Virtual Office Kelapa Gading: 5 Keistimewaan dan Tips Memilihnya

, ,

Office NowVirtual office Kelapa Gading tentunya akan menjadi suatu pilihan lokasi tempat menjalankan usaha yang cukup bergengsi dan menguntungkan. Seperti Anda ketahui, Kelapa Gading merupakan salah satu pusat kegiatan ekonomi yang menjanjikan di ibukota.  

Faktor lokasi memang bisa dibilang merupakan poin utama yang menjadi keunggulan virtual office Kelapa Gading. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan oleh tempat kerja berkonsep modern yang berada di ibukota ini.

Apa Itu Virtual Office?  

Virtual office atau kantor virtual adalah ruang kerja non-fisik untuk perusahaan yang lebih banyak melakukan aktivitas operasionalnya di dunia maya. Konsep ruang kerja ini terbilang relatif masih baru dan konon pertama kali muncul tahun 1994, di Colorado, Amerika Serikat.  

Keberadaan virtual office ini mengantisipasi dengan tepat perubahan trend di dunia korporasi menyangkut kebiasaan, budaya, dan tata cara dalam bekerja. Berangkat ke kantor pagi hari dan pulang menjelang petang kini bukan lagi menjadi preferensi utama kaum profesional.

Kebanyakan tenaga profesional, terutama kaum milenial, saat ini cenderung lebih menyukai budaya kerja yang santai dan bisa dilakukan secara remote. Bahkan, banyak pula yang lebih memilih menjadi entrepreneur dan mulai mendirikan usaha sendiri dari rumah.

Kemajuan teknologi, internet serta pandemi memang juga semakin mendukung terbentuknya budaya kerja jarak jauh dari lokasi yang fleksibel ini. Namun, demi profesionalitas dan legalitas, perusahaan umumnya tetap perlu memiliki alamat tempat usaha yang kredibel.

Itulah sebabnya, beberapa perusahaan lantas menyewa virtual office di Kelapa Gading atau lokasi lainnya sebagai referensi alamat tempat usaha mereka.

Apa Sajakah Fasilitas yang Umum Ditawarkan Oleh Virtual Office?

Virtual office Kelapa Gading Jakarta atau pun daerah lain umumnya menyediakan sejumlah fasilitas yang terutama berfungsi sebagai representasi perusahaan penyewanya.  Beberapa fasilitas utama yang kerap ditawarkan oleh virtual office tersebut antara lain:  

Alamat tempat usaha yang strategis di zona perkantoran resmi

Hal ini merupakan poin fasilitas utama yang akan Anda peroleh dari menyewa suatu virtual office. Memiliki alamat perusahaan di lokasi perkantoran resmi yang strategis nantinya akan sangat bermanfaat bagi citra dan kemudahan administrasi perusahaan Anda.

Penanganan surat menyurat (mail handling)

Sebagai konsekuensi memberikan alamatnya sebagai referensi tempat usaha Anda, virtual office kemungkinan besar akan menjadi penerima kiriman untuk perusahaan Anda. Kiriman itu dapat berupa surat atau pun paket yang berhubungan dengan perusahaan.

Menyikapi hal ini, pihak virtual office telah menyediakan diri untuk mengurus masalah surat menyurat perusahaan Anda tersebut.

Nomor telepon kantor

Hampir sama seperti alamat, keberadaan nomor telepon kantor yang kredibel akan memudahkan calon klien untuk menghubungi perusahaan Anda.

Resepsionis virtual

Calon klien yang harus menunggu Anda merespon panggilan telepon mereka terlalu lama bisa jadi akan mengurungkan niatnya berbisnis dengan Anda. Keberadaan resepsionis virtual ini akan dapat meminimalkan resiko terjadinya hal tersebut.

Ruang rapat atau ruang pertemuan

Meskipun mendapat sebutan kantor virtual, bukan berarti bahwa virtual office sama sekali tidak memiliki wujud fisik. Virtual office itu tetaplah berupa suatu bangunan gedung yang tampil merepresentasikan perusahaan Anda, kendati Anda tidak rutin mengunjunginya.

Bangunan gedung virtual office ini umumnya juga memiliki fasilitas seperti lobi dan ruang rapat. Fasilitas ini bisa Anda manfaatkan seandainya sewaktu-waktu perlu mengadakan pertemuan tatap muka dengan klien atau anggota tim lainnya.

Keuntungan Memanfaatkan Virtual Office Kelapa Gading dan Sekitarnya

Beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengambil opsi untuk menyewa virtual office antara lain:

Meningkatkan citra perusahaan

Keberadaan tempat usaha dengan kondisi yang baik dan berada di lokasi yang strategis akan sangat mendukung citra perusahaan yang bonafid. Hal ini akan mempengaruhi tingkat kepercayaan berbagai pihak yang terkait untuk setuju bekerja sama dengan perusahaan Anda.

Bahkan, meskipun mereka tahu bahwa Anda lebih banyak bekerja dari rumah, langkah menyewa virtual office menunjukkan keseriusan Anda menjalankan usaha.

Memudahkan mengurus urusan administrasi usaha

Hampir semua jenis perizinan usaha meminta Anda mencantumkan alamat lokasi tempat usaha sebagai kelengkapan prosedur pembuatannya. Kecuali Anda berniat menjalankan usaha home industry, rasanya kurang tepat jika Anda menjadikan alamat rumah sebagai referensi.  

Perusahaan yang memiliki alamat di lokasi perkantoran resmi umumnya akan lebih mudah dalam mengurus administrasi perizinan untuk menjamin legalitas usahanya. Selain itu, Anda juga akan lebih gampang mengajukan diri sebagai Pengusaha Kena Pajak atau PKP.

Membuka lebih banyak peluang kerja sama usaha

Dengan berstatus PKP, niscaya Anda dan perushaan akan lebih leluasa memperoleh kesempatan untuk ikut terlibat dalam proyek-proyek yang berskala besar. Apalagi jika perusahaan Anda pun mempunyai citra yang baik dan terpercaya.

Dengan demikian, secara tidak langsung keberadaan virtual office yang Anda sewa tersebut ikut berperan dalam mendukung perkembangan perusahaan.

Menghemat biaya operasional

Biaya sewa gedung atau kantor umumnya menjadi salah satu pos pengeluaran terbesar dalam anggaran keuangan suatu perusahaan. Hal itu belum termasuk biaya operasional seperti listrik, air, pemeliharaan gedung, dan lain sebagainya.

Dengan menyewa virtual office, Anda jelas dapat memangkas biaya operasional tersebut karena Anda tidak menempatinya secara fisik. Selain itu, sejumlah sumber mencatat bahwa biaya sewa virtual office rata-rata relatif lebih mudah dibanding perkantoran konvensional.

Memfasilitasi aktivitas usaha online maupun offline  

Telah disebutkan sebelumnya bahwa gedung virtual office umumnya menyediakan meeting room yang bisa Anda manfaatkan untuk rapat offline.  Hal ini tentu lebih praktis dan terkesan profesional ketimbang Anda mengadakan pertemuan itu di rumah atau tempat umum lainnya.

Tips Memilih Virtual Office Kelapa Gading Untuk Usaha Anda

Ketika hendak memilih sesuatu, Anda tentunya tak bisa sembarangan. Apalagi yang akan Anda pilih adalah virtual office yang nantinya bakal menjadi representasi diri perusahaan. Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangankan sebelum memilih virtual office itu adalah:  

Pastikan kesesuaiannya dengan konsep usaha Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mencermati spesifikasi virtual office yang hendak disewa adalah menelaah usaha Anda sendiri dulu. Pastikan virtual office itu memang sesuai dengan konsep dan skala perusahaan Anda.

Pertimbangkan lokasi

Lokasi yang strategis hampir selalu merupakan faktor utama yang mendukung kelancaran aktivitas usaha, bahkan meski lokasi tersebut berupa virtual office. Alamat usaha yang bertempat di daerah potensial tentunya akan berpengaruh terhadap prestige perusahaan.

Cermati kelengkapan fasilitasnya

Memiliki tempat usaha dengan fasilitas yang lengkap tentunya akan memperlancar aktivitas bisnis, bahkan meski Anda mungkin tidak akan rutin menempatinya.

Sesuaikan dengan budget

Tentunya sangatlah penting bagi Anda untuk mencermati harga virtual office di Kelapa Gading sebelum menyewanya. Pilihlah yang sepadan dengan fasilitasnya serta sesuai dengan budget Anda.

Pada akhirnya, dapat Anda simpulkan bahwa menempati virtual office Kelapa Gading merupakan pilihan yang dapat memberi banyak manfaat bagi perusahaan.

Posted in Blog

Senin Jan 24 1:26 am

Tidak ada Komentar