Kantor Virtual Adalah, Apa Relevansinya Dengan Bisnis Masa Kini?

Kantor Virtual Adalah
, , ,

Office Now-Trend pekerjaan beberapa tahun terakhir banyak yang bersifat online daripada offline. Sehingga memilih kantor virtual adalah untuk perusahaan yang baru saja merintis bisnis, pilihan yang tepat. Pekerja tidak perlu bertatap muka untuk saling berbagi pekerjaan maupun untuk mengelola ide-ide baru.

Kantor Virtual Adalah

Kantor Virtual Adalah

Sering disebut sebagai VO memiliki pengertian ruang kerja yang mempunyai karyawan, namun tidak memiliki ruang kerja secara fisik. Secara fisik adalah tanpa meja, kursi, dan keperluan kantor lainnya.

Hadirnya VO, maka untuk kebutuhan alamat secara fisik tidak menjadi prioritas utama. Anda juga bisa mengganti dengan virtual address. Contoh virtual office dapat Anda lihat pada alamat website perusahaan. 

Kehadiran kantor ini, pekerja bisa melakukan aktivitas bekerja di rumah, kafe, dan lain sebagainya.

Awal Mula Kantor Virtual Adalah

Sejarah Kantor Virtual Adalah

Perkembangan virtual office memiliki sejarang yang cukup panjang sehingga bisa menjadi trend seperti sekarang ini. Hal ini menunjukkan bahwa sistem kerja di VO sudah ada sejak dulu. 

Cikal Bakal Virtual Office Adalah 

Sejarah panjang VO bermula dari munculnya serviced office. Idenya untuk melakukan aktivitas oleh banyak karyawan. Saat itu, gedung perkantoran belum megah seperti tahun-tahun berikutnya melainkan masih berbentuk sederhana.

Cikal bakal tahun 1960-an manfaat kantor virtual dari sebuah kantor serviced office didirikan oleh Paul Fegen. Siapapun yang membutuhkan pelayanan dari jasa apapun harus berkunjung ke alamat kantor tersebut. 

Tanda Awal Virtual Office Adalah

Penanda VO telah muncul memasuki era 1970-an. Saat itu Arpanet diperkenalkan yang menjadikan alasan kemunculan VO. Di era ini juga sudah banyak muncul peneliti di bidang teknologi sehingga sudah menemukan inovasi-inovasi canggih.

Attorney Office inc pada tahun 1973 sudah menerapkan sistem baru. Tujuannya untuk mempermudah klien. Mereka menamai program ini off-site tenant.

Berkembangnya Teknologi Perkantoran

Penggunaan internet sudah lahir dan mengalami proses perkembangan seiring waktu. Pada tahun 1981, komputer portable sudah lahir dan menjadi keberhasilan dari para peneliti. Sebab sebelumnya, komputer menjadi teknologi yang canggih.

Lahirnya Virtual Office

Frank Cottle merupakan leader dari perusahaan yang menggunakan kantor virtual office adalah tercatat pada tahun 2006. Frank menamainya Davinci Virtual Offices. Kantor tersebut beroperasi di 30 negara serta memiliki 1000 titik lokasi.

Pada tahun 2010, kelebihan dan kekurangan kantor virtual semakin menarik perhatian perusahaan startup. 

Kelebihan Bekerja di Kantor Virtual Adalah

Kelebihan Bekerja di Kantor Virtual Adalah

Banyak manfaat sebuah perusahaan memilih VO. Sangat cocok untuk perusahaan kecil atau perusahaan yang baru saja merintis dan mengembangkan bisnisnya. 

Kebutuhan yang harus terpenuhi untuk menjalankan sebuah perusahaan juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Berikut beberapa keuntungan memilih kantor virtual adalah:

Kantor Virtual Adalah Lebih Fleksibel

Bekerja di VO membuat Anda lebih fleksibel menentukan waktu kerja. Bisa bebas memilih bekerja di pagi hari maupun malam hari semua itu tergantung pada kesanggupan Anda.

Jika Anda bekerja di perusahaan menganut sistem konvensional, harus datang pagi dan pulang sore sesuai jadwal. Berbeda dengan bekerja di VO yang bisa menyesuaikan.

Hemat Biaya

Kantor virtual adalah lebih hemat dibandingkan kantor konvensional. Anda tidak harus memiliki peralatan untuk mendukung keberadaan sebuah kantor. Cukup menggunakan komputer dan jaringan internet, Anda sudah bisa bekerja. 

Kantor Virtual Adalah Baik Untuk Citra Perusahaan

Layanan VO salah satunya adalah menyediakan alamat perusahaan. Walaupun kantor hanya berbentuk virtual, maka perusahaan sudah bisa menggunakan alamat tersebut. 

Menggunakannya sebagai domisili resmi untuk kebutuhan surat menyurat sudah diatur oleh pengelola. VO ini juga bisa berbadan hukum seperti layaknya kantor lainnya.

Mudah Pindah Kantor

Pengelola kantor virtual adalah memberikan paket sewa sangat bervariasi. Anda bisa memilih harga bulanan sampai harga tahunan. Jika Anda ingin dekat dengan klien bisa memilih berpindah ke tempat yang strategi. 

Hal ini tentu saja tidak bisa Anda lakukan ketika memiliki kantor tetap. Ketika pindah tempat, kantor akan mengeluarkan banyak biaya. 

Kekurangan Kantor Virtual Adalah

Setelah mengenali beberapa kelebihan virtual office, kini Anda wajib menyimak kekurangannya berikut ini:

Hubungan Dengan Karyawan Kurang Dekat

Lazimnya, para pekerja yang tergabung dalam perusahaan VO komunikasi berlangsung secara virtual. Ini menjadi salah satu kekurangan kantor virtual adalah kurang dekatnya hubungan antar karyawan. Sehingga kurang adanya ikatan personal.

Karyawan Kurang Fokus

Bekerja secara remote membuat interaksi secara langsung dengan pimpinan kurang. Karyawan akan mudah kehilangan fokus saat menyelesaikan tugas. Untuk mengantisipasinya, pimpinan perusahaan harus mengadakan evaluasi secara rutin.

Evaluasi ini akan membuat karyawan termotivasi untuk lebih fokus mengerjakan tugasnya masing-masing.

Waktu Kerja Sering Disepelekan

Masalah waktu kerja di kantor virtual adalah paling sering menjadi masalah. Menyelesaikan pekerjaan jarak jauh terkadang membuat karyawan sedikit bersantai. Akhirnya beberapa memilih memulai kerja di siang atau tengah malam.

Relevansi Virtual Office Dengan Bisnis Masa Kini

Kantor virtual dimulai pada tahun 2006 kini berkembang jauh lebih baik. Pemilik usaha terutama para entrepreneur memerlukan konsep bekerja dengan sistem VO. Pola kerja statis berganti dengan sistem yang lebih dinamis.

Interaksi kerja benar-benar menggunakan teknologi yang lebih efisien. Kemampuannya dalam mengurangi biaya operasional menjadi faktor pendorong banyaknya orang yang tertarik. 

Apalagi di era teknologi seperti sekarang ini, kombinasi teknologi dan komunikasi menjadi sistem yang terpadu. Koordinasi antar elemen menjadi lebih cepat dan tepat.

Keberadaan kantor virtual adalah meningkat signifikan sampai tahun 2030. Para ahli berpendapat bahwa akan banyak lagi yang memilih VO dengan alasan, yaitu:

Kesadaran Hidup Sehat

Masyarakat akan belajar dari situasi pandemi bahwa bekerja dalam satu ruangan dengan banyak orang berpotensi menimbulkan penyakit. Meskipun sudah dilakukan pembersihan, resiko penularan tidak dapat terhindarkan. Pilihan untuk bekerja di rumah menjadi pilihan terbaik.

Kesadaran Terhadap Lingkungan

VO memberikan satu entitas bangunan fisik untuk lokasi perusahaan. Hal ini akan menghemat biaya. Luas lahan juga bisa bermanfaat untuk ruang terbuka hijau karena berkurangnya pembangunan untuk kantor.

Selain itu, jumlah perangkat elektronik juga bisa berkurang sekaligus mengurangi penyumbang terbesar karbon ke udara. Sehingga kantor virtual adalah tepat penerapannya untuk memangkas emisi karbon.

Rekrutmen Tenaga Kerja Mumpuni

Banyaknya ekspansi yang dilakukan perusahaan ke kota-kota besar. Namun, justru sering menimbulkan beberapa permasalahan yakni kerusakan fasilitas perusahaan.

Memilih VO bisa bebas merekrut siapapun untuk bekerja, meskipun kantor virtual berada sangat jauh. Proses rekrutmen juga mudah tanpa perlu datang ke perusahaan.

Bias Pada Dunia Kerja

Terkadang pada dunia kerja terjadi bias apalagi jika menyangkut keadaan fisik. Namun, perlahan prinsip ini kembali terdengar. Perusahaan akan memprioritaskan kemampuan terutama pada cara kerja virtual office berbeda dari kantor konvensional.

Banyaknya kelebihan dan kekurangan sehingga kantor virtual adalah pilihan paling tepat dan bisa berlangsung hingga masa mendatang. Mengingat mampu mengurangi dampak buruk pembangunan karena industri.

Posted in Blog

Jumat Nov 12 9:50 am

Tidak ada Komentar