Pembuatan PT di Bekasi: Ikuti Tahapannya dengan Benar!

Pembuatan PT di Bekasi
, ,

Office Now – Sejak diterapkannya Undang-Undang Cipta Kerja, proses pengajuan izin semakin mudah dibandingkan sebelumnya. Termasuk pembuatan PT di Bekasi bisa dengan mudah dilakukan. Ketahui persyaratan serta tahapan pendiriannya secara tepat.

Persyaratan Pembuatan PT di Bekasi 

Persyaratan Pembuatan PT di Bekasi

Bagi pelaku yang berdomisili di kota Bekasi dan sekitarnya, bisa menggunakan jasa bikin PT Bekasi untuk mempermudah prosesnya. Pada dasarnya, jika Anda ingin menjalani proses yang cepat dan mudah, penuhi semua persyaratan pendirian PT. 

Untuk mendirikan sebuah PT harus terpenuhi syarat umum dan syarat khusus.

Syarat Umum

Simak beberapa syarat umum yang harus pemilik usaha penuhi, antara lain:

  • Perseroan Terbatas terdiri dari minimal 2 orang pendiri. Satu orang memiliki saham atas PT. Sedangkan satu lagi menjadi pengurus sekurang-kurangnya terdiri dari 1 direktur dan 1 komisaris.
  • Mempersiapkan nama PT yang terdiri dari 3 kata. 
  • Akta pendirian perusahaan yang telah mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham RI.
  • Sedangkan untuk permodalan sendiri, PT dibagi menjadi PT kecil dengan modal minimal Rp50 juta. Untuk PT Menengah modal minimal Rp500 juta, sedangkan untuk PT besar modal minimal Rp10 miliar.
  • Selain itu, pembuatan PT di Bekasi juga memerlukan NPWP sesuai dengan data yang tertera pada KTP.
  • Jika para pendiri merupakan suami-istri, maka bisa mengajak satu orang lagi sebagai pengurus. Namun, jika sudah memiliki perjanjian pra nikah, hal ini tidak perlu lagi.
  • Sebelum mengajukan permohonan izin, alangkah baiknya harus memastikan tidak ada tunggakan pajak.

Syarat Khusus Pembautan PT di Bekasi

Sedangkan syarat khusus yang harus Anda penuhi, antara lain:

  • Scan KTP dari para pendiri Perseroan Terbatas.
  • Fotokopi NPWP para pendiri PT.
  • Scan kartu keluarga dari para pendiri PT.
  • Selain itu, Anda juga harus menyertakan foto direktur dengan ukuran 3X4 dengan latar belakang merah.
  • Fotokopi dari Pajak Bumi dan Bangunan minimal satu tahun terakhir.
  • Selanjutnya, Anda memerlukan Surat Keterangan Domisili. SKD ini bisa Anda peroleh dari pengelola gedung, atau mengajukannya ke RT atau RW setempat.
  • Kantor operasional perusahaan berada di kawasan perkantoran, plaza atau ruko.

Tahapan Pembuatan PT di Bekasi Sejak Berlakunya OSS RBA

Tahapan Pembuatan PT di Bekasi Sejak Berlakunya OSS RBA

Setelah mengetahui persyaratan pembuatan PT di Bekasi, selanjutnya Anda harus tahu bagaimana tahapannya, seperti:

Mempersiapkan Data Pendiri

Simak beberapa hal berkaitan dengan data pendiri PT, antara lain:

Nama

Siapkan minimal nama PT yang terdiri dari 3 suku kata. Anda tidak boleh menggunakan kata dalam bahasa asing maupun kata serapannya. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat pada Peraturan Pemerintah nomor 43 Tahun 2011.

Tempat dan Kedudukan PT

Kedudukan PT merupakan alamat dan kedudukan hukum perseroan terbatas yang terletak di wilayah kotamadya maupun kabupaten. Misalnya, apabila memilih Jakarta Selatan sebagai tempat kedudukan dalam pendirian PT maka alamat juga harus di wilayah Jakarta Selatan.

Jika alamat PT bukan berada di Jakarta Selatan, maka berdasarkan praktek dianggap sebagai cabang. Untuk selanjutnya, maka pemilik usaha wajib membuat akta cabang dan mengurus perizinannya.

Maksud dan Tujuan

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam maksud dan tujuan perseroan terbatas, yaitu:

  • Pemilik usaha harus memilih bidang usaha apapun, terkecuali ada larangan oleh peraturan perundang-undangan.
  • Selanjutnya bidang usaha harus tertulis dalam akta pendirian Perseroan Terbatas.
  • Selain itu bidang usaha yang telah berjalan harus memiliki izin usaha.

Struktur Permodalan 

Dalam undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 telah mensyaratkan minimal modal dasar sebesar Rp50 juta untuk mendirikan sebuah PT. Sedangkan untuk modal minimal sebesar 25 persen.

Namun, setelah berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja, maka ketentuan mengenai modal disetor untuk pendirian PT. Pemilik usaha yang telah menyetorkan modal di rekening atas nama PT untuk kegiatan usaha. 

Pengurus PT

Untuk struktur pengurus terdiri dari unsur direktur dan komisaris jika ada lebih dari satu direktur, maka bisa mengangkat salah satu menjadi direktur utama. Hal yang sama berlaku juga untuk komisaris.

Direktur memiliki tugas menjalankan perusahaan sehari-hari. Tugas ini termasuk tanda tangan kontrak, tanda tangan giro dan cek atas nama perusahaan. 

Sedangkan seorang sekretaris memiliki tugas untuk memberikan nasehat kepada direktur.Anda garis bawahi bahwa komisaris tidak memiliki hak bertindak atas nama perusahaan. Sehingga komisaris tidak berhak menandatangani kontrak serta lain-lainnya.

Menentukan Domisili Perusahaan

Menentukan Domisili Perusahaan

Biaya pembuatan PT di Bekasi tidak terpengaruh oleh domisili perusahaan. Khusus untuk wilayah DKI Jakarta menentukan domisili perusahaan harus berdasarkan Perda Nomor 1 Tahun 2014. Sehingga domisili perseroan terbatas tidak boleh di rumah sudah ada penetapan daerah-daerah berdasarkan zonasi.

Membuat Akta Pendirian

Untuk membuat akta pendirian perusahaan, Anda bisa meminta bantuan notaris. Anda bisa menggunakan notaris di mana saja asalkan sudah memiliki SK pengangkatan dan tersumpah serta terdaftar di Kemenkumham.

Dalam proses penandatanganan akta, maka semua pendiri perseroan terbatas harus hadir di hadapan notaris. Apabila ada salah satu pendiri yang berhalangan hadir, maka bisa membuat kuasa. Selain itu, notaris akan membacakan isi akta pendirian juga akan menjelaskan pasal-pasal di dalam akta. 

Pengesahan SK Pendirian PT

Setelah proses pembuatan akta selesai, maka Anda perlu mengajukan pengesahan badan hukum yang diwakilkan oleh notaris di Kemenkumham. Setelah itu, menteri akan mengeluarkan surat keputusan mengenai pengesahan badan hukum dari PT. 

Sehingga PT telah lahir sebagai badan hukum yang setelah mendapat pengakuan dari negara. Maka akibat hukumnya, PT merupakan objek hukum baru yang memiliki hak dan kewajiban.

Salah satu kewajiban setelah pembuatan PT di Bekasi selesai, yaitu memiliki NPWP. Selain itu, PT juga bisa melakukan kontrak dengan pihak ketiga dan melakukan perbuatan hukum atas nama PT.

Mengurus NPWP

Nomor Pokok Wajib pendapatan merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak nomor tersebut sebagai sarana dalam administrasi perpajakan. Selain itu, NPWP berlaku juga sebagai tanda pengenal diri dari wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

NPWP terdiri dari 15 digit. Untuk 9 digit pertama merupakan kode wajib pajak dan 6 digit merupakan kode administrasi. Dalam pendirian sebuah PT, maka harus ada dua dokumen yang terkait dengan kewajiban perpajakan, yaitu NPWP dan SKT pajak.

Mengurus NIB di OSS RBA

Tujuan pemilik bisnis mendirikan sebuah perusahaan adalah melakukan kegiatan komersial sehingga tujuannya untuk mencari keuntungan. Untuk menjalankan kegiatan usaha. Setiap perusahaan harus memiliki nomor induk berusaha. NIB bisa Anda dapatkan melalui sistem OSS.

Dasar hukum dari online single submission yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2018. Peraturan perundang-undangan tersebut mengatur tentang pelayanan perizinan terintegrasi secara elektronik. 

OSS sudah mengalami beberapa kali perubahan versi titik terakhir, OSS RBA yang menjadi acuan. Tujuan dari terbentuknya OSS yaitu untuk memotong birokrasi yang rumit pada perizinan berusaha. Sehingga untuk memperoleh izin sekarang lebih mudah 

Setiap pemilik usaha yang melakukan pembuatan PT di Bekasi harus memenuhi semua persyaratan baik umum maupun khusus. Selain itu, ikuti tahapan pengurusan Izin sehingga tidak ada yang terlewatkan.

Posted in Blog

Kamis Agu 18 3:36 pm

Tidak ada Komentar