenis Usaha Perdagangan dan Biaya Urus Izin Usaha

biaya izin usaha
(Sumber gambar: Unsplash)

Ada banyak jenis bisnis perdagangan yang berdiri di Indonesia, dan setiap pengurusan izin usaha dana yang dikeluarkan memiliki angka yang berda-beda. Apa saja jenis usaha yang ada di Indonesia? Dan berapa besaran yang harus dikeluarkan untuk membuat izin usaha? Berikut ulasannya:

Biaya Izin Usaha Cafe

Persiapan untuk membangun usaha kafe legalitas yang dibutuhkan memang tidak mudah. Pelaku usaha harus mau untuk meluangkan waktu dan tenaga untuk mengurusnya.

Tapi bila Anda menyerahkan segala urusan mengenai pembuatan izin usaha di biro jasa perizinan, mereka akan membantu Anda sampai tuntas.

Untuk biayanya sendiri, tergantung di biro jasa mana yang Anda gunakan. Namun umumnya biro jasa perizinan sudah bekerja sama dengan instansi setempat dan sudah tahu harga yang harus dikeluarkan. Biaya untuk pengurusan TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata) lumayan murah, yakni sekitar 6 juta rupiah.

Biaya Izin Usaha Industri

Untuk besaran pembuatan izin usaha industri sebenarnya tidak dipungut uang sepersepun alias gratis. Dan hal tersebut sudah tertuang jelas di dalam undang-undang dan Perka BKPM Nomor 13 tahun 2017.

Dana yang harus Anda keluarkan pada saat ingin mengurus izin usaha industri hanya sekitar 10 ribu rupiah saja. Dan besaran uang tersebut pun hanya akan digunakan untuk materai saja.

Tapi, meskipun tidak mengeluarkan dana untuk mendapatkan izin usaha. Faktanya, Anda tetap harus menyiapkan dana untuk 3 hal penting, yakni survey lapangan, pajak per modal, sampai dengan pemungutan restribusi. Kurang lebihnya, Anda harus menyiapkan biaya sekitar 10 miliar lebih.

Biaya Izin Usaha Gas Elpiji 3 Kg

Bila Anda tertarik untuk buka usaha gas elpiji 3 kg maka Anda juga harus membuat SIUP dan TDP. Anda bisa membuatnya secara gratis di situs website OSS lembaga milik pemerintah.

Namun sebelumnya pastikan dulu kalau Anda sudah terdaftar di kemitraan.pertamina.com, kalau belum maka Anda harus menyiapkan syarat yang harus dipenuhi. Antara lain:

  1. Pelaku usaha harus menyiapkan perusahaannya dalam bentuk Badan Usaha (PT/Koperasi).
  2. Menyiapkan dokumen penting seperti foto scan KTP, Akta Pendirian, NPWP Perusahaan, bukti penguasaan lahan, bukti saldo rekening untuk melengkapi formulir yang ada pada platform.
  3. Jika ada siapkan fotrocopy bukti kepemilikan usaha sejenis.
  4. Jika ada siapkan fotocopy bukti kerja sama antara pelaku usaha dengan PT. Pertamina

Sedang biaya yang harus Anda keluarkan untuk membangun usaha gas elpiji 3 kg, kurang lebih 100 juta rupiah.

Biaya Izin Usaha Pertambangan 

Apabila pelaku usaha ada yang tertarik untuk membangun usaha pertambangan, maka harus siap untuk mengurus berbagai macam hal penting yang ada. SIUP dan TDP untuk jenis usaha ini juga terbilang cukup complicated.

Jadi sangat disarankan bila ingin mengurus SIUP dan TDP usaha pertambangan, sebaiknya gunakan biro jasa perizinan yang ada di daerah pelaku usaha. Umumnya mereka sudah mengetahui dengan pasti biaya yang akan dikeluarkan. Misalnya untuk persyaratan administratif, persyaratan teknis, persyaratan lingkungan, dan finansial.

Belum dapat diketahui berapa total biaya yang harus dikeluarkan, hanya saja sebagai persiapan biaya yang harus disiapkan kurang lebih 50 juta rupiah.

Demikianlah ulasan menarik mengenai besaran pembuatan izin usaha yang sudah kami rangkum untuk pelaku usaha. Yang mana tertarik dengan berbagai jenis usaha yang ada di Indonesia.

Intinya, semua jenis usaha yang ada di wilayah Indonesia harus memiliki surat izin usaha perdagangan termasuk dengan TDP. Dengan adanya surat-surat penting tersbut, pelaku usaha dapat membuat berbagai macam dokumen penting mengenai perusahaan akan lebih mudah dan cepat.

Biaya izin usaha angkutan umum, biaya izin usaha makanan, biaya izin usaha mikro kecil, biaya izin usaha air minum isi ulang, dan lainnya bisa Anda temukan informasinya di ulasan kami lainnya.

Posted in Business License

Selasa Jan 25 12:47 pm

Tidak ada Komentar