Jasa Pengurusan SBU Perlu Anda Ketahui Syarat-Syaratnya

Jasa Pengurusan SBU
, , , ,

Office Now – Salah satu cara untuk memiliki penghasilan adalah menjalankan usaha sendiri sesuai dengan bidang peminatan. Untuk itu diperlukan legalitas bisnis. Jika tidak memiliki waktu untuk mengurusnya, percayakan pada jasa pengurusan SBU di kota Anda.. 

Jika berdomisili di ibukota, tak salah jika mempercayakan kebutuhan tersebut pada agen yang menyelenggarakan  jasa pengurusan SBU di Jakarta.  Tujuannya tentu saja agar lebih mudah berkoordinasi.

Pengertian Jasa Pengurusan SBU

Pengertian Jasa Pengurusan SBU

Perusahaan yang menjalankan suatu bisnis wajib memiliki SBU atau sertifikat badan usaha. Sertifikat ini merupakan bukti bahwa perusahaan tersebut memiliki kapasitas untuk melaksanakan pekerjaan dan aktivitas pengadaan barang dan jasa. Kegiatan usaha ini disesuaikan dengan klasifikasi bidang, sub bidang dan kualifikasi yang tertera pada lembar Sertifikat Badan Usaha tersebut.

Dengan adanya bukti kepemilikan SBU, maka perusahaan dinyatakan mampu melaksanakan bidang usaha dan telah lulus uji sertifikasi yang dikeluarkan oleh badan sertifikasi Terakreditasi LPJK. Oleh karenanya dengan adanya dokumen ini juga menunjukkan bahwa perusahaan yang Anda jalankan legal dan siap untuk bergabung dalam tender yang akan pemerintah lakukan.

Sementara yang disebut dengan jasa pengurusan SBU adalah agen yang dapat membantu perusahaan untuk mengurus perizinan tersebut. Dengan menggunakan jasa profesional, maka perusahaan dapat memfokuskan waktunya untuk merencanakan kegiatan bisnis yang lain.

Manfaat Sertifikat Badan Usaha

Manfaat Sertifikat Badan Usaha

Jika perusahaan ingin mengikuti tender proyek yang oleh pemerintah Indonesia, maka akan sangat membutuhkan SBU ini. Sebab, kepemilikan sertifikat ini menjadi acuan agar dapat mengikuti prakualifikasi pelelangan atau tender proyek pengerjaan di Instansi pemerintah. Misalnnya pengadaan barang dan jasa pada BUMN, Proyek di lingkungan pertambangan minyak, gas, dan panas bumi.

Aturan yang Mengikat Tentang SBU

Perpres no 70 tahun 2012 sudah mengatur tentang kepemilikan Sertifikat Badan Usaha oleh suatu perusahaan yang memiliki kualifikasi tertentu. Aturan tersebut menjelaskan tentang kategori badan usaha yang akan melakukan kegiatan konstruksi atau non konstruksi dan berkaitan dengan proyek pemerintah.

Di dalamnya dijelaskan bahwa setiap perusahaan yang ingin terlibat dan mengikuti lelang proyek wajib memiliki izin usaha.Tentunya yang berhubungan langsung dengan  jasa yang dijalankannya. Dalam hal ini adalah SBU.

Selain itu pula, terdapat beberapa aturan yang mencantumkan tentang kepemilikan SBU dan syarat yang harus dipersiapkan. Dengan demikian, pembuatanya dokumen ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan jika ingin bekerjasama dalam proyek pemerintah. Terutama bagi perusahaan yang berdomisili di kota bisnis, atau Surabaya, dapat berkonsultasi pada agen .jasa pengurusan SBU Surabaya.

Persyaratan Dokumen Jasa Kepengurusan SBU

Persyaratan Dokumen Jasa Kepengurusan SBU

Adapun untuk mendapatkan sertifikat badan usaha ini, pengusaha wajib menyerahkan  berkas-berkas sebagai syarat administrasinya.  Anda dapat menghubungi layanan jasa pengurusan SBU di Balikpapan jika domisili usaha berada di daerah tersebut dan sekitarnya.

Siapkankan dokumen di bawah ini dalam bentuk asli dan sebagai lampirannya format pdf. Anda dapat melakukan scanning untuk semua berkas tersebut dan simpan dalam bentuk digital. Dengan demikian, transfer data akan lebih mudah dari mana saja serta akan mengurangi resiko kehilangan.

  1. Lembar Izin persetujuan dan perubahannya, jika ada, untuk perusahaan PMA atau PMDN
  2. Wajib mempunyai KTA Asosiasi
  3. Dokumen SK Menteri Hukum dan HAM RI untuk Perseroan yang akan mengajukan SBU beserta dengan laporan perubahannya, jika ada
  4. Berita acara negara RI, jika ada
  5. Surat keterangan yang menjelaskan domisili perusahaan atau lokasi usaha tersebut
  6. Kartu NPWP perusahaan dan direktur
  7. Dokumen Tanda Daftar Perusahaan atau TDP
  8. KTA atau lembar bukti keanggotaan bahwa perusahaan adalah anggota asosiasi jasa pelaksana konstruksi.
  9. Kartu tanda pengenal pengurus dalam hal ini KTP  direksi dan komisaris. Untuk WNA wajib pasport atau IKTA
  10. KTP pemegang saham atau IKTA beserta NPWP badan usaha, dan atau paspor untuk WNA
  11. Dokumen SPT-PPh laporan pajak badan usaha 
  12. Berkas laporan keuangan berupa neraca rugi laba atau dokumen laporan keuangan dari akuntan publik jika Gred 6/7
  13. Salinan daftar peralatan proyek
  14. List tenaga kerja perusahaan
  15. Laporan tertulis tentang bukti pengalaman kerja atau KONTAK berupa SPK dan Berita Acara Serah Terima Pekerjaan sesuai dengan klasifikasi bidang yang tertera.
  16. 4 lembar foto diri direktur utama atau pimpinan perusahaan berukuran 3×4
  17. Dokumen Sertifikat untuk Gred 7
  18. Salinan SKA atau SKT dan KTA
  19. Copy KTP Direktur
  20. Foto kopi ijazah Direktur
  21. Lembar pajak berupa SPT pribadi

Untuk daerah Kalimantan Barat, dapat menghubungi jasa pengurusan SBU di Pontianak yang terdekat.

Persyaratan Dokumen Tenaga Ahli

Terutama untuk perusahaan yang berada di daerah dan jauh dari pusat kota, misalkan sekitaran atau luar Padang,  menggunakan jasa pengurusan SBU Padang akan mempermudah dan mempersingkat waktu sehingga lebih efektif.

Selanjutnya, perusahaan juga wajib melampirkan berkas pendukung yang lainnya, yaitu dokumen yang menyatakan persyaratan kepemilikan tenaga ahli. Kelengkapan dokumen tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Salinan SKT atau SKA jika pengajuan untuk PJT atau PJB yang disesuaikan dengan kualifikasi ajuan perusahaan.
  2. Melampirkan ijazah tenaga ahli yang sesuai
  3. Copy KTP  tenaga ahli
  4. Dokumen riwayat hidup profesional tersebut
  5. Menyertakan photo diri berukuran 3×4 sebanyak 4 lembar

Tentunya, agen yang membuka layanan jasa pengurusan SBU akan memberikan saran terbaik terkait semua kelengkapan dokumen yang wajib Anda sediakan. Pilihlah penyedia jasa yang kompeten dan profesional.

Terutama bagi perusahaan yang berada pada daerah industri,semisal Bekasi yang juga termasuk kota yang sedang berkembang, juga memiliki jasa pengurusan SBU  di Bekasi. Sehingga Anda tidak perlu lagi jauh-jauh ke kota Jakarta untuk mencari penyedia jasa tersebut.

Langkah-Langkah Pengajuan Pengurusan SBU

Untuk perusahaan yang berdomisili kota Bandung dan sekitarnya dapat menghubungi jasa pengurusan SBU  Bandung. Sekiranya Anda memerlukan bantuan untuk berkonsultasi tentang pengurusan SBU.

Adapun, jika perusahaan memutuskan akan melakukannya sendiri, setelah melengkapi dokumen, maka masuk ke dalam tahapan berikut di bawah ini:

  1. Mengajukan dokumen tersebut dinas terkait yaitu LPJK Nasional melalui team USBU oleh asosiasi perusahaan.
  2. Melengkapi formulir permohonan yang pada kantor LPJK Nasional setempat.
  3. Melengkapi data diri yang berupa identitas perusahaan dan pemilik.
  4. Setelah semua data tersebut lengkap, Anda tinggal menunggu proses verifikasi dokumen,. Tim USBU yang akan menindaklanjutinya.. Untuk lamanya proses tersebut, dapat perusahaan tanyakan pada dinas terkait terutama jika perlu memasukannya pada timeline kerja.

Untuk perusahaan yang baru mengurusnya, jika kebetulan berdomisili di daerah Sidoarjo dapat menghubungi jasa pengurusan SBU di Sidoarjo. Kota ini merupakan daerah industri dan sedang giat membangun. Dengan demikian, mengurusnya jauh lebih mudah serta hemat waktu.

Selain itu, Anda juga wajib mencari referensi tentang jasa pengurusan SBU yang kompeten dan profesional. Pasalnya sertifikat ini merupakan bukti legal yang penting untuk dimiliki oleh perusahaan. Jangan sampai pada saat perusahaan membutuhkan, Anda belum memilikinya. Gunakanlah layanan terbaik untuk hasil terbaik.

Posted in Blog

Kamis Mar 10 8:55 am

Tidak ada Komentar