Biaya Pembuatan SBU, Ketahui Juga Semua Persyaratannya

Biaya Pembuatan SBU
, ,

Office Now – Sertifikat Badan Usaha merupakan dokumen penting untuk Anda yang ingin menjalankan usaha bidang konstruksi. Ketahui besaran biaya pembuatan SBU dan semua persyaratan untuk mengurusnya. Memiliki Sertifikat Badan Usaha berfungsi juga sebagai tanda bukti kompetensi dan kemampuan usaha.

Biaya Pembuatan SBU: Penuhi Persyaratannya

Biaya Pembuatan SBU, Ketahui Juga Semua Persyaratannya

Lembaga yang menetapkan Sertifikat Badan Usaha adalah Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi atau LPJK. Sebelum membuat atau mendaftarkan Sertifikat Badan Usaha, Anda perlu mengetahui biaya pembuatan SBU dan mengajukan dokumen permohonan registrasi.

Pengajuan Sertifikat Badan Usaha

Anda bisa mengajukan permohonan registrasi tersebut dengan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh LPJK. Persyaratan tersebut bisa melalui asosiasi perusahaan. 

Pengajuan permohonan pendaftaran Sertifikat Badan Usaha melalui asosiasi perusahaan, maka Anda tidak perlu memikirkan peraturan yang ditetapkan LPJK. Asosiasi perusahaan telah memperoleh kewenangan khusu untuk verifikasi dan validasi awal.

LPJK memiliki kewenangan melakukan input data ke database Badan Usaha Pelaksana Konstruksi. Kemudian, data tersebut akan diperiksa kembali oleh Badan Pelaksana dari LPJK.

Persyaratan Pendaftaran SBU

Sebelum membicarakan biaya pembuatan SBU Gapensi, Anda perlu mengetahui persyaratan apa saja untuk mendapatkan SBU, yaitu:

  • Akta pendirian perusahaan.
  • Surat Izin Usaha Perdagangan/SIUJK/IUJK.
  • Tanda Daftar Usaha
  • Izin Gangguan
  • Nomor Pokok Wajib Pajak perusahaan.
  • Kop surat perusahaan sebanyak 10 lembar.
  • Stempel perusahaan.
  • KTP dari direktur dan pengurus perusahaan yang ada di dalam akta pendirian perusahaan.
  • Pas foto berwarna dengan ukuran 3X4 berjumlah 4 lembar.
  • SKT
  • Neraca badan usaha.

Persyaratan Registrasi

Untuk mengurus registrasi SBU, Anda harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Siapkan surat pengantar dari asosiasi.
  • Berita acara verifikasi dan validasi yang sudah mendapatkan tanda tangan dari ketua asosiasi masing-masing.
  • Surat permohonan registrasi untuk tahun ke-2 atau tahun ke-3.
  • Lengkapi juga dengan surat pernyataan badan usaha.
  • Data tenaga kerja.
  • Fotokopi SKA/SKT yang masih berlaku.
  • Lengkapi juga dengan persyaratan PJK dan PJT.
  • Anda juga harus menyertakan fotokopi SBU yang telah diregistrasi ulang.
  • Sertakan juga tanda terima aplikasi permohonan registrasi SBU.

Biaya Pembuatan SBU

Biaya Pembuatan SBU, Ketahui Juga Semua Persyaratannya

Untuk biaya pembuatan SBU bisa dilakukan rincian dari biaya pendaftarannya. Juga akan ada biaya pembuatan SBU LPJK. Sebenarnya untuk biayanya sangat bervariasi tergantung asosiasi perusahaan yang Anda gunakan. 

Biaya Pembuatan SBU Untuk Pendaftaran

Berdasarkan peraturan LPJK nasional nomor 3 tahun 2017, maka untuk biaya pendaftaran Sertifikat Badan Usaha, yaitu:

  • Untuk kategori P sebesar Rp100.000
  • Klasifikasi K1 biaya pembuatan SBU sebesar Rp105.000
  • K2 sebesar Rp130.000
  • Untuk K3 biaya yang dikeluarkan sebesar Rp150.000
  • Sedangkan untuk M1, Anda harus mengeluarkan biaya senilai Rp700.000
  • Untuk kategori M2 harus mengeluarkan biaya pembuatan SBU sebesar Rp1.000.000
  • Berdasarkan klasifikasi B1, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp1.950.000
  • Sedangkan untuk klasifikasi B2 biaya yang dibutuhkan sebesar Rp4.850.000

Sertifikat Badan Usaha memiliki masa berlaku sampai 3 tahun. Untuk tahun kedua dan ketiga, setiap perusahaan memiliki kewajiban untuk melakukan registrasi ulang kepada pihak asosiasi perusahaan. 

Saat melakukan registrasi ulang, maka Anda juga akan mengeluarkan biaya dan prosedur pengurusannya sama dengan pembuatan SBU baru. Untuk biaya pembuatan SBU baru 2021 registrasi di tahun ke-2 dan ke-3 berlaku untuk satu subkualifikasi. Selain itu, juga akan menjadi beban kepada orang perseorangan atau badan usaha.

Biaya Registrasi

Rincian biaya pembuatan SBU untuk registrasi, yaitu:

  • Untuk subkualifikasi P, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp10.000
  • Subkualifikasi K1 biaya yang sebesar Rp10.000
  • Untuk subkualifikasi K2, Anda akan mengeluarkan biaya pembuatan SBU registrasi sebesar Rp15.000
  • Biaya selanjutnya untuk subkualifikasi K3 sebesar Rp20.000
  • Sedangkan untuk subkualifikasi M1 sebesar Rp150.000
  • Untuk subkualifikasi M2 senilai Rp200.000
  • Anda harus mengeluarkan biaya untuk subkualifikasi B1 sebesar Rp500.000
  • Subkualifikasi terakhir yaitu untuk B2, biayanya senilai Rp1.000.000

Anda juga harus mengeluarkan biaya jika ada perubahan data dalam orang perseorangan atau badan usaha sebesar Rp50.000. Besaran biaya tersebut berlaku untuk setiap klasifikasi. Pengurusan SBU online bisa Anda pilih sebagai alternatif kemudahan.

Untuk iuran keanggotaan juga ada biaya yang harus Anda keluarkan berkisar Rp120.000 sampai dengan Rp18.000.000. Sedangkan untuk anggota luar biasa akan ada biaya uang pangkal Rp25.000.000. 

Untuk iuran tahunan, biaya pembuatan SBU yang harus Anda keluarkan sebanyak Rp30.000.000.

Alasan Menggunakan Jasa dan Biaya Pembuatan SBU

Alasan Menggunakan Jasa dan Biaya Pembuatan SBU

Syarat pembuatan SBU baru sudah dijelaskan sebelumnya. Jika Anda ingin mudah melakukan pembuatannya bisa memilih jasa. Berikut beberapa alasan yang melatarbelakangi pemilihan penyedia jasa untuk mengurus Sertifikat Badan Usaha, yaitu:

Mengetahui Detail Persyaratan

Tidak semua orang mengetahui persyaratan untuk mengajukan pendirian Sertifikat Badan Usaha. Sedangkan sertifikat ini sangat penting keberadaannya untuk kontraktor. 

Banyak sekali informasi yang membahas mengenai pengurusan Sertifikat Badan usaha. Namun, saat kebijakan pemerintah berusaha juga akan mengubah persyaratan dan prosedurnya. Jika Anda menggunakan bantuan konsultan, maka proses mengurus dokumen SBU Konstruksi 2021 ini akan jauh lebih mudah.

Informasi yang akan Anda terima juga lebih aktual. Sebab, mereka juga mengikuti perkembangan kebijakan dalam pengurusan sertifikat jasa konstruksi. Penyedia jasa akan terlebih dahulu mengecek satu per satu. 

Sehingga, apabila ada kesalahan dokumen penyedia jasa akan memberitahu terlebih dahulu. Jika Anda harus mencari semua informasi secara manual akan lebih memakan banyak waktu.

Lebih Cepat Selesai

Biaya pembuatan Sertifikat Badan Usaha Inkindo akan mudah Anda dapatkan rinciannya ketika menggunakan penyedia jasa. Anda tidak perlu bingung lagi karena mereka sudah memiliki pengalaman. 

Mengurus dokumen Sertifikat Badan Usaha akan lebih cepat selesai karena penyedia jasa sudah memahami prosedur. Mulai dari awal sampai akhir alur pengurusannya sudah paham sehingga lebih cepat jika dibandingkan Anda mengurusnya sendiri. Sebab, belum tentu memahami alurnya. 

Selain itu, untuk pengecekan berkas akan lebih cepat dan bisa langsung cepat di proses. Tidak perlu lagi bingung bagaimana urutan dalam mengurus berkas. Penyedia jasa juga akan memberikan Anda informasi yang terperinci. Sehingga Anda juga tidak kehilangan kabar terbaru dalam pengurusan berkas terkait SBU.

Lebih Mudah

Sebagian besar pengusaha di bidang jasa konstruksi sangat sibuk karena harus mengejar tenggang waktu yang diberikan klien. Sehingga lebih mudah ketika mengurus Sertifikat Badan Usaha menggunakan penyedia jasa. Biaya pembuatan Sertifikat Badan Usaha non konstruksi juga akan lebih mudah.

Jika memilih jasa untuk mengurus Sertifikat Badan Usaha, maka Anda akan mendapatkan saran dan arahan yang benar. Selain itu, penyedia jasa juga akan memberikan tanggung jawab penuh terhadap dokumen legal yang mereka urus. 

Sehingga Anda bisa fokus menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu memikirkan dokumen.

Setelah memahami persyaratan dan biaya pembuatan SBU, maka Anda akan lebih mudah dalam mengurusnya. Selain itu, Anda juga bisa memilih penyedia jasa untuk mengurus Sertifikat Badan Usaha agar lebih mudah. Juga akan lebih cepat daripada mengurus sendiri.

Posted in Blog

Sabtu Feb 26 4:45 pm

Tidak ada Komentar