About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Cara Buat Perusahaan CV di Tahun 2022 : Simak Syarat dan Prosedurnya!

Officenow – Dari sekian banyaknya jenis badan usaha di Indonesia, cara buat perusahaan CV banyak dijadikan pilihan utama bagi para pebisnis lokal. Yang mana badan usaha berbentuk CV ini menawarkan banyak sekali keuntungan dan kemudahan terkait menjalankan usahanya di dalam negeri ini.

Apalagi jika dibandingkan dengan kepengurusan bidang usaha lain seperti PT misalnya, untuk mendirikan perusahaan CV ini terhitung lebih mudah untuk dilakukan.

Dan bilamana memang Anda sudah berencana untuk mendirikan sebuah CV atau kepanjangan dari kata Commanditaire Vennootschap ini, maka berikut akan coba kami ulas mengenai persyaratan serta prosedur cara mendirikan CV ini.

Persyaratan cara buat perusahaan CV

cara buat perusahaan

Untuk mendirikan sebuah CV ini, maka berikut ada beberapa persyaratan untuk bikin cv murah.

  • Adanya pendiri CV yang minimalnya harus terdiri dari 2 orang, yang memiliki kewarganegaraan Indonesia.
  • Melampirkan dokumen identitas berupa NPWP, E-KTP, Kartu Keluarga, dan lain sebagainya.
  • Akta notaris yang terbuat dari Bahasa Indonesia
  • Mencantumukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bila tempat usahanya merupakan milik pribadi.
  • Melampirkan Surat keterangan tempat tinggal dari pemilik tempat usaha, bila menyewa gedung atau tempat untuk CV.
  • Fotokopi tanda terima sudah bayar pajak
  • Tidak boleh melibatkan pihak asing dalam kepemilikan CV
  • Mencatumkan klasifikasi CV, mau tergolong perusahaan kecil, menengah atau besar.  
  • Foto lokasi CV, dari view dalam dan luar gedung atau tempat perusaahan berada.
  • Menetapkan nilai modal dasar serta modal yang harus disetorkan.

Prosedur cara buat perusahaan CV terbaru

cara buat perusahaan

Setelah mengetahui akan berbagai persyaratan umum perihal bikin cv murah ini, maka berikut prosedur yang harus Anda lakukan untuk bisa bikin cv murah.

Dua pendiri CV sudah ditentukan

Syarat utama perihal membuat CV ialah harus memiliki minimalnya dua orang pendiri perusahaan. Dan tentunya kedua orang pendiri perusahaan ini, harus ditentukan peranannya dalam sebuah perusahaan.

Yang mana ada yang menjadi bagian direksi dengan tanggung jawab penuh terhadap jalannya perusahaan, dan satunya lagi menjadi investor.

Data pendirian CV harus sudah dilengkapi

Untuk mendirikan CV yang sudah diatur juga dalam pasal 19 KUHD, berbagai kelengkapan data pendirian CV yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:

  • Melampirkan nama yang akan dipakai dalam nama CV
  • Bukti identitas diri atau E-KTP
  • Sudah menyiapkan lokasi pendirian CV
  • Melengkapi tujuan serta sasaran CV
  • Menentukan nama sekutu yang aktif atau berkuasa
  • Melakukan pendaftaran tanggal akta pendirian ke PN, ke notaris
  • Menyertakan klausul ketiga yang menentang sekutu dari pihak pendiri
  • Menyertakan beberapa uang tunai yang ditujukan kepada pihak ketiga, namun bisa dikecualikan bila tidak ada pihak ketiga yang terlibat
  • Melampirkan pengecualian mitra yang memiliki kewenangan atas nama dari persekutuan

Akta Pendirian Notaris harus segera dibuat

Perihal mendirikan CV ini, maka Anda harus segera membuat Akta Pendirian CV nya ke notaris terdekat atau bisa juga menggunakan jasa dari Officenow.  

Lalu akta pendirian CV ini bisa digunakan oleh notaris, apabila sudah mendapatkan keputusan pengangkatan, disumpah, dan juga sudah didaftarkan kepada Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KEMENHUKAM).

Penandatanganan Akta CV oleh para pendiri CV

Para pendiri CV termasuk didalamnya ada pemilik serta pengelola CV, harus segera menandatangani Akta Pendirian CV yang dibuat di hadapan notaris.

Bilamana ada salah satu yang berhalangan hadir di kantor notaris, maka bisa menyertakan berupa surat kuasa atas wewenangnya. Hal ini menjadi poin penting, karena pada saat itu notaris akan menjelaskan mengenai apa saja yang dicantumkan di Akta Pendirian CV tersebut.  

Melakukan kepengurusan SKDP

Surat Keterangan Domisili Perusahaan atau SKDP merupakan sebuah dokumen yang dapat menunjukan alamat dimana CV ini berada. Namun bukan hanya sebagai itu saja gunanya kepengurusan SKDP ini terhadap CV.

Melainkan SKDP ini nantinya akan menjadi penting guna untuk persyaratan lain untuk mengajukan Nilai Pokok Wajib Pajak (NPWP), Tanda Daftar Usaha (TDP), dan juga izin usaha.

Untuk bisa mengurus SKDP ini, maka bisa dengan mengunjungi kantor kelurahan yang sesuai dengan domisil tempat usaha Anda.

Memiliki NPWP cara buat perusahaan

Agar bisa memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) CVatau badan ekonomi, maka bisa dengan mengajukannya ke Kantor Pelayanan Pajak setempat.

Selain akan mendapatkan NPWP CV, di kantor pelayanan pajak (KPP) juga Anda akan mendapatkan surat keterangan wajib pajak badan.

Daftar ke Pengadilan Negeri setempat

Bila akta notaris sudah ada ditangan, maka langkah selanjutnya untuk cara buat perusahaan dagang adalah dengan mendaftar ke Pengadilan Negeri. Yang dimana aturan ini sudah diatur dalam Pasal 23 KUHD.

Setelah proses pendaftaran di Pengadilan Negeri ini sudah selesai, maka Anda hanya perlu menunggu persetujuan yang biasanya memakan waktu maksimal hingga dua bulan lamanya.

Menguruskan Izin usaha cara buat perusahaan

Apabila akta pendirian sudah terdaftar di Pengadilan Negerinya sudah beres, maka selanjutnya Anda wajib mengurus izin usahanya. Baik itu cara buat perusahaan perorangan ataupun lainnya, izin usah ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Mengapa izin usaha ini menjadi penting, karena akan berkaitan dengan kelegalan berjalannya usaha Anda di dalam negeri ini. Dan untuk mengurus izin usaha ini, bisa dengan mengunjungi Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) atau perwakilan pelayanan yang bersangkutan lainnya.

Mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Selanjutnya mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP) perlu juga dilakukan untuk cara buat perusahaan outsourcing juga. Cara buat perusahaan di linkedin juga perlu adanya TDP ini sebagai kelengkapan dokumen pendirian sebuah CV.

Dan untuk kepengurusan TDP ini, bisa dengan mengunjungi Sales Office yang sesuai dengan kota atau kabupaten tempat usaha CV didirikan. Untuk kepengurusan ini, tentu tidak jauh berbeda dengan kepengurusan SIUP cara buat perusahaan ekpedisi.

Mempublikasikan Pengumuman Ikhtisar Resmi

Ketika akta pendirian CV sudah disetujui oleh Pengadilan Negeri, maka selanjutnya perusahaan wajib melakukan publikasi ringkasan resmi. Yang mana hal ini bisa disampaikan atau dilakukan oleh pendiri CV saja.

Pengurusan NIB di Online Single Submission (OSS)

Dan setelah semua proses diatas sudah dilakukan dengan baik, maka selanjutnya Anda tinggal melakukan input data ke Online Single Submission (OSS).

Setidaknya terdapat tiga kategori klasifikasi usaha yang wajib dipilih, dan diantaranya juga ada pilihan tambahan cara buat perusahaan investasi juga.

Kesimpulan Mendirikan CV

cara buat perusahaan

Kurang lebih seperti itulah ragam prosedur untuk cara buat perusahaan startup di Indonesia. Memang prosedur ini akan memakan waktu, biaya serta tenaga Anda. Namun sejatinya terdapat alternatif perihal kepengurusan cara buat perusahaan CV ini.

Yang mana untuk cara buat perusahan di era milenial ini, Anda cukup percayakan saja kepada jasa kepengurusan pembuatan perusahan melalui Officenow.