About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Cara Urus Izin Usaha Perdagangan Terbaru di Tahun 2022

Officenow – Hingga pada saat detik ini, masih banyak orang yang tertarik untuk terjun ke bidang bisnis dan langsung mengurus cara urus izin usaha nya. Alasannya tentu karena bisa mendapatkan profit yang menjanjikan dan waktu bekerja yang fleksibel.

Meski cara urus izin usaha dagang nya ini terkesan rumit, tidak menjadi penghalang bagi seorang pebisnis, dalam mewujudkan mimpinya untuk mendirikan sebuah usaha.  

Nah bilamana memang pada saat ini Anda berencana untuk mendirikan bisnis, berikut ada beberapa cara urus izin usaha rumahan, ataupun cara urus usaha umkm serta beberapa hal lain yang harus diketahui sebelum mendirikan usaha.  

Pentingnya memiliki surat cara urus izin usaha

cara urus izin usaha

Keberlangsungan bisnis di Indonesia tentunya bisa ditentukan oleh adanya surat izin usaha. Contohnya sebuah bisnis rokok, tentunya agar bisa dikatakan legal haruslah mengantongi surat cara urus izin usaha rokok dan juga surat cara urus izin usaha rokok rumahan.

Begitupula bagi pebisnis yang terjun kedalam skala mikro pun seperti halnya pebisnis laundry ataupun produksi sabun cuci, harus juga memiliki surat cara urus izin usaha laundry dan surat cara urus izin usaha sabun cair nya.

Dengan demikian kepengurusan surat izin berusaha ini bisa dikatakan tidaklah pandang bulu. Karena sejatinya surat izin dalam berusaha ini diperlukan adanya, guna bisa membuat jalannya bisnis bisa mendapatkan sarana perlindungan hukum yang kuat.

Jadi bilamana terdengar ada isu penertiban atau pembongkaran, maka usaha Anda akan dijamin aman dan tetap berjalan dengan adanya surat izin tersebut.

Keuntungan memiliki surat cara urus izin usaha

cara urus izin usaha

Memiliki surat cara urus izin usaha ini nyatanya tidak hanya bisa membuat usaha Anda bisa berjalan legal saja dimata hukum. Melainkan selain itu terdapat ragam keuntungan yang didapatkan bisa dipaparkan sebagai berikut.

Mempermudah pengembangan usaha

Dengan kepemilikan surat perizinan usaha, tentu bisa membantu kegiatan usaha bisa berekspansi secara lebih luas lagi. Tidak hanya bisa menjangkau seluruh wilayah di dalam negeri, untuk melakukan kegiatan ekspor dan impor dari luar negeri pun bisa dilakukan.

Mudah dapat proyek

Bagi pengusaha yang selalu berkaitan dengan hadirnya suatu investor, tentunya harus bisa menarik perhatian para investor agar bisa terlibat dalam bidang bisnis yang sedang dijalani.

Dengan kepemilikan surat izin usaha ini tentu menjadi langkah awal bagi para investor, untuk bisa mempercayakan modalnya kepada bisnis Anda.

Mudah mendapatkan bantuan dana

Untuk bisa mengembangkan sebuah bidang usaha, adakalanya memerlukan dana suntikan agar bisa mendatangkan profit yang lebih besar. Dan salah satu upaya mendapatkan dana suntikan dana tambahan untuk bisnis ini, tentunya bisa dilakukan dengan mengajukan pinjaman ke Bank.

Namun tahukah Anda, faktanya Bank umum atau bank besar biasanya tidak akan memberi pinjaman bagi perusahaan yang tidak memiliki surat izin usahanya. Mengapa demikian? Sebab Bank tidak terlalu yakin dan percaya terhadap perusahaan yang tidak disertai izin usahanya, akan bisa berkembang dengan baik.

Cara Urus Izin Usaha Secara Langsung

Setelah Anda mantap mau berbisnis dalam bidang apa dan sudah memiliki tempat usahanya, maka selanjutnya tinggal mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Terlebih bagi pelaku bisnis UMKM, surat perizinan ini sangat diwajibkan untuk dimiliki.

Dan untuk mengurus SIUP, maka Anda bisa langsung mengunjungi kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang sesuai dengan domisili tempat usaha.

Persyaratan umum cara urus izin usaha SIUP

Adapun berbagai persyaratan umum untuk pembuatan SIUP ini, bisa disimak sebagai berikut :

  • Fotokopi KTP atau identitas diri lainnya bila diperlukan
  • Melampirkan fotokopi kartu keluarga (KK) sebanyak 3 lembar
  • Fotokopi NPWP
  • Surat pernyataan yang berisikan bahwa pelaku usaha bersedia untuk mengurus IMB dalam kurun waktu setahun.
  • Fotokopi dari pemilik tanah apabila tempat usahanya adalah menyewa.
  • Surat perjanjian perihal sewa-menyewa tanah bila pelaku usaha menyewa tanah tempat berusahanya.
  • Menyertakan pas foto berwarna sedikitnya sebanyak dua lembar dengan ukuran 3×4.

Prosedur pengurusan cara urus izin usaha SIUP

cara urus izin usaha

Setelah persyaratan sudah lengkap, maka berikut cara mengurus SIUP yang bisa dilakukan :

  1. Membawa persyaratan yang sudah disebutkan diatas
  2. Mengambil formulir pendaftaran SIUP yang bisa diambil di kantor dinas perdagangan setempat.
  3. Mengisi formulir pendaftaran SIUP dengan benar, lalu fotokopi sebanyak 2 lembar
  4. Melakukan pembayaran biaya penerbitan surat izin usaha, yang untuk nominal biayanya sendiri berbeda-beda tergantung wilayah domisili perusahaan.
  5. Mengambil SIUP yang bisa diambil di dinas terkait, dengan masa waktu paling lama 2 minggu.

Cara urus izin usaha via online

Bisa dikatakan kini untuk mengurus perizinan usaha, dikatakan lebih mudah karena sudah mengalami penyederhanaan dari pemerintah. Dan perihal cara urus izin usaha online ataupun jenis bisnis lainnya, kini bisa dilakukan via online, dengan layanan dari OSS.

Yang mana Online Single Submission atau OSS ini merupakan sebuah sistem yang bisa menjadi gerbang utama perihal mengajukan izin usaha di Indonesia. Semua bidang bisnis bisa diajukan perizinannya di OSS ini, kecual di bidang sektor keuangan, tambang, gas bumi serta perminyakan.

Adapun cara urus izin usaha OSS ini adalah sebagai berikut :

Buat akun OSS

Kunjungi halaman website resmi OSS, lalu lakukan pendaftaran seperti biasa dengan mengklik menu “Daftar” yang persis berada di sebelah pojok kanan atas halaman website.

Bila proses pendaftaran sudah selesai, maka tinggal melakukan langkah aktivasi melalui alamat email yang telah sebelumnya dicantumkan. Klik tombol aktivasi untuk bisa dengan segera mengaktifkan akun OSS Anda.  

Masuk kembali ke halaman website OSS untuk melakukan login, yang username nya di isi dengan alamat email dan paswordnya, yang sudah dikirimkan kedalam email pada saat aktivasi.

Masuk ke menu login cara urus izin usaha

Login dengan menggunakan akun yang sudah dimiliki, lalu klik menu tombol perizinan berusaha. Selanjutnya tinggal pilih jenis badan usaha yang sesuai dengan bidang bisnis yang Anda miliki.

Isi dengan benar dan lengkap formulir data legalitas yang didalamnya berisi data perusahaan, data maksud & tujuan, data legalitas serta data pengurus & pemegang saham.

Mendapatkan NIB

Nib atau kepanjangan dari Nomor Induk Berusaha merupakan identitas pelaku usaha yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh lembaga OSS. Yang mena setelah NIB ini didapatkan, maka pelaku usaha bisa selanjutnya mengajukan izin usaha serta izin komersial atau operasionalnya.

Disini juga Anda akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran ke BPJS Ketenagakerjaan, untuk selanjtunya bisa masuk ke proses izin usaha.

Masuk kedalam proses cara urus izin usaha

Setelah NIB didapat, lengkapi formulir kegiatan usaha yang diantaranya ada data lokasi, proyek, izin usaha, draft proyek dan izin usaha, serta output proyek dan izin usaha.

Selain itu ada beberapa yang harus dilengkapi juga bila dipersyaratkan bagi jenis usaha Anda, seperti diantaranya ada IMB & SLF, izin lokasi serta izin lingkungan.

Langkah proses izin komersial atau operasional

Bila beberapa langkah diatas sudah dilakukan, maka Anda tinggal masuk kedalam proses perizinan komersial dan operasional perusahaan.