Pembuatan SBU Lebih Mudah Secara Online, Ketahui Cara dan Syaratnya

pembuatan SBU
,

Office Now – Sertifikat Badan Usaha atau SBU adalah salah satu bukti suatu perusahaan. Setiap perusahaan harus melakukan pembuatan SBU. Alasannya surat tersebut merupakan pembuktian kalau perusahaan tersebut sudah lulus sertifikasi atas kinerjanya dalam menyediakan barang atau jasa. 

Sebuah perusahaan yang memiliki Sertifikat Badan Usaha berhak untuk mengikuti pelelangan atau tender yang berhubungan dengan instansi pemerintah. Selain itu juga bisa mengikuti tender pada pertambangan minyak, gas, dan BUMN. Lalu bagaimana cara dan berapa biaya pembuatan SBU? Ikuti terus ulasannya. 

Apa Itu SBU

apa itu sbu

Sertifikat Badan Usaha atau SBU adalah sebuah surat sertifikasi yang mengeluarkannya Badan Sertifikasi Terakreditasi KADIN atau LPJK. Sebuah perusahaan akan mendapatkan surat tersebut jika sudah lulus sertifikasi. 

Adanya surat tersebut membuktikan kalau perusahaan mampu melakukan semua pengadaan barang atau jasa. Sesuai dengan klasifikasi Bidang, Sub Bidang  dan kualifikasi yang tercatat dalam Sertifikasi Badan Usaha. 

Adanya SBU menjadi bukti formal atas kemampuan perusahaan tersebut yang sesuai dengan klasifikasi dan kualifikasi. Ketika badan usaha mengajukan pembuatan SBU, maka harus memenuhi semua administrasi dan teknisnya. 

Saat pengajuan SBU, badan usaha tersebut harus menyebutkan klasifikasi usahanya yang akan dicantumkan dalam surat permohonan. Adanya SBU bagi badan usaha akan memberikan beberapa keuntungan. 

Keuntungan Pembuatan SBU 

Pembuatan SBU sangat penting bagi suatu perusahaan yang ingin melebarkan usahanya. Ketika sebuah badan usaha memiliki SBU, maka akan mendapatkan manfaat dari surat sertifikasi tersebut. apa saja manfaatnya? Begini ulasannya. 

  1. Klien lebih percaya kredibilitasnya

Setiap klien pasti memiliki hak untuk mempertanyakan tentang krediilitas perusahaan yang ingin diajak bekerja sama. Sebelum memberikan sebuah proyek, pastinya mereka akan mempertanyakan adanya SBU. 

Adanya SBU tersebut bisa menjadi tolak ukur seberapa kredibel suatu perusahaan tersebut. Sehingga mengetahui seberapa pantas perusahaan tersebut mendapatkan sebuah proyek. 

  1. Bisa ikut mengambil tender besar

Semua perusahaan baik yang besar dan kecil pasti mau menjadi suatu vendor dari mega proyek. Biasanya pemerintah kota yang mengadakan proyek resmi tersebut. Sebuah proyek yang tidak akan bisa diambil oleh sembarangan vendor. 

Tentu saja ada syarat lainnya ketika ingin mempunyai tender besar. Yaitu memiliki SBU dengan bidang yang sesuai dengan proyek resmi  tersebut. Jadi, adanya SBU bisa memiliki kesempatan bisa mendapatkan proyek-proyek besar. 

Syarat-Syarat Membuat SBU

syarat syarat membuat sbu

Kini sudah tahu manfaat suatu perusahaan ketika memiliki SBU. Oleh karena itu, segera buat Sertifikasi Badan Usaha tersebut dan ketahui syaratnya. Berikut beberapa syarat untuk pembuatan SBU. 

  1. Surat Akta Pendirian Badan Usaha.
  2. Surat keterangan domisili perusahaan yang telah dilegalisir oleh kelurahan setempat. 
  3. Fotocopy NPWP perusahaan.
  4. SKT atau Surat Keterangan Terdaftar pajak dan SPPKP atau Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak. 
  5. SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. 
  6. TDP atau Tanda Daftar Perusahaan. 
  7. Salinan KTP dan NPWP pengurus perusahaan. 
  8. Fotocopy pajak tahun terakhir atau SPT Tahunan. 
  9. Surat pajak 3 bulan terakhir, mulai dari PPN sampai PPh. 
  10. Pas foto berwarna penanggung jawab perusahaan ukuran 3×4, 6 lembar. 
  11. Ijazah terakhir serta daftar riwayat hidup pemilik perusahaan. 
  12. Neraca akuntan publik. 

Perlu diketahui kalau pembuatan SBU bisa dilakukan secara online. Pembuatan tersebut tentu saja akan banyak membantu bagi yang sibuk untuk mengembangkan usahanya. Sehingga bisa melakukan pembuatan Sertifikasi Badan Usaha dimana saja dan kapan saja. 

SBU Konstruksi

sbu kontruksi

Diantara semua jenis SBU, sebagian besar banyak yang berminat memiliki SBU konstruksi. Sertifikasi Badan Usaha yang satu ini merupakan sebuah bukti kalau badan usaha tersebut mampu mengikuti pengadaan barang. 

Supaya bisa mendapatkan SBU konstruksi maka bisa mengajukan permohonan kepada Menteri melalui LSBU. Kemudian melakukan pengajuannya bisa secara online  melalui lembaga OSS. 

Adapun tahap untuk pembuatan SBU adalah melakukan permohonan, membayar biaya pembuatan Sertifikasi Badan Usaha, verifikasi dan validasi, serta persetujuan atau penolakan dalam permohonan untuk membuat SBU. 

Pembuatan SBU Konstruksi

Diantara semua jenis usaha, maka perusahaan konstruksi harus lebih memperhatikan adanya SBU. Pasalnya, ada lebih banyak membutuhkan perusahaan konstruksi . Mengingat pembangunan di Indonesia akan selalu tetap berjalan. 

Oleh karena itu, saat ini ada banyak bermunculan perusahaan konstruksi baru. Lalu, bagaimana cara membuat SBU konstruksi 2021? Apakah caranya sama dengan pembuatan SBU lainnya? Berikut cara membuat SBU online melalui OSS.

Pengurusan Sertifikat Tenaga Ahli atau Terampil (SKA/SKT) untuk Pembuatan SBU

Ada banyak orang yang bingung perbedaaan antara SKA dan SKT? Keduanya berbeda, jika memakai sertifikat untuk tenaga ahli akan mengarah pada intelektual. Sedangkan tenaga terampil lebih mengarah pada kemampuan individu. 

Ada beberapa syarat atau dokumen yang harus terkumpul jika ingin melakukan pengurusan sertifikat, baik itu tenaga ahli atau tenaga terampil. 

Jika ingin mengajukan sertifikat tenaga ahli maka ada beberapa dokumen yang harus dikumpulkan. Seperti fotocopy ijazah, surat pengalaman kerja, kompetensi kerja pemohon, fotocopy KTP dan NPWP, serta surat pernyataan kalau semua data benar. 

Adapun jika menginginkan sertifikat tenaga terampil. Maka akan mengumpulkan beberapa dokumen, seperti fotocopy ijazah, daftar pengalaman kerja, fotocopy KTP, surat pernyataan, dan mengurus Sertifikat Badan Usaha. 

Mulai Pengurusan SBU

Langkah selanjutnya adalah mulai pengurusan SBU online 2021 melalui OSS. Mengurus Sertifikat Badan Usaha ini khusus untuk sebuah perusahaan, jika usaha tersebut adalah perorangan, maka harus mengurus TDUP. 

Ketika akan mulai pembuatan SBU, maka harus mempersiapkan beberapa syarat. Adapun persyaratannya akan diuraikan berikut ini. 

  • Dokumen standar 
  • KTA yang terakreditasi 
  • SKA atau SKT 
  • Persiapan laporan keuangan perusahaan
  • Struktur organisasi perusahaan
  •  Salinan KTP dan KK pendiri perusahaan
  • Pas foto 4×6 6 lembar
  • Mengurus SIUJK dari OSS

Selain syarat-syarat di atas, perlu juga mempersiapkan beberapa dokumen. Adapun dokumennya berupa semua dokumen yang berkaitan dengan pembuatan SBU, SBU, SPPL, surat Izin Tetangga, foto kantor, dan IMB serta bukti pembayaran pajak. 

Proses pengajuan

Tahap terakhir adalah membuka laman OSS. Tapi sebelumnya aktifkan terlebih dahulu akun OSS. Berikut cara mengaktifkan akun tersebut. 

  • Buka laman OSS dan klik Daftar. 
  • Akan muncul form pertanyaan, isi form tersebut dengan lengka. Pengisian NIK menggunakan penangung jawab perusahaan. 
  • Menuliskan alamat email. 
  • Cek email untuk verifikasi akun OSS. 
  • Masuk dalam laman OSS dengan menggunakan akun yang sudah terverifikasi. 
  • Terakhir mengunggah semua dokumen yang tadi sudah dipersiapkan. 

Itulah beberapa langkah membuat SBU konstruksi secara online. Sedangkan biaya pembuatan SBU konstruksi secara online akan terbilang lebih murah. Akan berbeda jika memakai jasa untuk membuat SBU. Tapi kedua cara tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Ada banyak perusahaan jasa yang bisa membantu membuat SBU konstruksi. Jika memutuskan untuk mengurusnya sendiri juga tidak akan masalah, malah akan lebih hemat. Tenang saja cara membuat SBU konstruksi 2022 atau tahun sebelumnya akan tetap sama. 

SBU sangat penting bagi sebuah perusahaan yang ingin mengembangkan perusahaannya. Tanpa pembuatan SBU, maka tidak akan bisa mendapatkan proyek-proyek besar. Jadi, segera lakukan untuk membuat SBU tersebut. 

Posted in Blog

Sabtu Apr 09 6:41 am

Tidak ada Komentar