Office Now – Pemerintah Indonesia memberi kesempatan bagi investor asing untuk menanamkan modalnya hingga membuka perusahaan. Namun, tidak banyak yang paham bagaimana mengurus pendirian perusahaan. Jasa buat PT PMA banyak ditemui untuk membantu mengurus proses pendiriannya.
Mengenal PT PMA
PT PMA merupakan kegiatan menanam modal untuk mendirikan usaha di wilayah NKRI dilakukan oleh penanam modal asing.
Pengesahan UU Cipta Kerja Tahun 2020 mengubah beberapa ketentuan tentang penanaman modal. Bidang-bidang usaha yang tidak dapat dilakukan penanaman modal diantaranya:
- Budidaya dan industri narkoba golongan I
- Kegiatan perjudian atau kasino.
- Penangkapan ikan spesies khusus.
- Pengambilan koral atau batu karang dari alam untuk bahan bangunan.
- Pembuatan senjata kimia.
- Industri bahan kimia
- Industri bahan perusak lapisan ozon.
Proses Jasa Buat PT
Untuk proses jasa buat PT ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mengajukan permohonan izin.
Klasifikasi Modal
UU Ciptakerja memberi kemudahan pengurusan pendirian PT Lokal, namun tidak berlaku untuk Jasa buat PT murah PMA.
Berdasarkan Perka (Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik), ada beberapa hal yang harus dipenuhi diantaranya:
- Total nilai investasi lebih besar dari 10 Miliar Rupiah, tanpa memasukkan nilai tanah dan bangunan.
- Nilai modal yang disetor dan ditempatkan paling sedikit 2,5 Miliar.
- Kepemilikan saham dihitung berdasarkan nilai saham.
Adapun beberapa ketentuan khusus terkait nilai investasi PT PMA, diantaranya:
- Untuk kegiatan perdagangan kategori besar, nilai investasi lebih besar dari 10 miliar. Nilai investasi di luar nilai tanah dan bangunan untuk kegiatan berusaha.
- Untuk kegiatan jasa makanan dan minuman lebih besar dari 10 miliar di dalam satu kabupaten. Nilai investasi tersebut di luar nilai tanah dan bangunan untuk kegiatan berusaha.
- Kegiatan usaha konstruksi nilai investasi lebih dari 10 miliar di luar tanah dan bangunan tempat kegiatan usaha.
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Jasa Buat PT PMA
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam dalam jasa buat PT PMA agar lancar, antara lain:
Sektor Bisnis
Jasa Buat PT Surabaya terutama untuk PMA yang harus diperhatikan adalah sektor bisnis. Untuk pengaturan sektor bisnis, Anda bisa melihat pada ketentuan DNI. Di dalam Daftar Negatif Investasi usaha apa saja yang bisa dilakukan oleh PT PMA akan dilampirkan.
Ketentuan DNI
Ketentuan terkait bidang usaha akan dibedakan menjadi a3, diantaranya:
- Perseroan Terbatas atau PT.
- Perseroan Modal Asing atau PMA
- Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN.
Bidang usaha jasa buat PT Bekasi yang diatur dalam DNI mengatur kegiatan penanaman modal menjadi 3, yaitu:
- Usaha terbuka, contohnya restoran.
- Bidang usaha tertutup, contohnya industri minuman mengandung alkohol
- Usaha terbuka dengan persyaratan, contohnya usaha mikro, kemitraan dan lainnya.
Pendirian
Penanaman Modal Asing dalam bentuk PT diatur berdasarkan Hukum Indonesia dan berkedudukan di dalam wilayah NKRI.
Kewarganegaraan Pendiri
Pendirian Badan Usaha berbentuk Perseroan dapat dilakukan oleh warga asing atau badan hukum asing. Sepanjang bidang usaha yang dipilihnya diperbolehkan oleh undang-undang.
Struktur Organisasi
Struktur organisasi PT minimal ada seorang direksi, seorang komisaris dan dua pemegang saham.
Jasa Buat PT Virtual Office
Jasa buat PT Tangerang akan menjelaskan apa itu Virtual Office. Virtual Office memungkinkan para pekerja untuk melakukan pekerjaan diluar kantor.
Konsep ini diciptakan untuk pengusaha yang sudah mempunyai bisnis, namun belum ada kantor tetap. Kantor virtual ini lebih efektif untuk menghemat biaya. Selain itu, untuk mempermudah mengurus administrasi perkantoran.
Dasar Hukum Buat PT Virtual Office
Perda Jakarta nomor 1 tahun 2014 mengatur tentang zonasi. Untuk pelaksanaan Virtual Office diatur dalam SE PTSP No. 6 Tahun 2016.
Kebijakan zonasi ini dibuat untuk mengendalikan pemanfaatan ruang sehingga pembangunan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Serta didasarkan pada kepentingan untuk pelestarian lingkungan.
Cek Zonasi
Jasa buat PT Bandung akan membuat panduan cara cek zonasi untuk virtual office. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Pilih Kota dan Kecamatan sesuai tempat lokasi perusahaan.
- Sesuaikan lokasi dengan peta.
- Pilih Kode Sub Zonasi.
- Pilih Cek Zonasi sesuai pilihan.
- Informasi akan diberikan melalui email.
Informasi ini akan digunakan sebagai syarat untuk mengajukan pendirian Virtual Office.
Proses Pembuatan Virtual Office
Jasa pembuat PT dan Virtual Office akan menjelaskan bagaimana proses pembuatan Virtual Office? Terlebih dahulu Anda harus menyiapkan dokumen terkait seperti di bawah ini:
Membuat Akta Pendirian
Proses membuat NPWP dan SK KEMENKUMHAM akan ikut pada proses pembuatan Akta PT secara online melalui sistem OSS.
Domisili
Sudah disinggung di atas mengenai domisili yang harus didaftarkan terlebih dahulu. Agar lebih mudah, Anda bisa memakai jasa pembuat Virtual Office.
KLBI
Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia dapat Anda lihat pada PKBPS No. 19 tahun 2017. Masing-masing daerah dapat menentukan KBLI mengacu pada peraturan daerah.
Surat Tentang Kegiatan
Peraturan sebelum tahun 2016 mengharuskan melampirkan SKPD untuk penerbitan SIUP. Untuk sekarang diperlukan informasi tambahan, yakni surat pernyataan kegiatan perusahaan.
BPJS Ketenagakerjaan
Perusahaan wajib mengikutsertakan karyawan dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Bisa Anda agendakan sebelum pengajuan izin usaha atau setelah terbitnya SIUP.
Keuntungan
Keuntungan apa saja ketika memilih mendirikan Virtual Office? Anda bisa menyimak beberapa keuntungan diantaranya:
- Salah satu keuntungan memilih jasa pembuatan PT di Bali adalah untuk menghemat biaya operasional. Anda tidak perlu menyewa gedung, menyediakan fasilitas dan alat-alat kantor.
- Mempunyai branding yang baik karena berada di area pusat bisnis.
- Bisa bekerja dengan fleksibel. Konsep Virtual Office tidak mengekang karyawan harus bekerja di kantor.
- Bekerja kapanpun tanpa harus membayar biaya overtime.
Kekurangan
Adapun kekurangan dari jasa pendirian PT PMA menggunakan konsep Virtual Office, antara lain:
- Pemberian izin usaha terbatas untuk 1 tahun. Harus melakukan perpanjangan jika kantor beroperasi lebih dari setahun.
- Apabila klien menginginkan survey akan menjadi kesulitan tersendiri.
Paket Jasa Membuat Virtual Office
Memilih paket jasa membuat Virtual Office harus memperhatikan hal-hal apa saja agar tidak menimbulkan masalah hukum? Berikut beberapa tips memilih jasa pembuat Virtual Office yang wajib Anda ketahui:
Fleksibel
Pilih jasa yang bisa mengunjungi Anda untuk berkonsultasi secara fleksibel.
Layanan Hukum
Menyediakan layanan hukum untuk jasa pengurusan Virtual Office itu wajib. Untuk menghindari masalah hukum yang akan terjadi nantinya. Menyediakan layanan hukum, menjadikan jasa tersebut bonafit.
Sistem Pembayaran
Pilih jasa pembuatan yang memiliki sistem pembayaran fleksibel dan mudah. Anda juga bisa membuat kesepakatan untuk cara pembayaran jasa.
Lingkungan
Lingkungan yang dipilih untuk Virtual Office tidak berbenturan dengan tata kota dan mengedepankan prinsip ramah lingkungan.
Receptionist Profesional
Pilihlah jasa pembuat Virtual Office yang memiliki Receptionist yang handal.
Jasa pembuat PT Depok akan membantu Anda mengurus pendirian PT dan Virtual Office yang mengedepankan mutu.