About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Jasa Pembuatan SBU Untuk Usaha Jasa Konstruksi 2022

Office Now – Jasa pembuatan SBU adalah layanan yang akan bisa membantu memudahkan para pengusaha dalam mengurus bukti kelayakan usaha tersebut. Anda bisa menemukan keberadaan penyedia jasa ini di berbagai daerah di Indonesia, terutama di kota-kota besar.

Keberadaan SBU merupakan salah satu poin penting yang terutama menyangkut aspek profesionalisme suatu usaha konstruksi. Oleh karena itu, para pengusaha yang bergerak di bidang itu perlu memastikan kepemilikannya, salah satunya melalui jasa pembuatan SBU.

Apakah Itu SBU?  

Istilah SBU berasal dari huruf singkatan Sertifikat Badan Usaha. Sertifikat ini merupakan bukti pengakuan formal atas kompetensi serta kemampuan suatu usaha jasa konstruksi dalam menjalankan aktivitas operasionalnya.

Itulah sebabnya para pelaku usaha konstruksi wajib mempunyai SBU jika ingin mendapatkan proyek, terutama yang berskala besar. Yang termasuk dalam kategori pelaku usaha konstuksi ini meliputi tenaga perencana, pelaksana atau kontraktor, konsultan, serta pengawas.  

Institusi yang berwenang untuk menerbitkan SBU dahulu adalah LPJK atau Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi. Namun, berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 1792 tahun 2020, kewenangan itu dialihkan pada Lembaga Sertifikasi Badan Usaha atau LSBU.

Perubahan ini berlaku mulai 7 Desember 2021. Sekarang Anda bisa mengurus pembuatan SBU secara online dengan bantuan pihak LSBU atau jasa pembuatan SBU konstruksi. Situs pembuatan izin online tersebut dikenal dengan nama OSS (Online Single Submission).

Sebagai tambahan informasi, dahulu keberadaan SBU ini juga menjadi syarat untuk mengurus pembuatan SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi). Itulah sebabnya penawaran jasa pembuatan SBU dan SIUJK dulu seringkali dikemas dalam bentuk satu paket layanan.

Namun, belum lama ini pihak Direktorat Jenderal Bina Konstruksi telah menghapuskan aturan mengenai keharusan perusahaan konstruksi memiliki SIUJK. Hal ini tercantum secara detail dalam mengeluarkan surat bernomor BK.04.01-Dk/349.

Apa Sajakah Syarat yang Diperlukan Untuk Mengurus Pembuatan SBU?

Untuk mengurus pembuatan SBU, baik secara mandiri ataupun memanfaatkan jasa biro, umumnya ada sejumlah berkas persyaratan yang perlu Anda penuhi. Adapun berkas persyaratan tersebut antara lain meliputi:  

  • Akta pendirian perusahaan jasa konstruksi
  • Surat Keputusan (SK) pengesahan perusahaandari Kementerian Hukum dan HAM
  • SKDP atau Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  • Surat izin menjalankan usaha berupa NIB (Nomor Induk Berusaha)
  • Neraca dan laporan keuangan perusahaan selama setahun terakhir
  • Kartu identitas (KTP) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pengurus serta penanggung jawab perusahaan
  • Daftar riwayat hidup atau Kartu Keluarga (KK) penanggung jawab
  • Surat bukti PKP (Pengusaha Kena Pajak)
  • Pas foto penanggung jawab ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar
  • Surat Keterangan Ketrampilan (SKT) dan Surat Keterangan Keahlian (SKA)

Pengajuan berkas persyaratan ini umumnya akan dilanjutkan dengan proses sertifikasi atau penilaian kesiapan perusahaan dalam beroperasi oleh pihak yang berwenang. Menurut sejumlah sumber, proses ini biasanya memerlukan sejumlah biaya.

Setelah selesai menjalani sertifikasi dan dinyatakan lulus, barulah Anda akan memperoleh SBU. Pihak jasa pembuatan SBU Jakarta atau daerah lainnya yang Anda manfaatkan umumnya dapat membantu mempercepat dan mempermudah jalannya prosedur ini.

Apakah Keuntungan Memanfaatkan Jasa Pembuatan SBU?

Untuk dapat menggunakan layanan jasa pembuatan SBU Bandung atau kota lainnya sesuai domisili, Anda tentunya perlu menyiapkan sejumlah dana pembayaran. Namun, hal tersebut bisa dibilang relatif sepadan dengan manfaat yang akan Anda peroleh.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan sebagai hasil bekerja sama dengan pihak penyedia jasa pembuatan SBU profesional antara lain:

Mampu mengurus prosedur dengan lebih praktis, mudah, dan cepat

Dengan adanya bantuan dari pihak penyedia jasa layanan pembuatan SBU, Anda tak akan kerepotan lagi mengurus semuanya sendiri. Anda bisa mempercayakan berkas persyaratan yang telah disiapkan kepada mereka untuk diurus sesuai prosedur yang semestinya.

Selain itu, umumnya pihak penyedia jasa ini juga sudah lebih berpengalaman sehingga bisa menyelesaikan prosedur pembuatan SBU tersebut dengan cepat. Anda pun bisa menghindari resiko adanya persyaratan yang terlupakan sehingga proses pembuatan menjadi terkendala.

Berpeluang mendapatkan konsultasi gratis

Pihak penyedia jasa layanan pembuatan SBU tentunya akan dengan senang hati membantu apabila Anda mengalami kendala dalam menyelesaikan prosedur sertifikasinya. Masukan dan saran dari pihak penyedia jasa ini tentunya akan sangat berguna bagi Anda.

Selain itu, bukan tidak mungkin pihak penyedia jasa akan siap sedia untuk membantu Anda mengurus pembuatan kelengkapan izin usaha lainnya.

Selain SBU, Apa Sajakah Jenis Izin Usaha yang Perlu Dimiliki Oleh Usaha Jasa Konstruksi?  

Dalam beberapa tahun terakhir ini pemerintah telah berupaya untuk lebih menyederhanakan soal kebutuhan perizinan bagi berbagai jenis kegiatan usaha. Peraturan terbaru mengenai izin usaha ini adalah PP nomor 5 tahun 2021 yang mengatur tentang perizinan berbasis resiko.

Berdasarkan PP ini, jenis perusahaan terbagi menjadi empat kategori, yakni perusahaan beresiko rendah, menengah-rendah, menengah-tinggi, dan tinggi. Masing-masing kategori perusahaan memiliki kewajiban kepemilikan izin yang agak berbeda.  

Dengan mengacu pada PP nomor 5 tahun 2021 tersbut, jenis izin usaha yang wajib dimiliki oleh perusahaan konstruksi adalah:

NIB (Nomor Induk Berusaha)

Keempat kategori perusahaan yang tercantum dalam PP Perizinan Berbasis Usaha wajib memiliki NIB ini tanpa terkecuali. Hal itu karena NIB berfungsi sebagai nomor identitas untuk setiap jenis kegiatan usaha.

Dengan adanya NIB, maka Anda kini tidak lagi memerlukan perizinan berbentuk TDP (Tanda Daftar Perusahaan). Selain itu, fungsi NIB juga dapat sekaligus menggantikan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), API (Angka Pengenal Impor), dan akses kepabean.

Sertifikat Standar

Kepemilikan Sertifikat Standar ini wajib untuk kategori perusahaan beresiko menengah-rendah sampai tinggi. Keberadaannya merupakan bukti kesiapan Anda untuk mengelola perusahaan sesuai standar aturan yang berlaku guna mengantisipasi skala resiko aktivitasnya.

Mengingat skala resiko dari aktivitas usaha jasa konstruksi tidak tergolong rendah, maka Anda perlu memiliki perizinan berbentuk Sertifikat Standar ini.

Apa Saja Pertimbangan Dalam Memilih Jasa Pembuatan SBU yang Tepat?

Ada beberapa kriteria yang umumnya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih biro jasa pembuatan izin yang tepat, antara lain:

Memiliki rekam jejak yang kredibel

Hal ini tentunya sangat penting untuk menghindarkan Anda dari resiko terjebak dalam hubungan kerja sama dengan biro yang tidak profesional. Hal ini akan sangat merugikan karena dapat mengganggu kelancaran operasional usaha Anda.

Menetapkan tarif layanan yang masuk akal

Urusan harga hampir selalu menjadi bahan pertimbangan utama seseorang dalam memilih sesuatu. Namun, sebaiknya Anda berhati-hati dengan biro jasa yang mematok tarif terlalu ekstrem. Pilihlah biro yang menawarkan jasa layanan optimal dengan harga masuk akal.

Menurut peraturan, usaha konstruksi yang tidak memiliki SBU akan terkena sanksi sebesar 10-20 persen dari semua nilai kontraknya. Oleh karena itu, Anda tak boleh sampai lupa membuatnya. Jika Anda tak sempat mengurusnya sendiri, manfaatkan jasa pembuatan SBU.