About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Wajib Tahu Keuntungan Menggunakan Biro Jasa PT

wajib tahu keuntungan menggunakan biro jasa PT
Wajib Tahu Keuntungan Menggunakan biro jasa PT
wajib tahu keuntungan menggunakan biro jasa PT

Office Now– Bingung dengan cara pembuatan PT? Sekarang Anda tak perlu pusing lagi karena ada biro jasa PT yang siap membantu pengurusan perizinan usaha milik Anda. 

Di zaman internet yang semakin maju, Anda tidak perlu lagi merasa bingung bagaimana cara pembuatan PT. Banyaknya penyedia layanan jasa pengurusan pembuatan PT akan memudahkan Anda mewujudkan impian untuk segera memiliki badan usaha yang legal. 

Menggunakan biro jasa PT memang memudahkan. Namun, tidak ada salahnya untuk Anda mengetahui seluk beluk  proses pendirian PT 2022.  Bagaimana sih prosesnya? Mari simak ulasannya hingga tuntas di sini. 

Proses Mendirikan PT Oleh Biro Jasa PT

Proses pendirian PT

Pembuatan PT sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum kemudian mengurus perizinannya. 

Hal-hal apa saja yang berkaitan dengan proses pendirian PT yang harus Anda persiapkan? 

Pemesanan Nama PT

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan dalam pembuatan PT adalah nama PT tersebut. Setelah memiliki nama yang akan didaftarkan, maka Anda perlu melakukan pengecekan ketersediaan nama PT di  http://ahu.go.id/ . Hal ini untuk mengetahui apakah nama tersebut bisa digunakan atau telah digunakan.

Beberapa ketentuan nama PT yang perlu Anda perhatikan, yaitu: 

  • Menggunakan nama dalam Bahasa Indonesia apabila PT didirikan dengan modal dan pendiri merupakan WNI. 
  • Nama PT wajib terdiri dari tiga suku kata.
  • Tidak melanggar ketentuan norma yang berlaku.
  • Nama tersedia atau belum digunakan oleh pihak lain.

Pembuatan draft akta oleh notaris

Draft akta akan memuat data berupa identitas perusahaan secara jelas, di antaranya adalah:

– Nama PT

– Tempat dan alamat kedudukan perusahaan

– Struktur kepengurusan perusahaan

– Modal dasar dan modal disetor serta kepemilikan persentase saham dan pemegang saham

– Maksud dan tujuan perusahaan menggunakan kode KBLI 2020. Bidang usaha yang terdata haruslah sesuai KBLI 5 digit.

Penandatanganan Finalisasi Akta di Hadapan Notaris

Apabila semua draft data sudah sesuai, maka langkah selanjutnya adalah penandatanganan akta. Pemilik saham serta pendiri PT wajib hadir untuk menandatanganinya. Namun, jika ada pemegang saham yang tidak dapat hadir maka harus ada pernyataan secara tertulis. Surat ini sekaligus menjadi surat kuasa kepada salah satu pihak yang ada dalam PT atau pihak lain.

Pengajuan Izin Pendirian Badan Hukum Melalui Biro Jasa PT

Mengajukan Izin Pendirian Badan Hukum serta melakukan Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

Pendaftaran NIB (Nomor Izin Berusaha)

Pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) dapat melalui OSS (One Single Submission). NIB berfungsi sebagai nomor pengenal untuk menggantikan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Sementara bagi pengusaha yang menyalurkan alat kesehatan maka wajib menggunakan jasa pembuatan IPAK.  Tentu saja biro jasa PT memiliki banyak layanan sesuai kebutuhan pelaku usaha. Tidak sembarang pengusaha bisa menjadi penyalur alat kesehatan. Mengacu pada Pasal 1 angka 2 Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1191/MENKES/PER/VIII/2010 tentang Penyalur Alat Kesehatan. 

Apabila telah memenuhi persyaratan, maka pelaku usaha dapat melanjutkan mengurus IPAK. Melakukan pengurusan IPAK dapat secara daring/online melalui portal http://www.regalkes.depkes.go.id

Beda lagi dengan perizinan untuk para pelaku usaha makanan, minuman, obat-obatan atau kosmetik. Jika Anda bergerak di bidang usaha ini maka dapat menggunakan jasa pengurusan izin depkes. 

Baca juga: Surat Izin Usaha, Apa Syarat dan Cara Membuatnya?

Alasan Menggunakan Biro Jasa PT

Alasan Menggunakan Biro Jasa PT
Alasan Menggunakan Biro Jasa PT

Dokumen Perizinan Pembuatan Perusahaan atau PT sangatlah penting. Dengan memiliki izin yang lengkap, terkait pembuatan PT, maka akan membuat perusahaan tersebut menjadi semakin mudah untuk berkembang.

Biro Jasa PT merupakan penyedia jasa pengurusan perizinan pendirian PT. Di mana pemberian jasa akan berkaitan dengan pihak birokrasi dalam pengurusan berbagai syarat pendirian PT, sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Ada beberapa keuntungan yang bisa pelaku usaha dapatkan dengan memanfaatkan layanan penyedia jasa PT, yaitu: 

  • Konsultasi Gratis. Pada tahap ini pemberi jasa akan membantu untuk mempersiapkan segala kebutuhan sebelum prosedur pembuatan PT.
  • Mempersiapkan Syarat. Pemberi jasa juga membantu dalam mempersiapkan segala persyaratan pembuatan PT. Baik syarat administrasi atau syarat lainnya sehingga proses pembuatan PT bisa berlangsung cepat.
  • Mudah dalam pengurusan akta notaris karena biasanya pihak biro jasa memiliki akses ke notaris. 
  • Jaminan Waktu. Dengan menggunakan pihak ketiga dalam hal ini biro jasa, maka prosesnya juga akan lebih cepat daripada mengurus sendiri. Tidak hanya mudah memperoleh legalitas saja.
  • Biaya lebih hemat dibanding mengurus sendiri. 

Jasa legal yang ditawarkan juga bervariatif tergantung pengusaha asing atau dalam negeri.

Pentingnya Alamat Strategis dalam Membuat PT

Pembuatan PT tentu saja tidak lepas dari tempat atau alamat PT juga. Namun, bagi pengusaha yang baru merintis usaha tentu masalah memiliki gedung sendiri juga menjadi hal yang tidak mudah. 

Di era sekarang, pembuatan PT tidak mutlak harus memiliki gedung sendiri. Pengusaha bisa menggunakan virtual office untuk pendirian PT. Dengan virtual office, pengusaha bisa memilih tata letak tempat yang strategis untuk usaha. Konon alamat yang strategis dan mudah terjangkau, juga akan membuat nilai tambah perusahaan yang dijalankan. 

Lalu bagaimana dengan usaha panganan yang diolah atau diproduksi rumah tangga? Apakah perlu perizinan juga?

Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga

Pengusaha tidaklah selalu identik dengan perkantoran. Ada juga usaha-usaha panganan yang diolah atau dibuat dalam skala kecil yaitu rumah tangga. Usaha-usaha berskala rumahan juga membutuhkan perizinan. Jangan sampai usaha panganan rumahan dicekal karena dianggap mengandung bahan yang tidak layak dan tidak memiliki izin edar. 

Manfaat dan Keuntungan PIRT

Perizinan usaha Rumah Tangga ini dikenal dengan nama Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Manfaatnya tentu saja sebagai jaminan bahwa usaha makanan atau minuman yang dijual memenuhi standar keamanan makanan.

Keuntungannya: 

  • Menjamin Makanan Atau Minuman Yang Dijual Memenuhi Standar Keamanan Makanan 
  • Produk Sudah Layak Beredar
  • Bebas Memasarkan Produk Secara Luas
  • Keamanan Dan Mutu Produk Terjamin
  • Kepercayaan Pembeli Meningkat
  • Profesionalitas Produk Terangkat
  • Meningkatkan Nilai Jual Produk
  • Mendongkrak Harga Produk
  • Produk Bisa Masuk Ritel Besar

Untuk pengurusan perizinannya pelaku usaha tentu saja dapat menggunakan jasa PIRT Jakarta dan tinggal duduk manis menunggu prosesnya. Biayanya juga tidak mahal karena merujuk pada segmen usaha rumahan. Dalam kurun waktu sepekan, produk usaha sudah bisa mengantongi izin DinKes. 

Memang semudah itu proses perizinan maupun pembuatan PT. Pelaku usaha bisa berdomisili di mana saja dan dapat menggunakan jasa pendirian PT Jakarta tanpa perlu khawatir. Banyaknya layanan jasa pembuatan PT juga membuat biaya bikin PT murah daripada harus mengurusnya sendiri. Anda bisa bebas memilih layanan yang sesuai dengan budget. Namun, pastikan bahwa penyedia jasa memiliki kredibilitas yang baik. 

 Jadi bagaimana menurut Anda mengenai biro jasa PT ini? Cukup membantu bukan? Jangan lupa baca artikel lainnya untuk info lain.