About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

[email protected]

Proses Pembuatan PT: Ada Opsi Pilihan pada Perusahaan Asing

Proses Pembuatan PT

Office Now – Sudah tahu proses pembuatan PT atau Perseroan Terbatas? Sebagai pebisnis pasti ingin mendirikan sebuah badan usaha yang sesuai dengan peraturan agar sah di mata hukum. Hal tersebut merupakan sebuah awal dan untuk mengembangakan sebuah bisnis yang sedang dijalankan.

Tidak seperti dulu, sekarang proses pembuatan PT tidak begitu lama. Bahkan prosesnya juga lumayan mudah, tergantung mau mengurusnya sendiri atau mempercayakannya kepada orang lain, misalnya notaris.

Lama Proses Pembuatan PT

lama proses pembuatan pt

Proses pembuatan PT berapa lama? seringkali pertanyaan tersebut terlintas ketika ingin membuat atau mengurus pembuatan PT. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk prosesnya tergantung siapa yang mengurusnya.

Bahkan sekarang ada banyak jasa untuk pembuatan PT baru, tinggal memilih mana yang menurut bisa dipercaya untuk proses pembuatan PT. Berikut beberapa proses pembuatan badan usaha PT mulai dari dikerjakan sendiri sampai contoh perusahaan lainnya.

Proses pembuatan PT Perorangan

Proses pembuatan PT Perorangan

Ada beberapa orang yang lebih memilih untuk mengurus proses pembuatan PT baru sendiri. Ada beberapa keuntungan ketika pembuatan PT tersebut dikerjakan sendiri. Seperti biayanya lebih murah atau ingin lebih mengetahui prosesnya sehingga bisa dijadikan sebagai pengetahuan kedepannya.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika membuat sebuah PT. Adapun semua kelengkapannya bisa dilihat berikut ini.

Mempersiapkan semua data

Ada beberapa data yang harus dipersiapkan ketika dalam proses pembuatan PT perorangan. Mulai dari nama PT, tempat kedudukan atau lokasi berdirinya PT, maksud dan tujuan pembuatan PT, struktur permodalan PT, san kepengurusan PT.

Langkah pertama adalah mempersiapkan nama PT. Perlu diketahui kalau nama PT biasanya terdiri atas 3 suku kata. Jangan memakai serapa asing dan tidak boleh memakai nama PT yang sama dengan perusahaan lainnya.

Adapun lokasi berdirinya PT harus berada yang sesuai dengan alamat kotamadya atau kabupaten yang sesuai dengan yang diajukan. Misalnya jika mengajukan berdirinya PT di Jakarta, maka alamatnya juga harus sesuai yaitu di Jakarta.

Namun, jika alamat tidak sesuai atau memiliki alamat lain. Maka alamat lain disebut dengan perusahaan cabang. Oleh karena itu harus membuat akta cabang yang sesuai dengan peraturan.

Langkah selanjutnya adalah membuat tujuan dan maksud berdirinya PT. Ada beberapa penjelasan yang harus dijabarkan, seperti tujuan pendirian PT untuk kegiatan apa saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat maksud dan tujuan PT.

  • Memilih segala bidang usaha apapun, kecuali yang dilarang oleh peraturan.
  •  Menjalankan bidang usaha yang sesuai dengan akta pendirian PT.
  • Mempunyai izin usaha ketika menjalankan usaha. Misalnya saja mempunyai usaha bengkel, pakai izin usahanya adalah bengkel.

Setelah membuat maksud dan tujuan berdirinya PT, maka selanjutnya adalah struktur permodalan PT. Adapun agar proses pembuatan PT berjalan lancar harus mempunyai modal dengan jumlah minimal 50 juta. Adapun 25 persen dari modal tersebut harus disetor dan ditempatkan.

Langkah terakhir adalah membuat struktur kepengurusan PT. Adapun unsur pengurus PT terdiri atas direktur dan komisaris. Jika ada lebih dari satu direktur, maka salah satu saja diangkat menjadi direktur utama. Itu juga berlaku pada komisaris.

 Pembuatan akta di notaris

Setiap tahun akan selalu ada perbaikan dan kemudahan dalam membuat PT. setiap tahun juga selalu ada pengurangan syarat sehingga prosesnya bisa lebih cepat. Begitu juga dengan proses pembuatan PT di notaris untuk akta.

Biasanya pembuatan akta membutuhkan paling sedikit 5 hari jam kerja. Namun sekarang semua bisa rampung hanya dengan waktu satu hari kerja saja. Jadi proses pembuatan PT bisa lebih cepat.

Pengesahan SK Menteri

Sesudah pembuatan akta di notaris selesai, maka langkah selanjutnya adalah mengajukan pengesahan atas pembuatan PT. Pengajuan tersebut akan dilakukan oleh oleh pihak notaris ke Pengesahan Badan Hukum atas PT kepada Menteri Hukum dan HAM.

Mengurus domisili

Pihak kelurahan yang berhak untuk mengeluarkan izin domisili dimana alamat PT berada. Jadi, pengaturan ini akan diatur oleh pemerintah daerah masing-masing sesuai dengan alamat PT tersebut berdiri.

Mengurus NPWP

Proses pembuatan PT atau CV selalu harus mengurus adanya NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Ketika pembuatan PT, akan mendapatkan dua kewajiban terkait dengan pajak, yaitu SKT pajak (Surat Keterangan Terdaftar) dan NPWP.

Mengurus SIUP

SIUP merupakan surat izin agar bisa melakukan proses perdagangan atau jasa. Adapun bidangnya menyesuaikan dengan ketetapan pemerintah daerah masing-masing.

Ada 4 digit KBLI terkait dengan izin usaha yang nantinya akan tercantum dalam SIUP. Adapun KBLI adalah klasifikasi bidang usaha yang disusun oleh pemerintah dan yang mengeluarkan suratnya adalah BPS atau Badan Pusat Statistik.

Mengurus TDP (Tanda Daftar Perusahaan)

Ketika proses pembuatan PTK, mengurus TDP harus dilakukan. Baik itu kantor pusat atau kantor cabang. Khusus kantor cabang juga harus mengurus akta pembuatan PT. Tujuannya untuk menunjuk siapa yang nantinya menjadi kepala cabang.

Proses pembuatan PT dengan modal asing

Proses pembuatan perusahaan dengan modal asing

Siapa yang tidak mengetahui tentang PT Freeport Indonesia. Merupakan salah satu perusahaan asing bidang tambang terbesar di Indonesia. Perusahaan tersebut adalah penghasil emas, perak, dan tembaga.

PT Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang sudah lama berdiri, lebih tepatnya adalah sejak 7 April 1967. Waktu pendiriannya sekitar pada pemerintahan Presiden Soekarno, dan perusahaan tersebut berdiri sampai sekarang.

Sayangnya PT Freeport merupakan perusahaan yang bekerja sama dengan negara lain. Sehingga perusahaan tersebut termasuk PMA atau perusahaan dengan penanaman modal asing. Proses pembuatan PT PMA tidak sama dengan proses pembuatan perusahaan terbatas lokal.

Ada beberapa syarat yang berbeda. Mulai dari surat kuasa yang asli apabila diserahkan kepada pihak lainnya sampai penyerahan semua dokumen hanya ke BPKM. bahkan prosedurmya juga berbeda.

Proses pembuatan PT memenuhi syarat

Pada dasarnya hanya ada 3 syarat utama untuk mendirikan PMA. Yaitu akta pendirian, NPWP perusahaan, dan surat pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM.

Mengajukan permohonan perizinan

Perusahaan PMA bisa berdiri jika sudah mendapatkan izin, oleh karena itu bisa mengajukan permohonan perizinan ke BPKM. Akan ada formulir pengajuan yang harus diisi. Silahkan isi dengan benar dan teliti agar tidak mengulang kembali tentang pengisian formulir.

Proses pembuatan PT lengkap dokumen yang dibutuhkan

Jika ingin proses pendirian sebuah perusahaan bisa berjalan dengan lancar adalah melengkapi semua dokumen yang diperlukan.

 Verifikasi

Tahap selanjutnya adalah verifikasi. Semua dokumen akan dikumpulkan dan ada petugas yang memeriksanya. Jika masih ada yang kurang, maka semu dokumen tersebut akan dikembalikan. Biasanya proses verifikasi membutuhkan waktu seminggu.

 Hasil verifikasi

Hanya ada dua opsi dari verifikasi, yaitu diterima atau ditolak. Jika verifikasi diterima, maka surat perizinan akan keluar setelah 3 hari.

Membuat LKPM

Merupakan Laporan Kegiatan Penanaman Modal yang harus dibuat yang sesuai dengan peraturan yang ada. Itulah proses pembuatan PT Freeport Indonesia yang harus dilalui sejak pertama kali berdiri. Bukan hanya PT Freeport saja, perusahaan yang bekerja sama dengan pihak asing juga akan mengalami hal yang sama.

Proses pembuatan sebuah perusahaan akan berbeda dengan proses pembuatan sebuah lembaga kesehatan. Misalnya proses pembuatan PTP atau Perencanaan Tingkat Puskesmas. Lembaga kesehatan tersebut memiliki fungsi yang sama dengan sebuah perusahaan, yaitu untuk masyarakat luas.

Tidak perlu lagi, kalau proses pembuatan PT, perusahaan asing, dan  lembaga kesehatan seperti puskesmas , mempunyai prosedur yang berbeda. Semua kan berjalan lancar jika semua dokumen lengkap tanpa ada yang tertinggal.