About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Sewa Kantor Virtual: Solusi Tepat Untuk Perusahaan Start-up

Office Now – Sewa kantor virtual atau virtual office belakangan ini telah menjadi opsi yang cukup banyak menarik minat para pelaku usaha. Pasalnya, konsep ruang kerja yang baru  tersebut memang terbilang mampu memfasilitasi kebutuhan dunia usaha modern.

Anda bisa menemukan keberadaan layanan sewa kantor virtual ini dengan cukup mudah di sejumlah kota besar di Indonesia. Rata-rata perusahaan yang memanfaatkan ruang kerja dengan konsep yang cukup unik ini terutama adalah jenis perusahaan start-up.

Pengertian Perusahaan Start-up

Pesatnya perkembangan teknologi internet telah menghadirkan perubahan yang cukup signifikan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, tak terkecuali dunia usaha. Dengan adanya internet, aktivitas operasional bisa berlangsung dengan makin efektif dan efisien.

Para wirausahawan pun bermunculan dan berlomba-lomba mendirikan model perusahaan baru yang aktvitas utamanya berbasis pada penggunaan internet. Jenis perusahaan ini lantas mendapat sebutan sebagai perusahaan start-up.   

Konsep perusahaan ini umumnya relatif tidak terlalu memerlukan ruang kerja yang besar atau karyawan yang banyak. Budaya kerjanya pun cenderung lebih fleksibel dan memungkinkan Anda untuk bekerja secara remote dengan berbekal laptop, smartphone, atau lainnya.

Beberapa usaha start-up bahkan sebetulnya masih bisa dikelola secara mandiri dari rumah pemiliknya. Namun, demi azas profesionalitas, pemilik lantas kerap memilih untuk sewa kantor virtual office Surabaya atau kota lain yang menurutnya sesuai.

Pengertian Kantor Virtual

Meski mendapat sebutan kantor virtual, bukan berarti bahwa tempat menjalankan aktivitas usaha ini sama sekali tidak memiliki wujud fisik. Bahkan sebetulnya rata-rata bangunan gedung kantor virtual ini berlokasi di kawasan perkantoran yang resmi dan strategis.

Bangunan tersebut pun biasanya memiliki fasilitas yang lengkap seperti gedung perkantoran pada umumnya.  Bedanya, para pengusaha yang sewa kantor virtual BSD atau daerah mana pun umumnya tidak rutin datang untuk berkantor di sana.

Tindakan sewa kantor virtual office Jakarta Selatan atau lainnya ini seringkali hanya dilakukan pengusaha untuk mendapatkan alamat perusahaan yang kredibel. Aktivitas pengelolaan perusahaan sendiri biasanya berlangsung dari luar gedung perkantoran.

Konon konsep kantor virtual yang relatif unik dan cocok dengan perkembangan zaman ini pertama kali muncul tahun 1994 di Colorado. Selain itu, ada pula ruang kerja bersama atau co-working space yang juga sesuai untuk konsep usaha modern berbasis internet.

Manfaat Sewa Kantor Virtual Untuk Rujukan Tempat Usaha

Keputusan pengusaha untuk sewa kantor virtual office Jakarta Timur dan berbagai daerah lainnya memang dapat memberikan sejumlah manfaat, antara lain:

Menghemat anggaran dana untuk biaya operasional

Dana yang Anda perlukan untuk menyewa tempat usaha umumnya relatif cukup besar. Selain itu, Anda pun seringkali masih harus menyiapkan anggaran untuk biaya perawatan gedung, listrik, air, internet, dsb.  

Dengan memilih untuk menyewa kantor virtual, Anda bisa memangkas kebutuhan anggaran untuk operasional tempat usaha itu. Secara keseluruhan biaya sewa ruangan kantor virtual pun umumnya relatif lebih ekonomis ketimbang kantor konvensional.

Menciptakan image  perusahaan yang profesional

Perusahaan yang beralamat di daerah perkantoran yang resmi serta strategis tentunya akan memiliki prestige tersendiri. Hal ini membuat image perusahaan terkesan lebih bonafid sehingga calon konsumen dan pemasok akan lebih mantap bertransaksi dengan Anda.

Fakta bahwa alamat itu Anda dapatkan melalui sewa kantor virtual di Jakarta Selatan atau daerah lain umumnya bukanlah masalah. Langkah ini bahkan bisa menjadi bukti keseriusan Anda dalam menjalankan usaha meski pengelolaannya berlangsung secara remote.

Memudahkan mengurus prosedur administrasi perusahaan secara hukum

Sebagai pelaku bisnis, Anda tentunya harus melengkapi kegiatan usaha dengan perizinan yang lengkap sesuai peraturan. Selain itu, bisa jadi Anda juga ingin mengajukan diri untuk menjadi PKP atau Pengusaha Kena Pajak.

Untuk mengurus prosedur administrasi ini, biasanya Anda harus mencantumkan alamat tempat menjalankan usaha. Proses ini akan lebih mudah jika yang Anda cantumkan adalah alamat sewa kantor virtual Jakarta Selatan dan bukan rumah pribadi.

Berpotensi menambah profit dan peluang pengembangan usaha

Tindakan sewa kantor virtual di Jakarta Utara atau lainnya akan meningkatkan kepercayaan pihak-pihak terkait untuk bertransaksi dengan Anda. Hal ini akan berdampak positif terhadap penambahan profit dan peluang pengembangan usaha yang lebih terbuka.

Memfasilitasi pertemuan tatap muka yang bersifat profesional

Sekali waktu Anda mungkin perlu juga mengadakan pertemuan langsung dengan pihak-pihak terkait untuk memperlancar komunikasi terkait kerja sama bisnis. Anda bisa memanfaatkan kantor virtual sewaan untuk menggelar pertemuan tersebut.

Fasilitas Pendukung yang Disediakan Oleh Kantor Virtual

Selain alamat rujukan resmi untuk perusahaan Anda, pihak pengelola kantor virtual biasanya juga menyediakan sejumlah fasilitas pendukung lainnya, antara lain:  

Mail or Package Handling

Fasilitas ini merupakan tindak lanjut dari kesediaan pihak pengelola kantor virtual memberikan alamatnya sebagai rujukan sebuah perusahaan. Mereka pun lantas bersiap diri untuk menerima berbagai kiriman surat atau paket yang terkait dengan aktivitas usaha Anda.

Tak hanya itu, pihak pengelola kantor virtual pun akan dengan sigap menginformasikan perihal kiriman itu atau langsung meneruskannya pada Anda. Umumnya, mereka juga akan menjamin kerahasiaan surat atau paket milik Anda tersebut.

Nomor kontak profesional  

Seperti halnya alamat, keberadaan nomor telepon kantor yang resmi juga teramat bagi sebuah perusahaan. Hal ini juga dapat memudahkan calon konsumen, pemasok, atau pihak-pihak lainnya untuk menghubungi Anda.  

Resepsionis virtual

Keberadaan resepsionis ini akan dapat membantu Anda menciptakan image perusahaan yang bonafid. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari resiko kehilangan calon klien yang tidak sabar karena panggilan teleponnya tidak segera direspon.

Ruang pertemuan dan kelengkapannya

Seperti yang tercantum pada poin sebelumnya, Anda bisa memanfaatkan kantor virtual untuk menggelar pertemuan tatap muka. Biasanya ruang pertemuan yang ada di sana sudah lengkap dengan fasilitas pendukung seperti papan tulis, proyektor, bahkan juga pantry.  

Beberapa Pertimbangan Memilih Sewa Perkantoran Virtual Office

Agar bisa mendapatkan layanan kantor virtual yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilihnya, antara lain:

Perhatikan aspek lokasi

Anda mungkin memang tidak akan menempati kantor virtual tersebut secara rutin. Meskipun begitu, sebaiknya Anda tetap memperhatikan lokasinya dengan saksama. Lokasi yang strategis akan berdampak pada image perusahaan sekaligus kemudahan aksesnya.  

Cermati ketersediaan fasilitasnya

Memiliki tempat usaha dengan fasilitas yang lengkap tentunya akan sangat memudahkan aktivitas profesional Anda. Hal ini pun berlaku untuk kantor virtual yang nantinya bisa Anda gunakan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan aktivitas usaha.

Sesuaikan dengan budget

Pertimbangan ini tentunya sangat penting untuk menghindari terjadinya persoalan dalam neraca keuangan perusahaan. Pilihlah kantor virtual dengan fasilitas dan harga yang masuk akal, sesuai anggaran finansial Anda.

Selain perusahaan start-up yang berbasis pada pemanfaatan teknologi internet, opsi sewa kantor virtual sebetulnya bisa dimanfaatkan oleh jenis perusahaan lain. Cermatilah dahulu kesesuaian konsep kegiatan usaha Anda dengan kantor virtual tersebut.