Harga Buat PT: Simak Prosedur Pembuatan PT di Tahun 2022

,
harga buat pt

Officenow – Berbicara tentang dunia bisnis di era sekarang, maka sudah semakin banyak pebisnis yang tertarik untuk mencari tahu harga buat PT. Tidak heran kenapa banyak pebisnis yang tertarik untuk merubah badan usahanya menjadi sebuah PT, mengingat ada banyak benefit yang bisa didapatkan.

Perseroan Terbatas atau PT ini sendiri merupakan salah satu badan usaha yang dilandasi dengan hukum yang kuat, dengan berdasarkan persekutuan modal para pendirinya. Dan untuk modal dasarnya sendiri, terbagi atas beberapa lembar saham yang masing-masing dimiliki oleh pendiri perusahaan.

Persyaratan Harga buat PT

harga buat pt

Kalaupun Anda tertarik untuk mendirikan PT ini, berikut hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu

  1. Didirikan minimal sebanyak 2 orang
  2. Pemilihan nama PT harus terdiri dari tiga suku kata, dan tidak boleh mengandung bahasa asing
  3. Pengurus PT minimal terdiri dari satu direktur dan satu komisaris
  4. Memiliki modal dasar bedasarkan kesepakatan pendiri PT, namun untuk PT PMA modal besarnya sudah ditentukan di angka 10 miliar.
  5. Melakukan setoran modal minimal 25% berdasarkan modal dasar perusahaan.
  6. Susunan pengurus PT wajib mengambil bagian saham

Setelah hal diatas sudah dipersiapkan, maka berikut persyaratan adminstratif yang harus Anda lengkapi.

  1. Surat pernyataan domisili
  2. Pernyataan KBLI yang ada materainya
  3. Surat pernyataan setor modal
  4. Fotokopi identitas atau KTP dari susunan pengurus serta pemegang saham PT
  5. Surat kuasa bila ada yang dikuasakan
  6. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pribadi dari para pengurus perusahaan.

Prosedur pembuatan PT terbaru

Untuk prosedur pembuatan PT terbaru ini, bisa Anda simak sebagai berikut:

Mengumpulkan data pendirian PT

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin mendirikan sebuah perusahaan dengan bentuk PT ini adalah, dengan mempersiapkan segala data yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah PT. Dan tentunya data yang diperlukan ini tidaklah sedikit, sehingga Anda harus melakukan persiapan sebelumnya.

Adapun salah satu data yang dibutuhkan adalah mencantumkan nama PT yang akan digunakan. Memang terdengar sepele untuk mencantumkan nama PT yang akan digunakan ini. Namun perlu Anda ketahui bahwa pemberian nama PT ini, tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Yang mana nama PT yang akan digunakan ini, minimal harus terdiri dari tiga suku kata dan tidak boleh menggunakan serapan bahasa asing. Selain itu juga, pemberian nama PT ini juga tidak diboleh mengandung nama yang sama dengan PT yang sudah digunakan oleh perusahaan lainnya.

Selepas mempersiapkan nama PT yang akan digunakan, Anda juga harus mempersiapkan berbagai data kelengkapan lainnya. Seperti diantaranya ada tempat dan kedudukan PT, maksud dan tujuan PT, struktur permodalan PT, dan juga list pengurus PT.

Mengurus akta pendirian harga buat PT di Notaris

Selanjutnya, ketika data-data administratif diatas sudah Anda lengkapi, maka bisa langsung mengurus pembuatan akta pendirian perusahaan di Notaris. Dan semua pendiri PT diharuskan untuk melakukan penanda tanganan akta pendirian ini, langsung di hadapan Notarisnya.

Akan tetapi jika ada salah satu pendiri PT ini berhalangan untuk hadir, maka masih bisa dikuasakan kepada pihak lain. Hal ini menjadi sangat penting karena Notaris nantinya akan membacakan serta menjelaskan apa saja yang tercantum dalam akta pendirian yang akan dibuat.

Dan pada saat penandatangan akta pendirian perusahaan ini, Notaris juga akan meminta beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti penggunaan nama PT, alamat PT, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Anda harus siapkan beberapa dokumen yang diperlukan sebelum pergi ke kantor Notaris tersebut.

Sebaiknya juga Anda mempersiapkan harga buat PT di Notaris ini dengan besaran tarif yang sudah disepakati.

Pengesahan Surat Keputusan dari Menteri

Setelah akta pendirian PT Notaris sudah ditangan, maka selanjutnya Notaris akan langsung mengajukan pengesahan badan hukum berbentuk PT ini, kepada Menteri yang bersangkutan. Yang tak lain Menteri yang dimaksud ini adalah kepada Menteri Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhukam).

Kemudian Menteri tersebut akan mengeluarkan surat berupa SK pengesahan badan hukum PT, yang sehingga PT tersebut sudah resmi diakui sebagai salah satu badan hukum yang sah di Indonesia. Dan karena sudah resmi berbadan hukum, PT bisa bebas untuk melakukan kontrak dengan pihak ketiga, dan juga dapat melakukan perbuatan hukum lainnya dengan beratasnamakan PT.

Melakukan kepengurusan NPWP

Karena PT sudah resmi berbadan hukum, maka PT sudah bisa dianggap sebagai salah satu subjek hukum baru oleh Negara. Oleh karenanya PT akan memiliki hak serta kewajiban yang akan melekat selama PT ini berdiri.

Adapun salah satu bentuk kewajiban dari PT yang sudah berbadan hukum ini yaitu harus memiliki NPWP. Yang mana Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) ini merupakan sebuah tanda pengenal diri, atau identitas wajib pajak perihal melaksanakan hak dan kewajiban mengenai perpajakan.

Dan untuk melakukan kepengurusan NPWP ini, bisa Anda lakukan di kantor pelayanan pajak setempat, sesuai dengan domisili PT.

Melakukan kepengurusan NIB

Setiap perusahaan pastinya didirikan untuk melakukan kegiatan komersil, atau melakukan berbagai upaya untuk mencari profit sebesar-besarnya. Namun untuk bisa menjalankan kegiatan komersil ini, setiap perusahaan diwajibkan untuk memiliki NIB.

NIB ini sendiri merupakan kepanjangan dari Nomor Induk Berusaha, yang dapat difungsikan sebagai identitas suatu usaha. Dan selain itu juga NIB bisa difungsikan sekaligus sebagai Angka Pengenal Impor (API), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan juga Akses Kepabeanan.

Dan untuk melakukan kepengurusan NIB ini, sekarang bisa dilakukan dengan mudah melalui layanan OSS. Yang mana OSS atau kepanjangan dari Online Single Submission ini merupakan system perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik, atas nama Menteri, Gubernur atau Bupati/Walikota atau Pimpinan Lembaga yang diberikan kepada para pelaku bisnis. 

Untuk melakukan kepengurusan NIB ini, maka Anda bisa langsung mengunjugni situs resmi Online Single Submission ini melalui gadget yang dimiliki.

Biaya Harga Buat PT

Menyinggung mengenai biaya buat PT di tahun ini, sebenarnya tidak ada perbedaan dengan biaya buat PT 2020 dan juga biaya buat PT 2021. Yang dimana untuk harga bikin PT 2021 dan 2022 ini, masih tidak ada batasan standar untuk nominal biaya yang akan dikeluarkan.

Karena untuk besaran harga buat PT perorangan ataupun harga pembuatan ptk ini, bisa dibedakan tergantung kapasitas PT itu sendiri. Dengan artian semakin besar kapasitas PT yang akan didirikan, maka akan semakin besar pula untuk harga buat PT perorangannya.

Hal lain yang juga bisa membedakan harga buat PT ini sendiri biasanya adalah karena faktor domisili PT nya itu sendiri. Hal ini dikarenakan setiap wilayah di Indonesia ini, memiliki kebijakan tersendiri terkait pembuatan PT nya. Alhasil berbeda domisili suatu PT, maka nominal untuk biaya pembuatan PT ini, akan terdapat perbedaan pula.

Namun sebagai gambaran saja, untuk mengurus anggaran mendirikan PT ini bisa sampai memakan biaya sampai 3 sampai 11 jutaaan saja. Dan agar bisa lebih cepat dalam mengurus PT nya ini, sekaligus menghemat tenaga Anda, maka bisa mempercayakan pembuatan ini kepada Officenow saja.

Posted in Blog

Rabu Jun 22 11:09 am

Tidak ada Komentar