3 Cara Bikin Perusahaan Sendiri Via Online, Lebih Praktis dan Cepat!

, ,

Office Now – Cara bikin perusahaan sendiri sebenarnya relatif tidak terlalu sukar. Terlebih Anda sekarang bisa melakukannya dengan bantuan fasilitas online. Jadi, Anda tidak perlu lagi bersusah payah datang ke kantor dinas terkait sambil membawa berkas pendaftaran.  

Meskipun demikian, cara bikin perusahaan ini perlu didahului oleh sejumlah langkah persiapan. Hal tersebut penting karena dapat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan yang Anda dirikan tersebut ke depannya.

Langkah-langkah Persiapan Untuk Mendirikan Perusahaan Sendiri

Persiapan selalu merupakan langkah awal yang sangat penting bagi kesuksesan setiap tindakan yang hendak Anda lakukan, termasuk dalam mendirikan perusahaan. Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menjalankan niat untuk berwirausaha itu ialah:  

Tentukan jenis sektor usaha yang ingin Anda tekuni

Ada cukup banyak sektor usaha yang bisa Anda pilih, antara lain perdagangan, transportasi, industri kreatif, manufaktur, pariwisata, konstruksi, kesehatan, dsb. Sebaiknya pilihlah sektor yang sesuai dengan minat dan bakat agar Anda bisa menjalankannya dengan lebih mudah.  

Rumuskan konsep dan bentuk perusahaan yang hendak Anda dirikan

Langkah ini sangatlah penting agar perusahaan Anda kelak dapat beroperasi dengan lebih fokus dan terarah. Rumusan konsep ini antara lain meliputi jenis badan usaha yang hendak Anda dirikan, lokasi, strategi pengadaan dan pemasaran produk, dsb.

Tak lupa, Anda juga perlu menentukan nama dan logo untuk perusahaan tersebut agar lebih mudah dikenali oleh masyarakat. Anda bisa mempelajari cara membuat logo perusahaan sendiri dengan menggunakan aplikasi atau memesannya langsung pada desainer profesional.

Estimasikan jumlah kebutuhan modal dan cara perolehannya

Modal yang Anda butuhkan untuk mendirikan sebuah perusahaan sangat erat kaitannya dengan sektor dan konsep usaha itu sendiri. Sebagai contoh, jika Anda berencana memulai usaha transportasi, kemungkinan Anda perlu ruangan yang cukup luas untuk garasi armada.

Sebaliknya, jika Anda hendak mendirikan usaha dagang dengan strategi pemasaran online, Anda akan lebih membutuhkan fasilitas internet ketimbang kantor besar. Usaha jualan online saat ini banyak diminati karena kebutuhan modalnya terbilang relatif tidak terlalu besar.

Jenis badan usaha yang hendak Anda dirikan umumnya juga akan berpengaruh terhadap modal pendiriannya. Selain itu, bentuk badan usaha ini bahkan dapat pula mempengaruhi cara Anda dalam memperoleh modal tersebut.

Referensi Jenis-jenis Bentuk Badan Usaha yang Bisa Anda Dirikan

Ada beberapa jenis bentuk badan usaha yang sudah cukup banyak dikenal di Indonesia. Masing-masing memiliki ciri khas dan ketentuan tersendiri terkait modal serta tata cara pendiriannya. Ada pun jenis-jenis bentuk badan usaha tersebut antara lain:

Perusahaan Perseorangan

Jenis badan usaha ini adalah yang paling sederhana dan relatif mudah pendiriannya. Anda bisa mendirikan perusahaan perseorangan ini secara mandiri dan menentukan modal pendiriannya sesuai dengan kapasitas keuangan.   

Nantinya, semua untung rugi serta tanggung jawab pengelolaan dan pendanaan perusahaan ini sepenuhnya merupakan kewajiban pribadi Anda.  

Firma

Pendirian jenis badan usaha ini haruslah berdasarkan atas adanya kesepakatan dari minimal dua orang pengusaha. Masing-masing pendiri itu nantinya akan saling berbagi tanggung jawab kerja, beban modal, dan profit perusahaan secara sama rata.

CV

Pendirian badan usaha ini juga berdasarkan atas kesepakatan dari minimal dua orang seperti halnya Firma. Bedanya, para pendiri itu nantinya akan berbagi peran sebagai sekutu aktif dan pasif atau komanditer.

Pihak sekutu aktif mengemban tugas sebagai penanggung jawab operasional CV sedangkan sekutu aktif berperan sebagai penyandang dana. Keberadaan dua jenis sekutu ini membuat CV kerap mendapat sebutan sebagai persekutuan komanditer.

Cara membuat CV perusahaan sendiri tidak mengharuskan Anda mempunyai modal yang terlalu besar atau menyetorkannya dalam jumlah dan persentase tertentu. Hal ini membuat CV banyak diminati oleh para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usahanya.

PT

Perseroan Terbatas atau PT juga merupakan salah satu jenis badan usaha berbentuk persekutuan. Bedanya, PT sudah berstatus badan hukum yang membuatnya memiliki jaminan legalitas yang lebih kuat ketimbang Firma atau CV.

Sistem perolehan modal PT berbentuk saham yang jumlahnya ditentukan oleh besarnya modal dasar dalam struktur Anggaran Dasar (AD). Selain itu, AD PT juga memuat ketentuan mengenai modal ditempatkan dan modal disetor.

Modal ditempatkan adalah jumlah alokasi saham yang merupakan bagian para pendiri dan tidak akan dijual pada masyarakat atau kalangan tertentu. Sementara itu, modal disetor adalah pelunasan terhadap modal ditempatkan tersebut.

Untuk mendirikan PT, Anda terutama wajib menyetorkan 25persen dari jumlah modal ditempatkan sebagai minimal pelunasan bagian saham kepunyaan pendiri.       

Step by Step Cara Bikin Perusahaan Sendiri Dengan Cara Online

Untuk mendirikan sebuah perusahaan, terutama yang berbentuk persekutuan, Anda umumnya wajib memiliki akta notaris.  Selanjutnya, Anda bisa mendaftarkan pendirian perusahaan itu melalui situs Administrasi Badan Usaha (AHU) dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Login dan pilih menu sesuai jenis perusahaan yang hendak Anda buat

Pada halaman beranda situs AHU terdapat sejumlah menu yang bisa Anda pilih sesuai dengan keperluan. Masing-masing menu nantinya akan mengarahkan Anda untuk memenuhi sejumlah prosedur tertentu yang diperlukan untuk memenuhi tujuan Anda.

Sebagai contoh, bagi Anda yang hendak mendirikan PT, Anda bisa memilih menu PT atau PT Perorangan. Sistem nantinya akan membimbing Anda untuk melakukan pembelian voucher PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) guna memenuhi syarat modal disetor.

Sementara itu, cara mendirikan CV perusahaan sendiri melalui situs ini adalah melalui menu Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU). Menu ini tidak akan mengarahkan Anda untuk membeli voucher PNBP karena hal itu tidak termasuk dalam syarat pendirian CV.

Mengajukan bakal nama perusahaan

Dalam memilih nama untuk perusahaan, terutama untuk yang berbentuk CV dan PT, ada sejumlah aturan yang perlu Anda patuhi. Salah satunya, nama CV atau PT Anda tidak boleh sama dengan yang sudah pernah ada sebelumnya.

Oleh karena itu, sebelum memulai proses registrasi pendirian perusahaan, sistem akan mengarahkan Anda untuk melakukan pengajuan nama terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan bahwa nama yang hendak Anda pakai sudah sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Mengisi form registrasi pendirian perusahaan secara elektronik

Sebagai dasar registrasi pendirian perusahaan, Anda perlu mengisi form pendaftaran elektronik yang nantinya akan ditampilkan oleh sistem. Data-data yang wajib Anda cantumkan dalam form tersebut antara lain berupa nama, alamat, nomor telepon, dll.

Selain alamat surat, di era informasi digital ini ada baiknya jika Anda juga melengkapi perusahaan dengan alamat email. Anda tentunya sudah sangat memahami cara membuat email perusahaan sendiri ini.

Selain itu, akan lebih baik lagi jika perusahaan Anda juga mempunyai website. Hal ini akan mendukung citra perusahaan yang lebih modern dan kompetitif. Selain dengan cara membuat website perusahaan sendiri, Anda bisa juga memakai jasa IT profesional.

Setelah pengisian form selesai, Anda tinggal men-submit-nya dan menunggu beberapa menit sampai sistem menyelesaikan prosesnya.

Selain cara bikin perusahaan sendiri, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas online untuk mengurus pembuatan izin usaha. Situs resmi yang dapat Anda gunakan untuk mengurus pembuatan izin usaha online tersebut adalah OSS atau Online Single Submission.

Posted in Blog

Selasa Jun 28 4:15 am

Tidak ada Komentar