PT di Jakarta, Ketahuilah Kawasan Industri yang Tepat

PT di Jakarta
,

Office Now – Mendirikan sebuah PT di Jakarta merupakan impian banyak orang terutama bagi pengusaha yang berada jauh di luar pulau Jawa. Pasalnya, wilayah tersebut merupakan daerah yang sangat strategis dan dan memiliki konsep pembangunan bisnis yang sudah terbadu karena letaknya sebagai ibukota Republik Indonesia.

Namun, tentu saja tidak mudah jika Anda ingin membangun PT di Jakarta.  Kendati banyak keuntungan yang dapat pengusaha peroleh ketika memiliki domisili resmi di ibukota negara tersebut. Salah satunya adalah tampak lebih profesional serta terkesan sebagai perusahaan yang besar dan berskala nasional.

Apa yang Dimaksud Dengan PT di Jakarta?

Apa yang Dimaksud Dengan PT di Jakarta?

PT di Jakarta maksudnya adalah membangun serta menjalankan sebuah badan hukum bisnis yang memiliki lokasi pada ibukota negara tersebut. Artinya pelaku usaha dapat mendirikan serta menjalankan kegiatan bisnis pada 5 wilayah administrasi nya. Pilihannya adalah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, serta Jakarta Pusat.

Tentu saja setiap wilayah memiliki pertimbangan sendiri-sendiri mengapa ada pada daerah tersebut. Artinya dari kelima wilayah administratif tersebut pengusaha perlu mempertimbangkan banyak hal ketika akan membangun dan menjalankan kegiatan bisnisnya.

Pertimbangan untuk membangun PT di Jakarta Selatan dengan yang berada di wilayah utara tentu saja berbeda. Pasalnya, setiap wilayah administrasi ibukota sudah terbagi secara tepat sehingga seluruh sarana dan prasarananya terbangun untuk memenuhi tujuan tersebut. 

Sehingga perlu bagi pelaku usaha ketika akan membangun PT di Jakarta Timur yang memiliki lebih banyak kompleks industri sehingga akan mendukung usaha tersebut. Sebab ada banyak tempat di Jakarta Timur yang memang pada awalnya sudah memiliki tata kota sebagai kawasan pabrik dan manufaktur.

Hal yang sama juga akan menjadi pertimbangan jika Anda hendak mendirikan PT di Jakarta Pusat. Tentu saja tidak dapat berbentuk pabrik atau manufaktur yang yang tidak didukung oleh sarana dan prasarana pada wilayah tersebut. Sebab kawasan itu adalah daerah bisnis yang tidak memperbolehkan adanya kawasan industri.

PT Dirgantara Indonesia Jakarta hanya memiliki kantor administrasi yang berfungsi sebagai perwakilan dan menjalankan administrasinya saja. Pabrikasinya sendiri berada di wilayah Bandung yang memang sudah dikelola sebagai daerah industri. Sehingga keberadaannya di Jakarta Pusat hanyalah berfungsi sebagai tata kelola administratif.

Kawasan Industri di Daerah Jakarta

Kawasan Industri di Daerah Jakarta

Kendati demikian bukan berarti Anda tidak dapat mendirikan usaha manufaktur di daerah Jakarta. Namun bukan berarti dapat mendirikannya sembarang tempat. Karena setiap wilayahnya berbeda sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses produksi manufaktur tersebut.

Kawasan Industri Daerah Ciracas

Kendati demikian, terdapat pilihan lain jika Anda ingin mendirikan manufaktur di daerah Timur Jakarta yaitu Ciracas. Pasalnya, sejak lama wilayah ini ini dikenal sebagai kawasan industri yang yang terbentang antara Pasar Rebo sampai Kabupaten Bogor. Wilayah Ciracas adalah salah satu yang di dipadati oleh usaha manufaktur.

Jika Anda mendirikan PT di Jakarta Timur Ciracas tentu akan mendapatkan dukungan sarana dan prasarana yang sangat memadai.  Salah satunya adalah jalan raya yang ada sebagai akses berbagai macam moda transportasi dengan tonase besar. Selain itu, dekat dengan akses tol sehingga memudahkan lalu lintas ke daerah lain. 

Tersedia pula angkutan umum yang akan memudahkan para karyawan untuk mencapai tempat kerja dengan mudah. Keuntungan lainnya adalah di sekitar wilayah Ciracas berdiri berbagai kompleks perumahan serta kampung. Semuanya dapat berfungsi tempat tinggal sewa bagi karyawan yang berasal dari luar daerah.

Kawasan Industri Jakarta Utara

Jakarta Utara merupakan pilihan yang tepat jika Anda bergerak dalam bidang transportasi serta pabrik yang membutuhkan akses pasar ke luar Jawa. Pasalnya daerah ini terletak dekat dengan pelabuhan laut yang dapat membantu Anda untuk melakukan proses transportasi menggunakan cargo kapal laut.

Oleh karena itu membangun PT di Jakarta Utara merupakan langkah yang tepat untuk memangkas biaya transportasi. Pasalnya,  tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan shipping menggunakan cargo. Jika pun Anda hendak mengirimkan produk menggunakan transportasi udara pun tidak akan mengalami kendala.

Sebab wilayah Jakarta Utara merupakan salah satu daerah di kawasan ibu kota yang memiliki sarana pendukung terbaik. Selain jalan raya nasional yang menghubungkan antar wilayah di Jakarta, juga adanya pembangunan jalan tol. Tujuannya untuk mempermudah transportasi baik kendaraan pribadi maupun tonase berat.

Di wilayah Jakarta Utara pun berdiri banyak sekali pergudangan yang dapat anda gunakan sebagai tempat penyimpanan. Fasilitas tersebut dapat Anda miliki sebagai kepemilikan pribadi atau dengan perjanjian sewa waktu tertentu. Sehingga jika kawasan pabrik tersebut tidak besar maka pilihannya adalah menyewa tempat penyimpanan.

Kawasan Industri di Jakarta Barat

Kawasan Industri di Jakarta Barat

Belakangan ini daerah Jakarta Barat juga merupakan salah satu wilayah Ibukota yang banyak pengusaha baru lirik untuk mendirikan perusahaan. Pasalnya, dengan perkembangan penduduk yang sangat cepat daerah ini berpotensi untuk memiliki sumber daya manusia yang mumpuni. 

Akan tetapi jika Anda ingin membangun PT di Jakarta Barat berupa manufaktur tentu akan menjadi suatu kesulitan tersendiri. Pasalnya, daerah ini lebih dominan dengan perumahan padat penduduk serta kawasan bisnis yang terdiri dari pasar berupa mal ataupun tradisional.

Dengan situasi seperti itu tentu Anda perlu mempertimbangkan ketika hendak membangun sebuah usaha manufaktur di daerah Jakarta Barat. Tentu daerahnya tidak akan mendukung proses kegiatan tersebut. Terutama untuk sarana dan prasarananya yang harus menunjang seluruh kegiatan produksi.

Oleh karenanya jika Anda tetap menginginkan membangun PT di daerah Jakarta Barat Maka pilihan terbaik adalah mendirikan sebuah kantor administratif. Fungsinya tentu saja berbeda dengan manufaktur. Dengan adanya tata kelola administrasi ini tentu akan mengontrol kegiatan produksi yang lokasinya tidak sama.

Anda akan banyak untungkan jika mendirikan PT berupa kantor administratif pada wilayah Jakarta Barat. Selain tersedia gedung yang dapat Anda sewa juga kawasan tersebut banyak berdiri perguruan tinggi yang mencetak tenaga kerja profesional pada bidangnya. Sehingga kebutuhan karyawan akan dapat terpenuhi.

Kawasan Industri PT di Jakarta Selatan

Bisa saja terbersit di benak bahwa Anda akan membangun PT di Jakarta Selatan pabrik. Tetapi ini tampaknya sangat sulit karena kawasan tersebut dominasi dengan perumahan serta kampung yang padat dengan penduduk. Sehingga mendirikan manufaktur pada daerah tersebut akan menurunkan kualitas hidup masyarakatnya.

Lebih lagi sejak dahulu daerah Jakarta Selatan terkenal sebagai perumahan kaum urban yang menginginkan wilayah tempat tinggal asri namun dekat dengan kota.  Sehingga Anda akan mengalami kesulitan mendapatkan legalitas jika tetap membangun manufaktur pada daerah tersebut.

Salah satunya adalah karena kesulitan menemukan lahan yang cukup luas untuk mendirikan fasilitas produksi. Selain itu pula Anda harus memastikan bahwa kegiatan usaha tersebut tidak akan mencemari lingkungan.

Jika Anda pelaku usaha baru yang hendak membangun PT di Jakarta maka pertimbangan lokasi serta kegiatan usaha yang akan dijalankan. Sebab tidak semua kelima wilayahnya dapat berfungsi sebagai daerah kawasan industri. Terutama pada Jakarta Pusat yang memang fokus untuk kawasan bisnis.

Posted in Blog

Selasa Agu 02 6:43 am

Tidak ada Komentar